harga cengkeh

Ketahui Harga Cengkeh dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Ada banyak orang yang penasaran dengan berapa harga cengkeh karena ingin mendapatkan berbagai manfaatnya. Seperti yang sudah diketahui bahwa cengkeh sendiri adalah salah satu rempah populer di Indonesia.

Ini dikarenakan cengkeh banyak ditemukan sebagai bahan pembuatan makanan, minuman, atau bahan campuran tertentu. Adapun banyak manfaat cengkeh yang perlu kamu ketahui.

Maka dari itu, simak pembahasan di bawah ini karena kami tidak hanya menyajikan manfaatnya saja, tetapi juga daftar harga terlengkap.

Apa Pengertian dari Rempah Cengkeh?

Cengkeh atau cengkih adalah salah satu rempah yang banyak digunakan sebagai obat tradisional karena memang mempunyai berbagai kandungan penting. Rempah yang satu ini dijual berupa bagian kuncup pohon dari keluarga Myrtaceae.

Terkenal karena aromanya yang wangi dan mempunyai berbagai manfaat bagi kesehatan sehingga ada banyak orang merasa penasaran dengan berapa harga cengkeh.

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan, seperti mengatasi masalah gigi karena mengandung bahan aktif sejenis minyak eugenol, mengobati gejala-gejala arthritis, dijadikan antiseptik dan antipasmodik.

Selain itu, rempah ini juga mampu mengatasi beberapa masalah pencernaan, seperti mual-mual atau perut kembung hingga mencegah risiko terkena kanker paru-paru.

Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui

Cengkeh juga merupakan salah satu bumbu dapur yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa mereka juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Salah satu cara membuat ramuan cengkeh adalah hanya cukup merebusnya saja. Namun, akan lebih baik lagi jika kamu menambahkan tanaman obat lain, seperti daun serai atau jahe.

Agar bisa lebih paham, berikut ini kami sajikan beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan jika mengkonsumsi olahan cengkeh, antara lain:

1.     Mencegah Kanker

Manfaat air rebusan cengkeh yang pertama adalah mampu mencegah kanker. Ini dikarenakan, air cengkeh mengandung antioksidan eugenol yang bekerja untuk menangkal radikal bebas pada tubuh.

Pastinya manfaat ini jauh lebih berharga jika dibandingkan dengan harga cengkeh yang sangat terjangkau.

Selain itu, ada pula kandungan vitamin C yang mampu menetralisir tubuh. Penggunaannya hanya cukup satu sendok cengkeh, kemudian air rebusannya dikonsumsi setiap hari.

2.     Meredakan Maag

Menurut suatu penelitian, minyak cengkeh bisa membantu meningkatkan produksi lendir yang mampu mencegah erosi akibat cairan asam lambung. Terlebih jika kamu mengkonsumsinya bersama jahe sebagai ramuan ajaib.

Perlu diketahui bahwa jahe mempunyai kandungan fenolik yang mampu meredakan asam lambung. Oleh karena itu, kandungan anti-inflamasi pada jahe juga sangat bagus jika dipadukan dengan cengkeh.

Manfaat ini menjadikan harga cengkeh tidak dirasa terlalu berat karena kesehatan adalah yang paling utama.

3.     Ejakulasi Dini

Kemudian ada pula khasiat cengkeh untuk pria, yaitu mengatasi masalah ejakulasi dini. Kandungan eugenol pada cengkeh akan membantu meningkatkan stamina jika dikonsumsi dalam dosis tertentu secara rutin.

Penggunaannya hanya perlu merebus cengkeh tidak lebih dari dua menit agar kandungan didalamnya tidak hilang.

Harga Cengkeh di Berbagai Daerah

Tidak ada salahnya jika kamu memeriksa harga barang terlebih dahulu sebelum membelinya. Hal ini juga berlaku untuk cengkeh agar bisa mendapatkan harga terbaik dengan produk berkualitas.

Oleh karenanya, berikut sudah kami rangkumkan harga rempah cengkeh di berbagai daerah atau produsen yang bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi, yaitu:

1.     Harga Rempah Cengkeh Kering dan Basah di Jakarta

Jakarta adalah salah satu kota yang mempunyai banyak penduduk sehingga kebutuhan yang diperlukan juga semakin meningkat. Salah satu kebutuhan tersebut adalah rempah cengkeh sebagai obat atau bahan masakan.

Cengkeh di Jakarta dijual dengan harga kurang lebih sekitar Rp 95.000 per kg untuk cengkeh kering dan Rp 35.000 per kg untuk yang masih basah. Prediksi harga cengkeh ini akan terus naik jika persediaan dari petani semakin berkurang.

2.     Harga Rempah Obat Cengkeh di Bandung

Selain Jakarta, ternyata ada banyak masyarakat Bandung yang juga gemar mengkonsumsi cengkeh, baik itu sebagai minuman, obat tradisional, atau masakan.

Kabar baiknya, harga rempah cengkeh di Bandung sedikit lebih murah dibandingkan dengan harga di Jakarta yaitu sekitar Rp 94.500 untuk cengkeh kering.

3.     Harga Rempah Cengkeh di Sentra Semarang

Terdapat beberapa sentra penghasil cengkeh dari berbagai produsen di Semarang yang membanderol harga sekitar Rp 92.000 per kg untuk cengkeh kering dengan kualitas terbaik.

Harga cengkeh ini jauh lebih baik dibandingkan beberapa tahun silam yang sempat anjlok. Namun, sesuai hukum pasar harga bahwa jenis cengkeh kering dan basah tentu tetap akan terus berubah seiring berjalannya waktu.

Sementara untuk cengkeh basah di daerah Semarang dijual dengan harga berkisar antara Rp 28.000 hingga Rp 35.000 per kg.

4.     Harga Rempah Cengkeh Bumbu Masakan di Lampung

Sudah dijelaskan jika rempah wangi yang satu ini mempunyai banyak kegunaan, baik untuk dijadikan bumbu masakan maupun manfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Jika kamu warga Lampung dan kebetulan ingin membeli cengkeh, maka perlu menyiapkan uang sebesar Rp 32.000 untuk membeli 1 kg cengkeh basah, sedangkan harga rempah cengkeh kering adalah sekitar Rp 90.000 per kg.

5.     Harga Rempah Cengkeh di Kota Denpasar

Kota Denpasar berada di Pulau Bali dan menjadi salah satu destinasi wisata yang paling banyak diminati tidak hanya masyarakat Indonesia, tetapi juga mancanegara.

Jika kamu adalah warga Bali dan sedang mencari informasi mengenai harga cengkeh di pulau ini, maka harus menyiapkan uang sebesar 95.000 untuk membawa pulang cengkeh kering satu kg.

6.     Harga Rempah Cengkeh di Kota Balikpapan

Perlu dipahami bahwa harga rempah cengkeh tentunya berbeda antara cengkeh basah dan cengkeh kering. Harga jenis cengkeh kering di Balikpapan adalah sekitar Rp 93.000 dan cengkeh basah dijual seharga Rp 35.000 per kg.

7.     Harga Rempah Cengkeh di Kota Samarinda

Selanjutnya adalah Kota Samarinda yang menawarkan harga cengkeh basah sebesar Rp 33.000 per kg, sedangkan cengkeh keringnya adalah Rp 92.000 per kg.

8.     Harga Rempah Cengkeh di Jawa Timur

Wilayah provinsi Jawa Timur menjual cengkeh kering seharga Rp 90.000 per kg, sedangkan untuk cengkeh basahnya adalah Rp 33.000 per kg.

9.     Harga Rempah Cengkeh di Kota Makassar

Daerah Makassar memberikan harga rempah ini cukup murah, yaitu cengkeh kering sekitar Rp 93.000 dan cengkeh basah Rp 33.000 per kg.

10.  Harga Rempah Cengkeh di Kota Manado

Terakhir adalah Kota Manado yang menawarkan harga rempah wangi ini sebesar Rp 94.000 per kg cengkeh kering dan Rp 32.000 per kg untuk cengkeh basahnya.

Daftar Harga Cengkeh Tingkat Produsen Nasional

Poin sebelumnya sudah menjelaskan tentang berapa harga rempah kecil ini di berbagai daerah di Indonesia. Namun, agar lebih ringkas dan mudah di pahami, berikut kami rangkumkan daftar harga berupa tabel.

Asal Produsen Harga Cengkeh/Kg
Cengkeh Kering 1 kg di Kab. Lampung Utara  IDR  88.933
Cengkeh Kering 1 kg di Kab. Bengkayang  IDR  22.568
Cengkeh Kering 1 kg di Kab. Bulukumba  IDR 100.000
Cengkeh Kering 1 kg di Kab. Jeneponto  IDR  90.000
Cengkeh Kering 1 kg di Kab. Enrekang  IDR 100.000
Cengkeh Kering 1 kg di Kab. Lombok Timur  IDR 120.000
Cengkeh Kering 1 kg di Kab. Bima  IDR 173.077
Cengkeh Kering 1 kg di Kab. Trenggalek  IDR 100.333
Cengkeh Kering 1 kg di Kab. Malang  IDR  97.850
Cengkeh Kering 1 kg di Kab. Klaten  IDR 112.500
Cengkeh Kering 1 kg di Kab. Wonogiri  IDR  72.714
Cengkeh Kering 1 kg di Kab. Cianjur  IDR 100.000
Cengkeh Kering 1 kg di Kab. Garut  IDR  95.000
Cengkeh Kering 1 kg di Kab. Kuningan  IDR 100.000
Cengkeh Kering 1 kg di Kota Tasikmalaya  IDR 101.000
Cengkeh Kering 1 kg di Kab. Kerinci  IDR  90.000
Cengkeh Kering 1 kg di Kota Sabang  IDR  95.000

Banyak sekali manfaat cengkeh yang bisa kamu dapatkan untuk kesehatan tubuh jika mengkonsumsinya dalam dosis tertentu dan secara rutin.

Namun, sebelum memutuskan untuk membeli, sebaiknya periksa harga cengkeh terlebih dahulu agar bisa bersiap diri.