harga ikan lele per kg

Harga Ikan Lele Per Kg, Lauk Kaya Gizi dan Lezat

Tentu sangat menyenangkan mengetahui harga ikan lele per kg tergolong murah. Ikan memang menjadi kebutuhan konsumsi masyarakat yang sarat gizi. Walau dikenal mahal, lele menjadi opsi untuk pemilihan konsumsi ikan yang lebih ekonomis.

Harga ikan lele memang tergolong murah karena memang mudah berkembang biak. Walau demikian, protein dan berbagai kandungan gizi lainnya bisa kamu peroleh. Lebih lengkapnya tentang harga ikan lele per kg, akan diulas lebih lanjut berikut ini.

Sekilas Tentang Ikan Lele, Kaya Lezat dan Kaya Manfaat

Hampir semua orang Indonesia pasti familiar dengan ikan lele. Ikan yang oleh orang barat disebut catfish ini memang terkenal akan rasa dagingnya yang gurih. Selain itu, duri yang dimilikinya tidak terlalu kecil-kecil sehingga aman dikonsumsi.

Ikan lele memang memiliki kumis sebagai ciri khas utamanya, sehingga oleh orang Barat disebut catfish. Ciri lainnya adalah tidak memiliki sisik, tetapi berkulit licin. Kulit licinnya ini sangat berguna sebagai bentuk adaptasi di area berlumpur.

Selain itu, ikan dengan nama latin Clarias ini juga memiliki sumber gizi tinggi. Bayangkan, di dalam satu ekor ikan lele kamu bisa memperoleh vitamin B12, fosfor, sampai protein. Selain itu, ada juga lemak baik yang bagus untuk membangun energi.

Banyak yang merasa tidak selera saat mengonsumsi lele karena dicap mengonsumsi kotoran manusia. Padahal, hal tersebut sudah sangat jarang ada, karena peternak lele semakin banyak.

Peternakan lele ini tentu memiliki mode yang lebih intens. Pakannya akan terjaga dengan baik seperti voer dan jenis pakan pabrikan lainnya. Jadi, tidak boleh selamanya khawatir akan keamanan mengonsumsi ikan lele ini.

Budidaya ikan satu ini tergolong prospektif, karena permintaan pasarnya tergolong tinggi. Tidak hanya permintaan pasar lokal, untuk keperluan ekspor, lele juga sangat dicari.

Baik dalam bentuk utuh hingga fillet, masyarakat sangat gemar mengonsumsinya. Olahan lele di Indonesia jenisnya juga seolah tidak terbatas. Daging ikan ini memang tergolong fleksibel untuk diolah.

Misalnya digoreng menjadi pecel lele, atau dicampur santan sehingga disebut mangut lele. Ada juga yang mengolahnya secara dibakar, dan berbagai macam jenis olahan lain yang tentu lezat.

Perbedaan Ikan Lele dari Berbagai Negara yang Harus Diketahui

Salah besar jika menganggap bahwa ikan lele hanya ada di Indonesia. Padahal, beberapa negara tetangga juga banyak yang membudidayakan ikan berkumis ini. jika kamu penasaran perbedaan lele dari berbagai negara, ini dia ulasannya.

  1. Indonesia

Ikan air tawar dari Indonesia memang jenisnya sangat beragam. Seperti halnya lele, salah satu varian ikan air tawar yang banyak dijumpai di Indonesia. Budidayanya tergolong masif, karena permintaan pasarnya tinggi.

Bahkan tidak sekadar memenuhi permintaan dalam negeri, ada juga peternak yang sampai mengimpornya. Ikan lele di Indonesia termasuk lauk yang murah meriah. Harga ikan lele per kg, hanya sekitar Rp20.000.

  1. Thailand

Siapa sangka ada juga lele yang diekspor ke Eropa dan Amerika berasal dari Thailand. Memang secara iklim, Thailand dengan Indonesia tidak banyak berbeda. Cara budidayanya juga tidak terlalu berbeda dengan yang dilakukan di Indonesia.

Umumnya, lele dari Thailand dibudidayakan di kolam khusus, salah satu contohnya di kolam tanah. Orang negara tersebut sendiri menyebut lele sebagai Plamond.  Sedangkan harga ikan lele per kg dari Thailand dibandrol Rp24.000.

  1. Filipina

Memang, mayoritas negara yang membudidayakan ikan lele ada di kawasan Asia Tenggara. Terlebih untuk ikan lele jenis konsumsi, kawasan Asia Tenggara adalah surganya.

Filipina merupakan salah satu negara penghasil ikan lele konsumsi. Selain itu, ada juga jenis lele albino, ikan hias akuarium yang sangat cantik. Ikan lele albino sebenarnya terlahir karena adanya mutasi genetik.

Akan tetapi, bentuk luarnya yang putih tentu menjadi keunikan tersendiri. Bahkan hitungan harga ikan lele per kg untuk jenis albino tidak berlaku. Justru harga yang ditetapkan per ekor, yang tentunya sangat mahal.

  1. Korea Selatan

Korea Selatan merupakan salah satu negara yang menyukai olahan ikan. Lele merupakan jenis ikan yang banyak dicari di kawasan ini. Walau iklimnya subtropis, tetapi budidaya lele masih bisa kamu jumpai.

Akan tetapi, kapasitas budidayanya tidak terlalu besar, karena faktor cuaca yang dingin. Untuk pemenuhan kebutuhan lele, Korea Selatan bahkan mengimpornya dari Indonesia.

Tidak heran, beberapa olahan khas Negeri Ginseng tersebut ada yang berbahan dasar lele. Walau harga ikan lele per kg di Korea mahal, hal ini tidak menyurutkan minat masyarakat sekitar.

Beberapa restoran khas Indonesia di Korea Selatan banyak yang menyediakan menu dari lele. Seperti misalnya lele goreng, pecel lele, dan sebagainya.

Daftar Harga Ikan Lele Per Kg Khusus Konsumsi

Ikan lele pada dasarnya bisa dibedakan ke dalam dua macam. Ada ikan lele khusus konsumsi, serta lele akuarium. Lele konsumsi umumnya dibudidayakan di kolam, dengan perawatan dan pakan yang terjamin.

Sedangkan khusus ikan lele hias, umumnya diletakkan di akuarium. Bentuk lele hias tentu lebih unik, mayoritas bahkan jenisnya albino. Untuk pembahasan kali ini akan mengulas harga ikan lele per kg, khusus jenis konsumsi.

Lokasi Penjualan Ikan Lele Eceran Harga Lele Per Kg (rata-rata)
Kab.Banyuasin  IDR     25.000
Kab.Berau  IDR     30.000
Kab.Jembrana  IDR     29.000
Kab.Kubu Raya  IDR     25.000
Kab.Limapuluhkota  IDR     20.000
Kab.Lombok Barat  IDR     24.000
Kab.Majalengka  IDR     21.000
Kab.Muna  IDR     22.000
Kab.Musi Banyuasin  IDR     23.000
Kab.Musi Rawas  IDR     23.000
Kab.Nganjuk  IDR     25.000
Kab.Ogan Ilir  IDR     22.000
Kab.Ogan Komering Ulu  IDR     23.000
Kab.Pangandaran  IDR    23.000
Kab.Pasaman  IDR    24.000
Kab.Penajam Paser Utara  IDR  25.000
Kab.Pesisir Selatan  IDR  26.000
Kab.Seram Bagian Barat  IDR  27.000
Kab.Situbondo  IDR  24.000
Kab.Timor Tengah Utara  IDR     60.000
Kota Lubuk Linggau  IDR     22.000
Kota Malang  IDR     21.200
Kota Pagar Alam  IDR     29.000
Kota Palembang  IDR     21.000
Kota Pangkal Pinang  IDR     24.621
Kota Probolinggo  IDR     20.000
Kota Sorong  IDR    27.000

 

Daftar Harga Ikan Lele Per Kg Jenis Hias

Ikan lele hias memang ada, bahkan peminatnya tidak kalah dengan lele konsumsi. Umumnya lele yang diletakkan di akuarium memiliki warna kulit albino. Ada juga yang berwarna lain seperti putih kekuningan.

Jika dibandingkan dengan harga ikan lele per kg untuk konsumsi, tentu lele hias lebih mahal. Bahkan untuk varian albino yang unik, harga per ekornya sampai Rp800.000. Tentu berkali-kali lipat dari lele konsumsi pada umumnya.

Harga lele hias yang sangat mahal ini sebenarnya juga bisa menjadi prospek usaha. Kamu dapat mencoba budidaya lele hias, sebagai prospek menarik. Tabel berikut merupakan harga ikan lele hias per ekornya.

Jenis Ikan Lele Hias Harga Ikan Lele Hias
Ikan Lele Hias Albino 1 Ekor  IDR                 800.000
Ikan Lele Hias Amazon Anakan 1 Ekor  IDR                    55.000
Ikan Lele Hias Leopard Anakan 1 Ekor  IDR                    25.000
Ikan Lele Hias Gulper  IDR                    400.000

 Walau masih banyak yang stereotip tentang daging lele, nyatanya peminat ikan satu ini masih sangat besar. Biasanya para peternak akan memberi pakan lele dengan kualitas optimal, sehingga tidak perlu diragukan.

Kamu dapat memilih ikan satu ini sebagai pilihan asupan protein setiap hari. Mulai dari digoreng, dibakar, atau diolah menjadi masakan lain. Harga ikan lele per kg ini sebenarnya bisa berubah, tergantung bagaimana harga dari peternak.