harga rantai keteng

Inilah Harga Rantai Keteng dengan Aneka Jenisnya

Sebelum mencari informasi harga rantai keteng, kamu harus menyesuaikannya dengan jenis kendaraanmu. Setiap produsen pasti mengkhususkan rantai dengan jenis kendaraan. Suku cadang kendaraan ini harus kamu perhatikan kondisinya.

Jangan sampai mengalami kerusakan, bahkan ketika motor sedang melaju. Tentu saja hal ini akan sangat menyusahkan. Pastikan menggantinya jika sudah mengalami tanda-tanda kerusakan sesegera mungkin.

Selain itu, pastikan untuk memilih suku cadang yang asli untuk memaksimalkan keawetan kendaraanmu. Berikut ini akan diulas lebih lanjut mengenai harga rantai keteng, beserta jenis dan tanda-tanda kerusakannya.

Sekilas Tentang Rantai Keteng dalam Sebuah Motor

Kendaraan roda dua bermotor memiliki rantai yang bentuknya beragam. Untuk motor matic sebenarnya ada rantainya tetapi tidak bergerigi layaknya rantai motor bebek. Untuk motor bebek, suku cadang ini kerap disebut dengan istilah rantai keteng.

Rantai keteng ini berperan penting dalam laju sebuah kendaraan. Tugasnya memaksimalkan putaran roda, agar laju kendaraan semakin optimal. Rantai keteng ini bisa dibedakan berdasarkan jenisnya, karena setiap merk memiliki spare partnya sendiri.

Misalnya saja rantai keteng Honda, Yamaha, dan sejenisnya dengan harga bervariasi. Tentu saja harga rantai keteng setiap jenisnya sangat bervariasi, tergantung kualitas dan motornya.

Kenali Tanda Kerusakan Rantai Keteng Agar Cepat Diganti

Rantai keteng berguna untuk mendukung gerak sebuah motor agar melaju secara stabil. Tentu saja jika sampai mengalami kerusakan, maka akan membuat motor tidak bisa dijalankan.

Akan sangat mengganggu jika kerusakan rantai dialami saat sedang digunakan di jalanan. Agar hal tersebut tidak sampai terjadi, kenali tanda-tanda kerusakannya terlebih dahulu berikut ini.

  1. Tarikan Gas Berat

Salah satu tanda rantai keteng sudah harus diganti adalah tarikan gas motor yang menjadi berat. Rantai berperan penting dalam menjalankan kendaraan secara ringan. Jika kinerjanya sudah mulai berkurang, maka akan membuat tarikannya berat.

Coba kenali bagaimana tarikan kendaraanmu, sehingga bisa tahu jika ada masalah. Segera ganti rantai ke bengkel terdekat, agar nantinya motor tidak mengalami kendala saat dijalankan.

  1. Ketegangan Rantai Kurang Stabil

Perlu kamu ketahui bahwa rantai yang kendor akan membuat kinerja motormu berkurang. Selain itu, kendornya ketegangan rantai akan membuatnya mudah putus saat dijalankan.

Rantai yang mudah kendor, dengan ketegangan kurang stabil menandakan harus cepat diganti. Hal ini bisa berujung juga pada tarikan gas yang nantinya akan terasa berat.

  1. Permukaan Gear Aus

Rantai keteng terdiri beberapa gear yang kekuatannya optimal. Jika gear yang dipasang sudah aus, rantai keteng ini memang harus segera diganti. Rantai yang terlalu banyak bekerja ini akan membuat gear aus, sehingga harus cepat diperbaiki.

  1. Suara yang Ditimbulkan Berisik

Harga rantai keteng yang sebenarnya murah, tentu tidak akan menyulitkanmu jika harus menggantinya. Pastikan kenali tanda-tanda kerusakan rantai ini dengan mendengarkan suara yang dihasilkan.

Jika suaranya berisik saat dijalankan, berarti ada masalah di bagian rantai ini. Bisa jadi gear rantai sudah aus sehingga menghasilkan gesekan tersendiri.

  1. Permukaan Rantai Aus

Rantai keteng yang rusak bisa dilihat dari permukaannya yang sudah tampak aus. Kamu bisa menandai rantai tampak aus atau sebaliknya dengan melihat pemasangan gear.

Rantai keteng yang sudah aus, akan membuat gear sepeda motor sudah tidak terlihat lagi. Jika rantai sudah arus maka akan membuat daya cengkram sepeda motor berkurang, sehingga menghambat lajunya.

Aneka Jenis Rantai Keteng yang Ada di Pasaran

Rantai keteng memang menjadi salah satu spare part yang harus cepat diganti jika sudah ada tanda-tanda kerusakan. Tanda-tanda kerusakannya sudah diulas sebelumnya. Pastikan kamu menggantinya sesuai dengan jenis motor yang dimiliki.

Jenis rantai keteng tentu berbeda-beda, tergantung dengan merk kendaraannya. Harga rantai keteng ini juga bervariasi, dengan kualitas yang juga beragam. Ini dia beberapa macam contoh jenisnya.

  1. Rantai Keteng Yamaha

Sebagai salah satu produsen otomotif terbesar, Yamaha tidak hanya menyediakan motor yang berkualitas. Beberapa spare part yang tersedia juga tidak kalah menarik. Termasuk di dalamnya adalah rantai keteng khusus motor dari Yamaha.

Harga rantai keteng untuk jenis motor ini juga sangat terjangkau, tidak sampai di atas angka 100 ribuan. Untuk variannya, cocok dipakai ke dalam beberapa merk motor Yamaha seperti:

  • Yamaha Scorpio
  • Yamaha Jupiter Z
  • Yamaha Mio
  • Yamaha Jupiter MX, dan masih banyak lagi
  1. Rantai Keteng Honda

Honda merupakan salah satu produsen motor dan mobil yang secara kualitas pasti tidak akan diragukan. Motor Honda jenis bebek baik itu seri 110 atau 125 cc juga memerlukan suku cadang bernama rantai keteng.

Untuk harga rantai keteng Honda bebek, biasanya harga yang dicantumkan tergolong murah. Mayoritas tidak sampai di atas 100 ribu rupiah. Selain itu, untuk varian ketersediaannya, bisa untuk beberapa merk motor Honda bebek seperti:

  • Honda Supra Fit
  • Honda Revo
  • Honda Astrea Legenda

 

  1. Rantai Keteng MegaPro

Honda Megapro merupakan salah satu serian yang paling laris di pasaran. Hal ini dikarenakan body motor yang gagah dengan tenaga mutakhir. Untuk rantai ketengnya juga ada jenis khusus.

Varian rantai yang cocok untuk jenis motor ini adalah Neotech Megapro Original. Selain itu, ada juga beberapa jenis rantai keteng yang hampir sama dengan varian khusus Megapro. Ada varian cb150r, dengan harga Rp175.000.

Motor dengan CC tinggi ini memang membutuhkan rantai keteng yang berbeda juga. Pastikan kamu tidak salah pilih, agar kinerja rantai ini bisa bekerja optimal. Khusus rantai keteng untuk motor besar memang harganya pasti di atas Rp100.000.

Daftar Harga Rantai Keteng, Berdasarkan Jenisnya

Suku cadang sebuah kendaraan memang jenisnya tergolong beragam. Rantai keteng ini termasuk salah satu yang sangat penting. Tentu saja untuk harganya sangat beragam, tergantung jenis motornya.

Rantai keteng ini biasanya dipakai untuk motor non matic. Pastinya setiap merk memiliki harga yang beragam, tergantung juga pada kualitasnya. Harga rantai keteng termurah hanya berkisar 30an ribu.

Ada juga yang sampai 200an ribu, biasanya untuk jenis motor yang cc-nya tinggi. Pastikan cari suku cadang yang original, agar masa pakainya lebih lama. Untuk lebih lanjut tentang harga dari rantai keteng, akan diulas di dalam tabel berikut.

Jenis Rantai Keteng Harga Rantai Keteng/pcs
Rantai Keteng Set Gns  IDR 32.500
Rantai Keteng Jupiter z.  IDR 25.000
Rantai Keteng set legenda Original.  IDR 100.000
Rantai Keteng edge Original.  IDR 145.000
Rantai Keteng Mochin.  IDR 100.000
Rantai Keteng Honda Supra fit AHM.  IDR 55.000
Rantai Keteng Yamaha Scorpio.  IDR 153.500
Rantai Keteng 102 L Tiger.  IDR 85.500
Rantai Keteng Cbr 150.  IDR 325.000
Rantai Keteng Vixion  IDR 57.500
Rantai Keteng kit Revo.  IDR 65.000
Rantai Keteng Nnay Orisinial Yamaha.  IDR 110.000
Rantai Keteng cb150 r Asli.  IDR 175.000
Rantai Keteng Mio 125 m3 Asli.  IDR 66.000
Rantai Keteng Tiger Did 4 Lapis.  IDR 165.000
Rantai Keteng Shogun 125.  IDR 70.000
Rantai Keteng Jupiter MX.  IDR 80.000
Rantai Keteng Neotech Megapro Original.  IDR 235.000

Rantai keteng memang menjadi salah satu spare part penting yang harus siap sedia diganti. Jika sudah aus, pastikan untuk segera mungkin menggantinya. Harga rantai keteng yang disebutkan di atas mungkin dapat berubah, karena sebatas referensi.