Daftar harga ikan asin

Daftar Harga Ikan Asin dan Ide Resep, Dijamin Keluarga Suka

Daftar harga ikan asin di pasar maupun swalayan selalu menjadi incaran. Rasanya yang khas membuat hampir semua keluarga di Indonesia menyukainya. Ikan asin dapat diolah menjadi sambal, ongseng, atau sekadar digoreng menemani sayur bening.

Harga ikan asin cenderung stabil, karena ketersedian bahan yang cukup melimpah di lautan. Namun, kamu mungkin akan menemukan sedikit perbedaan harga jika membelinya di swalayan dengan ke tempat pengolahannya, seperti Pangandaran.

Mengenal Ikan Asin dan Cara Membuat

Ikan asin memang populer di Indonesia, namun tidak semua orang mengetahui proses pembuatannya. Bahan utama yang digunakan sangat beragam, mulai dari jenis ikan peda, jambal, kapas, gabus, sepat, dan masih banyak lagi, tergantung ketersediaan.

Ikan tersebut nantinya akan melewati proses penggaraman yang membuatnya terasa asin. Sementara tujuannya adalah agar daging ikan tahan lama atau tidak mudah busuk. Kamu penasaran bagaimana cara pembuatannya? Berikut gambaran singkatnya.

Siapkan ikan yang ingin diasini, kemudian cuci bersih. Apabila ukurannya besar, kamu dapat memotongnya menjadi beberapa bagian terlebih dahulu. Selanjutnya, rendam ikan ke dalam air yang telah diberi garam dalam jumlah banyak atau sampai pekat.

Diamkan rendaman selama 10-24 jam. Waktu yang dibutuhkan memang cukup lama agar ikan dapat menyerap garam dengan sempurna. Setelah selesai, kamu tinggal menyaring dan menjemurnya hingga kering. Biasanya memerlukan waktu 1-3 hari.

Apabila kamu membuatnya dalam jumlah banyak, olahan tersebut bisa dipasarkan. Jenisnya yang nanti akan menentukan daftar harga ikan asin daganganmu.

Daftar Harga Ikan Asin Terbaru

Berikut beberapa jenis ikan asin yang bisa kamu coba olah untuk keluarga di rumah. Masing-masing memiliki aroma dan rasa yang khas. Silahkan pilih sebab seleramu mungkin berbeda dengan orang lain.

  1. Ikan Asin Jambal Roti

Ikan ini pasti sudah tidak asing di telingamu. Bentuknya tidak terlalu besar dan lebih tahan lama dibandingkan jenis lainnya. Olahan ikan asin jambal roti banyak ditemukan di daerah Yogyakarta dan Solo. Namun, kamu juga tersebar luas di setiap daerah.

Adapun dari segi harga, ikan jambal termasuk terjangkau. Apabila kamu membelinya di Yogyakarta, harganya sekitar Rp 23.357. Sementara di daerah Solo akan lebih murah lagi, yaitu Rp 12.347.

  1. Ikan Asin Peda

Peda masuk dalam jajaran daftar harga ikan asin murah, karena kamu dapat membelinya dengan harga hanya Rp 6.347. Bentuk ikan ini sangat beragam, tergantung daerah yang mengolahnya. Namun, soal rasa hampir semua gurih dan asin.

Keunggulan ikan peda adalah dagingnya cukup tebal meski telah dikeringkan. Kamu dapat menyantapnya dengan cara digoreng, kemudian dicocol memakai sambal terasi. Keluargamu dijamin tidak berhenti makan.

  1. Ikan Asin Kapas

Berbeda dengan sebelumnya, kapas termasuk dalam daftar harga ikan asin mahal dibandingkan yang lain. Kamu perlu merogoh kantong untuk mengeluarkan uang sebesar Rp 45.283.

Ukuran ikan asin kapas cukup besar, sehingga kamu akan menemukannya dalam bentuk di belah menjadi dua bagian. Selain itu, kamu perlu berhati-hati saat mengkonsumsi, karena durinya banyak. Namun, soal rasa kapas asin sangat lezat.

  1. Ikan Asin Gabus

Apabila kamu berkunjung ke daerah Cilacap, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh ikan asin gabus. Kamu mungkin akan melihat banyak orang berburu ikan ini. Sebab meski ukurannya besar, harga yang dibanderol hanya Rp 12.347 per ekor.

Tidak heran gabus termasuk dalam daftar harga ikan asin murah. Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena rasanya tetap enak. Apalagi jika kamu memadukannya dengan sambal ijo.

  1. Ikan Asin Sepat

Bagi kamu yang ingin merasakan sambal ikan asin, jenis sepat bisa menjadi pilihan terbaik. Ukurannya kecil dan rasanya sangat gurih. Biasanya ikan ini dibanderol dengan harga Rp 20.000 per bungkus.

Kamu dapat menggorengnya sampai kering, kemudian dicampur dengan sambal jeruk. Rasa asin berpadu dengan pedas asam dijamin bakal memanjakan lidahmu.

  1. Ikan Asin Bulu Ayam

Kamu mungkin masih asing dengan jenis ikan asin satu ini. Namun ternyata, banyak pedagang yang menjual ikan asin bulu ayam. Apalagi jika kamu mencarinya di dalam pasar tradisional maupun sentra pengolahan ikan asin.

Sama seperti namanya, ikan ini berbentuk kecil memanjang menyerupai bulu ayam. Rasanya gurih dan tidak terlalu asin. Biasanya masyarakat memakannya bersama sayur hijau yang direbus, tidak lupa cocolan sambal tomat.

Berikut daftar harga ikan asin terbaru di pasaran, yaitu:

Jenis Ikan Asin dan Beratnya Harga
Ikan asin peda putih (pcs) Rp 9.500
Ikan asin peda merah (pcs) Rp 8.500
Ikan asin gabus besar (100 gr) Rp 16.500
Ikan asin gabus kecil (100 gr) Rp 16.500
Ikan asin sepat besar (100 gr) Rp 13.500
Ikan asin bulu ayam (100 gr) Rp 13.000
Ikan Teri Fip (100 gr) Rp 18.500
Ikan Teri Medan Kecil (100 gr) Rp 18.500
Ikan Teri Medan Sedang (100gr) Rp 18.500
Ikan Teri Nasi (100 gr) Rp 18.500
Ikan Teri Padang (100 gr) Rp 16.500
Ikan Teri jengki (100 gr) Rp 15.500
Ikan Teri tawar (100 gr) Rp 15.500
Ikan Asin Bili (100 gr) Rp 13.500
Ikan Asin Belanak (100 gr) Rp 13.000
Ikan Asin Cue Rebus (100 gr) Rp 13.000
Ikan Asin Japu (100 gr) Rp 13.000
Ikan Asin Kacang (100 gr) Rp 13.000
Ikan asin pakang (100 gr) Rp 13.000
Ikan Asin Selar Panjang (100gr) Rp 13.000
Ikan Asin Tembakang (100 gr) Rp13.000
Ikan Teri Pengkio (100 gr) Rp 13.000
Ikan Asin Samge (100 gr) Rp 8.500
Cue Tongkol Super (pack) Rp 21.500
Cue Kembung Banjar (pcs) Rp 5.500
Cue Layang (pack) Rp 4.500
Cue Salem (pack) Rp 4.500
Cue Tongkol Potong (pack) Rp 4.000
Udang Kering / Ebi (100 gr) Rp 25.500
Cumi Asin Besar (100 gr) Rp 15.500
Cumi Asin Kecil (100 gr) Rp 14.500
Udang rebon (100 gr) Rp 8.500

 

Kandungan Ikan Asin dan Manfaatnya

Tidak hanya berburu daftar harga ikan asin terbaru, kamu juga perlu mengetahui kandungannya. Harga yang murah seringkali membuat orang memandangnya sebelah mata, padahal didalamnya terdapat nutrisi cukup melimpah.

Ahli gizi menyebutkan bahwa dalam 100 gram ikan asin terdapat 193 kalori. Selebihnya, berupa protein, kalsium, lemak, zat besi, dan vitamin.

Selanjutnya, mengkonsumsi ikan asin dalam jumlah wajar dapat mencegah berbagai jenis penyakit, seperti anemia, gigi berlubang, mempercepat penyembuhan luka, bahkan gangguan jantung.

Ide Resep Olahan Ikan Asin

Sudahkah kamu menentukan pilihan setelah melihat daftar harga ikan asin? Jika iya, selanjutnya kamu bisa mengikuti salah satu ide resep masakan berikut ini. Hanya berbahan sederhana, olahan ikan asin lezat bakal menggugah selera semua keluarga.

  1. Persiapan Bahan
  2. 100 gram ikan asin
  3. 4 siung bawang merah
  4. 2 siung bawang putih
  5. Cabai rawit sesuai selera
  6. Cara Memasak
  7. Rajang kasar bawang merah, bawang putih, dan cabai. Kemudian tumis dengan sedikit minyak sampai setengah matang.
  8. Haluskan bahan tersebut menggunakan ulekan agar citarasanya lebih keluar.
  9. Masukkan kembali bumbu ke dalam sedikit minyak yang telah dipanaskan.
  10. Tambahkan ikan yang telah kamu peroleh dari daftar harga ikan asin di atas. Jangan lupa sebelumnya cuci bersih ikan tersebut agar rasa asinnya berkurang.
  11. Aduk semua bahan sampai merata, kemudian masukkan gula, garam, serta penyedap rasa.
  12. Tes rasa olahan sambal ikan asin. Apabila sudah sesuai selera, kamu bisa menyajikannya untuk disantap bersama keluarga.

Makanan berbahan utama ikan memang selalu berhasil menggugah selera. Membuat semua anggota keluarga ingin terus makan. Apalagi nutrisinya sangat baik bagi tubuh. Tidak heran, daftar harga ikan asin wajib diketahui para ibu sebelum memasak.