harga ikan discus termahal

Daftar Harga Ikan Discus Termahal Berdasarkan Jenisnya

Pembahasan di bawah ini akan menyajikan daftar harga ikan discus termahal yang bisa kamu jadikan sebagai bahasa referensi.

Ikan discus sendiri merupakan salah satu jenis ikan hias yang jarang sekali terlihat ditemui di Indonesia. Pasalnya habitat ikan ini berasal dari Brazil, sehingga harga mereka dibanderol sedikit lebih mahal.

Jika penasaran dengan informasi lebih lanjut beserta daftar harganya, kamu bisa langsung membaca pemaparan ini dari awal hingga akhir!

Sekilas Informasi Tentang Ikan Discus

Ikan discus adalah salah satu ikan yang berasal dari lembah sungai Amazon di Amerika Selatan. Mereka menjadi salah satu ikan hias yang paling cantik dan banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan penghias akuarium.

Budidayanya di Asia bisa dikatakan cukup besar dan berhasil. Satwa ini termasuk ke dalam genus Symphysodon yang pada dasarnya terdiri dari tiga spesies, yaitu Heckel Discus, Green Discus, dan Blue and Brown Discus.

Selain spesies alami tersebut, adapun berbagai jenis ikan discus buatan yang dihasilkan dengan melalui perkembangbiakan selektif serta mutasi alami.

Dikarenakan dari luar negeri, harga ikan discus termahal menjadi cukup normal. Mereka jauh lebih mahal dibandingkan ikan lokal karena harus impor dari Brazil dan melalui tahap penyesuaian lingkungan serta proses lain yang begitu panjang.

Meskipun rata-rata ikan discus ditawarkan dengan harga tinggi, akan tetapi tidak jarang pula ada produsen yang menjual ikan discus dengan harga cukup murah. Biasanya harga ini didapatkan dari petani budidaya yang ada di dalam negeri.

Jenis-jenis Ikan Discus Paling Terkenal

Jika kamu mulai tertarik dengan kecantikan ikan discus, poin ini akan menjelaskan beberapa jenis yang paling banyak ditemui dan populer sebagai penghias akuarium di rumah atau tempat kerja.

Kamu bisa memilih harga ikan discus termahal setelah memahami apa saja keistimewaan yang mereka miliki. Oleh karenanya, berikut ini adalah ulasan mengenai jenis ikan discus, antara lain:

1.     Ikan Discus Blue Diamond

Sudah disinggung sebelumnya bahwa ikan discus terkenal akan kecantikannya yang berasal dari pigmen warna unik dan eksotik. Adapun salah satu jenis mereka yang digemari oleh masyarakat adalah blue diamond.

Pasalnya warna biru pada tubuh ikan jenis ini jika berada dalam keadaan gelap, maka akan menyala seperti lampu. Hal inilah yang mendasari mengapa jenis blue diamond mempunyai harga ikan discus termahal.

Jika dilihat lebih dekat secara seksama, jenis ikan discus blue diamond ini warna tubuhnya lebih menyerupai telur bebek.

2.     Ikan Discus Gold Yellow

Selanjutnya adalah gold yellow yang mempunyai keunikan berupa pigmen warna kuning keemasan menyerupai warna dari emas.

Selain itu, pada bagian tubuh tertentu, seperti sirip didominasi dengan kombinasi warna lain, yaitu hitam, merah dan putih. Hal inilah yang menjadikan jenis gold yellow memiliki harga ikan discus termahal dan sangat laris di pasaran.

Harga Ikan Discus Berdasarkan Beberapa Faktor

Jika ditelusuri lebih lanjut, ternyata jenis ikan discus sangatlah banyak dan beragam. Selain itu, warna khas yang dimiliki ikan ini sangat cantik dan eksotis, sehingga ada banyak masyarakat yang memilih ikan discus untuk dipelihara.

Salah satu daerah yang mempunyai banyak produsen ikan hias discus adalah Bandung. ini menyebabkan harga ikan discus di Bandung dibanderol dengan harga yang lebih murah dibandingkan daerah lain.

Guna mengetahui berapa harga ikan discus termahal, kamu perlu membaca pembahasan pada poin ini yang akan menjelaskan tentang harga dari masing-masing faktor berbeda, harga tersebut di antaranya:

1.     Harga Ikan Discus di Pasar

Pasar adalah salah satu satu tempat strategis untuk menjual berbagai barang dan layanan yang dibutuhkan para konsumen. Penjualan ikan hias berjenis discus ini juga banyak ditawarkan di pasar, baik itu tradisional maupun modern.

Salah satu pasar yang menawarkan ikan discus adalah Pasar Jatinegara. Ikan discus di pasar ini dibanderol dengan harga yang hampir sama, yaitu berkisar antara Rp 250.000 sampai Rp 300.000 lebih per ekornya.

Selain pasar Jatinegara, kamu juga bisa menemukan harga ikan discus termahal di Pasar Parung. Bagi penduduk yang tinggal di daerah Parung dan sekitarnya menjadikan pasar ini sebagai salah satu pilihan yang cocok untuk membeli ikan hias.

Harga ikan discus yang ditawarkan di pasar ini dimulai dengan kisaran harga Rp 200.000 sampai Rp 300.000. Harga yang diberikan memang sedikit lebih murah dibandingkan harga di Pasar Jatinegara.

2.     Harga Ikan Discus di Luar Indonesia

Peminat ikan hias tidak hanya berasal dari Indonesia saja, akan tetapi juga beberapa negara lain yang juga sangat menggemari ikan discus sebagai salah satu hewan peliharaan eksotis.

Salah satu negara yang dimaksud adalah Malaysia. Seperti yang sudah diketahui bahwa kurs mata uang Malaysia mempunyai nilai yang sedikit lebih besar dibandingkan nilai mata uang Indonesia jika diubah ke dalam bentuk dollar.

Ini menjadikan harga ikan discus termahal berada di Malaysia. Sama halnya dengan Indonesia, negara Malaysia juga mendapatkan ikan hias jenis discus ini melalui impor dari Brazil.

Kondisi inilah yang menyebabkan harga ikan discus Malaysia lebih mahal dibandingkan dengan ikan hias yang berasal dari petani lokal negara itu sendiri.

Salah satu alasan mengapa masyarakat Malaysia menyukai jenis ikan hias discus adalah mereka mempunyai pigmen warna yang cerah dan terang, sehingga jika diletakkan di akuarium akan menjadi sangat cantik dan indah.

3.     Harga Ikan Discus Anakan

Selain ikan berukuran cukup besar, biasanya konsumen juga menyukai ikan hias yang masih anakan karena bisa tumbuh lebih besar dalam pemeliharaannya.

Ini juga dikarenakan ikan yang berukuran cukup besar mempunyai harga ikan discus termahal dibandingkan ikan anakan.

Harga ikan discus anakan sendiri dibanderol sebesar Rp 50.000 saja untuk setiap ekornya. Oleh sebab itu, konsumen lebih berminat untuk membeli jenis ikan hias yang anakan karena bisa jauh menguntungkan jika dijual kembali.

Daftar Harga Ikan Discus Termahal

Agar lebih mudah untuk dipahami, kamu bisa menyimak pembahasan pada poin ini mengenai daftar harga ikan discus yang sudah dirangkum berdasarkan beberapa sumber.

Kamu juga bisa menjadikan daftar harga ini sebagai bahan pertimbangan apakah perlu membeli ikan discus atau tidak hingga menyiapkan berapa banyak biaya yang perlu untuk dikeluarkan.

Berikut ini adalah ulasan mengenai daftar harga ikan cantik discus yang berasal dari Brazil, yaitu:

Jenis Ikan Discus termahal Harga/kg
Ikan Discus Red Melon 250gr  IDR 75.000
Ikan Discus Pigeon 500gr  IDR 80.000
Ikan Discus Blue Diamond 20gr  IDR 80.000
Ikan Discus Blue Diamond 4 300gr  IDR 700.000
Ikan Discus Gold Yellow Dewasa  IDR 285.000
Ikan Discus Marlboro Red Dewasa  IDR 280.000
Ikan Discus Angle Blue Diamond Dewasa  IDR 320.000

Seperti yang sudah kamu ketahui pada pembahasan di atas bahwa ikan discus adalah salah satu jenis ikan hias dengan banyaknya peminat karena mereka mempunyai warna tubuh cantik dan eksotis.

Adapun beberapa jenis yang bisa kamu pilih untuk menghiasi akuarium di rumah atau kantor, yaitu blue diamond dan gold yellow. Pilihan ini bisa dibedakan lagi dengan apakah ingin membeli anakan atau yang sudah cukup dewasa.

Kedua faktor tersebut yang menjadi penentu apakah akan mendapatkan ikan murah atau bahkan harga ikan discus termahal.