Harga Sekring Listrik 900 Watt Termurah

Bagi kamu yang sedang mencari tahu harga sekring listrik 900 watt, baca ulasan ini sebelum memutuskan untuk membelinya di toko.

Pencarian harga sekring memang sangat ramai. Hal ini tentu karena sekring memang selalu dibutuhkan oleh semua orang. Lalu apa sebenarnya sekring itu?

Pengertian Apa Itu Sekring Listrik

Sekring listrik merupakan salah satu jenis alat yang berfungsi untuk memutuskan arus listrik saat terjadinya hubungan singkat dan arus berlebihan. Hal ini bisa saja terjadi di instalasi rumah, rangkaian elektronik serta kendaraan.

Harga sekring listrik 900 watt ini tidak terlalu mahal. Kamu bisa membelinya jika membutuhkan sekring untuk kebutuhan rumahmu.

Selain dari itu, ada beberapa manfaat dari sekring ini yang harus kamu tahu. Manfaat sekring di antaranya:

  1. Menjaga Keamanan Rangkaian Listrik

Dengan menggunakan sekring, hal ini menjadi salah satu upaya untuk menjaga keamanan rangkaian arus listrik baik di rumah, kantor maupun semua jenis gedung yang ada.

Belilah dengan harga sekring listrik 900 watt yang paling terjangkau diantara jenis sekring yang lainnya. Meski memilih yang murah, pastikan sekring yang kamu beli memiliki kualitas yang sangat baik dan aman untuk menjaga instalasi listrikmu.

  1. Membantu Menurunkan Lonjakan Daya

Lonjakan daya yang sangat tinggi tentu akan berbahaya dan juga bisa menguras listrik yang sangat tinggi. Namun jangan khawatir, dengan menggunakan sekring, tentu lonjakan daya akan diturunkan dengan pasti.

Kamu bisa membeli sekring listrik dengan harga sekring listrik 900 watt yang tidak akan sama sekali menguras isi dompet pada kantongmu untuk menjaga agar lonjakan daya dapat diturunkan menggunakan alat ini.

Bila hujan, alat sekring ini dapat berfungsi untuk membantu menurunkan lonjakan daya, hal ini memang masih belum tentu namun banyak orang yang mempercayai manfaat sekring yang satu ini.

Belilah di toko terdekat atau toko elektronik ternama untuk mendapatkan sekring yang berkualitas namun dibandrol dengan harga yang miring di antara toko-toko yang lainnya.

  1. Menahan Arus yang Berlebihan

Sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik, termasuk juga aliran arus listrik yang berlebihan. Hal  ini ternyata memiliki potensi bahaya besar. Pasalnya, listrik memang suatu hal yang bukan main-main.

Kesalahan atau ketidaknormalan fungsi dari instalasi listrik memiliki dampak yang sangat berbahaya. Hal ini bisa saja menyebabkan orang tersetrum aliran listrik, kebakaran, maupun berbagai permasalahan yang berbahaya lainnya.

Kamu bisa membeli sekring dengan harga sekring listrik 900 watt yang bisa dijangkau semua orang untuk menghindari beragam permasalah yang disebabkan oleh arus listrik yang berlebihan.

Bagian-bagian dan Ciri Sekring

Sekring yang menjadi alat mungil penuh manfaat ini memiliki bentuk ciri fisik yang sederhana dengan beberapa bagian.

  1. Bagian-Bagian Sekring Listrik

Sekring memiliki beberapa bagian dengan fungsinya masing-masing. Untuk lebih detailnya, simak beberapa poin berikut ini:

  1. Bagian Indikator: Indikator merupakan salah satu bagian dari sekring yang berfungsi sebagai jenis untuk menunjukkan operasi sekring.
  2. Bagian Fuse: Fuse juga merupakan bagian kedua dari sekring yang memiliki fungsi sebagi bagian yang mengandung tautan Fuse.
  3. Bagian Port Sekering: Bagian ketiga dari sekring ini memiliki fungsi sebagi tempat sekring diletakkan.
  4. Bagian Basis: Bagian Basis merupakan bagian ke empat dari sekring yang memiliki manfaat sebagi tempat dukungan dari struktur sekring.
  5. Bagian Cincin Proteksi: Bagian Cincin Proteksi merupakan bagian kelima dari seluruh bagian sekring lainnya.

Bagian ini juga merupakan bagian yang memiliki fungsi untuk melindungi dan menjaga benang. Selain itu, bagian ini berfungsi menghindari kontaknya dengan sirkuit.

Kamu bisa membeli sekring dengan harga sekring listrik 900 watt yang sesuai isi dompetmu tetapi tetap memperhatikan kualitas produk agar instalasi listrik di rumahmu tetap aman dan tidak membahayakan.

  1. Macam Ciri-Ciri Sekring

Seperti barang yang lainnya, sekring juga memiliki ciri-ciri yang khas dan hanya dimiliki oleh sekring itu sendiri. Beberapa cirinya yakni:

  1. Sebagai pemutus arus: setelah mengetahui bahwa sekring merupakan alat yang berhubungan dengan pelistrikan, tentu pemutusan arus di sini dimaksudkan pada pemutusan arus listrik.
  2. Batas arus: selain memutuskan arus, ciri lain dari sifat sekring yakni membatasi arus listrik.
  3. Kurva karakteristik: sekring ini dapat dijadikan untuk kurva karakteristik. Hal ini tentu lebih mudah dimengerti oleh ahlinya.
  4. Fuse Link: untuk lebih mengetahui maknanya kamu bisa mencari tahu pada ulasan lain.

Jenis dan Harga Sekring Listrik 900 Watt

Sebenarnya, banyak sekali pilihan dari jenis sekring listrik. Beberapa sekring listrik dibuat dari bahan kaca dan sebagian lagi terbuat dari bahan lainnya. Di dalam sekring ini terdapat selembar kawat sebagi penghubung.

Ukuran dari penampang kawat ini menentukan besarnya kapasitas dan kemampuan dari sekring. Untuk lebih mengetahui mengenai detailnya, simak beberapa jenis sekring di bawah ini.

  1. Sekring tabung

Sekring tabung ialah salah satu sekring yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Sekring ini sering dijumpai pada alat elektronik rumah tangga. Penggunaannya pada alat rumah tangga bukan tanpa alasan.

Bentuknya seperti tabung yang kecil dengan keunggulan lapisan kaca di luarnya menjadikan sekring jenis ini banyak dipakai untuk keperluan alat rumah tangga. Jika kamu tertarik belilah dengan harga sekring listrik 900 watt yang terjangkau.

  1. Sekring Pisau

Selain dari jenis sekring tabung, jenis kedua dari sekring ini ialah sekring pisau. Namanya sangat unik bukan? Meski dengan naman yang seperti itu, bentuk dari sekring ini tidak persis seperti pisang.

Satu hal yang perlu kamu tahu, sekring pisau ini banyak sekali dijumpai dalam penggunaannya di kelistrikan kendaraan seperti motor dan mobil. Hal ini dengan alasan karena konstruksi dari sekring pisau lebih kuat dan rapi.

Mengenai masalah harga sekring listrik 900 watt jenis pisau ini jangan khawatir, harganya juga cukup terjangkau sehingga bisa dibeli oleh semua kalangan.

Selain dari beberapa jenis di atas, kamu perlu tahu mengenai harga dari sekring pada tabel berikut

Jenis Harga Tempat pembelian
Sekring otomatis 900 watt Rp. 20.000.- 3. Toko online

4. Toko peralatan elektronik

 

Penyebab Sekring Mengalami Disfungsi

Setelah mengetahui harga sekring listrik 900 watt yang ternyata hanya berkisar mulai dari Rp. 20.000 tentu kamu tidak akan ragu untuk membeli sekring baru jika sekring yang lama di rumahmu sudah rusak, mengalami disfungsi atau mati.

Meski begitu, kamu perlu mengetahui sebenarnya apa saja yang menyebabkan sekring listrik bisa mati. Beberapa penyebab sekring mengalami disfungi atau mati ialah sebai berikut.

  1. Terjadi Kerusakan

Setiap sesuatu yang rusak tentu tidak bisa lagi digunakan sebagaimana normalnya, termasuk juga sekring listrik. Jika sekring di rumahmu mati, panggil tukang listrik untuk melakukan pengecekkan terhadap sekring.

  1. Korsleting

Korsleting merupakan permasalahan yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Jika sekringmu rusak karena mengalami korsleting, lakukan penggantian sekring dengan yang baru dan yang lebih berkualitas.

  1. Pemakaian yang Berlebihan

Pemakaian yang berlebihan juga bisa menjadi salah satu penyebab matinya sekring. Belilah sekring baru dan pasang secara tepat untuk menjaga keamanan instalasi listrik di rumahmu.

Sekring listrik merupakan salah satu alat yang sangat penting bagi keperluan instalasi listrik di semua jenis gedung baik rumah, toko maupun yang lainnya. Untungnya,  harga sekring listrik 900 watt sangat terjangkau.

Tinggalkan komentar