kawat harmonika

Daftar Harga Kawat Harmonika 1 Roll dan Jenis-jenisnya

Apakah kamu penasaran dengan berapa harga kawat harmonika 1 roll? Kabar baiknya kamu berada di artikel yang tepat karena kami akan membahasnya secara lengkap beserta pengertian hingga beberapa fungsi mereka.

Namun, beberapa dari kamu mungkin masih bingung dengan apa itu kawat harmonika. Apakah itu kawat yang digunakan pada alat musik harmonika? Jawabannya adalah bukan, melainkan kawat yang membentuk lubang heksagonal.

Biasanya digunakan untuk pagar lapangan olahraga, kontruksi, hingga pembuatan kandang. Agar bisa lebih jelas, kamu perlu membaca artikel ini hingga akhir untuk mendapatkan banyak wawasan baru!

Apa Pengertian dari Kawat Harmonika?

Pengertian kawat harmonika adalah kawat besi yang dianyam dengan teknik dan mesin khusus sehingga membentuk lubang heksagonal unik. Semakin rapat lubang, maka akan semakin mahal pula harga kawat tersebut

Perlu diketahui bahwa kawat harmonika sendiri biasa digunakan sebagai kandang maupun pagar untuk menjaga keamanan rumah dari serangan kejahatan. Hal ini yang menjadikan harga kawat harmonika 1 roll semakin tinggi.

Pada masa lalu, kebanyakan orang menggunakan kawat yang berbahan alumunium tanpa lapisan-lapisan lain untuk pagar halaman rumah. Namun, kini kawat harmonika telah dilapisi oleh lapisan anti karat dan bahan yang lainnya.

Fungsi Penggunaan Kawat Harmonika

Material yang satu ini mempunyai beberapa keunggulan, seperti kuat, tahan lama ukuran bisa disesuaikan, hingga pemasangan cukup mudah. Selain itu kawat harmonika juga bersifat fleksibel, fungsional, dan tidak mudah rusak.

Adapun beberapa penggunaan kawat harmonika yang perlu kamu ketahui atau jadikan sebagai referensi, antara lain:

1. Pagar Rumah agar Lebih Aman

Pertama, kawat harmonika bisa dijadikan sebagai pagar rumah agar lebih aman. Ini dikarenakan kawat harmonika sendiri tidak hanya tahan lama, tetapi juga cantik sehingga bisa menambah nilai estetik.

Harga kawat harmonika 1 roll sendiri bisa disesuaikan dengan kualitasnya sehingga kamu bisa memilih kira-kira jenis mana yang sesuai untuk pagar rumah.

Kamu bisa menggunakan kawat berwarna putih, hitam, atau original sesuaikan dengan tema rumah. Selain itu, jenis yang cocok untuk pagar rumah adalah yang kuat dan anti karat.

2. Sebagai Kandang Hewan Peliharaan

Selain sebagai pagar pengaman untuk rumah, kamu juga bisa menggunakannya sebagai pagar pada kandang hewan peliharaan agar mereka tidak kabur atau dicuri.

Hal ini dikarenakan materialnya yang sangat fleksibel sehingga bisa dipasang di berbagai medan, baik itu alas berupa tanah, cor, rumput, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu saja, harga kawat harmonika 1 roll juga bisa saja cukup terjangkau tergantung dengan jenis bahannya.

3. Pagar untuk Lapangan Olahraga

Jenis kawat ini sangatlah familiar bagi pecinta olahraga karena sebagian besar lapangan pasti menggunakan kawat harmonika sebagai pagar. Ini dikarenakan mereka mudah digunakan, tahan lama, dan anti karat.

Jika digunakan sebagai pagar lapangan, sebaiknya ketahui berapa harga kawat harmonika 1 roll karena pasti membutuhkan jumlah yang banyak.

4. Pagar Taman Bunga atau Tanaman Lainnya

Bukan hanya digunakan untuk melindungi tanaman tercinta dari gangguan hewan atau masalah lainnya, tetapi kamu bisa memanfaatkan kawat ini sebagai tempat merambat.

Jika berencana membuat taman kecil, belilah secara meteran, tetapi jika itu taman besar, maka ketahui terlebih dahulu berapa harga kawat harmonika 1 roll.

Kawat dengan bentuk cantik dan ditambahkan dengan rambatan daun hijau serta bunga warna warni pasti akan tampak indah sehingga cocok diletakkan di luar maupun dalam rumah.

Jenis-jenis Kawat Harmonika

Sebelumnya sudah di singgung jika mereka mempunyai beberapa ukuran lubang yang semakin kecil, maka harga kawat harmonika 1 roll akan semakin mahal.

Ini berarti kawat harmonika sendiri mempunyai berbagai jenis, tidak hanya ukuran lubangnya saja, tetapi juga warna, material, dan lain sebagainya.

Adapun di bawah ini adalah beberapa jenis kawat harmonika modern yang bisa kamu jadikan sebagai pilihan dan disesuaikan dengan kebutuhan serta dana, antara lain:

1.     Kawat Harmonika Biasa

Pilihan klasik dari sebagian besar orang adalah kawat harmonika biasa. Jenis ini biasanya dibuat dari bahan aluminium dan dilengkapi dengan cat yang menjadikannya tampak mengkilap.

Jenis kawat ini mudah untuk ditemukan dan harganya pun cukup murah. Salah satu daerah penghasil kawat harmonika adalah Surabaya yang menawarkan harga sekitar Rp 40.000 per meter.

Ini bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan, mengingat harga kawat harmonika 1 roll yang terlalu mahal dan besar. Namun, di daerah lainnya kamu bisa menemukan harga sekitar Rp 48.000 per meter.

2.     Kawat Harmonika Galvanis

Kemudian ada jenis kawat harmonika yang terbuat dari bahan galvanis. Mereka terbuat dari bahan yang anti panas sehingga lebih kuat untuk menahan korosi.

Selain itu, kawat juga dilapisi dengan zink iron alloy galvanis sehingga mempunyai berbagai kelebihan lain dibandingkan jenis kawat biasa. Oleh karena itu, harga kawat harmonika 1 roll untuk jenis ini cukup berbeda atau lebih mahal.

Walaupun cenderung mahal, tetapi kawat ini tetap mengisi tempat di hati masyarakat, salah satunya karena mempunyai kualitas yang baik.

Kawat harmonika galvanis dijual dalam bentuk meteran ataupun roll. Jadi, kamu perlu menghitung terlebih dahulu berapa besar kawat yang dibutuhkan.

Ini berguna agar kamu juga bisa memperkirakan berapa budget yang harus dikeluarkan. Harga kawat ini adalah sekitar Rp 60.000 per meter

3.     Kawat Harmonika PVC

Zaman semakin modern dan lapisan kawat harmonika juga menjadi semakin beragam. Salah satu bahan lapisan yang digunakan adalah PVC. Lapisan yang biasa digunakan pada pipa ini mampu menahan api, anti karat, dan korosi.

Oleh karenanya, jenis ini disukai oleh masyarakat meski harga kawat harmonika 1 roll lapis PVC tergolong mahal. Alasan lainnya adalah mereka bisa bertahan dalam jangka waktu panjang, sehingga ampuh untuk mengurangi pengeluaran.

Bentuk anyaman yang digunakan pada kawat ini cukup menarik. Ketika mereka digabungkan, maka akan menghasilkan kawat yang menyerupai sarang laba-laba.

Harga kawat harmonika PVC berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 75.000 per meter.

Daftar Harga Kawat Harmonika 1 Roll 2022

Poin sebelumnya sudah menyinggung tentang harga kawat per meter, tetapi jika kamu merasa kurang puas, kami akan menyajikan daftar harga per roll yang diambil dari berbagai sumber. Berikut ini adalah daftar harga kawat harmonika, antara lain:

Jenis Kawat Harmonika Harga Kawat Harmonika
Kawat Lapis PVC ukuran 50 x 50 mm, diameter 2.7 mm Rp 2.000.000/rol
Kawat PVC ukuran 50 x 50 mm, diameter 3 mm, tinggi 1 meter x panjang 20 meter Rp 2.400.000/rol
Kawat PVC ukuran 50 x 50 mm, diameter 4 mm, tinggi 1 meter x panjang 20 meter Rp 3.200.000/rol
Kawat Galvanis ukuran 50 x 50 mm, diameter 2.1 mm, panjang 20 meter, tinggi 1 meter Rp 1.600.000/rol
Kawat Galvanis ukuran 50 x 50mm, diameter 3 mm, panjang dan tinggi sama Rp 2.000.000/rol
Kawat Galvanis ukuran 50 x 50 mm, diameter 4 mm, panjang dan tinggi sama Rp 3.000.0000/rol
Kawat Galvanis ukuran 50 x 50 mm, diameter 2.7 mm, panjang dan tinggi sama Rp 1.800.000/rol

Ada banyak jenis kawat harmonika yang bisa kamu pilih sesuai dengan penggunaannya. Harga kawat ini ditentukan oleh jenis dan ukurannya. Maka dari itu, hitung berapa ukuran yang diperlukan agar tidak terbuang atau bahkan kurang.

Jangan lupa untuk menghitung budget yang kamu butuhkan. Pada pembahasan di atas sudah disajikan mengenai harga kawat harmonika 1 roll maupun per meter dan itu bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi.