Berapa Harga Semangka Sekarang? Baca Dulu Uraian Berikut

Mengetahui harga semangka di pasaran saat ini tentu sangat bermanfaat bagi para konsumen yang ingin membelinya. Seperti halnya kamu yang ingin membeli buah semangka yang begitu segar saat dimakan di cuaca panas pada siang hari.

Kamu perlu mengetahui harganya terlebih dulu. Selanjutnya, kamu bisa menyesuaikan dengan budget keuangan yang dimiliki. Jika uangnya ada dan mencukupi, segera pergi ke pasar tradisional atau supermarket terdekat untuk membelinya.

Namun jika uangnya belum mencukupi, berarti membeli semangkanya perlu ditunda dulu hingga cukup. Pastinya harga semangka cukup terjangkau untuk semua orang yang ingin membelinya. Meskipun murah dan terjangkau, tetapi kamu perlu mengetahuinya.

Beragam Manfaat Semangka bagi Tubuh Manusia

Buah semangka menjadi salah satu yang difavoritkan banyak orang untuk dikonsumsi. Terutama di musim kemarau yang hampir tiap siang hari panas karena semangka banyak mengandung air.

Jadi, memang sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan air bagi tubuh manusia agar tidak mengalami gejala dehidrasi atau kekurangan cairan. Namun demikian, ternyata ada manfaat semangka lainnya yang perlu kamu ketahui. Berikut uraian selengkapnya.

1.    Mengandung Nutrisi Tinggi

Nutrisi di dalam semangka sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Misalnya, semangka mengandung kalori paling rendah sebanyak 46 kalori per 154 gram. Dengan harga semangka yang terjangkau serta rasanya segar, kamu masih bisa mengambil nutrisinya yang bagus.

Kalori tersebut dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan stamina kamu agar setiap hari selalu segar. Ditambah kesegaran buahnya yang mengandung banyak air menjadikan buah semangka laris manis di pasaran.

Jadi, kamu tidak perlu mengkonsumsi suplemen makanan atau obat-obatan yang mungkin mengandung bahan kimia berbahaya. Lebih baik memakan buah-buahan segar dan alami, seperti semangka yang mudah dan murah didapatkan.

2.    Meredakan Nyeri Otot

Manfaat semangka lainnya, yaitu mampu meredakan nyeri otot pada tubuh. Hal itu dikarenakan kandungan air di dalamnya yang banyak, sehingga efektif untuk menyegarkan tubuh orang yang mengkonsumsinya.

Kandungan air tersebut juga mampu meredakan rasa nyeri pada otot terutama setelah kamu berkegiatan fisik, seperti berolahraga atau pekerjaan fisik lainnya. Maka dari itu, direkomendasikan mengkonsumsi semangka untuk menjaga kesegaran tubuh.

3.    Mencegah Sel Kanker

Manfaat buah semangka yang satu ini tentu saja sangat menarik. Dari sebuah penelitian, diketahui bahwa semangka mengandung zat Likopen yang berfungsi mampu mengurangi resiko kanker.

Zat Likopen tersebut dapat menurunkan penyebab pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh manusia. Dimana kanker diidentikkan dengan peningkatan IGF yang tinggi. Sementara itu, mengkonsumsi semangka mampu menekan pertumbuhan IGK.

Jadi, kamu sekalian jangan pernah ragu untuk memakan buah semangka setiap hari dengan porsi normal. Selain rasanya manis dan menyegarkan, ternyata juga efektif mampu mencegah sel kanker yang sangat berbahaya.

4.    Mencegah Gejala Dehidrasi

Dehidrasi atau kekurangan cairan dapat dialami oleh semua orang tanpa terkecuali. Terutama mereka yang kurang mengkonsumsi air minum serta sering berkegiatan luar yang panas. Selain itu, beberapa penyakit juga bisa menjadi indikasi terkena dehidrasi, seperti diare.

Jika gejala dehidrasi tidak segera ditangani, maka sangat mungkin taruhannya nyawa menghilang. Oleh karena itu, kamu harus mencegah dehidrasi dengan berbagai cara. Salah satunya dengan mengkonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung air, seperti semangka.

Silahkan membelinya dengan harga semangka cukup terjangkau. Setelah itu, potong-potong buahnya dan makan bagian dalamnya yang berwarna merah atau kuning tersebut. Rasanya segar, manis, dan menyehatkan tubuh.

Resep Jus Semangka yang Segar dan Sehat

Kamu sekalian bisa membuat minuman jus segar dari bahan buah semangka. Silahkan beli dulu buahnya dengan harga semangka bersahabat. Setelah itu, kamu bisa mempraktekkan cara membuat jus semangka berikut.

Bahan-bahan

¼ buah semangka ukuran besar

2 sendok makan gula pasir

Susu cair vanila secukup

Es batu secukupnya

Setelah semua bahan tersebut disediakan lengkap, kamu bisa segera mempraktikkan cara membuat jus semangka sebagai berikut.

  1.     Silahkan kamu potong-potong dulu daging semangka berukuran sedang. Setelah itu, siapkan blender dan masukkan potongan semangka ke dalamnya. Selanjutnya, tambahkan gula pasir yang sudah disiapkan dan susu cair secukupnya.
  2.     Setelah itu, tutup dan nyalakan blender dan biarkan semua bahan di dalamnya cair serta bercampur menjadi satu. Kamu bisa mencicipi sedikit jusnya untuk mengoreksi rasanya. Jika rasanya sudah pas, siapkan gelas ukuran besar untuk plating.
  3.     Tuangkan jus semangka yang sudah jadi ke dalam gelas. Tambahkan pecahan es batu secukupnya. Akhirnya, jus semangka yang segar dan sehat siap diminum dengan cara membuatnya sangat mudah. Silahkan kamu coba membuatnya sendiri di rumah.

Selain dikonsumsi sendiri, kamu juga dapat menjual jus semangka tersebut untuk mendapatkan penghasilan uang tambahan. Sangat menarik, bukan?

Jenis Semangka yang Dijual di Pasaran

Ada beberapa jenis buah semangka yang dijual di pasaran saat ini. Kamu bisa memilihnya sendiri, lalu membelinya dengan harga semangka bersahabat. Masing-masing jenis tentu saja memiliki ciri khasnya tersendiri.

1.    Semangka Pasport

Jenis semangka yang satu ini cukup populer di pasaran. Warna daging buahnya kuning dan rasanya sangat manis saat sudah matang. Oleh karena itu, banyak orang menginginkannya untuk dibeli dan dinikmati buahnya yang segar tersebut.

Terutama Anda yang sedang melakukan program diet memang dianjurkan mengkonsumsinya dengan porsi tertentu. Adapun harga semangka pasport sekitar Rp 4.000 per kg.

2.    Semangka Kuning Berbiji

Ada juga jenis semangka kuning berbiji. Daging buahnya yang berwarna kuning memang sangat menggoda untuk ingin segera memakannya. Namun demikian, jangan lupa untuk mengambil dan menyisihkan bijinya yang berwarna hitam itu agar tidak ikut dimakan.

Harga semangka kuning berbiji di pasaran sekarang sekitar Rp 6.000 per kg. Harga yang cukup terjangkau untuk mendapatkan kesegaran dan nutrisinya.

3.    Semangka Kuning Tanpa Biji

Ternyata, ada juga jenis semangka kuning tanpa biji. Rasa daging buahnya tidak kalah manis dan segar. Namun yang paling menarik, yaitu kamu bisa langsung melahapnya tanpa harus menyingkirkan atau mengambil biji-bijinya dulu karena memang tidak berbiji.

Jadi setelah dipotong-potong, semangka langsung bisa dimakan. Adapun harga semangka jenis ini di pasaran sekarang sekitar Rp 1.195 per 100 gram.

4.    Semangka Merah Tanpa Biji

Terakhir, ada jenis semangka merah tanpa biji yang rasanya benar-benar manis dan segar. Banyak orang menyukainya mulai dari anak kecil hingga orang tua. Kamu juga bisa membelinya di pasar tradisional dengan harga lebih terjangkau.

Untuk lebih jelasnya perihal jenis dan harga semangka di pasaran saat ini, silahkan membaca daftar tabel di bawah ini yang semoga bermanfaat.

Jenis Semangka dan Beratnya Harga
Semangka Pasport 1 kg

Semangka kuning berbiji 1 kg

Semangka kuning tanpa biji 1 kg

Semangka merah tanpa biji 100 gram

Semangka merah berbiji 1 kg

Semangka Inul 1 kg

IDR 4.000

IDR 6.000

IDR 11.000

IDR 470

IDR 3.800

IDR 8.000

Jadi, ada beberapa jenis buah semangka yang ada di pasaran. Selain itu, harga semangka yang dibandrol juga berbeda disesuaikan dengan jenisnya.

Tinggalkan komentar