Jenis harga triplek

Aneka Jenis Harga Triplek Paling Update

Jenis harga triplek dalam berbagai macam sangat penting untuk diketahui ketika kamu berencana membuat sebuah hunian baru. Kamu harus menghitung berapa banyak kebutuhan akan triplek beserta harganya dengan pasti.

Dalam membangun rumah, triplek merupakan salah satu bahan bangunan yang pasti digunakan untuk berbagai keperluan. Triplek sendiri memiliki berbagai jenis tergantung pada fungsi dan kegunaannya. Harganya pun berbeda di setiap jenisnya.

Ingin tahu lebih dalam tentang jenis triplek beserta harganya? Simak terus ulasan ini sampai selesai.

Berikut Mengenal Sekilas Tentang Triplek

Sebelum memasuki penjelasan yang lebih jauh, kamu harus paham terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan triplek. Selama ini kamu pasti sudah sering melihat dan mengenali produknya.

Triplek adalah sebuah produk olahan kayu berupa papan yang dibuat dari beberapa lapis kayu veneer yang direkatkan dengan kuat. Bukan hanya sebagai bahan bangunan, namun triplek memiliki banyak kegunaan lain seperti bahan pertukangan dan lainnya.

Triplek sendiri memiliki berbagai jenis. Setidaknya ada 7 jenis triplek yang harus kamu ketahui, untuk berikutnya bisa mengetahui jenis harga triplek tersebut. Di antaranya yaitu:

  1. Medium Density Fiberboard atau MDF
  2. Teakblock
  3. Blackboard (Triplek Meranti)
  4. Melamin
  5. Particle Block
  6. Plywood PVC
  7. Multiplek dan masih banyak lagi.

Jenis-Jenis Triplek dan Kegunaanya dalam Proses Pembangunan Rumah

Triplek memegang peranan yang penting dalam proses pembangunan rumah. Banyak sekali jenis triplek yang ada dengan masing-masing fungsinya. Berikut ini adalah beberapa jenis triplek yang sering digunakan dalam kegiatan pembangunan.

  1. Triplek Melamin

Jenis harga triplek yang banyak digunakan dalam kegiatan membangun rumah yaitu triplek melamin. Nama lain dari triplek ini adalah polyester. Salah satu sisi dari triplek ini berwarna putih dan mengkilap.

Melamin sering digunakan sebagai pelapisan pada meja, lemari atau papan tulis. Kamu yang memiliki anak kecil pasti membutuhkan triplek ini. Kamu bisa membuat media tulis dan gambar untuk anak.

  1. Triplek Particle Board

Ini adalah salah satu jenis triplek yang kualitasnya tidak sebaik melamin karena sangat rentan terhadap air dan kondisi lembab. Triplek jenis ini mudah rusak jika sedikit saja terkena air. Jenis harga triplek semacam ini lebih terjangkau.

Namun triplek jenis ini masih dapat digunakan sebagai bahan baku furniture dengan harga yang terbilang ekonomis. Harga particle board berbeda tergantung pada ketebalannya yang dimulai dari ukuran 9 mm hingga 18 mm.

  1. Triplek Sengon

Jenis harga triplek sengon termasuk dalam kategori triplek yang bisa dibeli dengan harga miring. Triplek jenis ini terbuat dari kayu sengon atau kayu albasian. Triplek sengon diproduksi dengan ukuran 244 cm X 122 cm.

Ukuran triplek sengon ini sangat pas untuk dijadikan partisi atau pelapis dinding di rumah. Ketebalannya bervariasi mulai dari 3 mm hingga 18 mm. Harganya bervariasi dan berbeda di setiap daerah.

  1. Triplek Tunas

Triplek jenis ini mudah didapatkan di toko bangunan dengan harga murah. Ketebalan triplek ini mulai dari 3 mm hingga 12 mm. Triplek ini berjenis standar, artinya kualitasnya tidak terlalu istimewa namun tidak terlalu jelek juga.

  1. Triplek Tekwood

Triplek jenis ini sering digunakan sebagai partisi atau bahan untuk membuat furniture berukuran kecil. Jenis harga triplek ini pun cukup murah dan dijual hanya dengan 1 ukuran ketebalan yaitu 4 mm X 8 mm.

Ketika membeli triplek jenis ini, pastikan tidak salah membeli dengan meminta secara lengkap kepada penjualnya. Triplek Taekwood dijual dalam dua jenis turunan yaitu teakwood biasa dan teakwood silver.

  1. Triplek Biasa

Seperti namanya, kamu bisa menebak bahwa jenis triplek yang satu ini adalah triplek kebanyakan yang mudah ditemukan di berbagai toko bahan bangunan. Ketebalan triplek ini berkisar antara 4 mm – 12 mm.

Selain jenis harga triplek ini yang cukup murah, perawatan nya juga tidak terlalu merepotkan, selama tidak bersentuhan langsung dengan air. Seperti yang kamu ketahui semua produk olahan kayu memang bermusuhan dengan air.

  1. Triplek PVC

Triplek jenis PVC merupakan produk dengan kualitas paling baik untuk kelas triplek. Harga perlembarnya bisa menembus hingga angka jutaan. Hal ini dikarenakan kualitas triplek jenis PVC ini tidak diragukan lagi.

Biasanya orang-orang menggunakan triplek PVC dibagian plafon rumah karena sifat nya yang kedap air dan tahan panas. Triplek PVC juga tahan api dan tahan dari larutan zat asam, sehingga cocok untuk digunakan pada kegiatan luar ruangan.

  1. Triplek untuk Plafon

Banyak orang menggunakan triplek untuk melapisi plafon rumah. Jika kamu ingin melakukan hal yang sama, pilihlah triplek yang tidak terlalu tebal. Cukup dengan triplek dengan ketebalan 3 mm hingga 6 mm saja.

Jika triplek terlalu tebal maka akan berpengaruh terhadap kualitas udara didalam rumah. Triplek bersifat tidak menyerap panas, karena itu jika memakai triplek yang terlalu tebal maka udara dalam rumah menjadi pengap dan panas.

  1. Triplek HMCP

Jika kamu mencari triplek dengan ketebalan yang bagus, maka kamu harus memilih triplek berjenis HMCP. Triplek ini lebih tebal dibandingkan jenis triplek lainnya. Triplek jenis HMCP juga tahan air dan sangat rata.

Walaupun jenis harga triplek ini cukup mahal, namun triplek ini bisa langsung dipakai sehingga kamu tidak perlu melakukan finishing apapun. Umumnya triplek ini digunakan sebagai sekat atau partisi pada ruangan.

Desain rumah yang modern dan minimalis banyak menggunakan triplek jenis ini karena mudah diaplikasikan dan pengerjaannya lebih cepat. Kamu cukup memberi tambahan ornament dan triplek ini akan menjadi dinding tambahan di rumah.

Daftar Jenis Harga Triplek Dan Macamnya

Berbagai macam triplek yang tersedia di toko bahan bangunan dijual dengan harga yang berbeda-beda. Perbedaan harga ini merujuk pada kualitas dan ketebalan triplek itu sendiri. Simak beberapa harga triplek berikut ini sesuai dengan jenisnya.

Jenis Harga Per Lembar
Triplek melamin Rp. 412,000
Particle Board Rp. 75,000 – Rp. 125,000
Triplek sengon Rp. 39,000 – Rp. 167,500
Triplek teakwood Rp. 75.000 – Rp. 92.000
Triplek untuk plafon Rp. 40,000 – Rp. 250,000
Triplek biasa tersedia di toko bahan bangunan Rp. 55,000 – Rp. 144,000
Triplek PVC Rp. 200,000 – Rp. 2,250,000
Triplek HMCP Rp. 300,000- Rp. 360,000

 

Selain karena ukuran dan ketebalannya, jenis harga triplek bisa saja berbeda-beda di setiap daerah. Karena itu harga triplek di satu kota tidak dapat menjadi patokan akan sama di kota lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan dalam Memakai Triplek

Pada saat kamu sedang membangun atau merenovasi rumah, konsultasikan dengan pihak yang melakukan pengerjaan bangunan tentang penggunaan triplek dalam material bangunan.

Tidak semua jenis triplek cocok untuk digunakan dalam bangunan, beberapa hanya cocok sebagai material furniture saja. Jika kamu memutuskan untuk memakai triplek, pertimbangkan beberapa hal yang menjadi kelebihan dan kekurangannya.

Misalnya untuk bagian plafon rumah, menggunakan triplek bisa jadi lebih murah dibandingkan papan gypsum. Namun kamu harus tahu bahwa permukaan triplek tidak lebih rata dari gypsum dan setiap sambungan triplek tidak bisa sehalus gypsum.

Secara ekonomis, jenis harga triplek biasa memang lebih menguntungkan jika dibanding melamin atau PVC. Namun perlu diingat bahwa bahan triplek tidak tahan air, sehingga tidak tepat jika triplek digunakan diluar ruangan.

Triplek merupakan produk olahan kayu yang memiliki banyak manfaat dan kegunaan dalam pembangunan rumah, toko bahkan gedung. Namun tidak semua jenis triplek cocok digunakan dalam bangunan.

Untuk memilih triplek yang benar sebaiknya kamu konsultasikan dengan pihak kontraktor. Kamu juga harus mengetahui jenis harga triplek terkini untuk mengkalkulasikan biayanya.