harga bolu kukus

Ulasan Harga Bolu Kukus di Pasaran dan Resep Membuatnya

Informasi harga bolu kukus sangat penting sebagai referensi sebelum membeli kue basah ini. Bolu kukus merupakan salah satu jenis kue tradisional, yang mudah sekali dijumpai. Kamu bisa mendapatkannya di pasar tradisional, sampai toko kue mewah.

Kue cantik ini memiliki cita rasa legit dan manis. Saat ini, variasinya sudah semakin beragam, dengan aneka bentuk dan warna. Jika sedang mencari informasi seputar bolu kukus dan harganya, ini dia ulasannya.

Mengenal Bolu Kukus, Kue Manis dengan Warna Menarik

Peminat kue legit ini memang tergolong banyak, tidak kalah dengan kue-kue kekinian yang ada di pasaran. Walau klasik, bolu kukus memiliki tempat tersendiri di hati penggemarnya.

Sebelum pembahasan berlanjut ke harga bolu kukus di pasaran, kenali dulu kue klasik ini. Bolu kukus merupakan kue yang basic adonannya sebenarnya mirip kue bolu pada umumnya. Akan tetapi, proses memasaknya memakai cara steam atau kukus.

Biasanya, bentuk bolu kukus menyerupai cup cake, tetapi tidak ada topping dan tampilannya mekar. Ada kombinasi warna yang membuat kue cantik ini semakin menarik.

Selain berbentuk menyerupai cup cakes, ada juga bolu kukus yang tampilannya melebar. Biasanya tanpa kertas khusus, hanya diletakkan di loyang, kemudian dipotong-potong layaknya bolu panggang.

Umumnya bolu kukus yang banyak di pasaran berbentuk cup cakes. Jarang ada yang menjual bolu dengan potongan kotak-kotak seperti kue panggang. Bahan utama pembuatannya adalah tepung terigu.

Sedangkan sebagai pengembang, masyarakat bisa memakai baking powder atau air soda. Kedua bahan ini yang menjadi kunci tampilan bolu bisa mekar sempurna.

Selain itu, pewarna baik itu sintetis hingga alami juga dibubuhkan, di bagian atasnya. Adonan yang mengembang sempurna ini, membuat harga bolu kukus menjadi lebih murah.

Bolu Kukus Cocok untuk Berbagai Acara, Ini Contohnya

Walau sudah banyak kue-kue kekinian dengan aneka topping lezat, bolu kukus tetap banyak peminat. Terlebih sebagai suguhan di berbagai acara. Mulai dari suguhan tamu biasa sampai hajatan, akan diulas berikut ini.

  1. Sajian di Pesta Pernikahan

Sejumlah pesta pernikahan, terutama di pedesaan masih banyak yang menyajikan kue tradisional. Bolu kukus dipilih sebagai sajian di sebuah hajatan karena dinilai mudah dibuat. Selain itu, jika ingin membeli, harga bolu kukus per satuan juga murah.

Walau murah, bolu kukus sebagai suguhan hajatan dinilai pantas. Bisa menggantikan kue bolu panggang atau jenis jajanan pasar lain. Ada juga yang menjadikan kue basah ini sebagai buah tangan para tamu di hajatan.

  1. Oleh-oleh Bertamu

Saat hendak bertamu, memberi buah tangan kepada pemilik rumah sangat disarankan. Selain menyenangkan, hal ini juga menjadi budaya tersendiri di Indonesia. Jika bingung memilih jenis oleh-oleh bertamu, bolu kukus bisa menjadi pilihan.

Kamu dapat membelinya di pasar tradisional atau toko kue modern. Letakkan di kotak yang menarik, agar Sang Penerima akan merasa lebih gembira.

  1. Sajian Hari Lebaran

Umumnya sajian di hari lebaran hanya sebatas kue-kue kering. Seperti nastar, kastangel, sampai putri salju. Sebagai pelengkap sajian tamu di hari lebaran, kamu bisa menyuguhkan aneka kue basah.

Seperti bolu kukus misalnya, kue basah dengan bentuk menarik. Harga bolu kukus untuk lebaran sebenarnya tidak jauh berbeda. Biasanya hanya selisih Rp500, mengingat bahan baku menjelang lebaran pasti mengalami kenaikan.

Kamu bisa menata aneka bolu kukus di piring cantik, taruh di meja tamu. Selain lezat, kue basah ini juga tahan lama, tidak mudah berjamur. Berbeda dengan dadar gulung atau klepon yang dalam sehari harus sudah habis.

  1. Sajian Tamu di Hari Biasa

Menjamu tamu merupakan hal yang diharuskan, terlebih di Indonesia dengan budaya Timurnya. Sajian tamu memang tidak harus berlebihan, sesuaikan saja dengan kemampuan budget.

Jika ingin memilih kue suguhan yang murah dan pantas, bolu kukus menarik sebagai pilihan. Kamu bisa membuat atau memesannya di penjual kue. Ada juga beberapa toko kue yang menyediakan stok ready bolu kukus, sehingga bisa dibeli kapan saja.

  1. Sajian Saat Arisan

Arisan baik skala kecil hingga besar pasti menyediakan camilan kue basah dan kering. Bolu kukus kerap menjadi pilihan saat arisan karena tampilannya yang menarik. Selain itu, harga bolu kukus juga terjangkau sehingga sangat ramah kantong.

Kamu bisa membeli dalam jumlah banyak, tanpa khawatir mengeluarkan banyak uang. Biasanya harga per satuannya dibandrol antara Rp1.500 sampai Rp2.000. Ada juga yang sampai Rp3.000 per pcs, tetapi ukurannya tergolong besar.

Bolu kukus sebagai sajian arisan sebenarnya tidak hanya dihidangkan sendirian. Ada juga kue lain sebagai pelengkap. Seperti risol, dadar gulung, bahkan sampai puding.

Referensi Resep Mudah Membuat Bolu Kukus

Walau sebenarnya harga bolu kukus per pcs nya tergolong murah, banyak juga yang berminat membuatnya. Membuat kue manis ini sebenarnya mudah, asalkan ada alat mixer dan kukusan. Ini dia referensi resep bolu kukus yang mudah dan anti gagal.

  1. Alat yang Diperlukan

  • Panci pengukus
  • Serbet untuk menutup tutup panci, agar airnya tidak jatuh ke adonan ketika dikukus
  • Cetakan bolu kukus jumlah sesuai selera
  • Kertas khusus bolu kukus (sesuaikan ukurannya dengan cetakan)
  • Mixer (tidak disarankan pakai kocokan kue manual)
  • Baskom beberapa buah untuk memisahkan adonan
  • Spatula agar mengaduk lebih mudah

 

  1. Bahan yang Diperlukan

  • Air dengan suhu ruang secukupnya
  • Tepung terigu all purpose 250 gram
  • Garam ¼ sendok teh, jangan pakai garam kasar
  • Gula pasir 200 gram atau bisa sesuai selera tingkat kemanisannya
  • Emulsifier 1 sendok teh
  • Pewarna makanan sesuai selera (bisa kuning, hijau, cokelat, dan sejenisnya)
  • Telur ayam 1 butir

 

  1. Cara Membuat

  • Siapkan baskom bersih, campurkan semua bahan utama ke dalam baskom, aduk dengan mixer
  • Aduk dengan kecepatan maksimal, sampai cukup mengembang (jangan sampai over proofing)
  • Siapkan baskom lainnya, pisahkan adonan yang akan diwarnai
  • Berikan pewarna di adonan yang telah dipisah kemudian aduk sampai tercampur rata
  • Masukkan kertas bolu ke cetakan, masukkan adonan putih sampai ¾ bagian
  • Setelah di tambahkan adonan warna di atasnya sampai volume agak penuh
  • Sebelum memasukkan ke panci kukusan, pastikan airnya di kukusan sudah panas
  • Tata rapi bolu, kukus selama 20 menit, pastikan tutup dilapisi serbet
  • Pastikan bolu matang sempurna, kemudian tunggu dingin dan siap disajikan

Daftar Harga Bolu Kukus yang Ada di Pasaran

Harga untuk bolu kukus di pasaran tergolong bervariasi, tergantung dari bagaimana ukuran dan rasanya. Akan tetapi, masih tergolong murah bahkan kerap dijadikan sebagai oleh-oleh hajatan.

Sebagai salah satu kue basah tradisional, harga yang beredar di pasaran tidak terlalu mahal. Tidak heran, banyak yang memesan dalam jumlah besar untuk keperluan acara. Semisal hajatan, arisan, dan sebagainya, seperti yang sudah dibahas sebelumnya.

Untuk harga paling murah sekitar Rp2.000 sampai Rp3.000. Biasanya untuk kisaran harga tersebut dijual di pasar-pasar tradisional. Secara rasa sebenarnya tidak kalah jauh dari bolu kukus di toko kue ternama.

Ada juga bolu kukus ber-merk yang memang sudah terkenal kelezatannya. Biasanya bolu ber-merk ini dijual dengan kisaran lebih mahal. Harga bolu kukus ber-merk sekitar Rp100.000 per bungkus, lebih lengkapnya bisa dilihat di tabel berikut.

Jenis Bolu Kukus Harga
Bolu Kukus di Pasar Rp2.000 sampai Rp3.000
Bolu Kukus di Toko Kue Rp100.000 (per box)

 

Harga tersebut tentu tidak berisi satu buah bolu, tetapi sudah satu paket isinya. Walau memang mahal, sebenarnya ini hanya masalah selera. Mungkin bagi yang terbiasa dengan kue ber-merk, tidak masalah membeli bolu dengan harga demikian.

Ternyata kue bolu kukus sangat menarik jika dipilih sebagai sajian untuk tamu dan acara penting. Bentuk dan rasanya pasti tidak mengecewakan, terlebih jika membeli di tempat terpercaya. Harga bolu kukus juga terjangkau, sehingga masih ramai peminat.