harga papan multiplex

Inilah Harga Papan Multiplex, Berdasarkan Aneka Jenisnya

Mencari informasi harga papan multiplex tidaklah sulit. Penjualnya sudah banyak tersebar di mana-mana, bahkan ada seller online juga. Papan satu ini bisa dikatakan sebagai material murah dan serba guna.

Cocok untuk membuat berbagai macam perabot rumahan seperti lemari, meja, kursi, sampai plafon. Sebagai salah satu material murah, tentu saja peminatnya juga tinggi. Apa saja kelebihan dari papan kayu ini, simak ulasan lengkapnya sebagai berikut.

Mengenal Kayu Papan Multiplex yang Sangat Bermanfaat

Membahas tentang harga papan multiplex tentu belum lengkap tanpa tahu definisi dari jenis kayu ini. Multipleks merupakan jenis papan yang merupakan lapisan-lapisan kayu tipis. Lapisan ini disusun secara berlapis, dengan lem perekat.

Alhasil, sebuah lembaran papan akan diperoleh dan bisa dimanfaatkan untuk keperluan lainnya. Lembaran papan kayu ini ternyata dapat diolah menjadi berbagai produk interior yang sangat bervariasi.

Misalnya untuk mempercantik interior desain kamar mandi atau dapur. Lapisan kayu yang ringan, juga memiliki bentuk artistic. Ukuran yang tersedia beragam, dilihat dari bagaimana ketebalannya.

Hal lain yang membuat papan multiplex ini menarik adalah dari segi keawetan. Kamu tidak perlu khawatir, walau berlapis-lapis, keawetan kayu bisa mencapai 50 tahun lebih. Sangat mendukung dan bagus untuk interior desain rumah dan bangunan lainnya.

Walau warna dasarnya cokelat, papan kayu multiplex sebenarnya dapat divariasikan dengan aneka warna. Hal ini dikarenakan permukaan kayu ini bisa dicat dan dipernis dengan berbagai macam bahan. Cocok untuk memaksimalkan tampilan ruanganmu.

Kamu bisa mendapatkan pintu, lemari, sampai meja dari bahan multiplex ini. Bahkan ada juga yang menggunakannya untuk mendukung kebutuhan pembangunan rumah. Contohnya membuat lantai sampai plafon berkualitas.

Kegunaan Papan Multiplex untuk Berbagai Macam Keperluan

Sebagai salah satu produk papan kayu berkualitas, multipleks memang bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam kegunaan. Kamu bisa memanfaatkan papan multiplex ini untuk beberapa kebutuhan interior seperti:

  1. Penyusun Plafon

Plafon merupakan salah satu bagian rumah yang sangat penting peranannya. Material penyusun plafon ini ada beberapa jenis, seperti papan multiplex contohnya. Penggunaan material satu ini akan membuat tampilan hunian terasa lebih sejuk.

Plafon yang menarik, tentu akan memberikan tampilan ruangan yang semakin indah. Papan multiplex ini dapat dijadikan penyusun plafon dengan ukuran yang beragam. Tentu semakin tebal, harga papan multiplex akan kian mahal.

  1. Kitchen Set

Dapur memang bisa disusun dengan kitchen set dengan beberapa macam. Ada kitchen set yang dibuat dari cor semen, dengan lapisan keramik. Akan tetapi, ada juga kitchen set dari papan multiplex yang ternyata bisa menjadi alternatif.

Papan satu ini tergolong mudah untuk dibentuk menjadi beragam jenis. Tentu mendukung sekali jika digunakan sebagai kitchen set. Kamu akan mendapatkan area khusus memasak yang lebih fungsional dan pastinya secara estetika menarik.

Jangan khawatir untuk pilihan warna-warna dan desainnya. Papan multiplex yang fleksibel ini bisa dicat dengan ragam warna menarik. Selain itu, dari segi desain kamu bisa memilih kitchen set model L, U, hingga lurus sesuai keinginan.

  1. Kabinet

Kabinet bisa diartikan sebagai lemari, akan tetapi secara ukuran lebih dikhususkan memanjang. Umumnya kabinet ini diletakkan di ruang tamu atau keluarga, sebagai tempat menaruh televisi. Kabinet juga bisa diletakkan di kamar untuk menaruh barang.

Tentu saja material pembuat kabinet harus benar-benar berkualitas. Papan multiplex cocok sebagai pilihan material pembuatan. Harga papan multiplex untuk kabinet juga lebih terjangkau, cocok untuk pilihan furniture murah dan berkualitas.

  1. Material Lantai

Selain untuk material plafon, siapa sangka jika harga papan multiplex yang kamu bayar bisa dipakai sebagai lantai. Lantai dari multiplex ini akan tampak lebih natural dan pastinya anti licin.

Secara keawetan juga tidak mungkin diragukan, karena bisa bertahan jangka panjang. Ketebalan untuk papan satu ini juga beragam, tergantung budget yang disiapkan. Kamu bisa memakai papan ini untuk lantai pada ruang tamu, kamar, bahkan dapur.

  1. Pembuatan Pintu

Sebagai salah satu papan kayu multi guna, multiplex memang bisa dipakai untuk beberapa keperluan. Salah satu yang menarik adalah membuat pintu. Pintu rumah ini bisa didesain dengan berbagai model, walau berbahan dasar multiplex.

Kamu bisa memakainya untuk membuat pintu kamar atau jenis ruangan lain. Papan kayu ini juga cocok sebagai solusi mencari pintu kayu yang lebih ekonomis.

Beberapa Contoh Varian Papan Kayu Multiplex

Harga papan multiplex memang sangat bervariasi, tergantung dari bagaimana ketebalan dan ukurannya. Mengetahui apa saja variannya sangat penting, agar papan kayu yang dipilih sesuai kebutuhan. Inilah beberapa contoh pilihan dari papan multiplex.

  1. Multiplex Lembaran

Sejatinya, papan multiplex jenisnya memang lembaran, dengan ketebalan bervariasi. Untuk multiplex lembaran ini biasanya digunakan sebagai alas baik di lantai atau plafon.

Kamu bisa membelinya secara eceran atau borongan, tergantung keperluan. Pastikan beli papan multiplex di tempat terpercaya, agar tidak sampai mengalami kerugian.

  1. Multiplex HPL

Jika kamu ingin membuat perabot rumah seperti lemari, kitchen set, sampai meja, jenis multiplex ini bisa dipilih. Multiplex HPL memiliki ukuran yang lebih tebal tetapi mudah dibuat. Sangat cocok untuk kebutuhan interior rumah yang menarik.

Umumnya, pembuatan kitchen set dengan papan multiplex ini juga tidak terlalu mahal. Harga papan multiplex yang murah, akan membuat hasil jadinya dibandrol murah juga.

  1. Multiplex Ukuran 18mm

Papan kayu dengan ukuran 18 mm tentu sangat berguna untuk berbagai keperluan. Biasanya, kebutuhan papan kayu multiplex untuk ketebalan satu ini juga cukup bervariasi. Ada yang dipakai untuk membuat pintu, plafon, dan sebagainya.

Harga papan kayu multiplex ukuran ini juga tidak terlalu mahal. Masih tergolong murah, sehingga membantumu dalam memilih kebutuhan material yang terjangkau.

Daftar Harga Papan Multiplex Berdasarkan Aneka Jenisnya

Jenis papan multiplex memang sangat banyak di pasaran, tergantung bagaimana ukurannya. Tentu saja hal ini akan membuat harga papan multiplex bervariasi di pasaran. Untuk ukuran 2 mm misalnya, biasanya dibandrol sekitar Rp37.000.

Papan kayu kaya manfaat ini memang sangat mendukung interior desain rumahmu. Jenisnya yang bervariasi, tentu sangat memudahkan dalam memilihnya.

Lebih lengkap tentang harga papan multiplex berdasarkan jenisnya, akan diulas di tabel berikut.

Jenis Kayu Multiplek Ukuran Harga Multiplek (IDR)
Multiplek Tebal 2 mm. 122 mm × 244 mm  IDR 37.850
Multiplek Tebal 3 mm. 122 mm × 244 mm  IDR 49.850
Multiplek Tebal 4 mm. 122 mm × 244 mm  IDR 60.850
Multiplek Tebal 6 mm. 122 mm × 244 mm  IDR 74.850
Multiplek Tebal 9 mm. 122 mm × 244 mm  IDR 103.850
Multiplek Tebal 12 mm. 122 mm × 244 mm  IDR 149.850
Multiplek Tebal 15 mm. 122 mm × 244 mm  IDR 184.850
Multiplek Tebal 18 mm. 122 mm × 244 mm  IDR 210.850
Blockboard Tebal 18 mm. 122 mm × 244 mm  IDR 205.850
Teakblock Tebal 18 mm. 122 mm × 244 mm  IDR 275.850
Polywood Cap Kunci Tebal 3 mm. 122 mm × 244 mm  IDR 87.850
Teakwood Tebal 3 mm. 122 mm × 244 mm  IDR 89.850

 

Ternyata mencari material murah untuk kebutuhan interior bangunan tidaklah sulit. Harga papan multiplex yang terjangkau, tentu dapat menjadi opsi menarik untuk dipilih.