harga ikan nila

Inilah Daftar Harga Ikan Nila dan Jenis Paling Populer

Ikan nila adalah salah satu ikan air tawar yang sudah lama dibudidayakan di Indonesia dan harga ikan nila sendiri sangatkan beragam tergantung ukuran dan kualitasnya. Mereka dibudidaya sebagai ikan konsumsi karena mempunyai cita rasa lezat dan daging empuk.

Serta bisa memenuhi kebutuhan protein tanpa harus membeli salmon yang harganya selangit. Selain itu, mereka juga bisa dijadikan sebagai ikan hias pengendali gulma di air atau penghias kolam. Maka dari itu, mari baca pemaparan di bawah ini dengan seksama untuk mendapatkan banyak wawasan baru mengenai ikan nila!

Mengenal Sekilas Tentang Ikan Nila

Ikan nila memiliki nama ilmiah Oreochromis niloticus dan tercatat pertama kali datang ke Indonesia pada 1969 dari negara Afrika bagian timur. Kepopulerannya menjadikan banyak orang mengira bahwa mereka adalah ikan lokal.

Ikan nila diketahui menjadi kerabat dari ikan mujair atau Oreochromis mossambicus sehingga tidak heran jika bentuk hingga cita rasa mereka yang hampir sama.

Selain itu, keduanya juga sama-sama mempunyai potensi untuk menjadi ikan invasif jika terlepas pada badan air alami.

Ikan nila mempunyai kemampuan bertahan hidup, beradaptasi, dan toleransi yang tinggi akan kualitas air. Walaupun berada dalam kondisi ekstrem, ikan nila ini bertahan hidup dengan baik dibandingkan ikan tawar lainnya.

Harga ikan nila dibanderol cukup murah karena mereka bagaikan ayam yang mudah untuk dibudidayakan sebagai hewan konsumsi. Tidak hanya bisa memenuhi protein, tetapi mengonsumsi daging nila juga menawarkan kandungan lain, seperti mikronutrien dan asam lemak esensial yang sehat.

Ikan nila sendiri paling banyak dikonsumsi dan dibudidayakan di China, Indonesia, Mesir, Filipina, Thailand, dan Brazil.

Jenis Ikan Nila Lengkap dengan Harga Ikan Nila di Pasaran

Ikan nila sudah menjadi salah satu ikan favori banyak orang untuk dinikmati sehari-hari karena mempunyai rasa yang sangat enak dan mudah ditemukan dijangkau oleh berbagai kalangan.

Penduduk Indonesia sendiri diketahui sudah banyak membudidayakan ikan nila sebagai mata pencaharian utama karena memang mereka tidak memerlukan pemeliharaan yang sulit.

Selain itu, pertumbuhan ikan nila sendiri juga sangat cepat sehingga dalam jangka waktu setahun saja sudah bisa beberapa kali panen. Berikut adalah ulasan terkait harga ikan kaya protein ini berdasarkan jenisnya, antara lain:

1.     Ikan Nila Lokal

Jenis Ikan nila lokal berasal dari Taiwan yang kemudian dikembangkan di wilayah Sulawesi Utara atau lebih tepatnya di Danau Tondano. Setelah itu, ikan jenis ini banyak dibudidaya oleh sebagian penduduk Indonesia karena berpotensi tinggi

Ciri-ciri tubuh ikan jenis ini adalah berwarna hitam keabu-abuan dan pada bagian perut serta dadanya berwarna putih kekuningan. Harga ikan nila lokal menjadi yang paling murah, yaitu berkisar antara Rp. 22.000 hingga Rp. 25.000 per kg.

Jika kamu merasa bingung atau tidak bisa memasak, kabar baiknya sudah ada berbagai rumah makan yang menyediakan menu ikan nila dengan beraneka macam olahan, mulai dari digoreng hingga dibakar sekalipun.

2.     Ikan Nila Merah

Perlu diketahui bahwa ikan nila merah menjadi jenis ikan yang banyak dibudidayakan karena permintaan pasarnya sangatlah tinggi.

Alasan mengapa peternak membudidayakan jenis ini adalah karena pertumbuhan yang cepat dan harga lebih mahal dibandingkan ikan nila lokal.

Selain itu, ikan ini juga sudah diekspor ke beberapa negara, salah satunya adalah Amerika Serikat dengan cara difillet kemudian dibekukan. Harga ikan nila fillet yang diekspor bisa mencapai US$ 5/kg atau setara dengan Rp 70.000 per kg.

3.     Ikan Nila Larasati

Jenis ikan nila Larasati atau seringkali disebut sebagai nila Janti ini dikembangkan oleh BBI Janti di Klaten. Mereka dianggap hampir sama dengan jenis ikan nila merah terutama pada bagian warna tubuh.

Namun, ikan Larasati ini mempunyai daging yang lebih tebal dengan harga terjangkau. Tidak hanya sebagai ikan konsumsi, dikarenakan keindahan warnanya, mereka juga banyak dijadikan sebagai ikan hias. Harga ikan nila larasati adalah sekitar Rp 20.000 hingga Rp 50.000 per kg.

4.     Ikan Nila BEST

Jenis ikan nila jenis BEST adalah ikan nila yang berasal dari hasil empat persilangan strain sehingga mempunyai warna yang mirip layaknya ikan nila jenis Gift. Nama mereka diambil dari singkatan Bogor Enhanced Strain Tilapia.

Setiap daerah menawarkan harga ikan nila yang berbeda tergantung dengan jenis, ukuran, dan kualitasnya. Namun, perbedaannya tidak akan terlampau jauh karena hanya berbeda karena hitungan akses transportasi.

Ikan ini menjadi salah satu jenis ikan yang banyak dibudidayakan karena menawarkan berbagai keunggulan, seperti menghasilkan telur yang lebih banyak, daya tahan tubuh lebih kuat dibanding ikan nila lokal, dan ukuran larva lebih besar.

Daftar Harga Ikan Nila Terbaru

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa ikan nila mempunyai harga sangat beragam tergantung pada jenis, ukuran, dan kualitas. Selain itu, harga mereka juga dipengaruhi oleh tempat atau lokasi budidaya.

Adapun di bawah ini adalah ulasan mengenai beberapa daerah yang menjual ikan nila dengan harga cukup beragam, antara lain:

Nama Daerah Harga
Makassar Rp. 25.000 / kg
Padang Rp. 24.000 / kg
Jakarta Rp. 27.000 / kg
Jawa Tengah Rp. 25.000 / kg
Kalimantan Rp. 30.000 / kg
Bali Rp. 28.000 / kg
Banten Rp. 26.000 / kg
Riau Rp. 29.000 / kg

Pada tabel di atas sudah bisa disimpulkan bahwa harga ikan nila per kg cukup berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya.

Ini dikarenakan akses transportasi, kemudahan mendapatkan bibit, hingga perawatan dan pemeliharaan setiap daerah mempunyai perbedaan serta tingkat kerumitan sendiri.

Namun, tidak perlu khawatir karena perbedaannya tidak terlalu jauh harga terpaut beberapa ribu rupiah saja.

Jual Bibit ikan Nila Terdekat

Setelah memahami harga ikan nila, jika ingin membelinya kamu perlu untuk mengunjungi penjual yang sudah tersedia di berbagai daerah. Jika butuh referensi, berikut kami sajikan beberapa rekomendasi penjual ikan nila, antara lain:

1.     Klaten

  • Balai Benih Ikan Nila

Alamat: Dusun 2, Janti, Kec. Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57474

  • Jual bibit Nila dan Koi Klaten

Alamat: Jalan Klaten – Jatinom, Dusun 1, Ngawen, Kec. Ngawen, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57466

Nomor Telepon: 0813-2966-3434

2.     Solo

Alamat: Jalan Ponconoko,Nirbitan Rt04/01, Kel, Tipes, Kec. Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57154

Nomor Telepon: 0895-0882-1735

3.     Yogyakarta

Alamat: Turgenen Rt 01 RW.38, Turgenen, Sumberagung, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman, DIY 55563

Nomor Telepon: 0813-7284-7016

4.     Semarang

Alamat: Karang talun/karang asem, RT.10/RW.01, Ampel Gading, Mlilir, Bandungan, Kabupaten Semarang

g, Jawa Tengah 50614

Nomor Telepon: 0878-3405-9349

5.     Pati

Alamat: Jalan Wisata Kolam Talun, Tambak, Talun, Kec. Kayen, Kabupaten Pati, Jawa Tengah 59171

Nomor Telepon: 0853-1306-3254

6.     Purwokerto

Alamat: Jalan Pahlawan V RT 01/RW 03 Tanjung, Purwokerto Selatan, Tanjung, Purwokerto Selatan, Banyumas, Jawa Timur 53143.

Nomor Telepon: 0857-3211-4106

7.     Palembang

Alamat: Lorong Sukamurni 1, 2 Ilir, Kecamatan Ilir Tim. II, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30163.

Nomor Telepon: 0853-6673-4088

Ikan nila adalah salah satu jenis ikan yang banyak dibudidayakan karena memang memiliki segudang manfaat serta penggemar. Proses budidayanya cukup mudah dan mereka mempunyai cita rasa daging yang manis dan lembut.

Sudah ada banyak pula penjual atau pembudidaya ikan ini untuk dijadikan sebagai olahan makanan lezat. Jadi, berdasarkan daftar harga ikan nila di atas, apakah kamu juga berminat untuk mencicipinya?