Harga pupuk organik 50 kg

Ini Dia, Harga Pupuk Organik 50 Kg Berkualitas

Harga pupuk organik 50 kg di pasaran sebenarnya sangat beragam. Jika kamu berniat untuk membelinya, kamu bisa bandingkan terlebih dahulu dan pilihlah penjual yang membandrol dengan harga terjangkau dengan kualitas super.

Ulasan berikut ini akan membantu kamu untuk mengetahui berapa sebenarnya harga dari pupuk organik beserta jenis-jenisnya. Tapi sebelum itu, sudahkah kamu tahu, apa itu pupuk organik?

Pengertian, Jenis dan Harga Pupuk Organik 50 Kg

Meski pupuk jenis ini sudah sangat populer ternyata masih banyak orang yang belum paham mengenai apa itu pupuk organik.

Jika kamu termasuk orang yang belum paham apa itu pupuk organik dan jenisnya, simak penjelasan di bawah sebelum mengetahui daftar harga pupuk organik 50 kg berikut ini.

  1. Pengertian Apa Itu Pupuk Organik

Pupuk organik merupakan salah satu jenis pupuk yang terbuat dari materi makhluk hidup. Biasanya, pupuk ini dibuat dari pelapukan hewan maupun tanaman. Bentuk dari pupuk ini dapat berupa pupuk padat maupun cair.

Pupuk organik sebenarnya digunakan dalam upaya memperbaiki sifat kimia, fisik maupun biologi tanah yang akan digunakan untuk media tanam. Pasalnya, pupuk ini memiliki kandungan bahan organik yang lebih banyak dibanding kadar haranya.

Sumber organiknya dapat berupa pupuk kandang, pupuk hijau, sisa panen maupun kompos. Dengan jenisnya yang beragam, tentu hal ini berpengaruh pada harga pupuk organik 50 kg yang juga bervariasi.

Sejarah dari adanya pupuk organik ini juga sangat menarik. Menjadi bagian dari sejarah pertanian sejak 5000 tahun yang lalu, menjadikan pupuk ini dipercaya sebagai bahan pertanian yang sangat berguna.

  1. Jenis-Jenis Pupuk Organik

Terdapat 4 jenis pupuk organik yang perlu kamu tahu sebelum kamu membeli dengan harga pupuk organik 50 kg yang terjangkau.

Simak jenis-jenis pupuk organik beserta penjelasannya di bawah ini.

  1. Pupuk Kandang

Jenis pupuk kandang sebenarnya berasal dari kotoran hewan. Kotoran hewan yang diambil dan diolah berasal dari kotoran hewan ternak dari bisnis peternakan yang dijalankan oleh masyarakat.

Beberapa jenis hewan ternak yang bisa diambil kotorannya untuk keperluan pupuk kandang yakni kotoran hewan ayam, kotoran hewan di peternakan sapi, dan kotoran dari hewan ternak berupa kambing.

  1. Kandungan dari Pupuk Kandang

Kandungan dari pupuk kandang sangatlah baik untuk perawatan tanah maupun tumbuhan. Pada pupuk organik yakni pupuk kandang padat mengandung unsur hara makro maupun mikro.

Selain itu, kandungan lainnya yang tak kalah pentingnya dalam peran penyuburan tanah dan tanaman ialah fosfor, nitrogen, kalium, tembaga, molibdenum, natrium, besi, magnesium, belerang maupun kalsium.

Sedangkan kandungan dari pupuk kandang cair yakni memiliki jumlah nitrogen yang lebih tinggi.

Untuk mendapatkan manfaat dari pupuk kandang kamu bisa membeli dengan harga pupuk organik 50 kg yang terjangkau.

  1. Pembagian Jenis Pupuk Kandang

Proses produksi dari pupuk kandang ada dua macam. Yang pertama yakni proses produksi yang menghasilkan pupuk kandang berbentuk padat, dan yang kedua yakni pupuk kandang dalam bentuk cair.

Selain itu, pembagian dari jenis pupuk kandang ini dibagi lagi menjadi pupuk dingin dan pupuk panas. Dimana, pupuk dingin berasal dari kotoran hewan yang telah diuraikan sebelumnya dengan perlahan oleh mikroorganisme.

Pupuk dingin tidak menimbulkan panas dan dapat diproduksi dari bahan kotoran beberapa hewan ternak seperti kerbau dan sapi.

Berbeda dengan pupuk dingin yang tidak menimbulkan panas, pupuk panas dihasilkan dari kotoran hewan yang telah terurai melalui proses penguraian oleh mikroorganisme secara cepat. Seperti namanya, muncul panas dari pupuk ini.

Contoh dari pupuk panas berasal dari kotoran hewan seperti kuda dan ayam. Tentu harga pupuk organik 50 kg dari jenis yang berbeda juga akan berbeda mengenai nilai harganya.

  1. Manfaat Pupuk Kandang

Manfaat dari pupuk kandang sendiri ialah untuk menyediakan unsur hara baik mikro maupun makro. Selain itu, daya ikat ionnya yang cukup tinggi akan mampu mengefektifkan bahan-bahan anorganik yang telah ada di dalam tanah.

Dengan manfaat yang begitu penting ini, para petani tentu wajib untuk membeli dan memiliki pupuk kandang dalam kegiatan pertanian yang dijalankan.

  1. Jenis Pupuk Organik – Pupuk Hijau

Pupuk hijau merupakan salah satu jenis pupuk organik yang berasal dari tanaman atau sisa panen. Beberapa sumber pupuk hijau ini diantaranya yakni sisa-sisa tanaman atau juga tanaman khusus yang ditanam untuk produksi pupuk hijau.

Alam pembuatannya, bahan tanaman bisa secara langsung dibenamkan saat masih hijau atau saat sudah dikomposkan. Beberapa jenis tanaman yang disarankan dapat dijadikan sebagai sumber pupuk hijau berasal dari jenis legume.

Hal ini mengingat bahwa tanaman legume mengandung banyak unsur hara seperti nitrogen yang tinggi. Selain itu, tanaman legume juga dapat terdekomposisi dengan mudah.

Jangan lupa untuk cek harga pupuk organik 50 kg sebelum membeli dan mendapat manfaat pupuk hijau untuk pertanianmu.

  1. Jenis Pupuk Kompos

Pupuk kompos merupakan pupuk organik yang berasal dari sisa-sisa bahan organik baik tanaman, hewan maupun limbah organik yang telah dilakukan proses fermentasi ataupun dekomposisi.

Beberapa jenis tanaman yang sering digunakan untuk bahan pembuatan pupuk kompos yakni tanaman pisang, jerami, sekam padi, gulma, jagung, sabut kelapa maupun tanaman busuk, gulma air, azolla, eceng gondok, dan ganggang biru.

Untuk bahan ternak yang seringkali digunakan untuk proses pembuatan kompos yakni kotoran ternak, urin ternak maupun pakan yang telah terbuang dan cairan biogas.

Untuk membelinya kamu bisa pergi ke toko pertanian dan cek harga pupuk organik 50 kg.

  1. Pupuk Humus

Pupuk humus merupakan material organik dari proses pelapukan daun-daun maupun ranting tanaman yang telah membusuk.

Selain itu, pupuk ini dapat diproduksi dari limbah pertanian, industri makanan, serbuk gergaji, endapan kotoran sampah rumah tangga, limbah perkantoran maupun yang lainnya.

Cara kerja pupuk ini adalah dengan meningkatkan kandungan air pada tanah, mencegah penggerusan tanah, dan menahan pupuk anorganik larut air.

Daftar harga pupuk organik 50 k

Kamu bisa cek daftar harga pupuk organik 50 kg sebelum membeli pupuk humus ini pada tabel berikut.

Pupuk Organik 50 kg  Harga Pupuk Organik 2022
Pupuk Kompos Organik Rp. 40.000
Pupuk Organik Kotoran Kambing Halus Rp. 20.000
Media Tanam 1 Karung, Tanah, Kompos, Pupuk Kandang Rp. 30.000
Pupuk Organik Petroganik Rp. 2.500
Pupuk Organik Kascing Biocos Rp. 120.000
Pupuk Organik Em4 Pertanian 1 Liter Rp. 15.000
Pupuk Organik Kascing (Bekas Cacing) 3 Kg Rp. 25.000
Pupuk Organik Cair Poc Nasa 500 cc Rp. 33.000
Pupuk Organik Cair-Poc (Provibio) Rp. 35.000
Pupuk Cair Organik Super Terobos Ukuran 500 Ml Rp. 17.500
Pupuk Organik Modern – Mengandung Multivitamin Untuk Buah Rp. 30.000
Pupuk Organik Bof Rp. 35.000
Pupuk Organik Super Rp. 25.000
Media Tanam, Pupuk Kandang, Pupuk Kambing Organik Berat 4.5 Kg Rp. 15.000
Pupuk Organik Mashita Berat 1 Kg Rp. 20.000
Pupuk Organik Cair Felo 04 Aminosong Ukuran 500 Ml. Rp. 80.500

Setelah mengetahui beragam jenis pupuk organik di atas, tentu ini akan akan membantu kamu dalam memilih pupuk mana yang memiliki kualitas super dan harga pupuk organik 50 kg yang terjangkau.