Mencari Harga Ayam Merah? Berikut Ulasan Lengkapnya

Harga ayam merah berbeda-beda di setiap daerah. Kondisi ini bisa diwajarkan mengingat tipe ayam merah sendiri cukup banyak. Perlu diketahui, menemukan ayam merah di Indonesia sendiri tidak sulit. Itu karena, unggas tersebut bisa diternak dengan mudah.

Beberapa jenis ayam merah merah memiliki popularitas yang sangat tinggi. Sebut saja ayam kampung dan bangkok. Lalu ada juga jenis yang popularitasnya tidak terlalu tinggi seperti ayam birma. Melihat popularitas ayam merah sendiri bisa dilakukan dengan mudah.

Coba saja lihat ke rumah-rumah warga di Indonesia. Hampir setiap rumah tersebut memiliki kandang ayamnya masing-masing. Terlebih lagi jika kamu berkunjung ke daerah pedesaan. Suara kokok dari ayam tersebut pasti terdengar setiap waktu.

Perlu diketahui, membeli ayam merah sendiri tidak bisa dilakukan secara asal. Itu karena, harga ayam merah sebenarnya berubah-ubah. Jika kamu melakukan pemilihan secara asal, sangat mungkin akhirnya kamu akan tertipu.

Namun ingat juga, jangan pernah memberikan label secara asal pada penjual jika kamu sebelumnya tidak melakukan riset. Itu karena, sangat mungkin harga ayam tersebut sebenarnya tepat hanya saja kamu tidak mengetahui perkembangan terbarunya.

Jangan hanya berpatok pada harga sebelumnya yang diketahui. Itu karena, perubahan harga tersebut terjadi harian. Oleh karena itu, harga hari ini bisa saja berbeda jauh dengan harga yang ditawarkan pada esok hari.

Harga Ayam Merah Sesuai Jenis dan Kualitas

Perlu diingat kalau harga ayam merah selalu berubah-ubah. Prinsip tersebut perlu terus dipegang karena perubahan harga ini terjadi dengan sangat cepat. Ayam yang sekarang harganya sangat murah bisa saja langsung berubah di esok hari.

Tetapi ingat, melihat harga ayam sendiri bisa dilakukan dengan beberapa cara. Itu karena, ada beberapa pembagian dalam menentukan harga dari ayam merah. Oleh karena itu, kamu perlu memahami pembagian ini ketika akan membelinya.

Di kesempatan kali ini, akan dirincikan lebih jauh mengenai harga dari ayam merah tersebut. perinciannya sendiri dilakukan dengan mengukur jenis dan kualitasnya. Langsung saja, berikut ulasan lengkap secara lebih detail.

  1. Petelur

Jenis pertama yang akan diulas ketika merincikan harga ayam merah adalah tipe petelur. Perlu diketahui, popularitas ayam petelur sendiri sekarang sedang sangat ramai. Ini berbeda dengan beberapa waktu ke belakang dimana ayam ini belum diminati.

Tingginya minat masyarakat terhadap ayam ini terlihat jelas dari banyaknya orang yang memutuskan untuk terjun ke bidang ini. Perlu diketahui, harga ayam ini sendiri bisa dikatakan sangat terjangkau. Kamu tidak akan kesulitan untuk mendapatkannya.

Terlebih lagi jika ayam petelur dibeli sebelum masuk ke masa produktif. Harganya nanti bisa semakin rendah. Sebagai informasi, masa produktif ayam petelur dimulai sejak memasuki usia 4 bulan. Oleh karena itu, membeli ayam berusia di bawah 4 bulan jauh lebih murah.

Untuk harga ayam merah petelur sendiri, kamu perlu mengeluarkan uang sebesar 45 ribu rupiah per ekor untuk membeli jenis yang siap produksi. Pembelian sendiri bisa dilakukan dengan banyak opsi. Pertama, pembelian bisa dilakukan secara online.

Ini adalah salah satu jenis pengembangan di dunia budidaya ayam dimana pembeli tidak perlu datang langsung ke peternakan. Namun ada juga opsi klasik yaitu dengan datang langsung ke peternakan. Sebenarnya opsi kedua ini jauh lebih disarankan.

Itu karena, kamu bisa lebih leluasa dengan memilih langsung ayam yang dirasa berkualitas. Ini juga memperkecil kemungkinan dilakukannya kecurangan oleh penjual. Kamu juga pasti tenang ketika datang langsung ke lokasi dan memilih ayam sendiri.

  1. Afkir

Jenis selanjutnya yang layak dibahas adalah harga ayam merah afkir. Perlu diketahui, ayam merah afkir sebenarnya masih termasuk ke dalam ayam petelur. Hanya saja, perbedaan terlihat pada usia ayam tersebut. intinya ayam afkir ini sudah tidak berada di masa produktif.

Karena sudah tidak berada di masa produktif, produksi telur yang dilakukan tidak bisa maksimal. Biasanya ayam akan digolongkan menjadi tipe afkir ketika sudah berusia di atas 22 bulan. Oleh karena itu, perhatikan usia ayam dengan baik.

Itu karena, ayam petelur produktif dan afkir sendiri sulit dibedakan. Sangat mungkin kamu berencana membeli ayam petelur produktif namun yang datang malah tipe afkir. Jika sampai terjadi, ini akan menjadi pengalaman yang kurang menyenangkan.

Karena sifatnya sudah tidak produktif, harga ayam merah afkir sendiri mengalami penurunan dari harga semula. Intinya harga tersebut akan berbeda dibandingkan harga ayam petelur yang masih produktif.

Jika melihat dari rataan, ayam afkir sendiri biasanya dijual pada harga kisaran 35 ribu rupiah. Karena sifatnya sudah tidak produktif, ayam afkir biasanya dibeli untuk dikonsumsi. Sebenarnya tekstur ayam afkir dari segi daging sendiri mirip dengan ayam kampung.

  1. Per Ekor

Perlu diingat, harga ayam merah mengalami perubahan dalam waktu yang sangat cepat. Hal ini juga berlaku untuk ayam merah yang dijual di pedagang boiler. Di hari ini sendiri, ayam merah dijual pada angka 35 ribu rupiah per ekor.

Namun itu merupakan angka kisaran. Jika beratnya lebih besar dari kisaran standar, uang yang dikeluarkan bisa saja lebih besar. Selain itu jika beratnya lebih rendah dari standar, uang yang dikeluarkan sedikit lebih kecil.

Perubahan harga sendiri biasanya terjadi pada hari-hari besar seperti bulan puasa. Normalnya, hari besar semacam itu membuat harga ayam cenderung naik.

  1. Di Semarang

Beberapa orang menganggap kalau harga ayam merah di Semarang berbeda dengan kota besar lain. Perlu diketahui, pemahaman tersebut sebenarnya salah. Itu karena, harga yang ditawarkan mirip dengan kota lain di Jawa Tengah.

Jika melihat secara keseluruhan, kebutuhan akan daging ayam sendiri cenderung meningkat di berbagai kota. Ini bukan fenomena yang hanya terjadi di kota besar. Ini juga bisa dilihat pada kota lain yang lebih kecil.

  1. KFC

Ayam goreng sendiri merupakan salah satu makanan yang paling diminati di Indonesia. Ini wajar mengingat menu dari ayam sendiri jumlahnya sangat banyak. Perlu diketahui, produk ayam masak yang dijual ke Indonesia sendiri sangat banyak.

Kamu bisa membelinya dengan harga ribuan hingga ratusan ribu rupiah. Harga tersebut disesuaikan dengan tempat dimana ayam masak tersebut dibeli.

Berikut Daftar Harga dari Ayam Merah

Membahas harga ayam sendiri tidak lengkap jika belum menjabarkannya secara rinci. Oleh karena itu, kali ini kami memberikan ulasannya dalam bentuk tabel. Ini dilakukan agar harga dari ayam tersebut bisa semakin jelas.

Jenis Ayam Merah Harga Ayam Merah
Ayam Merah 1 Kg (Eceran).  IDR                  35.000.
Ayam Merah Karkas 1 Kg.  IDR                  48.000.
Ayam Merah Potong per Ekor 1,7 Kg (Produsen).  IDR                  35.000.
Ayam Merah Potong per Ekor 1,8 Kg (Produsen).  IDR                  36.000.
Ayam Merah per Ekor 1,9 Kg (Produsen).  IDR                  37.000.
Ayam Merah per Ekor 2 Kg (Produsen).  IDR                  40.000.

Pastikan untuk serius dalam memilih ayam. Jangan sampai asal dalam memilih tempat beli lalu kecewa karena hasil yang didapat kurang sesuai. Perlu diingat, harga ayam merah sangat bervariasi sehingga kamu perlu serius memilihnya.

 

Tinggalkan komentar