Harga Kemiri

Harga Kemiri Kupas dan Basah 1 Kg di Pasar

Harga kemiri sekarang menjadi bahan bacaan yang wajib untuk dibaca setiap harinya. Sebab kemiri menjadi salah satu bumbu yang harus ada dalam dunia perdapuran ibu-ibu rumah tangga Indonesia,

Beberapa kota di Indonesia ternyata memberikan nominal yang berbeda untuk jenis bumbu dapur yang satu ini. Harga biji kemiri per kilogramnya ternyata juga beragam untuk jenis kemiri kupas dan basah.

Selain bermanfaat sebagai rempah penyedap rasa masakan khas nusantara, Kemiri ternyata juga memiliki segudang manfaat lainnya seperti mengobati gatal dan sariawan.

Harga Kemiri Kupas dan Basah 1 Kg di Berbagai Kota

Harga pembelian kemiri termurah di salah satu kota Indonesia ternyata bisa mencapai nominal Rp,8000 saja. Sedangkan nilai pembelian kemiri tertinggi bisa mencapai Rp. 32.450 per kilogramnya.

Berikut adalah pembahasan tentang kisaran pembelian kemiri kupas dan basah untuk berbagai kota yang ada di Indonesia. Termasuk ketika membeli biji kemiri hasil produksi salah satu PT bernama Zutkatta Solusi.

Jenis Kemiri & Lokasi Produsen Harga Kemiri/Kg
Kemiri Kupas Kab. Tanah Datar  IDR 32.450
Kemiri Kupas Kab. Kutai Kartanegara  IDR 25.000
Kemiri Kupas Kab. Ende  IDR 23.140
Kemiri Kupas Kab. Alor  IDR 23.000
Kemiri Kupas Kab. Aceh Utara  IDR 20.000
Kemiri Kupas Kab. Kuningan  IDR 20.000
Kemiri Kupas Kab. Deli Serdang  IDR 18.000
Kemiri Kupas Kab. Gorontalo  IDR 18.000
Kemiri Kupas Kab. Timor Tengah Selatan  IDR 15.000
Kemiri Biji Kab. Sinjai  IDR 12.000
Kemiri Biji Kab. Trenggalek  IDR 9.000
Kemiri Kupas Kab. Trenggalek  IDR 9.000
Kemiri Biji Kab. Pangkep  IDR 7.500
Kemiri Biji Kab. Bima  IDR 6.000
Kemiri Biji Kab. Lombok Barat  IDR 6.000
Kemiri Biji Kab. Pidie  IDR 5.500
Kemiri Biji Kab. Lombok Timur  IDR 5.472
Kemiri Biji Kab. Aceh Utara  IDR 5.000
Kemiri Biji Kab. Jeneponto  IDR 5.000
Kemiri Biji Kab. Kerinci  IDR 4.214
Kemiri Biji Kab. Kuningan  IDR 3.000

 

1.     Surabaya

Untuk jenis kemiri pecah, nominal harga kemiri yang ditawarkan di kota Surabaya adalah sebesar Rp.30.000. Kemiri pecah merupakan jenis kemiri kering yang sudah terbelah kepingannya alias tidak utuh.

Sedangkan untuk jenis kemiri utuh, nilai yang dipatok penjual untuk pembelian di kota Surabaya adalah sekitar Rp.32.000 per kilogramnya. Kemiri utuh merupakan jenis kemiri kering yang masih bulat atau utuh kepingannya.

Kemiri yang dijual di pasar-pasar Surabaya berbeda dengan daerah lain meski sama-sama berlokasi di Jawa Timur. Contohnya seperti kota Trenggalek yang menjual kemiri dengan pembayaran sekitar Rp,9000 per kilonya.

2.     NTB

Harga biji kemiri dari supplier yang ada di NTB terbilang lebih mahal jika dibandingkan dengan besaran nilai kemiri yang dijual di Surabaya. Harga kemiri kering yang sudah dikupas bisa dibeli dengan nominal sebesar Rp.40.000 per kilonya.

Sedangkan untuk jenis kemisi basah atau gelondongan, pembeli dapat mendapatkan harga cantik Rp.8.000 per kilo di wilayah Nusa Tenggara Barat. Beberapa kota kabupaten di NTB memberikan nominal biji kemiri yang berbeda.

Contohnya pembelian biji kemiri di Kabupaten Bima yang hanya sekitar Rp.6.000 per kilonya. Atau pembelian biji kemiri di Lombok yang juga masuk ke dalam provinsi Nusa Tenggara Barat ternyata hanya mematok nilai sekitar Rp.6.000 per kilonya.

3.     Makassar

Wilayah Indonesia bagian tengah seperti Makassar yang menjadi ibu kota provinsi Sulawesi Selatan memberikan pembayaran sekitar Rp.39.000 per kilo. Kisaran tersebut mengalami kenaikan yang cukup pesat dari harga kemiri sebelumnya.

Total harga biji kemiri saat ini di Makassar telah naik sekitar Rp.3.000 dari patokan nilai awal kemiri sebelumnya yang hanya mencapai Rp.36.000. Kenaikan tersebut disebabkan oleh jumlah pasokan yang menurun karena datangnya musim hujan.

4.     Harga Biji Kemiri di Aceh

Beberapa wilayah yang masuk ke dalam zona waktu Indonesia bagian timur mengalami kenaikan pembelian biji kemiri akhir-akhir ini. Contohnya adalah daerah Pekanbaru dan Aceh.

Kenaikan nominal pembelian biji kemiri di Aceh bahkan sudah mencapai kisaran Rp.8.000 per kilogramnya. Sedangkan untuk membeli kemiri kupas awalnya masih berada di kisaran Rp.20.000.

Namun saat ini nilai pembelian biji kemiri tersebut telah naik hingga menginjak angka Rp.28.000 per kilogramnya.

Kenaikan pembelian biji kemiri di Aceh dan berbagai kota besar lainnya di Indonesia dikarenakan oleh pasokan kemiri yang mulai berkurang serta susahnya produksi yang didapatkan dari petani.

5.     Pekanbaru

Harga kemiri yang ada di kota Pekanbaru, Riau juga ternyata juga melonjak tajam akhir-akhir ini. Kenaikan yang terjadi belakangan ini telah mencapai kisaran Rp.2.000 per kilonya.

Pembelian kemiri kupas di Pekanbaru saat ini telah mencapai kisaran Rp.26.000 per kilo. Sedangkan untuk 1 kilogram kemiri cangkang dihargai dengan nominal Rp.10.000 di Pekanbaru.

6.     NTT

Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu daerah di Indonesia yang menjadi sentra penghasil utama kemiri. Pembelian kemiri di berbagai kota yang ada di Nusa Tenggara Timur juga terbilang cukup murah.

Berbagai jenis kemiri mulai dari kemiri kupas sampai kemiri cangkang bisa didapatkan dengan mudah di NTT. Kemiri kupas biasanya memiliki nominal yang lebih mahal jika dibandingkan dengan kemiri cangkang.

Total harga kemiri kupas di beberapa kota yang ada di NTT adalah sekitar Rp.40.000 per kilogramnya. Sedangkan pembelian untuk kemiri cangkang bisa didapatkan dengan membayar uang sekitar Rp.12.000 per kilonya.

Tidak semua daerah di NTT memberikan nilai pembayaran yang sama. Ambil contoh harga biji kemiri kupas yang ada di kota Ende yang sama-sama berada di provinsi NTT, pembeli dipatok dengan membayar sekitar Rp.23.140 per kilonya.

7.     Jawa Tengah

Selain beberapa wilayah di Indonesia bagian timur, Jawa Tengah ternyata juga termasuk provinsi yang banyak ditumbuhi pohon kemiri. Beberapa ton produksi kemiri bisa dihasilkan oleh provinsi Jawa Tengah di setiap masa panennya.

Harga kemiri di Jawa Tengah untuk jenis kemiri kupas mencapai Rp.20.000 per kilo. Kisaran tersebut tentunya tidak lebih mahal dari beberapa kota besar lainnya seperti Surabaya dan Makassar.

8.     Palu

Selain beberapa wilayah di Indonesia bagian tengah lainnya, kota Palu yang terletak di provinsi Sulawesi Tengah juga memiliki nominal total pembelian biji kemiri yang berbeda.

Pembelian biji kemiri di Palu saat ini telah mencapai angka Rp.30.000 dan diprediksi akan mengalami penurunan harga yang lumayan beberapa saat ini.

Penurunan harga tersebut terjadi lantaran suplay dari petani yang berada di wilayah Palu dan sekitarnya telah mengalami kenaikan pasokan. Sehingga pembelian biji kemiri di Palu kemungkinan besar akan mengalami penurunan.

9.     Harga Kemiri di PT Zutkatta Solusi

PT Zutkatta Solusi merupakan salah satu PT penyedia rempah-rempah dengan kualitas terbaik untuk para pelanggannya. Pembelian kemiri yang ditawarkan oleh PT Zutkatta Solusi adalah senilai Rp.36.000 per kilonya.

10.  Manfaat Kemiri Untuk Kesehatan

Kemiri ternyata tidak hanya bermanfaat untuk bumbu olahan masakan khas nusantara saja. Banyak manfaat yang bisa diambil oleh rempah-rempah satu ini.

Beberapa manfaat kemiri untuk Kesehatan antara lain adalah mencegah penyakit jantung, menunda penuaan dini, mencegah kerusakan kulit, menjaga Kesehatan rambut dan masih banyak yang lainnya.

Kemiri juga terbukti mampu meningkatkan imunitas tubuh, mengatasi infeksi jamur serta melancarkan pencernaan. Bahkan, kemiri dapat digunakan sebagai pengobatan buang air besar berdarah dan diare.

Uraian dan penjelasan dapat digunakan sebagai tumpuan pembelian kemiri di lokasi terdekat kamu saat ini. Harga kemiri kupas serta kemiri basah per kilo di berbagai kota Indonesia bervariasi tergantung lokasi.