Harga Imodium

Daftar Harga Imodium, Jenis, dan Dosis Pemakaiannya

Bagi kamu yang mengalami gangguan pada bagian perut terutama diare, maka sebaiknya ketahui berapa harga imodium. Karena mereka akan membantu kamu mengatasi masalah tersebut.

Perlu dipahami bahwa diare sendiri akan menjadikan kamu kehilangan banyak cairan sehingga tubuh terasa lemas sehingga aktivitas sehari-sehari semakin terganggu.

Adapun banyak obat yang tersedia salah satunya adalah imodium. Apakah kamu masih merasa asing dengan nama tersebut? Mari berkenalan dengan cara membaca artikel ini dari awal hingga akhir!

Mengenal Tentang Apa Itu Imodium ?

Diare adalah salah satu masalah pada pencernaan yang menjadikan buang air besar lebih encer dan sering terjadi. Itu tidak bisa ditahan dan mengakibatkan penderita harus sering-sering ke kamar mandi untuk membuangnya.

Masalah ini akan menjadikan perut kamu terasa sakit dan lemas karena cairan yang terkuras habis ketika buang air besar.

Perlu diketahui diare sendiri biasanya disebabkan oleh virus maupun makanan yang sudah terkontaminasi. Walaupun demikian, adapun penyakit yang salah satu gejalanya adalah diare, seperti penyakit radang usus.

Sebagian besar kasus diare ini bisa sembuh dengan sendirinya, tetapi mengonsumsi obat juga akan membantu mempercepat penyembuhan. Adapun beberapa obat alami yang bisa membantu mengurangi gejalanya.

Obat alami tersebut berupa air rebusan jahe, kunyit, air kelapa, kentang, pisang, daun jambu biji, wortel, oralit, lada putih, dan lain sebagainya.

Adapun salah satu obat yang biasa direkomendasikan oleh dokter bisa kamu gunakan adalah imodium. Obat ini bisa kamu dapatkan di apotek dengan resep dokter setelah melakukan pemeriksaan.

Harga imodium sendiri sangatlah terjangkau sehingga kamu tidak perlu menabung terlebih dahulu jika ingin sembuh dari penyakit diare tersebut. Namun, agar lebih akurat dalam mengetahui penyebab diare itu, kamu perlu berkunjung ke dokter.

Penggunaan imodium juga memerlukan resep dari dokter, jadi kamu tidak bisa membeli dan menggunakannya secara mandiri atau tanpa pengawasan dokter. Terdapat dua jenis imodium yang bisa kamu temukan dengan mudah, yaitu:

1.     Imodium Obat

Sebagai informasi, imodium mempunyai berbagai jenis fungsi atau manfaat yang masih belum diketahui oleh masyarakat. Namun, beberapa dari mereka tahu bahwa imodium adalah obat yang sering digunakan dalam mengatasi masalah diare.

2.     Imodium Tab

Kemudian ada imodium tab yang merupakan salah satu jenis obat dari bahan dasar imodium. Obat ini bisa kamu jadikan sebagai pilihan ketika berada dalam kondisi mengalami gejala diare.

Harga imodium tab sendiri bisa kamu dapatkan dengan Rp.80,000 per 10 tablet. Ingat, masih harus dengan pengawasan atau resep dari dokter.

Terdapat beberapa hal yang juga perlu kamu pahami dan ingat sebelum menggunakan obat ini, antara lain:

  • Bentuk: Tablet
  • Farmasi: Taisho Pharmaceutical Indonesia
  • Golongan: Obat Keras
  • Kandungan: Loperamide 2 mg
  • Kategori: Antidiare
  • Kemasan: Strip isi 10 Tablet
  • Satuan Penjualan: Strip
  • Harga imodium: Rp 80.000 per strip.

Aturan Pemakaian atau Dosis Imodium

Obat ini sudah semestinya harus digunakan sesuai dengan petunjuk pemakaian yang telah dianjurkan. Namun, kamu tetap harus mendengarkan ajuran atau resep dari dokter karena telah melakukan pemeriksaan secara mendalam.

Resep ini juga akan membuat obat bisa bekerja lebih optimal pada tubuh kamu tanpa harus menimbulkan efek samping yang sangat merepotkan. Harga imodium sendiri sangatlah berrvariasi tergantung dengan jenis hingga penjualnya.

Aturan penggunaan obat imodium secara umum adalah 1-2 tablet untuk 1-2 kali sehari. Sementara diare kronik 2-4 tablet sehari maksimal 8 tablet sehari.

Obat dikonsumsi setiap selesai buang air besar dan jika setelah 48 jam tidak ada perubahan yang lebih baik, sebaiknya hentikan mengonsumsi obat tersebut dan konsultasikan kembali dengan dokter.

Imodium tidak disarankan untuk anak kecil karena itu akan menyebabkan masalah yang lebih serius pada pencernaan. Cara menyimpan obat ini adalah dengan meletakkannya pada suhu di bawah 30 derajat Celcius.

Bahaya Penggunaan Imodium Secara Tidak Tepat

Selain memahami apa pengertian, jenis, hingga harganya, kamu juga perlu tahu bagaimana bahaya penggunaan imodium jika digunakan secara sembarangan.

Jika kamu melakukan kesalahan tersebut secara terus-menerus, maka risikonya adalah mengalami overdosis yang gejalanya berupa, napas pendek dan terburu-buru, tidak bisa bernapas sama sekali, mual, muntah, pusing, hingga keringat dingin.

Selain itu, memanfaatkan harga imodium yang terjangkau untuk dikonsumsi secara terus menerus tanpa memperhatikan resep dokter juga bisa menyebabkan kehilangan kesadaran atau lebih parahnya adalah kematian.

Oleh karena itu, perhatikan betul apa yang telah disampaikan oleh dokter agar tidak terjadi kesalahan. Bukannya mengonsumsi obat menjadi sembuh nantinya justru mengalami sakit yang lebih parah.

Beberapa obat mungkin saja berinteraksi dengan kandungan dalam imodium, yaitu loperamide. Konsultasikan dengan dokter jika kamu sedang aktif mengonsumsi obat lain, terutama kandungan quinidine atau ritonavir.

Ini dikarenakan kedua obat tersebut bisa meningkatkan risiko efek samping loperamide. Kemudian ada juga saquinavir yang akan mengurangi efektivitas operamide. Jadi, jangan sepelekan harga imodium yang terjangkau.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat atau FDA memasukkan obat Imodium ke dalam Kategori B yang mana tidak menunjukkan risiko pada janin, tetapi tidak ada studi lanjut mengenai penggunaan imodium pada wanita hamil.

Jadi, kami ingatkan kembali bahwa imodium adalah golongan obat keras sehingga penggunaannya harus berdasarkan rekomendasi atau resep dari dokter terpercaya.

Daftar Harga Imodium Berbagai Kemasan

Imodium adalah salah satu obat golongan keras yang perlu menggunakan resep dokter untuk penggunaannya. Obat ini digunakan untuk mengurangi gejala diare dan kurang efektif jika untuk mengobati atau mengatasi penyebab masalah diare.

Kamu bisa mendapatkan obat imodium di apotek terdekat. Harga dari obat ini cukup terjangkau. Adapun di bawah ini adalah pembahasan mengenai daftar harga obat imodium berbagai kemasan yang perlu kamu ketahui, antara lain:

Jenis Kemasan Imodium Harga Imodium
Imodium 2 mg 1 Tablet  IDR 9.200
Harga imodium 1 strip  IDR 80.000
Imodium 2 mg 1 Dos  IDR 780.000

Diare adalah salah satu masalah yang dialami oleh banyak orang dan itu terjadi karena beberapa penyebab, misal mengkonsumsi makanan yang kotor, terkontaminasi oleh virus, dan lain sebagainya.

Selain itu, tinggal di lingkungan yang kotor dan tidak rajin mencuci tangan juga bisa menjadi penyebab terjadinya diare pada tubuh kamu.

Maka dari itu, selalu jaga kebersihan dan tingkatkan imun tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi, minum air putih yang cukup, hingga rajin berolahraga.

Tidak hanya mengatasi diare, tetapi usaha tersebut juga akan menjadikan tubuh kamu lebih sehat dan bugar.

Diare juga bisa menjadi gejala akan adanya penyakit pencernaan yang lebih serius, seperti radang usus. Jadi, sebaiknya konsultasilah kepada dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik.

Setelah itu, kamu kemungkinan akan mendapatkan resep berupa obat imodium yang bisa di tebus melalui apotek.

Harga imodium sendiri sangatlah terjangkau sehingga akan memudahkan kamu untuk segera sehat dan terbebas dari penyakit diare yang sangat mengganggu tersebut.