harga serai

Melonjak Tinggi, Kenaikan Harga Serai di Pasaran

Kenaikan harga serai saat ini sangat menguntungkan bagi petani serai. Dengan menjualnya di pasar tentu kamu akan mendapatkan keuntungan yang sangat besar.

Selain untuk keperluan bisnis serai ini memiliki kemanfaatan lain jika dikonsumsi. Untuk mengetahui manfaat dan harganya di pasaran, simak dengan baik ulasan di bawah ini!

Penggunaan Serai di Indonesia yang Sangat Tinggi

Seperti yang telah diketahui, serai merupakan bahan rempah yang sangat kaya akan nutrisi. Penggunaan serai di Indonesia juga sangat tinggi mengingat manfaatnya yang juga beragam.

Serai ini biasanya dijual dalam bentuk ikatan ataupun kiloan. Harga dari ukuran 1 kilo serai ini juga tidak terlalu mahal. Namun jika sekiranya ukuran satu kilo ini terlalu banyak, kamu bisa membelinya dalam jumlah 1 ikat kecil.

Penggunaan serai sangat beragam. Biasanya serai akan dipasok ke rumah makan untuk keperluan bumbu masakan atau juga dijual di pasaran untuk dibeli masyarakat umum sebagai bahan masakan atau untuk keperluan kesehatan.

Dengan harga serai yang tidak mahal ini, tentu membuat masyarakat Indonesia tidak ragu untuk membeli baik dalam jumlah kecil maupun besar. Kamu bisa membeli di toko sayur terdekat atau langsung pergi ke pasar tradisional.

Manfaat Rempah Serai untuk Kesehatan Tubuh

Dengan kamu membeli serai di pasaran dengan harga serai yang murah, kamu akan mendapat beberapa manfaat dari rempah ini bagi kesehatan. Beberapa manfaat yang bisa diambil yakni:

  1. Fungsi untuk Detoks

Dengan beragam makanan yang dikonsumsi sehari-hari, tentu ini akan menyebabkan segala zat masuk ke tubuh baik zat yang bermanfaat maupun zat yang dapat mengganggu kesehatan tubuh seperti racun dan zat berbahaya lainnya.

Selain itu, dari makanan ringan mengandung zat kimia berbahaya yang kita makan tentu ini akan berbahaya bagi tubuh. Untuk menjaga kesehatan tubuh dari gangguan zat-zat berbahaya ini kamu bisa menggunakan teh serai.

Pasalnya, serai dipercaya memiliki manfaat dapat mengurangi kadar racun dalam tubuh.

  1. Sebagai Antioksidan

Salah satu penyakit yang sangat berbahaya bagi manusia ialah kanker. Kanker merupakan salah satu penyakit yang mematikan dan sangat mengancam eksistensi manusia dengan keganasannya.

Dengan mengonsumsi rempah serai ternyata dapat mengurangi resiko penyakit kanker. Telebih khusus pada kanker jenis kanker kulit dan kanker payudara. Pasalnya, serai memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi.

Jangan ragu untuk membeli serai karena harga serai yang sangat murah dan memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan.

  1. Mengobati Insomnia

Insomnia merupakan salah satu penyakit yang sangat mengganggu bagi kesehatan fisik dan mental penderitanya. Penyakit ini akan membuat orang yang menderita mengalami susah tidur. Ini juga akan berpengaruh pada tingkat stress penderitanya.

Hal ini karena penyakit insomnia ini mengangkat otot-otot tubuh sehingga penderitanya tidak bisa relax dan mengistirahatkan tubuhnya. Sebenarnya banyak sekali obat yang digunakan untuk mengobati penyakit ini.

Salah satu obat alami yang bisa dikonsumsi untuk mengobati penyakit insomnia adalah serai. Kamu bisa mengolah serai menjadi teh untuk kemudian rutin dikonsumsi setiap pagi dan malam.

Dengan meminumnya secara rutin, penyakit insomnia yang kamu derita akan perlahan sembuh dengan sendirinya. Masalah harga jangan khawatir, harga serai ini sangat murah sehingga kamu bisa membeli dalam jumlah banyak.

  1. Mengendalikan Diabetes

Salah satu penyakit yang bisa dicegah dengan serai adalah diabetes. Diabetes merupakan penyakit yang bisa dibilang sangat berbahaya bagi orang yang menderitanya.

Penyakit diabetes ini disebabkan oleh kadar glukosa dalam darah yang terlalu tinggi. Dengan mengetahui penyebab dari penyakit diabetes ini akan membuat kamu berhati-hati dalam mengontrol makan yang masuk ke tubuhmu.

Kamu bisa menggunakan serai dengan mengolahnya menjadi teh serai untuk mengontrol kadar gula atau glukosa dalam darah. Minumlah secukupnya untuk menjaga tubuh tetap sehat.

  1. Sebagi Anti Infeksi

Berdasarkan hasil beberapa penelitian yang telah diuji. Rempah berupa serai ini ternyata memiliki fungsi sebagai agen antimikroba, antipathogen dan anti jamur yang menyebabkan infeksi luka.

Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa merebus serai dan mengoleskannya pada luka untuk mencegah pertumbuhan dan perkembangan bakteri. Pilih serai dengan jenis serai wangi yang harganya sangat terjangkau.

  1. Obat Alami Anti Demam

Manfaat lain yang bisa diambil dari serai ini ialah sebagai obat alami anti demam. Penyakit demam dapat disebabkan oleh banyak hal yang salah satunya ialah karena masuk angin.

Saat dalam kondisi demam, seseorang disarankan untuk memakai pakaian tebal supaya tubuhnya cepat mengeluarkan keringat yang banyak. Selain dengan memakai pakaian yang tebal kamu bisa melakukan cara lain.

Mengonsumsi teh serai dalam kondisi hangat akan sangat membantu bagi kamu yang sedang merasakan demam agar keringat dapat keluar dengan cepat. Untuk mendapatkannya kamu bisa membeli serai untuk diolah menjadi teh serai.

Untuk harga serai sendiri sangat terjangkau, kamu hanya perlu menyiapkan uang yang tidak lebih dari Rp. 10.000 untuk mendapatkan satu ikat serai di pasaran.

  1. Mengurangi Lemak yang Ada dalam Tubuh

Lemak merupakan salah satu elemen yang penting bagi tubuh manusia. Namun, kebanyakan kadar lemak pada tubuh justru akan membuat seseorang mengalami obesitas dan berisiko timbulnya kanker penyakit jantung.

Mengonsumsi rempah serai menjadi salah satu upaya yang bisa kamu lakukan untuk membakar lemak berlebih pada tubuh. Kamu bisa membeli serai dengan harga serai yang murah untuk mendapatkan manfaatnya.

Cara Memasak Teh Serai untuk Mendapatkan Manfaatnya

Untuk mendapatkan manfaat dari rempah serai yang telah kamu beli dengan harga serai murah ini, ada beberapa langkah yang perlu kamu tahu dan ikuti.

Salah satunya yakni dengan membuat teh serai. Langkah-langkah untuk membuat teh serai yakni sebagai berikut:

  1. Siapkan beberapa ruas serai
  2. Bersihkan lapisan kulit terluar dari serai yang masih kotor karena bagian ini menyebabkan teh serai terasa pahit
  3. Cuci bersih serai pada air mengalir
  4. Siapkan panci berisi air untuk kemudian direbus pada panci
  5. Masukkan serai yang telah dicuci bersih kedalam rebusan air mendidih
  6. Tunggu 10 menit untuk mendapatkan hasil yang maksimal
  7. Masukkan gula atau madu untuk menambah rasa manis pada teh serai
  8. Jika sudah, saring serainya dan pisahkan air rebusan serai dalam gelas
  9. Sajikan selagi hangat untuk mendapatkan rasa teh serai yang nikmat

Ternyata sangat sederhana dan mudah bukan? Lakukan tahapan di atas tanpa ada satupun langkah yang terlewat.

Daftar Kenaikan Harga Serai di Pasaran

Daftar kenaikan harga dari serai ini sangat beragam, harga ini dipatok sesuai dengan jenis dan ukurannya. Berikut merupakan tabel harga dan jenis serai agar kamu lebih mudah untuk memahaminya.

Jenis Produk Serai Harga Serai
Minyak Serai 1000 ml Rp. 270.000.-
Bibit Serai Wangi Rp. 25.000.-
Serai Dapur (bumbu) 1 kg Rp. 3.500.-
Daun Serai Wangi 1 kg Rp. 1.000.-

 

Harga di atas tidak selamanya paten. Kenaikan dan penurunan harga akan sangat mungkin terjadi di pasaran. Untuk itu kamu perlu memantau terus mengenai naik turunnya harga jual rempah serai ini.

Setelah mengetahui manfaat yang begitu besar bagi kesehatan, pastikan untuk kamu membuat teh serai untuk mendapatkan manfaatnya. Belilah di pasar dengan harga serai yang murah.