daftar harga mesin fogging nyamuk

Daftar Harga Mesin Fogging Nyamuk Sekaligus Spesifikasi

Informasi mengenai daftar harga mesin fogging nyamuk biasanya dicari oleh orang yang bekerja di Dinas Kebersihan. Apalagi saat wabah nyamuk berbahaya, seperti DBD (Demam Berdarah) sedang menyerang masyarakat. Alat ini menjadi solusi terbaik.

Adapun skala rumahan, biasanya menggunakan peralatan yang lebih ringan atau kecil. Kamu bisa menggunakan lotion anti nyamuk, menaburkan obat pembunuh jentik ke dalam bak mandi, menanam tumbuhan pengusir serangga, serta membersihkan rumah.

Pengertian Mesin Fogging Nyamuk

Sekilas telah dibahas sebelumnya bahwa mesin fogging dibutuhkan saat hendak membasmi nyamuk pada area yang luas. Cara kerjanya, mesin ini akan diisi dengan larutan insektisida, kemudian fogger akan mengubahnya menjadi partikel asap.

Wujudnya yang berbentuk asap atau kabut akan bercampur dengan udara, sehingga lebih efektif membunuh nyamuk dalam waktu cepat. Beberapa tahun sekali biasanya pemerintah melakukan kegiatan fogging ke rumah-rumah masyarakat.

Apakah orang rumahan atau bukan instansi bisa membeli mesin fogging? Alat ini bebas dibeli oleh siapapun. Bagi kamu yang tertarik untuk memilikinya, berikut beberapa tipe pilihan dengan spesifikasinya, antara lain:

  1. Mesin Fogging Tasco

Merek fogging ini cukup terkenal dikalangan petugas kebersihan. Kamu bisa memilih diantara dua tipe, yaitu Tasco Ka 150 bermesin elektrik dan Tasco Kb yang menyediakan mesin manual atau elektrik.

Adapun dari segi spesifikasi, untuk fogging bermesin elektrik mampu diisi larutan sampai 7 L. Sementara mesin manual hanya sanggup menampung insektisida sebanyak 1,4 L.

Kesamaan dua jenis mesin fogging ini terletak pada power supply sebesar 12 watt serta ukuran dimensinya, yaitu 1.290 x 270 x 330 mm. Tasco masuk dalam daftar harga mesin fogging nyamuk mahal, sebab kamu perlu merogoh kocek hingga Rp 7 juta.

  1. Mesin Fogging ULV

Bagi kamu yang ingin membeli fogging untuk kebutuhan pribadi bisa mencoba merek ULV. Ukurannya tidak terlalu besar, namun mampu digunakan untuk membasmi nyamuk di dalam rumah maupun di kebun.

Berbeda dengan sebelumnya, ULV masuk kategori daftar harga mesin fogging nyamuk yang terjangkau. Cukup dengan harga Rp 3 juta kamu sudah bisa membawanya pulang ke rumah.

Daftar Harga Mesin Fogging Nyamuk

Ada banyak jenis mesin fogging yang beredar di pasaran. Harga yang ditawarkan juga variatif, sehingga kamu bisa menyesuaikan dengan ketersediaan budget. Di bawah ini daftar harga mesin fogging nyamuk terbaru, yaitu:

Merek dan Tipe Mesin Fogging Nyamuk Harga
Mesin Fogging Merk Tasco Kb-150 Rp 7.100.000
Mesin Fogging Merk Tasco KB-250 Rp 6. 350.000
Mesin Fogging Mini Merk Tasco SP 2000 Rp 1.050.000
Mesin Fogging Merk ULV Cold Fogger Rp 3.309.000
Mesin Fogging Merk Superhawk 2605 Rp 34.000.000
Mesin Fogging Merk Swingfog Sn50 Rp 25.575.000
Mesin Fogging Merk Falcon 4000 Rp 21.450.000
Mesin Fogging Merk Krisbow ULV SSF-200 Rp 14.700.000
Mesin Fogging Merk Krisbow SSF-150 Rp 13.470.000
Mesin Fogging Merk Seshin SS QS40AF Rp 13.000.000
Mesin Fogging Merk Firman FFM120 Rp 7.000.000
Mesin Fogging Merk Motoyama 150A Rp 6.688.000
Mesin Fogging Mini Merk Krisbow Portabel Rp 1.850.000

 

Perlu diketahui bahwa daftar harga mesin fogging nyamuk bukan menggambarkan tingkat kualitas produk. Kamu perlu mencari informasi lebih dalam terkait spesifikasi masing-masing untuk menemukan yang cocok.

Kelebihan Memakai Mesin Fogging Nyamuk

Tidak sedikit yang mulai menggunakan mesin fogging nyamuk untuk kebutuhan pribadi. Banyaknya manfaat membuat orang rela mengeluarkan lebih banyak uang. Apa saja keunggulan alat ini dibandingkan jenis pembasmi serangga lainnya?

  1. Jangkauan Luas

Pengasapan dengan fogging mampu menjangkau area luas. Cocok bagi kamu yang ingin membasmi nyamuk di kebun atau lahan terbuka lainnya. Cukup menyemprotkan beberapa kali, asap insektisida akan menjadi obat nyamuk yang ampuh.

Cara kerja mesin ini akan membuatmu lebih hemat tenaga. Apalagi jika fogging yang kamu pakai adalah jenis elektrik, sehingga kapasitasnya lebih banyak. Bayangkan, berapa kali kamu harus berkeliling jika harus membasmi serangga secara manual?

Kemampuan tersebut membuat kamu mesti mengeluarkan biaya lebih untuk memilikinya, sebagaimana yang tercantum dalam daftar harga mesin fogging nyamuk di atas.

  1. Membasmi Nyamuk Berbahaya

Keberadaan nyamuk Aedes Aegypti dan malaria merupakan ancaman berbahaya. Betapa banyak kasus Demam Berdarah bahkan sampai merenggut nyawa. Tidak kalah, malaria yang tidak tertangani dapat menyebabkan anemia akut sampai gagal ginjal.

Alasan ini yang nampaknya membuat pemerintah melalui Dinas Kesehatan atau Dinas Kebersihan melakukan pengasapan secara massal. Larutan insektisida yang disemprotkan melalui mesin ini dapat bertahan keampuhannya di udara selama 2 hari.

Hasilnya, nyamuk berbahaya dapat dimatikan sampai ke jentik-jentik. Bagi kamu yang ingin segera mengambil tindakan untuk membasmi nyamuk berbahaya, bisa membeli mesin fogging secara mandiri. Kesehatan dan keamanan keluarga tentu yang utama.

  1. Proses Cepat

Bila dibandingkan dengan jenis pembasmi nyamuk lainnya, fogging merupakan alat yang cara kerjanya paling cepat. Kepulan asap yang keluar mampu membunuh seketika. Apalagi jika kamu menggunakan insektisida dengan takaran yang pas.

Tidak hanya nyamuk, serangga kecil lain biasanya juga ikut terbunuh. Maka dari itu, keampuhan ini membuat kamu mesti menggunakan masker saat melakukan pengasapan.

Melihat kegunaannya, tidak heran jika dalam daftar harga mesin fogging nyamuk tertera nominal yang mahal.

Kekurangan Memakai Mesin Fogging Nyamuk

Bukan hanya kelebihan, kamu juga perlu mempertimbangkan kekurangan dari mesin fogging. Tidak ada pengawasan ketat terkait alat ini. Kamu mesti bijak melihat lebih besar mana antara sisi positif dan negatifnya. Beberapa kekurangan tersebut, yaitu:

  1. Mengganggu Saluran Pernapasan

Asap selalu menjadi musuh bagi saluran pernapasan. Apalagi yang disemprotkan dari mesin fogging adalah larutan berbahan kimia. Meski efeknya tidak terasa secara langsung, namun apabila terus terpapar akan berdampak buruk bagi kesehatan saluran pernapasan.

Paling ringan, kamu mungkin akan mengalami batuk. Maka dari itu, pastikan selalu memakai double masker untuk mengurangi resiko gangguan pernapasan akibat asap mesin fogging. Jangan sampai tujuan membasmi sumber penyakit, justru mendatangkan jenis penyakit lainnya.

Apalagi mengingat nominal pada daftar harga mesin fogging nyamuk tidak murah. Kamu tentu tidak ingin menambah lagi biaya untuk melakukan pengobatan.

  1. Meracuni Makanan yang Terkontaminasi

Saat kamu menyemprotkan fogging di rumah, makanan dapat terkontaminasi larutan insektisida dan menjadi sumber racun. Penting untuk memastikan semua makanan dan minuman di simpan di tempat yang aman sebelum kamu melakukan pengasapan.

Beberapa tanda keracunan larutan fogging nyamuk, diantaranya sakit perut, pusing, mual, dan muntah. Kamu perlu segera memeriksakan diri ke dokter apabila merasakan gejala tersebut setelah menggunakan mesin fogging nyamuk.

  1. Tidak Bisa Sering Dipakai

Kamu sudah mengetahui daftar harga mesin fogging nyamuk bahwa untuk membelinya perlu merogoh kantong cukup dalam. Namun sayangnya, penggunaan alat ini tidak bisa rutin. Kamu hanya boleh melakukannya sebanyak 3-4 kali dalam sebulan.

Mengapa waktu pemakaiannya terbatas? Nyamuk yang terlalu sering terkena pengasapan akan berubah menjadi lebih kebal. Artinya, alat mahal yang kamu beli menjadi tidak efektif. Jangan lupa melihat petunjuk pemakaian.

Pada dasarnya mesin pembasmi nyamuk mahal dan murah tidak memiliki perbedaan fungsi yang signifikan, kecuali pada kapasitas menampung larutan insektisida.

Maka dari itu, penting untuk kamu memperhatikan daftar harga mesin fogging nyamuk agar memperoleh yang terbaik.