Harga Mesin Tanam Padi

Berapa Sebenarnya Harga Mesin Tanam Padi? Ini Jawabannya

Beberapa waktu terakhir, banyak orang ramai mencari informasi mengenai harga mesin tanam padi. Kepraktisannya memberikan daya tarik tersendiri bagi masyarakat karena dapat mengefektifkan waktu proses penanaman.

Perkembangan yang kian pesat memang memberi banyak dampak baik untuk kehidupan manusia, salah satunya dalam sektor pertanian. Kemunculan mesin tanam padi sendiri menjadi angin segar karena pengerjaannya bisa lebih cepat.

Sekilas Tentang Mesin Tanam Padi

Para petani kemungkinan sudah tidak asing dengan mesin tanam padi ini. Produk tersebut memang tergolong baru. Namun penggunanya sudah cukup banyak karena ingin membuat waktu menanam benih padi tidak berlangsung lama.

Sesuai namanya, mesin ini memang didesain untuk membuat masyarakat lebih mudah saat menanam padi tanpa perlu membungkuk lama di bawah sinar matahari dan menanam benih satu-satu.

Bentuknya dibuat beragam tergantung dari ukuran serta kapasitasnya. Apabila ingin lebih cepat, maka bisa memilih mesin penanam padi berukuran besar.

Sedangkan untuk kamu yang ingin menghemat pengeluaran, maka mesin tanam padi kecil adalah pilihan terbaiknya. mengenai harga mesin tanam padi baik kecil maupun besar akan dibahas di akhir artikel.

Jenis Mesin Tanam Padi

Guna memenuhi kebutuhan petani yang kian beragam, kini mesin tanam padi dikeluarkan dengan berbagai desain dan pilihan ukuran. Kamu bisa mendapatkannya di penyedia terpercaya agar kualitasnya terjamin.

Sebelum melakukan pembelian, alangkah lebih baiknya jika mengetahui apa saja jenis mesin tanam padi. Berikut ini akan diulas beberapa diantaranya:

  1. Mesin Tanam Padi Canggih

Dalam memaksimalkan membantu petani memaksimalkan kinerjanya, kini diproduksi mesin tanam padi canggih yang bisa bekerja dengan cepat. Di dalamnya serta komponen pendukung yang disusun sedemikian rupa.

Mengingat kecanggihannya yang tinggi, mesin tanam padi ini dibanderol dengan harga cukup mahal. Kamu perlu merogoh kocek dalam untuk mendapatkannya. Mengenai harga mesin tanam padi spesifiknya tergantung dari brand dan fiturnya.

Berdasarkan informasi yang beredar, produk ini dapat dihargai mulai dari puluhan hingga ratusan juta. Jadi cocok dimanfaatkan pada pertanian dengan lahan sangat luas.

  1. Mesin Tanam Padi Sederhana

Produk ini dikeluarkan sebagai solusi petani yang memiliki lahan pertanian berukuran sedang. Berbicara mengenai kemampuan mesin, kamu tidak perlu ragu lagi karena terbilang cukup baik.

Jika ingin memiliki jenis ini, sebaiknya persiapkan dana sekitar Rp 5 juta. Sebenarnya untuk harga mesin tanam padi tidak bisa ditentukan berapa spesifiknya karena menyesuaikan merek serta kemampuannya.

Jenis mesin yang disematkan pada mesin tanam padi memiliki kecepatan sekitar 2 km/ jam. Kemampuannya mungkin saja meningkat jika kapasitasnya diganti dengan produk jenis mesin di atasnya.

  1. Mesin Tanam Padi Kecil

Ingin menghemat pengeluaran? mesin tanam padi kecil ini bisa menjadi pilihan terbaiknya. Ukurannya yang kecil membuatnya semakin mudah dikendalikan karena bobotnya tidak begitu berat.

Apabila kamu memiliki sawah dengan karakter tanah berlumpur tebal, memang sudah sebaiknya memilih mesin tanam padi kecil. Bobotnya yang tidak terlalu berat tidak membuatnya tercebur dalam ke lumpur.

Dikabarkan jika produk satu ini dibanderol di bawah Rp 10.000.000 an. Harga mesin tanam padi sendiri dapat berubah sewaktu-waktu sehingga tidak bisa dijadikan patokan tetap.

  1. Mesin Tanam Padi Maxxi

Ada banyak brand yang telah mengeluarkan mesin tanam padi, salah satu paling digemari adalah Maxxi. Produknya dilengkapi dengan komponen berkualitas dan teknologi canggih.

Seiring dengan hal itu, harga mesin tanam padi Maxxi dibanderol dengan harga selangit yaitu mencapai Rp 55.000.000. Para petani kecil perlu berpikir ulang sebelum membelinya.

  1. Mesin Tanam Padi Quick

Quick sudah dikenal penyedia perlengkapan pertanian dengan kualitasnya yang cukup bagus serta memberikan performa baik. Produk ini dapat ditemukan di penyedia terdekat dengan harga bervariasi.

Pilih produk yang sesuai dengan budget. Di samping itu juga perhatikan apakah kinerja dari mesin tanam padi dari Quick dilengkapi fitur serta komponen pendukung sesuai kebutuhan atau tidak.

  1. Mesin Tanam Padi Jarwo

Merek ini memang masih cukup asing bagi masyarakat Indonesia. Namun berbicara mengenai performanya, tidak kalah baiknya dengan produk lain. Dukungan mesin berkualitas serta komponen khusus, membuat performanya semakin maksimal.

Harga mesin tanam padi dibanderol Rp 28.000. mungkin dapat dipertimbangkan untuk membuat pekerjaan bercocok tanam semakin efektif dan efisien.

Mesin tanam padi Jarwo sudah bisa ditemukan di beberapa tempat terpercaya. Hanya saja tidak menutup kemungkinan masing-masing lokasi menawarkan harga berbeda.

Alasan Mengapa Harus Menggunakan Mesin Tanam Padi

Membeli mesin tanam padi memang perlu mengeluarkan tambahan dana yang besar. Meskipun begitu, ada banyak keunggulan yang bisa didapatkan saat memanfaatkan mesin satu ini. Apa saja itu? berikut penjelasannya:

  1. Mengefektifkan Waktu Menanam Padi

Waktu menanam padi sendiri tergantung dari luas lahan serta bagaimana kondisi lahan pada saat itu. Lokasi berlumpur tinggi akan menghambat kecepatan proses bercocok tanam dengan tenaga manusia.

Munculnya mesin penanam padi menjadi udara segar karena dapat membantu mengatasi masalah yang umumnya dihadapi oleh para petani. Dengan demikian waktu pengerjaan bisa selesai lebih cepat.

  1. Mengurangi Tenaga

Saat musim tanam tiba, jasa penanam padi telah banyak digunakan oleh petani lain. Akibatnya banyak yang kebingungan karena jumlah penyedia jasanya sangat terbatas di era modern ini.

Kebanyakan penyedia jasa tanam padi sendiri adalah orang tua. Supaya dapat meringankan beban mereka, kamu bisa menjadikan mesin tanam padi sebagai solusi terbaiknya.

Silahkan cari harga mesin tanam padi paling ramah di kantong atau sesuai dengan budget. Cara lain untuk menekan pengeluaran adalah dengan mencari produk bekas.

pastikan membeli produk yang masih layak pakai dan dapat berfungsi dengan baik. Jangan sampai berfokus pada harga namun melupakan kualitas dan hasil yang akan didapatkan nantinya.

  1. Cenderung Lebih Hemat

Jika dijumlah, menggunakan tenaga manusia dan mesin habisnya hampir sama. Bedanya, ketika menggunakan mesin maka kamu tidak perlu repot menyediakan makanan untuk makan pagi atau siang.

Cukup sediakan bahan bakar mencukupi, nantinya mesin sudah bisa berjalan. Selain menghemat pengeluaran, penggunaan mesin juga mampu menghemat waktu pengerjaan.

Ada tips khusus untuk kamu yang memutuskan menggunakan mesin tanam padi yaitu harus mengetahui bagaimana cara perawatannya. Jangan sampai membelinya dengan Harga mesin tanam padi yang mahal namun dibiarkan rusak begitu saja.

  1. Hasilnya Bagus

Ketepatan dalam penanaman padi menjadi kunci utama untuk membuat hasil panen bagus. Ciri-ciri penanaman bagus adalah padi berdiri tegak lurus, tidak membengkok kekiri ataupun kekanan.

Meski telah menggunakan mesin, pemantauan selama prosesnya perlu dilakukan. Pilih juga benih padi berkualitas bagus untuk membuatnya dapat bertumbuh dan berkembang dengan bagus.

Harga Mesin Tanam Padi

Masih ragu ingin membeli mesin tanam padi atau tidak karena harganya? Tabel harga di bawah ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

Jenis Mesin Tanam Padi Harga Satuan
Alat Tanam Padi Manual Saam Tabela. IDR 1.350.000
Alat Tanam Padi Manual. IDR 6.600.000
Alat Tanam Padi Tepat Guna Sistem Jarwo JT 001. IDR 6.250.000
Mesin Tanam Padi-Rice Transplanter. IDR 70.000.000
Mesin Tanam Padi Kubota SPV-6CMD. IDR 330.000.000

Dari penjelasan mengenai harga di atas, bisa disimpulkan jika perannya cukup besar. Meskipun untuk membelinya perlu mengeluarkan dana besar karena harga mesin tanam padi terbilang mahal.