harga ikan jelawat

Tips Mendapatkan Harga Ikan Jelawat Termurah

Dengan kepopuleran ikan jelawat sebagai menu makanan lezat menjadikan harga ikan jelawat ini juga melambung tinggi di pasaran. Meski dianggap cukup mahal, ikan jenis ini masih sangat laku dan banyak dicari.

Lalu bagaimana dengan kamu? Apakah sebelumnya sudah pernah melihat atau bahkan mencicipi masakan dari bahan olahan ikan jelawat ini?

Ikan Jelawat Khas Kuliner Pulau Kalimantan

Ikan jelawat merupakan salah satu jenis ikan yang berasal dari daerah semenanjung malaya dan pulau kalimantan. Ikan ini mengisi perairan danau pulau kalimantan dan memberi keuntungan bagi para nelayan sekitar.

Ikan jelawat ini juga merupakan ikan khas dari daerah tersebut dan menjadi bahan olahan makanan sedap yang bisa dikonsumsi masyarakat adat suku dayak, melayu maupun suku lainnya yang berada di wilayah tersebut.

Ciri dari ikan jelawat sebenarnya mirip dengan ciri ikan tongis atau hampala. Meski disebut cukup mirip, ikan jelawat memiliki ukuran yang lebih kecil.

Ikan jelawat menjadi menu makanan khas kalimantan, tentu bagi kamu yang bukan masyarakat dari daerah tersebut tetap bisa mencicipi kelezatannya.

Pasalnya, ikan jelawat kini sudah sangat populer dan banyak di jual di pasaran dengan harga ikan jelawat yang sedikit mahal. Sehingga, kamu perlu menyiapkan uang yang cukup sebelum membelinya di pasar atau toko ikan segar.

Berikut Cara Mendapatkan Ikan Jelawat

Selain dengan cara membeli, tentu cara lain yang bisa digunakan untuk mendapatkan ikan jelawat yakni dengan mencarinya sendiri di danau. Tapi bukan sembarangan, mencari ikan jelawat ternyata tidak semudah mencari ikan lainnya.

Jika mendapatkan jumlah yang besar, kamu bisa menjualnya dengan harga ikan jelawat yang tinggi. Ini akan sangat efektif sehingga kamu bisa mendapatkan jumlah tangkapan ikan jelawat hingga 0.5 kilo sampai 2 kilo setiap sekali kepungan.

Sebenarnya, cara mendapatkan ikan ini cukup sulit. Alasannya, ikan ini tidak bisa didapatkan hanya dengan cara memancing. Tapi jangan khawatir, kamu bisa memasang jerat seperti pukat, jaring ikan, bubu atau selambau.

Saat musim kemarau, debit air danau yang menjadi habitat dari ikan jelawat ini berkurang. Tentu ini bisa kamu manfaatkan menjadi momen yang tepat untuk mencari ikan jelawat dengan menggunakan metode jaring pukat kepung.

Kamu hanya perlu mencari kerangka pohon atau ranting pohon yang ada di sekitar danau lalu pasangkan pukat dengan mengelilinginya. Jika sudah terpasang, kamu bisa mengobok-obok air agar ikan keluar dari persembunyiannya.

Harga Ikan Jelawat di Pasaran

Ikan jelawat kini bukan hanya diminati oleh masyarakat kalimantan atau seluruh masyarakat Indonesia saja. Ternyata, ikan jelawat ini juga sangat populer di masyarakat Malaysia.

Jarak perbatasan negara Malaysia dan Indonesia pada bagian wilayah pulau kalimantan memang sangat dekat. Hal ini menjadikan terdapat sedikit kesamaan dalam berbagai hal termasuk kulinernya.

Pada wilayah Pahang Malaysia ternyata ikan jelawat juga merupakan ikan yang banyak dicari dan diminati sebagai bahan olahan kuliner. Pencarian harga oleh masyarakat Malaysia maupun Indonesia atas jenis ikan jelawat juga sangat tinggi. Berikut merupakan tabel daftar harga ikan jelawat yang ada di pasaran.

Jenis Ikan Wilayah Harga
Ikan jelawat Perairan Indonesia Rp. 35.000 s/d Rp. 40.000
Ikan jelawat Sungai Pahang Malaysia RM. 10 s/d RM. 12

 

Harga di atas merupakan harga kisaran saja. Namun, harga dari ikan jelawat di Malaysia tidak dapat diprediksi dengan pasti. Tetapi dengan mengacu harga kiloan di Indonesia, hasil konversi nilai dapat dikira-kirakan seperti tabel di atas.

Harga tersebut merupakan harga untuk wilayah lokasi setempat. Untuk pengiriman ikan jelawat ke luar provinsi tentu harganya juga akan berbeda.

Rekomendasi Menu Olahan Ikan Jelawat

Ikan jelawat memang terkenal sangat segar, dan gemuk. Selain itu, kadar lemak dari ikan jelawat ini sangat rendah sehingga banyak orang tidak takut menjadikan olahan ikan jelawat ini sebagai menu kuliner favorit meski harga ikan jelawat cukup mahal.

Meskipun sangat lezat dan gemuk, ikan ini memiliki tulang yang sangat halus, sehingga orang yang memakannya harus hati-hati terutama anak-anak. Jika kamu ingin mencicipi kelezatan ikan jelawat kamu bisa mengolahnya sendiri di rumah.

Berikut ini beberapa rekomendasi olahan makanan dengan bahan ikan jelawat sebagi menu utama.

  1. Gulai Ikan Jelawat

Siapa yang tidak mengenal jenis masakan gulai? Sepertinya semua orang Indonesia tahu dan pernah merasakan menu masakan gulai.

Pasalnya, gulai merupakan menu khas Indonesia yang banyak ditemui dengan olahan daging kambing. Meski terkenal dengan kambing sebagai bintang utama dari jenis menu ini, ternyata ikan jelawat juga sangat cocok dimasak dengan resep gulai.

Kamu bisa mulai memasak gulai dengan bahan olahan ikan jelawat yang telah kamu beli dengan harga ikan jelawat yang cukup mahal di pasaran

Menu gulai ikan jelawat ini bisa kamu hidangkan untuk makan bersama keluarga dengan meriah dan menjadi menu masakan lezat yang tidak bisa dilupakan kelezatan rasanya.

  1. Ikan Jelawat Goreng

Selain dimasak dengan resep gulai yang sangat lezat, kamu bisa memasakan ikan jelawat ini dengan menu ikan jelawat goreng.

Meski hanya digoreng, masalah rasa jangan diragukan! Dengan rasa gurih asli dari daging ikan jelawat ini akan menghasilkan kelezatan dan rasa gurih yang murni dan khas.

Bahkan jika hanya diberi bumbu bawang dan sedikit garam, ikan ini sudah sangat cocok untuk dijadikan lauk makan siang dengan dilumuri sambal.

Dengan harga ikan jelawat yang cukup mahal, tentu kelezatan rasanya akan sebanding dengan uang yang kamu keluarkan.

  1. Ikan Jelawat Asap

Ikan jelawat asap menjadi salah satu jenis menu olahan yang sangat direkomendasikan. Tidak diragukan lagi, olahan segala jenis ikan asap memang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia termasuk ikan asap jelawat.

Untuk mengolahnya kamu bisa menggunakan bahan ikan jelawat asap yang sudah matang dan dijual dipasaran atau memilih untuk memasaknya sendiri dari bahan ikan jelawat segar.

Harga ikan jelawat asap ini juga sedikit mahal. Jika kamu ingin mendapatkan harga dengan selisih sedikit lebih murah, kamu bisa membeli ikan yang masih mentah untuk diolah sendiri di rumah.

Jangan lupa menyiapkan sambal yang pedas dan gurih beserta lalapan sebagai teman untuk ikan jelawat asap ini.

  1. Ikan Jelawat Kuah Tempoyak

Tempoyak merupakan durian yang difermentasi. Meski jarang sekali didengar, ternyata tempoyak bisa digunakan sebagai bahan campuran untuk olahan ikan jelawat. Tentu, menu ini sangat lezat sesuai dengan harga ikan jelawat yang tinggi.

Untuk memasaknya, kamu bisa campurkan tempoyak ini ke dalam masakan kuah ikan jelawat. Tapi sebelum itu, siapkan bumbu halus sesuai resep ikan jelawat kuah tempoyak.

Jika kamu belum mengetahui resepnya, kamu bisa mencari berbagai resep olahan ikan jelawat kuah tempoyak di internet. Tentu rasa dari menu makanan unik ini akan sangat lezat bukan?

Perpaduan antara rasa gurih dari ikan jelawat, kuah penuh rempah dan rasa tempoyak yang sangat kuat ini akan berbaur menjadi satu kelezatan yang luar biasa.

Namun jika kamu ragu untuk memasaknya sendiri di rumah, kamu bisa membeli di rumah makan atau warung yang menyediakan olahan ini sebagi pilihan menunya.

Ikan jelawat yang merupakan ikan khas dari pulau kalimantan memiliki rasa yang lezat. Dengan harga ikan jelawat yang cukup mahal ini, kamu perlu menyiapkan uang yang cukup untuk bisa mencicipinya.