harga mesin giling kopi bekas

Harga Mesin Giling Kopi Bekas dan Jenis-jenisnya

Walau saat ini sudah banyak kopi instan, tetapi harga mesin giling kopi bekas masih stabil. Hal ini karena semakin banyak peminat kopi murni, alih-alih yang instan. Kopi murni yang digiling dinilai lebih bercita rasa tinggi.

Tentu saja hal ini juga dilirik oleh banyak pengusaha coffee shop sebagai prospek usaha. Bisa dikatakan, peminat kopi sangat tinggi di Indonesia. Hal ini tentu berpengaruh terhadap penjualan peralatan pendukungnya.

Seperti mesin giling kopi baik itu baru hingga bekas. Akan tetapi, untuk jenis bekas lebih disukai karena harganya yang miring. Lebih lanjut tentang harga mesin giling kopi bekas dan jenisnya, akan diulas berikut.

Prospek Kopi Sebagai Pilihan Bisnis Masa Kini

Kopi merupakan salah satu pilihan minuman yang pamornya tidak pernah menurun. Justru seiring berjalannya waktu, peminatnya semakin banyak. Hal ini tidak lepas dari rasa yang dimiliki sehingga membuat banyak orang ketagihan.

Hal ini tidak lepas dari kandungan kafein dari kopi itu sendiri, yang bisa meningkatkan mood bagi setelah meminumnya. Tidak heran semua kalangan baik itu remaja hingga orang tua pasti sangat menyukai kopi.

Kopi sampai siap disajikan tentu harus melalui beberapa proses. Proses pertama adalah memetik biji kopi, setelah itu baru baru disangrai sampai matang. Biji kopi kemudian digiling dengan mesin khusus.

Gilingan inilah yang akhirnya menciptakan bubuk kopi siap minum. Tentu saja cita rasa dari kopi yang digiling sendiri berbeda dengan kopi instan. Kamu bisa menggilingnya sendiri, dengan mesin giling khusus.

Harga mesin giling kopi bekas sebenarnya sangat terjangkau. Bisa menjadi inventaris bagi para pecinta kopi, sampai pemilik coffee shop. Biji kopi yang diolah sendiri, tentu akan memberikan cita rasa otentik.

Bisnis coffee shop yang banyak berkembang saat ini, mayoritas memakai kopi hasil gilingan sendiri. Rasanya yang lebih tajam, tentu sangat disukai para penikmat minuman ini.

Tidak heran, kopi hasil gilingan sangat prospektif sebagai ide usaha. Kamu bisa memulainya dengan menciptakan racikan kopi sendiri. Tentu saja alat penggiling ini akan kamu perlukan untuk memanfaatkan prospek tersebut.

Sekilas Tentang Mesin Giling Kopi yang Sangat Berguna

Sebelum lebih jauh membahas tentang harga mesin giling kopi bekas, sebaiknya kenali dulu alat menarik ini. Setelah itu, baru memutuskan akan membeli jenis mesin giling baru, atau second.

  1. Manfaat Mesin Giling Kopi

Mesin giling kopi merupakan alat khusus untuk memecah dan menghancurkan biji kopi menjadi bubuk.

Biji kopi memiliki ciri khas keras di permukaannya. Proses pematangannya harus melalui cara disangrai. Cara ini adalah dengan memasak biji kopi tanpa air atau minyak. Hanya di atas wajan kosong, atau memakai alat sangrai kopi.

Setelah proses sangrai, biji kopi sudah siap digiling. Proses penggilingan inilah yang memerlukan alat khusus. Dulu, alat giling kopi mungkin ukurannya sangat besar.

Akan tetapi, saat ini sudah banyak modifikasi alat giling kopi sehingga lebih praktis. Baik baru atau harga mesin giling kopi bekas, semua bisa dimanfaatkan. Tentu saja saat membeli mesin ini harus ekstra teliti.

  1. Mekanisme Mesin Giling Kopi

Proses penggilingan yang lebih praktis, bisa kamu peroleh dengan mesin giling ini. Cukup masukkan biji kopi yang sudah matang disangrai. Baru kamu jalankan mesinnya.

Mesin giling kopi bekerja memakai tegangan listrik. Saat dinyalakan, otomatis mesin akan bekerja memecah dan menghaluskan biji kopi. Biasanya setelah proses selesai, mesin akan mati dengan sendirinya.

Bagi para pemilik coffee shop atau penikmat kopi, tentu sangat bermanfaat memiliki alat satu ini. Tekstur gilingan juga saat ini sudah bisa kamu atur. Tentunya untuk harga mesin giling kopi bekas yang kamu bayarkan, dijamin memberikan hasil maksimal.

Varian Mesin Giling Kopi yang Bisa Diketahui

Ternyata, mesin giling kopi memiliki berbagai varian menarik. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan hasil gilingan. Sebelum membahas harga mesin giling kopi, kenali dulu beberapa variannya yang menarik.

  1. Mesin Giling Kopi Listrik

Salah satu varian mesin giling kopi yang paling banyak dicari adalah jenis giling listrik. Sesuai namanya, mesin satu ini memang bekerja memakai tenaga listrik. Kapasitas daya yang diperlukan bervariasi, sehingga pilihannya sangat banyak.

Salah satunya ada yang memerlukan daya 90 Watt. Ada juga mesin giling kopi bekas dengan daya 1000 Watt, yang tentu saja tenaganya lebih optimal. Harga mesin giling kopi bekas tentu beragam, sesuai dayanya.

Walau demikian, tetap menjadi pilihan menarik terutama bagi skala industri. Misalnya saja pemilik coffee shop atau penjual kopi racikan.

  1. Mesin Giling Kopi Manual

Jika kamu kurang suka dengan mesin giling kopi listrik, jenis manual adalah pilihan. Cara kerja mesin giling kopi manual ini dengan mengandalkan mode putaran. Tuas yang ada di samping mesin cukup diputar pakai tangan.

Biji kopi yang ada di dalamnya akan otomatis tergiling, sampai menjadi bubuk. Memang harus ekstra sabar jika hendak memakai mesin satu ini. Perlu tenaga khusus untuk bisa menggiling kopi sampai menjadi bubuk.

Biasanya, untuk skala rumah tangga, jenis mesin manual ini yang paling banyak dicari. Memang tingkat kehalusannya tidak sama dengan mesin bertenaga listrik. Jika tetap ingin mencari mesin giling kopi bekas, pastikan sudah tahu cara kerjanya.

Untuk lebih menghaluskan hasil, kamu bisa mengayak hasil gilingan sebelum dikonsumsi. Untuk harga mesin giling kopi manual sangat terjangkau. Harganya hanya berkisar Rp100.000 untuk satu buah mesin

  1. Mesin Giling Kopi Mini

Mesin giling kopi mini memiliki kinerja manual. Memang tidak ada daya listrik yang diperlukan, cukup putar tuas memakai tangan sampai kopi hancur. Mesin unik ini sangat cocok dipakai untuk skala rumahan.

Cukup untuk menggiling biji kopi sebagai konsumsi pribadi. Untuk harganya memang sangat terjangkau, karena bentuknya mini. Kisaran harga mesin giling kopi bekas mini ini Rp100.000.

  1. Mesin Giing Kopi Basah

Varian lain dari mesin giling kopi adalah khusus kopi basah. Cara kerja mesin ini tergolong menarik. Tidak sekadar menggiling kopi, tetapi juga bisa mengupas kulit kopi basah. Bisa juga untuk mengupas kulit kopi kering, sangat multi fungsi.

Alat menarik ini terdiri atas berbagai macam kapasitas, tergantung dayanya. Jika memang ingin lebih cepat, bisa memilih yang daya Watt-nya tinggi. Kisaran harga mesin giling kopi bekas jenis ini adalah Rp3.500.000.

Daftar Harga Mesin Giling Kopi Bekas yang Bisa Diketahui

Varian dari mesin giling kopi memang sangat beragam. Bisa disesuaikan dengan kebutuhan, hasil, serta skala pemakaian. Jika memang skala pemakaian hanya rumahan, cukup pakai mesin giling manual.

Bisa juga mencari mesin dengan watt kecil, agar tidak membebani tagihan listrik. Harga mesin giling kopi bekas yang akan diulas ini adalah dari merk Maksindo. Lebih lengkapnya akan dibahas dalam tabel harga berikut.

Jenis Mesin Giling Kopi Harga Mesin Giling Kopi
Maksindo Mesin Giling Kopi 2,5 kg/jam (listrik) Rp925.000
Maksindo Mesin Giling Kopi 11 Kg/jam (listrik) Rp4.990.000

 Mesin giling kopi memang menjadi salah satu barang penting untuk kamu miliki. Terutama jika penyuka kopi dengan hasil gilingan sendiri, atau untuk skala usaha. Harga mesin giling kopi bekas tersebut tentu dapat menjadi referensi sebelum membelinya.