harga kanvas lukis

Inilah Daftar Harga Kanvas Lukis dan Aneka Jenisnya

Bagi yang ingin melukis, informasi tentang harga kanvas lukis tentu sangat berguna. Media menggambar satu ini memang terdiri atas banyak sekali model. Tentu saja setiap model dan ukurannya memiliki harga berbeda.

Kanvas lukis ini biasanya dibedakan berdasarkan ukuran serta jenis papannya. Agar lebih mudah mengetahui harga pasti, jenisnya juga mesti kamu ketahui. Berikut ini akan diulas lebih lanjut tentang harga kanvas lukis beserta variannya.

Sekilas Tentang Kanvas Lukis, Media Menggambar yang Menarik

Sebenarnya tanpa sebuah kanvas, melukis bisa dilakukan di berbagai media. Misalnya kain, guci, keramik, kaca, hingga kayu. Akan tetapi, kanvas tetap menjadi pilihan terutama bagi para pelukis pemula.

Bahkan, pelukis ternama juga masih banyak yang memakai media kanvas sebagai tempat menuangkan imajinasinya. Kanvas lukis mayoritas memiliki warna putih, dengan kerangka kayu.

Sebelum pembahasan mengarah ke daftar harga kanvas lukis beserta aneka macamnya, kenali dahulu barang menarik ini. Kanvas lukis biasa dipakai sebagai media menggambar dan melukis.

Bahan utama pembuatan kanvas lukis adalah kain, yang dipasang pada kerangka kayu. Umumnya bentuk media lukis ini adalah persegi panjang, dengan ukuran bervariasi. Kanvas yang ada di pasaran memiliki harga yang berbeda-beda.

Kamu bisa membelinya di toko-toko alat tulis hingga marketplace online. ukurannya yang beragam, tentu membuat kreasi lukisan bervariasi. Ukuran paling kecil pada umumnya adalah 20×30 cm.

Ada juga jenis kanvas yang berupa gulungan dengan perhitungan ukuran per meter. Mencari informasi harga kanvas lukis terlebih dahulu sangat penting. Tujuannya agar kamu bisa menyiapkan budget yang sesuai dengan kemampuan.

Aneka Macam Kanvas Lukis yang Bisa Kamu Pilih

Untuk mengetahui informasi harga kanvas lukis, kamu bisa melihat dari aneka macamnya. Kanvas untuk melukis bisa dibedakan berdasarkan material pembuatnya. Mulai dari sintetis hingga khusus cat air, akan diulas lebih lanjut sebagai berikut.

  1. Kanvas Linen

Jenis bahan linen memiliki kerapatan optimal, dengan tekstur yang tergolong kuat. Kanvas dengan kain linen memiliki kekuatan yang optimal, tidak mudah meregang. Bahkan untuk penggunaan jangka panjang, kanvas linen juga tidak mudah menyusut.

Kanvas linen akan dilapisi dengan pelindung khusus, sehingga permukaannya lebih halus. Memang serat luar aslinya kasar, sehingga sulit dipakai jika tidak memakai lapisan khusus. Walau demikian, kanvas linen tetap banyak peminatnya.

  1. Cotton Duck Canvas

Jika sedang mencari harga kanvas lukis yang terjangkau, varian ini bisa menjadi pilihan. Cotton duck canvas merupakan jenis media lukis yang harganya paling murah. Biasanya, para pemula lebih suka memakai kanvas jenis ini karena mudah diperoleh.

Ketebalan cotton duck canvas juga berbeda-beda, dengan serat tenun yang sangat khas. Serat tersebut membuat sebuah kanvas menjadi lebih kokoh, tidak mudah robek walau tergores kuas.

Selain itu, tekstur lukisan pada akhirnya akan tampil lebih indah. Motif serat tenun di jenis kanvas ini memang bisa menjadikan lukisan tampak memukau, walau harganya murah.

  1. Kanvas Cat Air

Jika kamu suka melukis dengan pewarna cat air, sebaiknya jangan sembarangan memilih kanvas. Tidak semua kain bisa menopang tekstur cat air yang mudah merembes. Kamu harus memakai kanvas khusus yang bisa menopang pewarna ini.

Kanvas cat air dirancang dengan bahan yang tidak mudah merembes. Biasanya ada label berbeda untuk kanvas jenis cat air ini. Kamu tinggal memilih di toko, atau menanyakan ke seller untuk kanvas khusus ini.

  1. Serat Sintetis Kanvas

Sebenarnya kain apa saja jenisnya bisa kamu pakai sebagai kanvas. Tidak heran untuk serat sintetis juga kerap dijadikan bahan utama pembuatan media lukis ini. Jenis bahan ini memiliki kekuatan optimal untuk menopang warna dasar cat.

Warna dasar yang dapat ditopang dengan baik, tentu membuat cairan cat tidak mudah merembes. Alhasil, warna yang kamu goreskan akan tersapu rata, tanpa rembesan.

Material satu ini juga akan semakin optimal dengan chipboard sebagai penopangnya. Tentu saja hal ini akan membuat daya tahan kanvas lukis lebih kuat.

Aneka Ukuran Kanvas Lukis yang Biasa Ada di Pasaran

Harga kanvas lukis juga bisa dibedakan berdasarkan ukurannya. Bingkai yang menjadi kerangka kanvas memang dibuat dengan ukuran bervariasi. Hal ini juga menjadi jawaban akan kebutuhan para pelukis.

Tentu, semakin besar ukurannya akan lebih tinggi harganya. Lebih lengkap tentang jenis kanvas berdasarkan ukuran, akan diulas berikut.

  1. Kanvas 20×30 Cm

Ukuran paling kecil dari sebuah kanvas lukis umumnya adalah 20×30 cm. Ukuran ini juga termasuk yang paling murah di pasaran. Harga per buah untuk kanvas 20×30 cm dibandrol sekitar Rp8.000.

Biasanya ada kerangka berupa kayu sebagai penopang kanvas mungil ini. Kamu bisa memilih ukuran satu ini, jika memang budget yang tersedia masih terbatas.

  1. Kanvas 30×40 Cm

Jika kamu adalah seorang pemula, melukis di kanvas ukuran 30×40 cm adalah opsi menarik. Ukurannya tidak terlalu besar atau kecil. Cukup cocok untuk para pemula yang mulai belajar menggores kuas.

  1. Kanvas 40×60 Cm

Kanvas ukuran 40×60 cm tergolong sebagai size yang sedang. Biasanya untuk melukis satu buah objek, ukuran kanvas ini sering dipakai. Contohnya melukis sebuah bunga, botol, dan objek tunggal lainnya.

Ada juga yang memanfaatkan ukuran kanvas sedang ini untuk membuat karya mozaik. Media lukis ukuran ini juga sudah dilengkapi dengan kerangka, sehingga memudahkan dalam menggambar.

  1. Kanvas 60×80 Cm

Jika ingin mencari kanvas dengan size yang lebih besar, ukuran 60×80 cm adalah pilihan. Harga di pasaran umumnya berkisar Rp25.000 dengan kerangka kayu.

  1. Kanvas A3

Untuk ukuran A3, tergolong yang paling banyak dipakai. Baik untuk lukisan hingga gambar, ukuran ini memang tergolong ideal. Sebagai informasi, kanvas A3 berarti memiliki ukuran 30×40 cm.

  1. Kanvas Gulungan

Ada juga model kanvas lukis yang berbentuk gulungan atau roll. Biasanya, kanvas ini tidak memiliki kerangka kayu. Untuk kebutuhan melukis dengan ukuran sangat lebar, kanvas gulungan ini kerap dipilih.

Sebagai informasi, harga kanvas lukis jenis gulung sekitar Rp215.000. Ukuran satu roll ini biasanya 1,5 x 3 meter. Ada juga yang harga per gulungnya hanya Rp85.000 tetapi dari segi ketebalan tergolong kurang.

  1. Kanvas Meteran

Untuk membuat lukisan dengan tema peristiwa, pemandangan, hingga detail-detail menarik, kanvas meteran pilihannya. Penjualannya memang per meter, tanpa ada kerangka. Cocok sekali sebagai media lukis besar dan berkualitas.

Daftar Harga Kanvas Lukis Sebagai Referensi

Setelah tahu berbagai macam jenis dan ukuran media gambar di atas, saatnya membahas harga kanvas lukis. Harga bisa dibedakan dari ukuran hingga jenisnya, yang akan diulas lebih lanjut di tabel berikut.

Ukuran Kanvas Lukis Harga
20×30 cm Rp8.000
30×30 cm Rp9.000
30×40 cm Rp10.000
40×40 cm Rp11.000
40×50 cm Rp13.000
40×60 cm Rp15.000
50x50cm Rp15.000
50×60 cm Rp17.000
50x70cm Rp19.000
60×70 cm Rp22.000
60x80cm Rp25.000
60×90 cm Rp28.000
70x90cm Rp32.000

Ternyata sebuah kanvas lukis memiliki jenis yang sangat bervariasi. Baik secara ukuran hingga material kainnya berbeda-beda. Hal inilah yang juga membuat harga kanvas lukis di pasaran sangat bervariasi.