harga kasa bangunan

Review Jenis dan Harga Kasa Bangunan yang Terbaik

Bagi kamu yang bergelut dalam dunia pertukangan pasti sudah tidak asing dengan harga kasa bangunan. Meskipun namanya kasa, akan tetapi benda ini tidak digunakan untuk membalut luka akan tetapi menjadi salah satu perkakas pertukangan.

Siapa bilang kasa hanya digunakan untuk membalut luka saat sakit saja. Dalam dunia pertukangan juga dikenal dengan istilah kasa bangunan. Kasa ini biasanya terbuat dari kain jaring tipis yang digunakan untuk kebutuhan bangunan.

Bagi yang belum tahu, kasa bangunan biasanya memiliki banyak jenis. Akan tetapi secara umum, ada dua jenis yang paling umum digunakan yaitu kasa nyamuk dan jaga gypsum. Untuk mengetahui tentang kedua jenis kasa bangunan ini, berikut penjelasan secara lengkapnya :

Mengenal Jenis Kasa Bangunan yang Terbaik

Kasa bangunan merupakan salah satu jenis barang yang umum digunakan dalam dunia pertukangan. Seperti yang telah dijelaskan di atas, terdapat dua jenis kasa bangunan yang paling umum digunakan, yaitu kasa nyamuk dan kasa gypsum.

Berikut perbedaan kedua jenis kasa bangunan tersebut.

  1. Pengertian Kasa Nyamuk dan Kasa Gypsum

 

  • Kasa Nyamuk

Seperti namanya, kasa nyamuk merupakan kain jaring mirip dengan serat kasa yang biasa digunakan untuk menghalau dan menahan nyamuk masuk ke dalam rumah. Selain nyamuk, harga kasa bangunan ini juga biasa digunakan untuk menghalau menghalau serangga.

Kasa nyamuk biasanya terbuat dari beberapa jenis material seperti alumunium, fiberglass, hingga kombinasi stainless steel dan black polyester. Selain berguna untuk menghalau nyamuk dan serangga, kasa nyamuk ini juga menjadi bagian dari dekorasi interior rumah.

Pemasangan kasa nyamuk juga bisa difungsikan untuk mengurangi paparan sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan. Dengan pemasangan kasa bangunan ini, ruangan akan lebih sejuk serta terhindari dari serangga yang masuk.

Meskipun dipasang kasa nyamuk, akan tetapi sirkulasi udara di dalam ruangan tetap terjaga dengan baik. Hal ini karena harga kasa bangunan terbuat dari bahan kain berjaring sehingga udara tetap bisa masuk ke dalam ruangan dengan mudah.

  • Kasa Gypsum

Kasa gypsum atau dikenal juga dengan sebutan lakban gypsum merupakan sejenis lakban yang biasa digunakan sebagai penghubung dari setiap papan gypsum agar membuatnya semakin kuat dan kokoh.

Kasa gypsum ini digunakan untuk banyak keperluan mulai dari isolasi plafon, sambungan jarak plafon, menambal lubang dan celah plafon hingga membuat bekas sambungan plafon tertutup lebih rapi, halus, kuat serta tidak menimbulkan garis retakan yang menyebabkan mudah pecah.

  1. Jenis-jenis Kasa Nyamuk dan Kasa Gypsum

Kasa nyamuk memiliki jenis dan harga kasa bangunan yang beragam. Setiap jenis kasa nyamuk menawarkan kelebihan yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini beberapa jenis kasa nyamuk yang banyak digunakan :

  • Kasa nyamuk magnet
  • Kasa nyamuk karet
  • Kasa nyamuk lipat door & window
  • Pintu exona
  • Teralis exona
  • Windhouse

Sedangkan untuk kasa gypsum berbentuk seperti gulungan lakban. Secara umum, kasa gypsum yang beredar di pasaran memiliki jenis sama. Yang membedakan biasanya hanya pada spesifikasi ukuran gulungan dan lebar lakban saja.

  1. Keunggulan Kasa Nyamuk dan Kasa Gypsum

Mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui manfaat dan harga kasa bangunan seperti ini. Namun sebenarnya, kasa bangunan baik jenis kasa nyamuk dan kasa gypsum sebenarnya memiliki manfaat yang bangun khususnya dalam dunia pertukangan.

Setiap jenis kasa bangunan ini juga memiliki keunggalan masing-masing, diantaranya yaitu :

Keunggulan Kasa Nyamuk :

  • Mudah dipasang

Kasa nyamuk memiliki banyak jenis dan tipe yang semuanya cukup mudah untuk dipasang. Tidak membutuhkan keahlian khusus untung memasang kasa nyamuk ini asalkan ukurannya telah sesuai dengan lubang ventilasi yang ingin dipasang jaring tersebut.

  • Desain minimalis dengan bahan yang berkualitas baik

Kasa nyamuk memiliki banyak pilihan desain yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Tidak hanya itu, harga kasa bangunan ini juga cukup terjangkau dan beragam yang bisa disesuaikan dengan material dan kebutuhan.

  • Mampu menghalau serangga dan paparan sinar matahari berlebih

Fungsi utama dari pemasangan kasa nyamuk ini adalah untuk mengalau dan menahan nyamuk hingga serangga masuk ke dalam ruangan. Selain itu, fungsi lainnya adalah untuk menghalau paparan sinar matahari berlebih yang masuk ke dalam ruangan.

  • Menambah nilai estetik interior dan eksterior rumah

Saat ini pilihan model dan tipe kasa nyamuk sudah sudah beragam. Kamu bisa memilih jenis kasa nyamuk yang memiliki bentuk estetik jika ingin menambah nilai tampilan pada interior dan eksterior ruangan.

Keunggulan Kasa Gypsum :

  • Mudah digunakan

Untuk menggunakan kasa gypsum ini, tidak membutuhkan keahlian khusus. Kamu hanya perlu menempelkan kasa gypsum pada plafon atau celah yang ingin ditutup. Selanjutnya tutupi kasa gypsum menggunakan plamir agar hasilnya lebih kokoh.

  • Terhadap banyak pilihan ukuran dan harga yang bisa disesuaikan kebutuhan

Kasa gypsum tersedia dalam banyak pilihan ukuran yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Secara umum, lakban gypsum yang ada di pasaran berukuran mulai dari 25 mm hingga 100 mm dengan panjang kurang lebih 10 meter setiap gulungannya.

  • Kuat dan kokoh

Kasa gypsum terbuat dari serat yang dapat membuat plafon dan bangunan lain yang ditempelkan menjadi lebih kuat dan kokoh. Kamu yang perlu menambahkan plamir untuk menutup lakban dan membuat plafon menjadi lebih kuat.

  1. Harga Kasa Nyamuk dan Kasa Gypsum

Ada banyak jenis kasa nyamuk dan kasa gypsum yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Masing-masing jenis kasa nyamuk dan kasa gypsum juga memiliki harga berbeda sehingga bisa dipilih sesuai keinginan.

Secara umum harga kasa bangunan sebenarnya cukup murah. Harga kasa nyamuk per meter biasanya dibanderol dengan harga Rp 34.000. Masing-masing jenis kasa nyamuk biasanya memiliki harga berbeda yang bisa kamu cek sebelum membelinya.

Sedangkan untuk kasa gypsum, dijual dalam bentuk gulungan seperti lakban. Terdapat banyak pilihan ukuran lakban gypsum yang bisa kamu pilih dan dibanderol dengan harga mulai Rp 13.000 an saja per gulungnya.

Daftar Jenis dan Harga Kasa Bangunan

Merek Kasa dan Panjangnya Harga Satuan
Kasa Gypsum Merk VPR Uk. 3 cm x 40 m Rp 13.000
Kasa Gypsum Mek HPP Uk. 3 cm x 40 m Rp 9.000
Kasa Gypsum Merk Meta+ Uk. 5 cm x 40 m Rp 17.000
Kasa Gypsum Merk X-Viper Uk. 3 cm x 40 cm Rp. 8.000
Kasa Nyamuk Hijau Uk. 100 cm x 50 m Rp 350.000
Kasa Nyamuk Putih Uk. 100 cm x 50 m Rp 375.000
Kasa Nyamuk Hijau Uk. 1 m Rp 7.000
Kasa Nyamuk Putih Uk. 1 m Rp 7.500

 

Meskipun masih banyak yang belum tahu, akan tetapi kasa bangunan memiliki fungsi cukup penting. Maka dari itu, pastikan kamu juga mengetahui harga kasa bangunan agar bisa membeli dengan tepat jika membutuhkannya.