Daftar harga pipa PVC Maspion

Daftar Harga PVC Maspion serta Kelebihan dan Kekurangan

Daftar harga pipa PVC Maspion tentu menjadi informasi penting saat kamu hendak membuat aliran air, pembuangan limbah, saluran udara, dan sebagainya. Pipa jenis ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan lainnya, terutama dari segi material.

Pembelian PVC biasanya tergantung ukuran diameter, seperti 1/2 inch, 1 inch, 2 inch, 3 inch, dan seterusnya. Khusus untuk merek Maspion, harga juga ditentukan oleh jenis yang akan kamu beli. Berapa kira-kira harga terbarunya saat ini?

Sekilas tentang Pipa PVC Maspion

PVC atau paralon merupakan jenis pipa termoplastik yang berasal dari bahan PolyVinyl Chloride. Penggunaannya sudah populer di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Pipa ini memiliki beberapa tipe bentuk yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Mulai dari pipa polos dengan diameter ujung sama ukurannya. Kemudian, ada pipa yang memiliki diameter lebih besar pada ujungnya (MOF). Kamu juga akan menemui pipa fitting yang berbentuk T, L, dan increaser. Terakhir, pipa talang berbentuk huruf U.

Daftar harga pipa PVC Maspion untuk setiap bentuk tersebut tentu berbeda. Namun tenang saja, karena harga yang ditawarkan pipa merek ini terbilang ramah kantong di kelasnya.

Maspion sendiri merupakan merek pipa populer yang diproduksi oleh PT Maspion Grup. Khusus untuk pipa PVC disediakan untuk memenuhi kebutuhan perumahan dan rumah tangga. Namun, 30-35% produknya ditujukan pada proyek pembangunan pemerintah.

Kamu bisa dengan mudah menemukan PVC Maspion, karena perusahaan ini memiliki jaringan distribusi yang luas. Mulai dari domestik sampai luar negeri melalui agen, distributor, pengecer, dan perwakilan-perwakilan di setiap kota.

Maka dari itu, jangan heran apabila ada sedikit perbedaan daftar harga pipa PVC Maspion antara pedagang tingkat agen dengan pengecer. Sedikit banyak mereka pasti mengambil keuntungan dari penjualan.

Daftar Harga Pipa PVC Maspion

Kamu perlu mengetahui bahwa jenis PVC Maspion tidak hanya tunggal. Ada beberapa yang disediadakan, yaitu tipe C, D, dan W. Pipa tipe C merupakan PVC dengan ukuran paling tipis yang digunakan sebagai pelindung kabel listrik.

Selanjutnya, pipa tipe D merupakan PVC berukuran sedang dan mampu menahan tekanan 5 kg. Biasanya dipakai untuk saluran limbah rumah tangga. Terakhir, pipa tipe AW yang berukuran paling tebal serta sanggup menahan tekanan hingga 10 kg.

Daftar harga pipa PVC Maspion dibawah ini merupakan tipe AW yang biasa dibeli dengan ukuran kelipatan 4 meter dan 6 meter.

Ukuran Diameter Ukuran Panjang Harga
Maspion 0,5 inch 4 meter Rp 28.000
6 meter Rp 42.000
Maspion 0,75 inch 4 meter Rp 33.000
6 meter Rp 50.000
Maspion 1 inch 4 meter Rp 41.500
6 meter Rp 62.500
Maspion 1,25 inch 4 meter Rp 59.000
6 meter Rp 86.000
Maspion 1,5 inch 4 meter Rp 78.000
6 meter Rp 116.000
Maspion 2,5 inch 4 meter Rp 146.000
6 meter Rp 219.000
Maspion 3 inch 4 meter Rp 208.500
6 meter Rp 313.000
Maspion 4 inch 4 meter Rp 305.000
6 meter Rp 456.000
Maspion 5 inch 4 meter Rp 479.000
6 meter Rp 719.000
Maspion 6 inch 4 meter Rp 633.500
6 meter Rp 750.000
Maspion 8 inch 4 meter Rp 985.500
6 meter Rp 1.478.500
Maspion 10 inch 4 meter Rp 1.500.000
6 meter Rp 2.100.000

Daftar harga pipa PVC Maspion diatas mungkin bisa membantu memperkirakan anggaran yang dibutuhkan. Perhitungkan dengan baik ukuran proyekmu. Apabila pipa yang diperlukan banyak, maka membeli dengan kelipatan 6 meter menjadi lebih hemat.

Kelebihan Pipa PVC Maspion

Setelah melihat daftar harga pipa PVC Maspion, kamu masih ragu untuk membelinya? Banyaknya merek yang tersedia di pasaran memang membuat bingung. Apalagi Maspion selama ini lebih terkenal dengan produk elektroniknya.

Beberapa kelebihan PVC Maspion ini mungkin dapat menguatkan keyakinanmu untuk menggunakannya sebagai bahan proyekmu. Adapun keunggulan tersebut, yaitu:

  1. Berbobot Ringan

Material PolyVynil Chloride membuat bobot pipa PVC dari Maspion lebih ringan, namun kekuatan menahan tekanan maksimal. Hal ini tentu sangat memudahkanmu saat harus membuat saluran air di bagian atas. Kamu tidak perlu khawatir pipa akan jebol.

Kendati demikian, kami juga harus mempertimbangkan antara beban yang melewati dengan diameter pipa. Pastikan bahwa keduanya seimbang agar tidak cepat rusak.

  1. Anti Karat

Paparan sinar matahari dan perubahan cuaca rentan menyebabkan korosi atau karat. Terlebih jika yang kamu buat adalah saluran air. Namun, ancaman ini dapat diatasi dengan menggunakan pipa PVC Maspion yang anti karat dalam jangka panjang.

Kelebihan tersebut bukan berarti membuatmu melupakan tahapan pembersihan. Pipa yang dibuat tetap wajib dibersihkan secara rutin untuk membantu kualitasnya. Setidaknya lakukan dua kali dalam sebulan.

  1. Terhindar dari Konsleting Listrik

PVC Maspion terbuat dari bahan bersifat isolator. Tidak heran apabila tipe C pipa ini dijadikan sebagai pembungkus kabel listrik. Kelebihan ini akan membuatmu merasa lebih aman, meski saluran yang dibuat berada dekat dengan sumber listrik.

Namun, kamu tetap harus melakukan pengecekan berkala untuk memastikan bahwa tidak ada bagian pipa yang bocor. Air yang keluar dari sela pipa bisa menjadi penyebab terjadinya konsleting listrik.

  1. Perangkaian Mudah

Sekilas telah dibahas sebelumnya bahwa pipa PVC Maspion menyediakan banyak bentuk yang bisa disesuaikan dengan keperluan proyek. Artinya, kamu bebas merangkai dalam model apapun karena telah tersedia bentuk polos, fitting, serta talang.

Daftar harga pipa PVC Maspion terjangkau, perangkaiannya pun mudah. Perangkaian pipa dapat kamu lakukan menggunakan berbagai jenis sambungan, seperti socket, elbow, tee stuck, cross, reducer, penutup, atau nipple.

  1. Permukaan Halus

Alasan orang banyak memakai pipa PVC Maspion sebagai saluran pembuangan karena permukaannya halus, sehingga tidak khawatir ada limbah yang tersangkut. Permukaan yang halus juga menjadi bukti bahwa bahan yang digunakan adalah kualitas terbaik.

  1. Harga Terjangkau

Daftar harga pipa PVC Maspion di atas menjadi bukti betapa ramah kantongnya pipa merek ini. Hanya dengan uang di bawah Rp 100 ribu kamu sudah bisa membawa pipa berdiameter sampai 1,5 inch dengan kualitas terbaik.

Jika ada PVC murah dengan bahan mewah, mengapa tidak? Sisa anggaranmu bisa dialokasikan untuk perlengkapan lainnya, misal membeli sambungan.

Kekurangan Pipa PVC Maspion

Kelebihan yang banyak tidak lantas membuat PVC Maspion tanpa celah. Pipa tersebut juga memiliki beberapa titik kelemahan. Hal ini perlu kamu ketahui untuk menyiapkan antisipasi terlebih dahulu.

  1. Tidak Tahan Sinar Matahari

Melihat daftar harga pipa PVC Maspion mungkin membuatmu ingin segera memborongnya. Namun tunggu dulu, pipa ini ternyata mempunyai kelemahan berupa sensitifitas tinggi terhadap sinar matahari yang membuatnya rentan pecah.

Solusinya, apabila pipa memang terpaksa harus berada ditempat tinggi atau luar ruangan, maka usahakan membuat naungan untuk melindunginya.

  1. Mengandung Klorin

Kelemahan PVC Maspion selanjutnya adalah kandungan klorin yang bisa membuat saluran pernapasan mengalami iritasi. Solusinya, jangan pernah membakar sisa pipa pvc, agar asap klorin tidak terhirup.

Cara terbaik adalah menggunakannya sebagai produk daur ulang, misal pot hidroponik. Jangan sampai biaya pengobatan karena infeksi klorin lebih besar dari nominal yang tertera pada daftar harga pipa PVC Maspion.

Pemilihan jenis pipa menjadi faktor penting yang menentukan seberapa tahan lama proyekmu. Mahal atau murahnya harga bukan patokan utama. Melihat daftar harga pipa PVC Maspion yang terjangkau namun berkualitas bisa menjadi pertimbangan.