harga ketumbar

Harga Ketumbar di Pasar Tradisional

Bagi para ibu rumah tangga atau penjual makanan, tentu pembahasan mengenai harga ketumbar sangatlah menarik dan penting. Ketumbar memang menjadi salah satu bahan bumbu untuk beragam resep makanan.

Tentunya dengan penggunaan yang sangat besar, permintaan ketumbar di pasaran juga sangat tinggi. Simak penjelasan lengkap berikut ini.

Penggunaan Ketumbar di Indonesia

Penggunaan ketumbar sebagai bahan dan bumbu masakan sudah sangat sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Penggunaan bahan rempah dengan nama ketumbar ini akan menambah cita rasa masakan menjadi lebih pedas dan gurih.

Selain itu, harga ketumbar sangatlah murah. Hal ini akan menguntungkan bagi para ibu rumah tangga untuk memasak dengan bumbu ketumbar tanpa perlu mengiritnya. Untuk mendapatkannya kamu bisa membeli di toko kelontong atau penjual sayur.

Ketumbar ini juga merupakan salah satu rempah terbaik yang ada di Indonesia. Penjualan ketumbar ini juga sangat beragam, mulai dari berat timbangan 1 ons, 1 kilo dan seterusnya.

Selain pemanfaatannya sebagai bahan bumbu masakan, ternyata ketumbar memiliki banyak sekali manfaat yang bisa diambil untuk kesehatan tubuh.

Beberapa Manfaat Ketumbar bagi Kesehatan

Dengan rasa yang sangat kuat dan enak, ketumbar ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan yang diantaranya yakni sebagi berikut.

  1. Anti Oksidan

Ketumbar merupakan salah satu satu sumber anti oksidan yang sangat tinggi. Zat anti oksidan ini memiliki kegunaan untuk mencegah datangnya atau munculnya penyakit kanker.

Kanker merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya hingga menyebabkan kematian. Untuk menghindari penyakit kanker kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung bumbu ketumbar.

Harga ketumbar ini sangat murah, kamu bisa menyetok ketumbar ini sebanyak 1 kilo atau lebih untuk dipakai sehari-hari.

  1. Mengendalikan Kolestrol Tubuh

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, kolestrol merupakan salah satu zat yang menjadi sumber penyakit berbahaya bagi tubuh manusia. Seseorang dengan tingkat kolestrol tinggi yang dibiarkan akan menyumbat aliran darah.

Selain itu, kolestrol akan mengeraskan dinding jantung hingga menjadi alasan penyakit serangan jantung. Untuk menjaga agar tubuh tidak terserang penyakit ini kamu bisa atasi dengan mengonsumsi rempah ketumbar.

Harga ketumbar di pasaran sangat marah. Kamu bisa membelinya untuk stok sehari-hari sebagai bahan campuran bumbu masakan kamu.

  1. Mencegah Penyakit Anemia

Siapa yang sangka bahwa ketumbar ternyata dapat mencegah penyakit anemia. Penyakit anemia merupakan penyakit kekurangan sel darah merah yang bisa menimpa siapapun.

Ketumbar ini memiliki kandungan zat penting yang dapat membantu pembentukan sel darah merah samahalnya zat besi, magnesium dan mangan. Jika kamu memiliki gejala penyakit kurang darah, kamu bisa gunakan ketumbar untuk penyembuhan.

  1. Sumber Vitamin C Tinggi

Vitamin C merupakan zat atau nutrisi yang sangat penting bagi tubuh. Vitamin C ini berperan untuk menjaga kesehatan kulit serta menangkal radikal bebas yang berbahaya.

Untuk mendapatkan sumber vitamin C ini kamu bisa mengonsumsi ketumbar dengan mencampurnya sebagai bahan bumbu masakan sehari-hari. Masalah harga jangan khawatir. Harga ketumbar ini sangat murah dan banyak di jual di pasar.

  1. Mengobati Susah Buang Air Besar

Kesulitan buang air besar merupakan permasalahan yang sangat sering dialami banyak orang. Kesulitan buang air besar ini biasanya disebabkan oleh kurangnya serat dari makanan yang dikonsumsi.

Jika kamu mengalami permasalahan sulit buang air besar, kamu bisa mengonsumsi ketumbar sebagai bahan tambahan bumbu masakan yang kamu konsumsi. Hal ini karena ketumbar merupakan bahan yang tinggi akan kandungan seratnya.

Ketumbar memang rempah yang sangat berguna. Selain manfaatnya yang besar harga ketumbar ini sangat murah sehingga semua kalangan bisa membelinya untuk bumbu rempah masakan harian.

Beragam Masakan dengan Bumbu Ketumbar

Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan kekayaan kuliner nusantaranya. Ciri khas dari cita rasa kuliner nusantara ini sangat kuat dan medok pada beberapa menu masakan tradisionalnnya.

Hampir semua jenis makanan nusantara memiliki rasa yang kuat di lidah. Rasa ini didapatkan dari resep dengan kekayaan rempah yang ada, salah satunya yakni ketumbar.

Dengan rasa ketumbar yang sangat kuat dan gurih menjadikan ketumbar ini sangat cocok sebagai bumbu masakan. Beberapa menu masakan yang menggunakan ketumbar ialah:

  1. Menu Nila Bakar Ketumbar

Siapa yang tidak mengenal nila? Ikan yang memiliki rasa gurih nikmat ini banyak sekali dijumpai di rumah makan maupun warung dengan jenis resep yang beragam. Beberapa diantaranya yakni nila goreng, dan nila bakar bumbu ketumbar.

Nila bakar bumbu ketumbar bisa menjadi pilihan menu makan siang untuk kamu yang mulai lapar. Rasa ketumbar yang kuat akan menjadikan nila bakar ini sangat pas di lidah dan menciptakan kenikmatan rasa yang luar biasa.

Dengan harga ketumbar yang sangat murah, banyak rumah makan yang tidak ragu mencampurkan rempah ini dalam jumlah yang banyak untuk rasa yang sangat kuat pada masakannya.

  1. Menu Tempe Goreng Bumbu Ketumbar

Bagi banyak orang, menggoreng tempe dengan menggunakan ketumbar sebagai tambahan bumbu dipercaya akan menambah kelezatan cita rasa dari tempe tersebut.

Biasanya, ketumbar ini diuleg bersamaan dengan bawang putih dan sedikit kunyit untuk mempercantik warnanya. Jika kamu penasaran dengan rasa tempe goreng bumbu ketumbar, coba masak menu ini saat di rumah untuk lauk sarapan pagi.

Tentu kamu memiliki ketumbar di rumah bukan? Jika belum, kamu bisa membelinya di toko kelontong maupun toko sayur dekat rumah dengan harga ketumbar yang sangat murah.

  1. Bakwan Jagung Bumbu Ketumbar

Bakwan merupakan salah satu jenis makanan yang sangat terkenal dan khas di Indonesia. Bakwan ini bisa dibuat dengan bahan yang beragam. Bahan ini bisa saja dari sayuran maupun daging.

Beberapa contoh jenis bakwan diantaranya yakni bakwan sayur, bakwan udang, bakwan tahu, bakwan jamur, maupun bakwan jagung. Jagung yang digunakan untuk bahan bakwan ialah jagung manis.

Kamu bisa menggunakan jagung manis ini untuk bahan masakan menu bakwan dengan bumbu ketumbar yang telah kamu beli dengan harga ketumbar yang sangat murah.

Jagung manis ini berbeda dengan jagung biasanya. Jagung manis merupakan jagung yang memang khusus digunakan sebagi bahan masakan. Seperti namanya, jagung ini memiliki rasa manis yang lezat saat dikunyah.

Daftar Harga Ketumbar di Pasar Tradisional

Sampai saat ini harga dari ketumbar masih sangat terjangkau. Untuk setiap satu kilonya, ketumbar ini dijual dengan harga kisaran Rp. 14.000 saja. Ketumbar butir ini dapat kamu beli di pasar tradisional maupun penjual sayur didekat rumah.

Berikut merupakan daftar harga dan jenis ketumbar yang wajib untuk kamu tahu

Jenis Ketumbar Harga Ketumbar
Ketumbar bubuk 1 kg Rp. 35.000
Ketumbar kering 1 kg Rp. 15.500
Ketumbar bubuk per ons Rp. 4.000
Ketumbar kering 100 gram Rp. 2.000

 

Harga berdasarkan uraian tabel di atas tentu bukan harga paten. Harga tersebut bisa berubah-ubah sesuai kondisi atau keadaan di pasaran. Bisa jadi ketumbar ini akan sangat langka dan harganya melambung tinggi.

Selain itu, bisa jadi juga harga bumbu ketumbar menurun akibat banyaknya pasokan ketumbar yang ada di pasaran. Kamu bisa memantau harga dari rempah ketumbar ini melalui internet untuk mendapatkan update daftar harganya.

Ketumbar merupakan salah satu jenis rempah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain itu, ketumbar bisa digunakan untuk beragam bumbu masakan dan jangan salah, harga ketumbar ini sangat murah.