harga Acyclovir salep

Harga Acyclovir Salep dan Jenis-jenisnya Sesuai Penggunaan

Jika kamu atau orang terdekat terserang penyakit herpes, maka sebaiknya ketahui berapa harga Acyclovir salep yang bisa membantu mengobati itu dan beberapa penyakit kulit lainnya, misal gatal-gatal, hingga kulit terluka,

Meski dikenal sebagai antivirus, tetapi obat Acyclovir sebenarnya tidak bisa bekerja untuk membunuh virus melainkan hanya menurunkan kemampuan virus dalam menggandakan diri dan menyebar ke seluruh bagian tubuh.

Oleh karenanya, Acyclovir ini berguna untuk mengurangi keparahan dan durasi penyakit. Informasi selengkapnya mengenai obat Acyclovir akan dijelaskan di bawah ini. Jadi, mari simak pembahasannya dari awal hingga akhir!

Apa Pengertian dari Obat Acyclovir

Acyclovir adalah obat antivirus analog nukleotida yang digunakan untuk mengobati beberapa jenis infeksi akibat virus, seperti herpes kelamin (herpes genital), cacar ular (herpes zoster), dan cacar.

Memang Acyclovir aman untuk digunakan oleh semua usia bahkan menurut suatu penelitian, obat anti virus ini juga aman digunakan oleh ibu hamil. Namun, perlu diingat bahwa ada dosis tertentu yang perlu dipatuhi.

Selain itu, agar hasilnya lebih maksimal, maka mereka perlu dikonsumsi secara rutin. Harga Acyclovir salep sangatlah terjangkau sehingga ada banyak orang yang mempercayakan penyembuhan penyakitnya dengan menggunakan obat ini.

Penggunaannya bisa dikonsumsi tanpa harus dengan dosis dokter, tetapi juga ragu atau bahkan sudah mengalami efek samping, maka segeralah periksakan diri ke dokter agar mendapatkan penanganan terbaik.

Peringatan Ketika Mengonsumsi Acyclovir

Sebelum mengonsumsi Acyclovir, pastikan jika kamu memang tidak mempunyai alergi terhadap obat tersebut. Sebaiknya, beritahu dokter mengenai riwayat kesehatan kamu secara lengkap untuk mengetahui hal tersebut.

Kamu juga harus menggunakannya secara hati-hati dan sesuaikan dengan dosis yang disarankan. Ini dikarenakan jika alergi atau mengonsumsi dalam dosis berlebihan akan menyebabkan beberapa masalah, seperti diare, pusing, muntah, kehilangan kesadaran, hingga kejang.

Adapun larangan untuk mengonsumsi atau menggunakan obat ini, seperti pasien dengan gangguan fungsi ginjal, gangguan pada kondisi yang berhubungan dengan sistem imun lemah, seperti HIV, transplantasi sumsum tulang, dan lain sebagainya.

Oleh karenanya, sebelum minum obat pastikan bahwa kamu dalam kondisi yang aman. Kemudian, batasi juga konsumsi alkohol saat aktif meminum obat ini karena bisa meningkatkan risiko efek samping.

Perlu diperhatikan bahwa acyclovir tidak bersifat protektif, sehingga kamu tetap harus berhati-hati agar tidak tertular atau menularkan penyakit kulit ke orang lain. Walaupun harga Acyclovir salep sangat murah, tetapi tidak ada salahn dengan mencegah bukan?

Pada kasus kehamilan, Acyclovir termasuk dalam kategori B yang mana dalam suatu studi hewan dinyatakan bahwa obat ini tidak memperlihatkan adanya kematian atau risiko terhadap janin.

Namun, hingga kini masih belum ada studi terkontrol pada wanita hamil. Oleh karena itu, selama hamil, obat ini hanya digunakan jika benar-benar dibutuhkan. Guna mengurangi risiko, sebaiknya konsultasikanlah dengan dokter sebelum menggunakan Acyclovir ketika hamil atau menyusui.

Jenis Acyclovir yang Perlu Kamu Ketahui

Tidak hanya salep, tetapi juga ada beberapa jenis obat herpes ini yang perlu kamu ketahui dan pilih sesuai dengan keluhan. Harganya cukup bervariasi tergantung dengan kandungan, berat, hingga manfaat. Inilah ulasan selengkapnya, antara lain:

1.     Harga Acyclovir Salep di Apotek

Salah satu jenis obat salep untuk mengatasi virus herpes yang paling bekerja adalah Acylovir. Harga Acyclovir bentuk salep ini dibanderol sebesar Rp. 4.300 per pcs. Kamu bisa dengan mudah menemukan dan membeli mereka di apotek terdekat.

Perlu diingat bahwa kamu perlu menggunakannya sesuai saran dokter atau dosis yang sudah tertera pada kemasan. Bentuknya yang berupa salep akan memudahkan seseorang untuk menggunakannya.

2.     Acylovir Tablet

Selain mengetahui berapa harga Acyclovir salep, kamu juga perlu tahu bahwa ada juga jenis yang berbentuk tablet. Jenis tabletnya juga mempunyai harga yang berbeda-beda tergantung ukurannya

3.     Acylovir Sirup

Tidak hanya memahami harga Acyclovir salep, tetapi obat ini juga hadir dalam bentuk sirup untuk memudahkan anak-anak atau orang dewasa yang tidak bisa mengonsumsi tablet.

Jenis Acyclovir syrup ini dijual dengan harga sekitar Rp. 15.000 per botol. Penggunaan dari obat ini biasanya diminum sebanyak lima kali dalam satu hari untuk orang dewasa.

4.     Acylovir Injeksi

Ternyata Acyclovir juga tersedia dalam bentuk injeksi. Harga Acyclovir salep dibanderol dengan harga di bawah Rp 10.000, sementara jenis injeksi ini dijual seharga Rp 15.000 dan bisa ditemukan di apotek terdekat.

5.     Acylovir 200 MG

Berita baik, harga Acyclovir tablet 200 mg tidak jauh berbeda dengan harga Acyclovir salep, yaitu sekitar Rp. 4.500 per kemasan.

6.     Acylovir 800 Mg

Salah satu kemasan Acylovir yang paling besar adalah ukuran 800 Mg. Harga Acyclovir tablet 800 mg di apotik adalah sekitar Rp. 15.000 per kemasan.

Penggunaannya harus mengikuti aturan resep dari dokter atau petunjuk penggunaan di dalam kemasan obat Acylovir agar tidak terjadi hal buruk.

7.     Acylovir 400 Mg

Pada poin ini, sebelumnya kamu sudah tahu berapa harga Acyclovir salep, maka selanjutnya adalah harga Acyclovir 400 mg Generik yang dibanderol sekitar Rp. 10.000 saja per pcs.

Acyclovir 400 mg sudah terbukti mampu mengatasi permasalahan kulit, seperti herpes sehingga mereka juga bisa ditemukan di negara Malaysia.

Kabar baiknya, harga Acyclovir di Malaysia juga tidak jauh berbeda dengan harga di Indonesia, yaitu sekitar 1 ringgit.

Daftar Harga Acyclovir Salep dan Jenis Lainnya

Guna memperkirakan berapa jumlah uang yang perlu dibawa ketika pergi ke apotek untuk membeli obat Acyclovir, maka sebaiknya pahami terlebih dahulu daftar harga di bawah ini. Berikut adalah harga yang disesuaikan dengan jenisnya, antara lain:

Jenis Acyclovir Harga Acyclovir
ACYCLOVIR HEXPHARM 400 mg TAB 50S 1 Tablet IDR 872
ACYCLOVIR HEXPHARM 400 mg TAB 50S 1 Strip IDR 8.500
ACYCLOVIR HEXPHARM 400 mg TAB 50S 1 Dos IDR 40.000
ACYCLOVIR IF 400 mg TAB 100S 1 Tablet IDR 870
ACYCLOVIR IF 400 mg TAB 100S 1 Strip IDR 8.500
ACYCLOVIR IF 400 mg TAB 100S 1 Dos IDR 80.000
ZOTER 200mg TAB 30S 1 Tablet IDR 8.128
ZOTER 200mg TAB 30S 1 Strip IDR 75.000
ZOTER 200mg TAB 30S 1 Dos IDR 225.000
ACYCLOVIR NOVELL 400 mg TAB 1 Tablet IDR 960
ACYCLOVIR NOVELL 400 mg TAB 1 Strip IDR 9.600
ACYCLOVIR NOVELL 400 mg TAB 1 Dos IDR 48.000
ACYCLOVIR CR 5% 5G 1 Tube IDR 4.637
ACYCLOVIR NOVELL 200 mg TAB 1 Tablet IDR 800
ZOVIRAX 2G CR 1 Tube IDR 85.547
AZOVIR 5% CR 5 G 1 Tube IDR 18.470
ZOTER 400mg TAB 1 Tablet IDR 13.776
DANOVIR 5% CR 10 G 1 Tube IDR 4.191
DANOVIR 5% CR 5 G 1 Tube IDR 13.833
MOLAVIR 5% CR 5 G 1 Tube IDR 11.006
PALOVIR 5% CR 10 G 1 Tube IDR 68.593
MATROVIR CR 10 G 1 Tube IDR 21.165
PALOVIR 200mg TAB 30S 1 Tablet IDR 12.915
ZOVIRAX CR 5% 5G TUBE 1 Tube IDR 161.684

Obat Acyclovir berguna untuk mengobati herpes yang menyerang banyak orang akibat terjangkit suatu virus. Mereka terdiri dari beberapa jenis, mulai dari salep, tablet, injeksi, dan lain sebagainya.

Kamu bisa menjadikan informasi mengenai daftar harga Acyclovir salep dan jenis lainnya sebagai bahan referensi agar tidak kurang uang jika pergi ke apotek.