harga mesin bubut CNC

Simak Harga Mesin Bubut CNC Terbaru

Ingin memulai membangun usaha di bidang pertukangan? Pastikan mengetahui informasi mengenai harga mesin bubut CNC. Fungsi produk ini membantu manusia untuk memotong material keras dengan mudah.

Meski nama produk ini mulai marak dibicarakan setelah perkembangan teknologi kian pesat, namun penggunaannya sudah sangat lama. Hanya saja memang di masa lalu bentuk serta kegunaannya masih cukup sederhana tidak seperti sekarang.

Sekilas Tentang Mesin Bubut CNC

Orang-orang yang bekerja dalam bidang permesinan tentu sudah akrab dengan mesin bubut. Siapa mengira jika mesin ini sudah dimanfaatkan oleh masyarakat yang hidup di tahun 1200 SM.

Pernyataan tersebut dibuktikan dengan penemuan mangkuk dangkal di kuburan manusia purba tepatnya di wilayah Mycenae. Jika diamati dengan teliti, benda tersebut memiliki bentuk mirip dengan mesin bubut.

Berdasarkan temuan sejarah, bentuk mesin bubut di masa lalu masih sederhana dan dijalankan secara manual yaitu dengan memutar porosnya. Sistem kinerja seperti ini cenderung memerlukan tenaga besar dan membutuhkan waktu lama.

Seiring berjalannya waktu, mesin bubut dibuat dengan paduan teknologi modern. Fungsinya semakin optimal dan dapat mempermudah pekerjaan dalam bidang pertukangan.

Bisa dibilang jika mesin bubut yang ada saat ini sudah semakin canggih dengan penerapan komponen-komponen pendukung. Tentu sangat wajar apabila harga mesin bubut CNC dibanderol tinggi.

Macam-macam Mesin Bubut

dunia pertukangan saat ini semakin berkembang yang menuntut orang-orang di baliknya menunjang kinerjanya dengan perlengkapan memadai. Salah satu paling dibutuhkan adalah alat bubut.

Tidak hanya dibuat satu versi, produk pertukangan satu ini memiliki beberapa jenis yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengguna. Mengenai apa saja itu, akan dijelaskan pada ulasan di bawah ini:

  1. Mesin Bubut Meja Panjang (Long Bed Lathe)

Kerangka badan dari mesin yang memiliki nama lain long bed lathe disebut-sebut lebih kuat. Bahan penyusunnya yaitu stainless steel anti karat dengan bobot cukup ringan dan mudah dibawa kemana-mana.

Komponen penyusun mesin bubut meja panjang disebut lebih kompleks karena dilengkapi roda gigi untuk membantu proses pemotongan benda keras. Sebagian besar produk sejenis dimanfaatkan pada industri pengolahan kayu berskala besar.

Melihat kemampuannya, diperkirakan harga mesin bubut CNC meja panjang cukup mahal. Bagi yang ingin melakukan pembelian, hendaknya memeriksa terlebih dahulu update harga terkininya.

  1. Mesin Bubut Standar (Standard Lathe)

Keunggulan yang ditawarkan dari mesin bubut jenis satu ini adalah kuda-kudanya terbilang sangat kokoh jika dibandingkan dengan lainnya. Ketahanannya membuatnya menjadi perlengkapan wajib yang harus ada di pertukangan.

Harga mesin bubut CNC standar terbilang mahal karena terbuat dari bahan berkualitas serta dengan tingkat ketahanan tinggi. Umumnya kamu akan menemukan produk ini di industri furniture rumah tangga, meja kayu, dan lainnya.

Bagi para penggunanya, perlu memiliki skil khusus untuk meminimalisir kesalahan. Penyetingan serta pengoperasiannya tidak dapat dilakukan dengan sembarangan karena akan berpengaruh pada hasil akhirnya.

  1. Mesin Bubut Ringan

Berdasarkan namanya, mungkin kamu sudah bisa menebak bagaimana sistem kinerja dari mesin bubut ini. Desainnya memang dikhususkan untuk melakukan pekerjaan ringan, misalnya saja simulasi memotong material secara memutar.

Sebab tugasnya masih ringan, jenis ini dibuat dengan desain sederhana. Beratnya juga cenderung ringan yang membuatnya lebih mudah untuk dioperasikan. Penggunaannya umumnya ditempatkan di industri pertukangan skala kecil.

Selain itu, mesin bubut ini juga digunakan pada industri kerajinan tangan. Di pasaran, sudah ada dua jenis mesin bubut yaitu model bangku dan model lantai. Antara keduanya dibanderol dengan harga mesin bubut CNC berbeda.

  1. Mesin Bubut Sedang (Medium Lathe)

Konstruksi mesin bubut sedang dibuat cukup detail dan kompleks yang akan secara optimal memotong benda keras sekalipun. Kemampuannya memang sering diperhitungkan apalagi disebut mampu memotong benda berdesain rumit.

Banyaknya kemampuan yang ditawarkan, membuat orang mengira jika mesin bubut sedang dibanderol dengan harga maha. Faktanya, harga mesin bubut CNC terbilang cukup ramah di kantong.

Setiap brand bisa saja menawarkan harga berbeda tergantung dari kualitas serta ukuran mesin itu sendiri. Semakin bagus performa yang ditawarkannya, maka harganya juga bisa sangat tinggi.

Komponen Mesin Bubut CNC

Sudah selayaknya setiap mesin memiliki komponen penyusun untuk membuat sistemnya dapat berjalan. Seperti halnya mesin bubut CNC, terdapat komponen-komponen khususnya.

Saat akan merakit atau membelinya, selain mengetahui berapa besaran harga mesin bubut CNC, kamu juga perlu tahu apa saja komponennya. Penjelasan lebih lengkapnya ada di bawah ini:

  1. Alas Mesin

Salah satu komponen yang sangat diperlukan dalam mesin bubut adalah alas atau biasa disebut bed. Fungsinya yaitu sebagai penopang kepala lepas dan juga lintasan eretan.

Tidak sembarangan, ada syarat khusus bagan yang digunakan untuk alas mesin bubut yaitu teksturnya harus halus. Tujuannya agar tidak sampai merusak tekstur bahan saat proses pemotongan.

Semakin halus tekstur alas, maka hasil akhirnya akan lebih bagus. Lalu berapa harganya? Kemungkinan harga mesin bubut CNC dengan alas halus bisa dibanderol dengan nilai tinggi.

  1. Kepala Lepas

Jangan salah, jangan terlebih dahulu membayangkan hal horor di poin ini. Maksud dari kepala lepas sendiri adalah komponen dari mesin bubut yang memiliki fungsi untuk menjepit mata bor.

Selain kepala lepas, tidak sedikit juga yang menyebutnya sebagai komponen tailstock. Penaruhannya berada di sisi kanan mesin bubut dan terhubung secara langsung dengan meja atau landasan bubut.

Sebenarnya ada fungsi lain dari komponen kepala lepas yaitu digunakan untuk memasang senter yang menumpu objek mesin bubut. Berdasarkan fungsinya, bisa disimpulkan jika keberadaannya begitu penting.

Jika nantinya mengalami kerusakan, maka sebaiknya diganti dengan komponen baru yang berkualitas. Umumnya beberapa komponen dijual terpisah, maksudnya tidak selalu menyatu dengan mesin bubut namun bisa dibeli secara satuan.

  1. Kepala Tetap

Jika ada kepala lepas juga ada kepala tetap yang memiliki fungsi utama sebagai penopang poros. Kinerjanya memegang peranan penting sehingga mengharuskan komponen ini selalu dalam kondisi baik.

Selain untuk pengatur kecepatan, ada kegunaan lain dari komponen kepala tetap yakni sebagai dudukan atau landasan roda gigi yang dapat mengatur kecepatan mesin.

Semakin bagus komponen yang ada di mesin bubut, maka akan berpengaruh pada mahalnya harga mesin bubut CNC. Pastikan ketika akan membelinya melakukan survey harga terlebih dahulu.

Silahkan cari jenis produk yang sekiranya dapat digunakan untuk mendukung kegiatan kamu. Karena pada dasarnya setiap jenis mesin bubut telah didesain untuk melakukan tugas khusus.

Daftar Harga Mesin Bubut CNC

Meski ada kemungkinan mengalami kenaikan atau penurunan sewaktu-waktu, namun tetap disarankan mengetahui perkiraan harga dari mesin bubut CNC. Ulasannya ada di poin berikut:

Tipe Mesin Bubut CNC Harga Mesin Bubut CNC
Krisbow KW 15 Rp 14.000.000
Mini Tamiya Kecil Rp 300.000
Winho Precision Lathe Rp 140.000.000
Yunan CY S1860 Rp 26.500.000
Shenyang CW 6280 Rp 47.500.000
Magnum Tech FEL-1640 Rp 79.900.000
AMC 36 Rp 34.500.000

Perlu diperhatikan dari daftar harga yang telah dijelaskan, bisa saja naik atau turun tergantung kondisi pasar terkini. Silahkan update harga sebelum membeli masing-masing jenisnya.

Kebutuhan mesin bubut di industri pertukangan semakin tinggi. Alhasil dikeluarkan berbagai jenis dengan sistem kinerja berbeda dan tentunya harga mesin bubut CNC juga berbeda tergantung dari ukuran serta kualitasnya.