Metformin HCL 500 mg Obat Apa

Metformin HCL 500 mg Obat Apa? Ketahui Dosis dan Efeknya

Memangnya Metformin hcl 500 mg obat apa? Mereka digunakan untuk mengatasi gula darah dalam tubuh yang semakin meninggi. Perlu diketahui bahwa gula darah adalah salah satu masalah kesehatan yang banyak dialami khususnya lansia.

Keberadaan Metformin hcl sendiri berguna sebagai pertolongan pertama ketika kadar gula darah naik. Guna mengetahui kadar darah sendiri kamu perlu periksa ke dokter terlebih dahulu.

Pada artikel ini akan dibahas mengenai obat Metformin, mulai dari dosis penggunaan, efek samping, hingga daftar harganya. Maka dari itu, mari pelajari pembahasan di bawah ini.

Metformin HCL 500 mg Obat Apa?

Semakin hari, penderita penyakit diabetes di Indonesia juga semakin meningkat. Kondisi ini pada umumnya disebabkan oleh gaya dan pola hidup yang tidak sehat.

Penyakit diabetes sendiri terjadi karena organ pankreas yang bertugas untuk memproduksi insulin tidak berfungsi dengan baik, sehingga kadar gula di dalam darah semakin meningkat.

Metformin adalah jenis obat yang sudah terasa familiar khususnya bagi penderita diabetes tipe 2. Obat ini bahkan sudah tidak pernah lepas dari keseharian mereka karena berguna untuk membantu mengontrol kadar gula darah.

Obat Metformin bekerja dengan cara membantu penderita untuk mengembalikan respon terhadap insulin yang sudah tidak diproduksi kembali oleh tubuh.

Selain itu, manfaat lain dari obat ini adalah menurunkan produksi gula dalam hati yang kemudian akan diserap oleh perut.

Pada umumnya, penderita atau orang yang berisiko menderita penyakit gula darah tinggi selain mengetahui Metformin hcl 500 mg obat apa, mereka akan mengonsumsi obat yang satu ini bersama seiring menggiatkan program diet agar lebih sehat. Ini juga dilakukan sebagai bentuk pencegahan.

Namun, kamu juga perlu memastikan untuk memahami bagaimana cara mengonsumsinya. Dosis yang tidak tepat akan menyebabkan terjadinya efek samping hingga overdosis.

Agar obat bisa bekerja dengan baik, kamu tidak harus diet saja, tetapi juga aktif berolahraga.

Dosis dan Efek Samping Pakai Metformin

Setelah mengetahui Metformin hcl 500 mg obat apa, selanjutnya kamu perlu tahu bagaimana cara mengonsumsinya dengan baik dan benar.

Biiasanya dokter akan memberikan obat ini berdasarkan beberapa hal, seperti respon tubuh pasien terhadap obat, tingkat keparahan penyakit, riwayat kesehatan, hingga usia.

Berikut ini adalah penjelasan terkait dosis penggunaan Metformin yang berguna untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh penderita diabetes tipe 2, yaitu:

1.     Anak-anak (>10 tahun)

Tidak hanya lansia, tetapi obat ini juga bisa dikonsumsi oleh anak-anak karena penyakit diabetes bisa menyerang siapa saja.

Setelah memahami Metformin hcl 500 mg obat apa, adapun dosis untuk anak di atas 10 tahun, yaitu sebesar 500 hingga 850 mg dikonsumsi sebanyak satu kali dalam sehari.

Dosis ini bisa ditingkatkan secara bertahap sesuai dengan kondisi penderita diabetes. Namun, untuk dosis maksimalnya adalah 2000 mg per hari dalam 2 hingga 3 kali konsumsi. Jadi, jangan sampai melebihi dosis tersebut agar tidak terjadi masalah.

2.     Dewasa

Sama dengan anak-anak, penderita diabetes dewasa bisa mengonsumsi obat Metformin ini dengan dosis 500 hingga 850 mg, tetapi sebanyak 2 sampai 3 kali dalam satu hari.

Sementara untuk dosis maksimal penggunaan orang dewasa adalah 2000 sampai 3000 mg per hari dalam 3 kali konsumsi.

3.     Efek Samping Obat Metformin

Sebelumnya kamu sudah memahami Metformin hcl 500 mg obat apa beserta dosisnya. Kemudian ketahui pula apa saja efek samping yang akan terjadi jika tidak mengonsumsinya sesuai dosis, antara lain:

  • Diare
  • Kadar gula menjadi terlalu rendah (hipoglikemia)
  • Merasa lelah
  • Mual dan muntah
  • Sakit perut
  • Overdosis

4.     Apakah Penggunaannya Perlu Resep Dokter?

Sudah dibahas pada bagian poin Metformin hcl 500 mg obat apa, kamu sudah membaca bahwa mereka secara umum digolongkan ke dalam kelompok untuk mengatasi diabetes atau anti diabetes.

Perlu diketahui pula bahwa obat anti diabetes ini dibagi kembali menjadi beberapa jenis kelompok ditinjau berdasarkan cara kerja, salah satunya adalah kelompok obat biguanid.

Kelompok obat ini bekerja untuk membantu meningkatkan sensitivitas sel dalam tubuh terhadap hormon insulin sehingga bisa menurunkan kadar gula darah yang tinggi.

Sementara golongan berdasarkan penyertaan resep atau tidak, obat-obatan dibagi menjadi beberapa kelompok, yaitu obat bebas yang bisa dibeli tanpa resep dokter dan obat yang membutuhkan resep dokter untuk mendapatkannya.

Obat metformin ini termasuk ke dalam kelompok obat dengan resep dokter dan tidak boleh digunakan sembarangan tanpa anjuran yang jelas karena bisa menimbulkan risiko efek samping yang berbahaya jika penggunaannya tidak diawasi.

Berikut Ini Jenis Obat Metformin

Tidak hanya ada satu, tetapi adapun jenis obat Metformin lain berdasarkan kemasan atau penyajiannya. Jadi, setelah tahu Metformin hcl 500 mg obat apa kamu juga perlu menyimak poin mengenai jenis-jenis ini untuk mengetahui mana yang paling sesuai.

1.     Metformin Tablet

Jika kamu ingin mengonsumsinya, maka sebaiknya ketahui terlebih dahulu harga obat Metmorfin. Ini perlu kamu lakukan untuk menyiapkan harus membawa berapa banyak uang ketika akan pergi ke apotek terdekat.

Metformin XR 500 mg bisa kamu dapatkan dengan harga kurang lebih sekitar Rp. 20.000 per satu box yang berisi 10 strip.

Memahami Metformin hcl 500 mg obat apa, kamu juga perlu tahu bahwa jenis inilah yang paling banyak dibeli karena praktis dan murah.

Adapun jenis Metformin Generik tablet 500 mg yang harganya lebih murah dan pasti ada di bawah Rp. 20.000 per box.

2.     Metformin 850 mg

Kemudian ada Metformin 850 mg yang dosisnya lebih tinggi dibandingkan poin sebelumnya. Setelah membaca poin mengenai Metformin hcl 500 mg obat apa, ketahui pula bahwa harga 850 mg ini lebih mahal.

Pada apotek terdekat, kamu bisa menemui Metformin 850 mg dengan harga kurnag lebih sekitar Rp. 50.000 untuk satu box. Sementara isi satu box ini sama dengan dosis 500 mg, yaitu 10 strip.

Mereka harus kamu konsumsi dengan hati-hati karena dosis tinggi juga mempunyai pengaruh efek samping yang jauh lebih cepat dan berbahaya dibandingkan dengan efek samping dosis rendah.

Daftar Metformin Harga Terbaru

Metformin mempunyai banyak manfaat bagi tubuh dan kabar baiknya mereka dijual dengan harga yang sangat terjangkau serta bisa ditemukan dengan mudah, yaitu di apotek terdekat.

Jadi, setelah memahami metformin hcl 500 mg obat apa kamu juga perlu tahu harga dari obat ini. Berikut adalah daftar harga obat Metformin, yaitu:

Kemasan Harga Metformin
Metformin Gen Dexa 500mg Tab.  IDR 251.
Metformin Gen Dexa 500mg Strip.  IDR 2.510.
Metformin Gen Dexa 500mg Dos.  IDR 20.000.
Metformin Berno 850mg Tab.  IDR 540.
Metformin Berno 850mg Strip.  IDR 5.400.
Metformin Berno 850mg Dos.  IDR 48.900.
Metformin Hexpharm 500mg.  IDR 233.
Metformin Hexpharm 500mg.  IDR 2.330.
Metformin Hexpharm 500mg.  IDR 20.000.
Metformin 850mg Tab Dexa.  IDR 5.800.
Metformin 850mg Tab Dexa.  IDR 58.000.
Metformin 850mg Tab Dexa.  IDR 490.000.

Metformin adalah salah satu obat yang penting untuk dikonsumsi, tetapi juga akan membahayakan jika salah penggunaan atau dosis tidak sesuai. Maka dari itu, jika ingin mengonsumsinya, periksa terlebih dahulu petunjuk penggunaan pada kemasan.

Ini dilakukan agar tidak terjadi efek samping yang serius dan merugikan. Apakah artikel ini sudah bisa menjawab pertanyaan kamu mengenai metformin hcl 500 mg obat apa?