Harga Azithromycin di Apotik Kimia Farma

Mengenal Harga Azithromycin di Apotik Kimia Farma dan Dosis

Harga Azithromycin di Apotik Kimia Farma sebetulnya memang sangat terjangkau dan mudah ditemukan. Harga dari Azithromycin sekitar Rp120.000 hingga Rp200.000 saja.

Harganya yang terjangkau karena Azithromycin termasuk salah satu jenis obat generik. Obat Azithromycin yang 500mg ini berupa tablet, obat kapsul, suntik, dan suspensi.

Mengenal Harga Azithromycin di Apotik Kimia Farma

Azithromycin termasuk ke dalam salah satu golongan makrolida, yang memiliki tujuan utama dalam menghentikan pertumbuhan bakteri. Hal ini karena lebih fokus terhadap bakteri. Obat ini tidak dapat mengatasi virus.

Meskipun begitu saat ini masih banyak sekali yang tidak paham akan Azithromycin ini. Misalnya saja seperti dosis, kegunaannya, dan indikasi umum yang aman terkait obat ini. Harga Azithromycin di Apotik Kimia Farma yang membuat obat ini banyak dicari.

Azithromycin dihydrate sendiri termasuk ke dalam salah satu jenis antibiotik yang mempunyai fungsi sebagai pencegah infeksi bakteri. Secara umum, memang infeksi bakteri ada di dalam tubuh dan berbagai organ dalam.

Contohnya saja, pada organ saluran pernafasan, mata, kulit, bahkan sampai alat kelamin. Obat antibiotik generik ini sudah bekerja dengan cara mengikat subunit 50s yang ada pada ribosom bakteri.

Dengan begini, sistem protein di dalam mRNA bakteri akan terganggu pertumbuhannya. Harga azithromycin di apotik kimia farma terjangkau dan berguna mengganggu proses bertumbuhnya sebuah bakteri pada organ tertentu.

Dengan begini, tubuh pasien bisa langsung membantu untuk melawan bakteri yang sudah ada. Jadi bagi kamu yang ingin menggunakannya sangat mudah diaplikasikan di rumah.

Indikasi dan Efek Samping yang Ditimbulkan

Sebelum membahas Azithromycin 500 mg di apotik, ketahuilah beberapa indikasi Azithromycin terlebih dahulu. Sebagai salah satu obat keras, maka penggunaannya harus berada di bawah pengawasan tenaga medis utamanya yaitu dokter.

Obat ini sebenarnya memiliki bentuk dan dosis tertentu berguna untuk mengatasi permasalahan organ dalam yang dapat mempengaruhi kinerja organ. Harga azithromycin di apotik kimia farma bisa langsung mempengaruhi proses sekresi yang berjalan pada ginjal.

Sementara itu, Azithromycin juga bisa langsung menyebabkan beberapa gejala pada pasien yang telah mengkonsumsinya. Mulai itu dari gejala seperti mual, muntah, sakit kepala, sampai vertigo, serta menyebabkan diare.

Dosis Azithromycin Dihydrate

Secara umum, terdapat dosis Azithromycin berbentuk kaplet sebesar 1 gram untuk orang dewasa melalui saluran oral. Dosis ini sebenarnya hanya bisa digunakan sekali sehari dalam waktu 3 hari saja.

Berikutnya, dosis untuk anak-anak hanya sebesar 10 mg per kilogram berat badannya pada hitungan setiap harinya selama 3 hari. Apalagi saat ini sudah ada berbagai bentuk Azithromycin yang ada di pasaran.

Kamu juga harus lebih teliti mengenai pemakaian dosisnya. Pastikan kamu harus mengikuti aturan dosis tersebut dan mematuhi anjuran dari dokter. Hal ini sebenarnya untuk menghindari berbagai efek samping yang akan dibahas berikut ini.

Efek Samping Lanjutan Azithromycin

Efek samping dari Azithromycin sebenarnya sangat beragam dari yang ringan sampai berlanjut. Efek samping lanjutan ini biasanya bisa dikarenakan mengonsumsi Azithromycin dalam jangka waktu lama.

Selain itu, biasanya karena konsumsinya yang sangat berlebihan sampai melebihi dosis. Di bawah ini sudah ada beberapa efek samping lanjutan dari harga azithromycin di apotik kimia farma murah ini.

  1. Penurunan Kemampuan Pendengaran hingga Tuli

Obat Azithromycin ini berfungsi untuk mengatasi infeksi yang ada pada saluran pendengaran. Meskipun lebih efektif untuk menyembuhkan dan menghambat tumbuhnya bakteri pada saluran pendengaran, namun pemakaian secara berlebihan bisa membuat kemampuan mendengar pasien menjadi menurun.

Bahkan, parahnya lagi bila kamu mengkonsumsinya secara berlebihan dalam jangka waktu lama, risiko tuli ini bisa terjadi. Oleh karena itu, perhatikan dengan baik dosis dan anjuran penggunaan sesuai petunjuk dalam kemasan dan saran dokter.

  1. Penurunan Kemampuan Penglihatan

Selain bisa mengobati infeksi pada bagian pendengaran, obat ini juga berguna untuk mengatasi infeksi di bagian mata. Namun, pemakaian yang berlebih dan dosis tidak tepat juga dapat menyebabkan penurunan penglihatan seperti mata kabur.

  1. Gangguan Pada Hati dan Ginjal

Mengonsumsi harga azithromycin di apotik kimia farma yang murah akan berefek langsung pada saluran ekskresi, terutama hati dan ginjal. Tidak heran, bila pasien dapat mengalami gejala mual dan muntah yang parah.

Bahkan, kulit dan mata menjadi berubah warna. Selain efek samping tersebut, ternyata sudah ada risiko alergi bagimu yang mempunyai alergi terhadap salah satu atau beberapa kandungan dalam obat ini.

Oleh karena itu, hindari penggunaannya daripada alergi kamu kambuh. Apabila kamu membutuhkannya, maka bisa mendapatkannya dengan mudah di apotek terdekat. Harga azithromycin di apotik kimia farma hanya berkisar mulai Rp17.000 per strip.

Apabila kamu mengalami penyakit infeksi akibat bakteri, maka dokter akan meresepkan azithromycin (azitromisin) untuk mengatasinya. Obat ini biasanya akan diberikan berupa obat minum atau injeksi di rumah sakit.

Dosis Azithromycin Berdasarkan Penyakit yang Ingin Diobati

Mengutip dari situs MIMS Indonesia, berikut ini sudah ada dosis azithromycin berdasarkan penyakit yang ingin diobati. Adapun beberapa isinya ditentukan oleh penyakit tertentu seperti di bawah ini.

  1. Pneumonia

Obat harga azithromycin di apotik kimia farma biasanya dapat langsung digunakan untuk mengobati penyakit pneumonia yang didapatkan dari lingkungan/orang lain. Pemberian dari obat ini bisa melalui obat maupun suntik dengan dosis berikut.

  • Dewasa

Obat minum ini diberikan dengan dosis sekitar 500 mg pada hari pertama. Lalu bisa dilanjutkan 250 mg sekali sehari pada hari ke 2 hingga 5.

Injeksi intravena yang menggunakan dosis 500 mg harus dosis tunggal selama 2 hari. Kemudian, bisa dilanjutkan dengan obat minum 500 mg sekali sehari sampai 7 – 10 hari.

Obat harga azithromycin di apotik kimia farma yang murah ini biasanya akan diberikan dengan dosis 10 mg/kg berat badan sekali sehari pada hari ke-1. Kemudian, bisa dilanjutkan dengan dosis 5 mg/kg berat badan per hari pada hari ke 2-5.

Sementara itu, untuk obat minum suspensi lepas lambat ini dosisnya hanya 60 mg/kg berat badan sekali sehari. Jadi obat minum ini bisa diberikan maksimal 2 gram/hari.

  1. Radang Panggul

Dalam mengobati penyakit radang panggul, azithromycin ini biasanya diberikan pada orang dewasa menurut dosisnya. Berikut ini sudah ada penjelasan yang bisa kamu ketahui dengan mudah.

  • Injeksi intravena ini hanya sekitar 500 mg dalam dosis tunggal pada 1 atau 2 hari pertama.
  • Kemudian, bisa dilanjutkan dengan obat minum untuk dosis 250 mg sekali sehari sampai 7 hari perawatan.
  1. Konjungtivitis oleh bakteri

Dalam mengobati penyakit infeksi bakteri pada mata (konjungtivitis), ternyata obat tetes mata ini mengandung azitromisin yang diberikan menurut dosis. Berikut ini beberapa dosis dari harga azithromycin di apotik kimia farma bisa diketahui.

  • Dewasa

Tetes mata azitromisin ini sebesar 1% dan bisa dimasukkan 1 tetes ke dalam mata yang terkena sebanyak dua kali sehari. Namun, untuk jarak waktunya dari 8 hingga 12 jam selama 2 hari.

Kemudian, dilanjutkan 1 tetes sekali sehari selama 5 hari berikutnya. Sementara itu, tetes mata 1,5% (sebagai dihidrat) bisa kamu teteskan 1 tetes ke konjungtiva forniks (kelopak mata bagian dalam) sekitar 2 kali sehari (pagi dan sore) selama 3 hari.

  • Anak-anak (usia 1 tahun ke atas)

Biasanya, untuk anak-anak tetes mata azitromisin hanya sekitar 1% dan 1.5% dosisnya. Sebenarnya, dosis ini sama dengan orang yang dewasa.

Jadi Azithromycin di Apotik sangat mudah dan cepat ditemukan. Harga Azithromycin di Apotik Kimia Farma ini sebenarnya sangat murah dan terjangkau.