harga 1 set mesin giling padi

Daftar Harga 1 Set Mesin Giling Padi beserta Jenisnya

Jika berencana untuk memulai bisnis di bidang pertanian, sebaiknya ketahui juga berapa harga 1 set mesin giling padi yang penting untuk dimiliki. Mengapa penting? Ini dikarenakan padi adalah salah satu kebutuhan pokok setiap orang.

Oleh karenanya, jika kamu ingin memulai bisnis tersebut, maka pertimbangkan untuk membeli mesin giling padi yang akan membuat harga beras semakin tinggi.

Penasaran dengan berapa harga yang ditawarkan? Kabar baiknya artikel berikut akan membahas tentang itu beserta apa saja jenis-jenis yang tersedia. Jadi, mari simak penjelasannya dengan baik!

Informasi Sekilas Mesin Giling Padi

Seperti yang sudah kamu ketahui bahwa beras berasal dari tanaman padi. Bentuk awalnya berupa buliran berwarna kuning kecokelatan dan kulit tersebut perlu untuk dikupas agar beras bisa diolah dengan baik.

Namun, dalam proses pengolahan dari padi menjadi beras pasti membutuhkan suatu alat. Pada zaman dahulu, para petani menggunakan alat yang bernama lesung untuk memisahkan kulit dan beras.

Sementara, zaman modern ini sebagian besar teknologi sudah berkembang menjadi lebih canggih termasuk munculnya mesin penggiling padi. Mesin ini bisa membantu mengurangi anggaran mengenai waktu, tenaga, maupun biaya.

Maka dari itu, kamu perlu memahami berapa harga 1 set mesin giling padi agar pekerjaan bisa lebih mudah dan usaha semakin lancar. Mesin ini juga bisa menghasilkan beras yang lebih berkualitas.

Komponen dan Cara Kerja Mesin Giling Padi

Penggilingan padi secara manual dilakukan menggunakan tangan dengan bantuan alat bernama lesung dan alu. Cara penggilingan ini bekerja dengan memanfaatkan gesekan antara biji dan biji lainnya.

Selanjutnya pembersihan dilakukan di akhir penggilingan dengan cara penampian menggunakan bernama tampi. Perlu dipahami bahwa cara ini menjadikan tingkat kehancuran beras cukup tinggi sehingga rendemen yang dicapai rendah.

Sebaliknya jika menggunakan mesin giling padi satu step (single phase/ satu phase)
yang proses penggilingan dilakukan dengan system gesekan logam antara unit pengupasan dan unit penyosohan dalam satu mesin.

Gabah atau padi masuk ke dalam penggilingan dan keluar sudah beras giling yang utuh. Oleh karenanya, kamu perlu mempertimbangkan dan mengetahui berapa harga 1 set mesin giling padi.

Kemudian ada juga penggilingan padi dengan mesin dua step (double phase/ dua phase) yang mesin pengupas dan mesin penyosoh/ pemoles terpisah atau tidak berada dalam satu mesin. Rendemen giling bisa mencapai tingkat hingga 60-65 %.

Penggilingan padi dengan menggunakan mesin multi pass yang mana unit penyosoh atau pemoles (jenis abrasif dan jenis friksi ) bersatu sehingga bisa mengurangi risiko-risiko selama proses penggilingan.

Penentuan jenis kinerja mesin penggilingan sangat bergantung pada kapasitas yang dibutuhkan, jenis, varietas, sifat padi, kualitas beras putih yang diharapkan, dan biaya.

Adapun beberapa komponen yang perlu pertimbangkan ketika sedang mencari tahu berapa harga 1 set mesin giling padi, terdiri dari :

  • Motor penggerak.
  • Mesin pengupas/ pemecah kulit gabah (husker).
  • Mesin pemisah gabah (separator) yang terdiri dari dua jenis, yaitu friksi dan abrasif.
  • Mesin pemisah dan menir (shifter).
  • Mesin Pengkristal/ pencuci beras (shinning).

Jenis dan Harga 1 Set Mesin Giling Padi

Harga mesin giling padi yang biasa digunakan oleh petani atau pengepul sangatlah beragam sesuai dengan spesifikasinya karena mereka juga terdiri dari beberapa jenis.

Ada banyak jenis mesin giling padi yang bisa kamu pilih, seperti mesin giling padi keliling, mesin giling padi mini, mesin giling padi komplit, mesin giling padi besar, dan masih banyak lagi jenis lainnya.

Berikut ini adalah ulasan mengenai jenis beserta harga mesin yang perlu kamu ketahui dan dijadikan sebagai bahan pertimbangan, antara lain:

1.     Mesin Giling Padi Keliling

Jenis mesin yang satu ini banyak ditemui di desa-desa yang komoditas utamanya adalah padi. Mesin ini berukuran besar sehingga bisa memuat dan mengolah banyak padi.

Mereka bisa berjalan atau bisa dipindah-pindahkan sehingga dinilai lebih efisien serta memudahkan banyak orang agar tidak repot memindahkan padi ke suatu tempat kemudian diangkut kembali menuju rumah.

Harga 1 set mesin giling padi keliling ini cukup beragam, yaitu mulai dari Rp 30.000.000 hingga Rp 60.000.000, tergantung dengan kapasitas, daya, dan energi yang digunakan.

Biasanya kemampuan atau kapasitas mereka adalah sekitar 100 kg per jam dan energi yang digunakan adalah solar serta mempunyai penggerak diesel dengan daya 24 PK RRT.

Cara pengoperasian mesin giling padi keliling ini hampir sama dengan mesin giling padi lainnya, yaitu menghidupkannya kemudian butiran padi dimasukan pada mesin dan hasilnya akan keluar dari corong outlet.

Kemudian, hasil tersebut dimasukkan pada mesin pemutih yang akan dipisahkan antara beras, kulit, dan bekatul. Hasil akhirnya berupa beras yang putih, utuh, dan bersih.

2.     Mesin Giling Padi Modern

Selain itu, ada juga mesin giling padi modern yang juga mempunyai banyak jenis. Ada yang berkapasitas 1.200 kg per jam dan ada juga yang 100 hingga 160 kg per jam. Oleh karenanya, tentu harga 1 set dari mesin giling padi modern ini juga berbeda.

3.     Mesin Giling Padi Mini

Begitu juga dengan mesin giling padi mini yang mempunyai banyak jenis dengan kapasitas berbeda. Harga 1 set mesin giling padi mini juga dibanderol dengan besaran yang berbeda tergantung dari spesifikasi.

Misal, mesin huller mini dijual seharga di antara kisaran Rp 2.000.000 hingga Rp 6.000.000 dengan spesifikasi tertentu.

4.     Harga Mesin Giling Padi Power Teaser

Masih ada banyak lagi jenis mesin giling padi yang lainnya, seperti mesin giling padi Yanmar, mesin giling Kubota, mesin giling Satake, mesin giling KD 100, hingga mesin giling komplit.

Harga mesin giling padi Yanmar sendiri adalah sekitar Rp 7.000.000 atau bisa lebih bahkan hingga puluhan juta.

Sementara harga mesin giling Kubota, mesin giling padi Satake, dan harga 1 set mesin giling padi KD 100 dijual dengan harga yang hampir sama, yaitu berkisar antara Rp 7.000.000 hingga Rp 10.000.000 sesuai spesifikasi

Kemudian mesin giling padi komplit yang mempunyai kapasitas besar sehingga harganya bisa mencapai Rp 100.000.000 atau bahkan lebih.

Banyaknya jenis dari mesin penggiling padi ini, kamu dapat memilih mesin dengan kapasitas kecil atau besar dan dengan harga sedikit maupun yang mahal sekalipun.

Inilah Daftar Harga 1 Set Mesin Giling Padi

Seperti yang sudah dibahas pada pembahasan sebelumnya bahwa mesin penggiling padi ini bisa sangat membantu pekerjaan dalam memisahkan antara kulit padi dan beras.

Maka dari itu, agar bisa dipahami lebih jelas, kami menyertakan daftar harga mereka yang bisa kamu jadikan sebagai referensi untuk menyiapkan budget.

Jenis Giling Padi Harga Mesin Giling Padi
Mesin Mesin Giling Padi Mahkota  IDR 6.500.000
Mesin Giling Padi SAAM RM40  IDR 4.700.000
Mesin Giling Padi Power Teaser  IDR 25.000.000

Saat ini dalam pemilihan usaha untuk penggilingan beras adalah salah satu usaha yang tidak pernah sepi apalagi jika kamu membukanya di wilayah masyarakat yang mempunyai banyak lahan sawah.

Setiap panen, pasti selalu ada masyarakat yang menggunakan jasa tersebut karena mereka sudah terlalu lelah untuk menggilingnya sendiri. Oleh sebab itu, memahami harga 1 set mesin giling padi juga akan memberikan kamu banyak keuntungan.

Seperti yang sudah diketahui bahwa beras adalah makanan pokok sehingga masyarakat setiap hari membutuhkannya. Jadi, jika kamu berniat ingin membuka usaha penggilingan beras, maka cukup menyediakan tempat dan mesin atau kendaraan untuk mesin giling keliling.

Sementara untuk mesin, kamu bisa memilih mereka yang sesuai dengan budget atau keinginan serta mempunyai kapasitas pas dan sesuai dengan bisnis tersebut.

Baik itu mesin giling padi keliling ataupun bukan, mereka sama-sama bisa digunakan untuk modal usaha penggilingan padi. Maka dari itu, tidak ada salahnya bukan untuk mengetahui berapa harga 1 set mesin giling padi?