Harga Mesin EDC

Ulasan Harga Mesin EDC Beserta Jenis dan Fungsinya

Informasi tentang harga mesin EDC memang patut diketahui, terutama bagi para pemilik usaha. Mesin satu ini sangat mempermudah proses transaksi, khusus bagi pembayaran non tunai.

Mesin satu ini sebenarnya sudah disediakan oleh pihak bank, dengan harga bervariasi. Mulai dari coffee shop sampai supermarket sudah banyak yang menyediakan pembayaran memakai mesin EDC ini.

Seiring berkembangnya transaksi perbankan, varian mesin EDC juga kian beragam. Informasi harga, fungsi, sampai jenis mesin EDC ini, akan diulas selengkapnya berikut.

Mengenal Mesin EDC, Alat Praktis Pembayaran Non Tunai

Sebelum pembahasan berlanjut ke harga mesin EDC, kamu harus tahu apa sebenarnya mesin satu ini. Kata EDC dalam mesin tersebut merupakan singkatan dari electronic data picture.

Mesin ini sebenarnya bisa dikatakan sebagai ‘mini ATM’, yang membantu proses pembayaran hanya memakai kartu ATM. Cara pakainya hanya perlu menggesekkan kartu di tempat yang tersedia.

Setelah itu, proses penarikan tunai hingga transfer bisa dilakukan melalui alat kecil ini. Bentuknya memang mungil, akan tetapi tergolong fleksibel. Biasanya, EDC mesin ini bisa kamu lihat di meja kasir toko.

Mesin EDC ini dirancang khusus oleh pihak bank agar kemudahan transaksi semakin intens. Bahkan, sejumlah bank bekerja sama dengan berbagai merchant agar transaksi via EDC semakin gencar.

Misalnya kerap ada promo di supermarket seputar mesin EDC. Promo tersebut misalnya setiap pembayaran via EDC kartu debit bank tertentu, gratis minyak goreng atau item lainnya.

Tentu hal ini sebagai wujud untuk meningkatkan transaksi, dan menggalakkan pembayaran cashless. Antara pihak penyedia EDC dengan merchant akan tercipta simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan.

Mesin EDC diciptakan juga sebagai solusi keamanan. Kamu tidak perlu repot bawa uang cash berlebih, apalagi jika hendak membeli barang yang harganya tinggi. Cukup transaksi pakai EDC, keamanan belanja terjamin.

Fungsi Mesin EDC dalam Sebuah Bisnis

Sebenarnya untuk fungsi mesin EDC sudah sempat disinggung di pembahasan sebelumnya. Mesin satu ini memang sangat berguna, sehingga informasi harga mesin EDC terus-menerus dicari. Di antara beberapa fungsi dari alat ini adalah:

  1. Pencegah Kecurangan

Transaksi cash sebenarnya menjadi gerbang kecurangan yang bisa saja dilakukan para karyawan. Uang yang dibayarkan dari customer, akan secara otomatis masuk ke tabungan pemilik merchant.

Tidak ada uang cash dalam jumlah besar di laci kasir. Tentunya hal ini sangat berguna untuk mencegah kecurangan karyawan. Selain itu, dari sudut pandang konsumen, adanya pembayaran via EDC juga tergolong lebih aman.

  1. Media Promosi

Biasanya pihak bank penyedia mesin EDC akan mempromosikan diri via merchant yang memakai mesin EDC buatannya. Mesin satu ini memang dapat dijadikan sebagai media promosi, agar nasabah semakin banyak.

Seperti yang telah disinggung di atas, pihak penyedia EDC kerap menyediakan promosi tertentu di berbagai merchant. Misalnya saja restoran, hotel, toko swalayan, dan sebagainya.

Contoh setiap pembayaran pakai kartu debit atau kredit via EDC, akan mendapat potongan 5%, gratis hadiah tertentu, dan masih banyak lagi. Jika dari sudut pandang pemilik merchant, hal ini juga sama-sama menguntungkan untuk menarik minat belanja.

  1. Menyederhanakan Transaksi

Proses transaksi dengan mesin EDC sebenarnya sangat mudah. Bahkan tidak jauh berbeda dengan mesin ATM, hanya saja bentuknya kecil. Proses transaksi lebih sederhana, karena hanya perlu membawa kartu debit.

Kamu tidak perlu lagi membawa uang cash jutaan rupiah di dalam dompet. Misalnya ingin membeli laptop dengan harga jutaan rupiah. Akan merepotkan jika harus membawa uang sejumlah tersebut secara cash.

Cukup isi saldo di kartu debitmu, bayar saja via mesin EDC. Hal ini juga sangat menguntungkan bagi pihak merchant karena tidak perlu menyiapkan uang kembalian.

  1. Media Bayar Listrik dan Sejenisnya

Siapa sangka mesin satu ini bisa dipakai untuk membeli pulsa listrik. Bahkan pembayaran seperti tagihan tertentu bisa via EDC dari bank. Untuk transaksi lain seperti transfer juga bisa dilakukan, sangat membantu jika kamu berada di pelosok.

  1. Nominal Ganjil Bisa Dibayarkan Tunai

Mungkin bagi kamu yang berbelanja kerap menjumpai nominal totalan yang ganjil. Misalnya saja Rp1.500.550, atau nominal ganjil lainnya. Biasanya jika pembayaran cash, totalan tersebut nantinya akan dibulatkan ke atas.

Tentu jika kamu tidak ingin merugi, pembayaran via EDC bisa menjadi solusi. Pembayaran memakai mesin ini memang memakai metode transfer. Tentu saja hal ini akan membuat nominal tersebut dibayarkan sesuai nota.

Jenis-jenis Mesin EDC dari Berbagai Macam Bank

Ternyata penggunaan mesin EDC dalam sebuah transaksi sangatlah banyak manfaatnya. Tidak heran mayoritas pemilik bisnis mencari informasi seputar harga mesin EDC ini.

Sebenarnya, untuk biaya pemasangannya gratis sebagai fasilitas yang diberikan bank. Setiap bank memang memiliki mesin EDC nya sendiri. Bahkan tidak jarang ada sales khusus yang ditugaskan untuk menawarkan pemasangan.

Biaya pemasangan mesin EDC memang gratis, akan tetapi jika hendak memilikinya harus membayar biaya tertentu. Setiap bank memiliki harga mesin EDC yang berbeda, seperti contohnya.

  1. Mesin EDC BCA

Harga mesin EDC BCA sebenarnya bisa kamu lihat di toko-toko online. Mesin yang khusus bagi nasabah bank BCA ini, dibandrol sekitar Rp100.000. Akan tetapi jika kamu datang ke bank BCA terdekat, tidak perlu membayar.

  1. Mesin EDC Mandiri

Sebenarnya hal ini juga sama seperti mesin EDC BCA. Jika kamu mengunjungi bank Mandiri, pasangannya gratis. Informasi harga mesin khusus bank Mandiri ini juga sifatnya masih sangat terbatas.

  1. Mesin EDC BNI

Harga mesin EDC BNI juga secara pasti belum banyak informasi detailnya. Akan tetapi, jika hendak memasang EDC khusus BNI, harus memiliki gaji atau take home pay. Untuk gaji atau pendapatan sebagai syarat sekitar Rp3.000.000.

  1. Mesin EDC BRI

Informasi tentang mesin EDC BRI juga sama dengan bank lain. Harga mesinnya sulit dicari informasi validnya. Akan tetapi, pemasangannya tidak dikenakan biaya khusus. Kamu hanya perlu datang ke bank dan memastikan syarat ketentuannya dipenuhi.

Khusus mesin EDC BRI, jenisnya kerap disebut BRILINK. Biasanya, di warung-warung kecil, untuk mesin EDC dari bank ini juga sudah banyak dijumpai. Fungsinya sebagai sarana pembayaran listrik, pulsa, bahkan transfer.

Daftar Harga Mesin EDC yang Bisa Menjadi Referensi

Informasi tentang harga mesin EDC dari berbagai bank memang sulit untuk ditemukan. Akan tetapi, untuk memperoleh informasi lebih valid mengenai mesin pembayaran ini, bisa langsung datang ke bank.

Akan tetapi, tidak jarang beberapa bank menyebarkan sales khusus pemasangan EDC. Kamu tinggal memutuskan ingin memasang jenis mesin EDC dari bank apa, tinggal cari sesuai kebutuhan.

Misalnya ingin memasang EDC sebanyak satu buah terlebih dahulu. Berarti, cari bank yang sekiranya banyak penggunanya di daerahmu. Jika banyak pengguna BRI, berarti pasang mesin EDC dari bank satu ini.

Memang, pemasangan mesin EDC dari bank tidak dipungut biaya besar. Bahkan ada yang hanya bersyarat cukup menjadi nasabah. Akan tetapi, ada juga harga mesin EDC yang sesuai tipe.

Tipe mesin ini bisa menjadi referensi jika hendak menggunakannya. Tabel berikut ini akan mengulas tentang merk dan tipe mesin EDC bank, beserta harganya.

Merk dan Tipe Mesin ED Harga
Mesin EDC Ingenico Rp1.000.000
Mesin EDC PPOB Anipay Rp1.500.000

Siapa sangka jika pemasangan mesin EDC bank tidak banyak memerlukan biaya. Bank tidak menjual mesin tersebut, hanya meminjamkannya. Harga mesin EDC yang disebutkan di atas sifatnya untuk tipe dan merk mesin.