Harga kayu MDF

Daftar Harga Kayu MDF, Cek Disini Sebagai Bahan Referensi

Harga kayu MDF menjadi salah satu bahan pertimbangan yang perlu untuk kamu ketahui sebelum memutuskan buat menggunakannya. MDF sendiri adalah salah satu jenis kayu buatan di mana banyak dijumpai di Indonesia.

Adapun harganya juga cukup beragam karena tergantung dengan ukuran sekaligus tingkat ketebalannya tersebut. Fungsi utamanya biasanya adalah buat menutupi beberapa kelemahan dari triplek di mana permukaan kasar, mudah retak sekaligus pecah.

Selain itu, bahan buatan tersebut mempunyai permukaan yang cukup halus dengan ikatan-ikatan antara materialnya cukup kuat. Bagi kamu di mana ingin memahami lebih lanjut mengenai kayu tersebut sekaligus harga kayu MDF, maka dapat menyimak penjelasannya berikut ini.

Sekilas Tentang Kayu MDF Berikut

Seperti telah kita ketahui, kayu menjadi salah satu bahan baku utama di mana digunakan untuk membangun bangunan ataupun material furniture. Saat ini terdapat pilihan material satu ini termasuk juga penggunaan jenis MDF.

Jika dibandingkan dengan tipe material serupa lainnya maka harga kayu MDF inilah tergolong lebih terjangkau. Kendati demikian banyak kelebihan yang ditawarkan oleh material tersebut. Kamu pastinya semakin penasaran bukan dengan tipe bahan tersebut.

MDF sendiri merupakan singkatan dari medium density board di mana terbuat dari serpihan kayu dan kemudian diolah hingga permukaannya menjadi lebih padat. Di Indonesia, kehadirannya didominasi oleh produksi dalam negeri. Bahkan tidak sedikit produsen lokal mengimpornya hingga ke luar negeri juga.

Ciri khas dari material tersebut yakni permukaannya cukup halus dan kamu dapat melihat adanya ikatan-ikatan antara materialnya sangat kuat. Seperti sudah disinggung sebelumnya, harga kayu MDF inilah ternyata tergolong cukup bervariatif dan tergantung pula dengan daerah mana berasal.

Bahan tersebut biasanya digunakan oleh masyarakat untuk berbagai macam perabotan seperti pintu, lemari, meja dan lain sebagainya. Untuk proses pembuatannya berasal dari kayu-kayu dengan diameter kecil.

Kemudian serpihan kecil itulah akan dicuci, direbus di dalam suhu tertentu hingga membentuk bubur kertas. Sesudah menjadi bubur kertas itulah akan diberi lem serta wax agar mampu merekan dengan baik.

Selanjutnya, antara campuran bubur kertas, lem dan wax itulah akan langsung diberikan tekanan dengan panas tertentu untuk menghasilkan benda di mana jauh lebih padat dibandingkan dan tentunya dengan ketebalan tertentu.

Walaupun proses dari pembuatannya memang cukup rumit tetapi untuk harga kayu MDF inilah ternyata masih tergolong murah. Itu tentu menjadi alasan kenapa banyak orang menyukai jenis kayu tersebut terutama untuk pembuatan perabotan.

Beberapa Kelebihan dari Material MDF

Walaupun harga kayu MDF tersebut tergolong terjangkau dibandingkan dengan material serupa, tetapi keberadaannya mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri. Oleh karena itulah, sebelum kamu memutuskan buat menggunakannya, maka wajib memahami kelebihan dari material tersebut.

Untuk lebih jelasnya kami akan memberikan beberapa penjelasan mengenai kelebihan dari bahan tersebut.

  1. Mempunyai Permukaan Halus

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa bahan ini ternyata dikenal mempunyai permukaan halus. Hal itu disebabkan karena sudah melewati proses cukup panjang termasuk juga adanya proses amplas.

Dengan adanya permukaan halus itulah akan memberikan kemudahan bagi kamu dalam memberikan cat berbagai warna. Tentu itu lebih bagus dibandingkan dengan cat kayu biasanya.

  1. Mempunyai Fungsi yang Banyak

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa jenis bahan ini mempunyai fungsi serbaguna. Bahkan telah banyak dimanfaatkan untuk membuat berbagai macam furniture di rumah. Kamu dapat menemukannya pada kursi, meja hingga lemari.

Bukan hanya digunakan sebagai furniture saja, tetapi MDF ternyata juga digunakan sebagai bagian dari bangunan hingga kerajinan tangan. Bahkan ciri khasnya adalah bisa berfungsi sebagai penyerap suara sehingga sering digunakan buat mendukung perlengkapan sound system.

  1. Mempunyai Harga Terjangkau

Kalau soal masalah harga kayu MDF ini memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Sebab harganya cenderung terjangkau dibandingkan dengan material solid ataupun plywood. Alasannya adalah karena bahan bakunya berasal dari sisa-sisa potongan kayu.

Selain sisa potongan kayu ternyata juga terdapat penggunaan bahan lainnya seperti serbuk gergaji. Walaupun berasal dari bahan sisa itulah ternyata tidak menurunkan kualitas dari bahan satu ini.

  1. Mudah Dibentuk dan dipotong

Kamu juga akan diberikan kemudahan dalam membentuk sekaligus memotong material MDF tersebut. Bahkan bisa menggunakan gergaji tipe biasa. Itu karena teksturnya memang tidak sekeras dengan bahan serupa pada umumnya. Tetapi soal kekokohannya tidak perlu diragukan lagi.

Berikut Ini Kelemahan Material MDF

Selain mempunyai sejumlah kelebihan termasuk dengan harga kayu MDF yang terjangkau, ternyata material inipun juga mempunyai kelemahan. Tentu itu juga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi kamu dan lebih mudah dalam menyesuaikan kebutuhan.

Kelemahan MDF inilah dapat dilihat dari tidak mempunyai kemampuan bagus dalam mengikat sekrup atau paku seperti material solid. Hal tersebut karena sifatnya cukup lunak sehingga lebih rentan rusak.

Bukan hanya itu saja, air juga lebih mudah dalam meresap sehingga akan rentan terkena retak sekaligus berbagai macam jamur pada material tersebut. Terdapat pula beberapa bagian permukaan di mana kurang bisa direkatkan menggunakan lem putih sekaligus tidak mempunyai motif serat alami kayu.

Itu karena dalam proses pembuatannya terbuat dari serpihan kayu. Dengan adanya kelebihan maupun kelemahannya itulah, MDF adalah material di mana biasanya digunakan untuk pembuatan furniture yang sudah dijual dalam bentuk jadi.

Tidak hanya itu saja, untuk bagian pelapis luarnya biasanya adalah kertas dengan tekstur. Beberapa perabotan di mana telah menggunakan material ini antara lain adalah lemari pakaian, meja, kusen pintu, kusen jendela dan lainnya.

Daftar Harga Kayu MDF Per Lembar

Untuk harga kayu MDF sendiri biasanya akan dihitung per lembar di mana biasanya dibuat dari bahan serat kayu. Serat itulah diambil dari 2 jenis yakni kayu dengan tekstur lunak dan keras sehingga mempunyai kualitas yang bagus.

Kamu bisa menemukan MDF ini dengan mudah di toko bangunan manapun dan harganya tergantung dengan ukuran sekaligus ketebalannya. Sebagai contohnya adalah MDF dengan ketebalan 9mm biasanya mempunyai harga Rp100.000 per lembar.  Sebagai bahan pertimbangan berikut ini daftar harga kayu MDF per lembar:

Ukuran Tebal Harga Per 1 Lembar 2022
1220 x 2240 mm 3 mm Rp38.000
1220 x 2240 mm 4 mm Rp55.000
1220 x 2240 mm 5 mm Rp65.000
1220 x 2240 mm 6 mm Rp75.000
1220 x 2240 mm 8 mm Rp102.000
1220 x 2240 mm 9 mm Rp110.000
1220 x 2240 mm 12 mm Rp137.000
1220 x 2240 mm 15 mm Rp185.000
1220 x 2240 mm 18 mm Rp210.000
1220 x 2240 mm 22 mm Rp275.000
1220 x 2240 mm 25 mm Rp325.000

Untuk harga di atas kemungkinan besar juga bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu. Oleh karena itulah, kamu juga wajib mendapatkan informasi terbarunya sebagai bahan pertimbangan jika ingin melakukan pembelian.

Ada berbagai macam jenis material ini yang bisa kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan. Salah satunya adalah material MDF ini di mana mempunyai segudang kelebihan. Pastikan kamu mengetahui daftar harga kayu MDF sebagai bahan pertimbangan.