Harga Petai di Berbagai Wilayah Indonesia

Petai merupakan salah satu produk pertanian di Indonesia yang terus mengalami perubahan harga. Kenaikan harga petai ini dikarenakan produksi petani yang memang sudah mulai langka. Meskipun memiliki bau yang tidak sedap, petai tetap dapat memberikan kenikmatan pada makanan.

Hal tersebut yang membuat sebuah alasan mengapa petani merupakan salah satu favorit masyarakat Indonesia meskipun memiliki efek bisa memberikan bau yang sangat tidak sedap. Sebagian besar orang mengatakan bahwa makan petai dapat menurunkan depresi.

Dewasa ini olahan petai juga tidak hanya dapat dimakan secara satuan melainkan juga dapat dilakukan dengan berbagai variasi olahan. Sebagai contohnya adalah petai jeruk yang mana dicampur dengan cuka, garam, dan basa yang lainnya sesuai dengan selera masing-masing.

Harga petai jeruk untuk satu toplesnya bisa dibilang cukup mahal. Oleh sebab itu ada baiknya jika Anda membuat olahan petai jeruk di rumah sendiri.

Kemasan Petai dan Harga Petai Hari ini

Sekarang ini petai memang salah satu olahan yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Olahannya dapat dicampurkan dalam makanan ataupun dibuat olahan petai jeruk yang sesuai dengan keinginan Anda,.

Untuk mendapatkan petai, Anda dapat membeli petai di pasar-pasar terdekat rumah Anda. biasanya petai dijual dalam bentuk satuan, per papan, per ikat ataupun per kilogram.

1. Harga Petai per Ikat

Di pasaran harga petai saat ini bisa mencapai Rp 15 ribu untuk satu ikat. Pada umumnya jumlah per ikatnya terdiri atas 10 helai petai. Sekarang ii harga petai memang mudah berubah dari waktu ke waktu. Terlebih jika mendekati hari lebaran.

Terutama bagi petani yang memiliki kualitas bagus. Maka akan memiliki harga yang sangat tinggi. Namun, harga mahal yang berasal dari petai ini tidak akan memberikan pengaruh terhadap rendahnya minat masyarakat untuk menikmati petai.

2. Harga Petai per Satu Helai

Bagi Anda yang kurang menyukai olahan makanan yang terbuat dari petai namun berniat ingin mencobanya. Anda dapat membeli petai dalam bentuk per helai. Biasanya harga petai per helai ini dibanderol dengan harga yang sangat murah, yaitu sekitar Rp 3 ribu saja.

Untuk satu helai petai terdiri atas beberapa biji. Biasanya orang yang tidak begitu menyukai olahan petai akan mencampurkan dengan masakan sayuran ataupun dengan yang lainnya. daripada Anda membeli petai dalam jumlah satuan sebaiknya membeli petai sebanyak satu kilo untuk beberapa kali masak.

Dengan demikian Anda akan menghemat pengeluaran. Pada umumnya harga petai per kilo ini berkisar antara Rp 40 ribu.

3. Harga Petai per Kilo

Petai memang selalu mengalami perubahan harga. untuk memastikan harga pada saat ini maka sebaiknya Anda mengecek harga petai per kilo, berapa sih harga petai per kilo di pasar terdekat Anda?

Setiap pasar tentunya memiliki patokan harga yang berbeda-beda sehingga tidak semua daerah memiliki harga petai yang sama. Secara umum petai per kilo ini berkisar antara Rp 40 ribu. Namun, jika mendekati hari lebaran biasanya ada kecenderungan adanya kenaikan harga.

Hal ini dikarenakan keterkaitan antara stok yang ada di petani yang sedikit atau ketika tidak musim petai dan juga jumlah permintaan petai yang bisa mencapai dua kali lipat. Maka harga petai akan meningkat hingga Rp 90 ribu bahkan bisa mencapai Rp 100 ribu.

4. Harga Petai Kupas

Dewasa ini petani petai lebih memudahkan para konsumen untuk membeli petai yang sudah dikupas. Biasanya petai yang sudah dikupas dijual dalam bentuk per kilo dengan menggunakan kemasan plastik.

Masyarakat tentunya memang lebih memilih membeli petai yang sudah dikupas sehingga memiliki kesan yang lebih praktis dan juga instan. Perlu Anda ketahui petai kupas memiliki harga yang tentunya jauh lebih mahal dari petai yang dijual belum dalam bentuk kupasan.

Pada umumnya petai yang belum dikupas memiliki harga per kilonya seharga Rp 100 ribu. Aka, untuk harga petai kupas per kilonya bisa mencapai Rp 150 bahkan bisa mencapai Rp 200 ribu. Anda bisa membeli yang sudah dikupas maupun yang belum dikupas sesuai dengan keinginan.

Harga Petai di Berbagai Daerah

Pohon petai memang sangat mudah berproduksi di berbagai daerah di Indonesia. Namun, sekarang ini jumlah petani petai sudah mulai berkurang. Hal inilah yang mengakibatkan salah satu penyebab harga petai di Indonesia terus meningkat. Begitu juga dengan petai Malaysia yang terus mengalami kenaikan harga.

1. Semarang

Salah satu daerah yang mudah memproduksi petai adalah daerah Semarang, Jawa Tengah. Harga petai di Semarang memiliki harga pada umumnya, yaitu Rp 40 ribu untuk satu kilo nya pada hari-hari biasa. Namun, mengalami kenaikan hingga Rp 100 ribu apabila mendekati hari lebaran.

2. Jawa Timur

Salah satu daerah yang memiliki produksi petai adalah provinsi Jawa Timur. Perlu diketahui bahwa harga petai di Jawa Timur masih sangat terjangkau, yaitu berkisar antara Rp 40 ribu untuk satu kilogramnya. Anda dapat membelinya di pasar-pasar yang ada di Jawa Timur.

Daftar Harga Petai Tingkat Konsumen

Untuk mengetahui harga petai tingkat konsumen, berikut adalah gambaran harga petai mulai dari satu papan/ lonjor hingga petai kupas per satu kilonya.

  1. satu lonjor / Papan petai dibanderol dengan harga Rp 3 ribu
  2. satu ikat petai dihargai dengan harga Rp 10 ribu hingga Rp 15 ribu
  3. Satu kilo petai dihargai dengan harga mulai dari Rp 40 ribu hingga Rp 60 ribu.
  4. Untuk petai kupas sebanyak 150 gram dihargai dengan harga mulai dari Rp 22.500 hingga Rp 30 ribu.
  5. Petai kupas satu kilo dihargai dengan harga mulai dari Rp 150 ribu hingga Rp 250 ribu.

Contoh Olahan Petai

Bagi Anda yang ingin mencoba olahan petai, Anda dapat mengikuti resep petai tumis peda berikut ini.

  1. Siapkan bahan-bahan yang terdiri dari :
  • 4 papan petai, kemudian kupas
  • 1 sdm ebi
  • 2 buah pare
  • 100 ml air
  1. Untuk bumbu halusnya, siapkan bahan-bahan :
  • 6 butir bawang merah
  • 15 cabai rawit
  • 4 siung bawang putih
  1. Untuk bumbu cemplung, siapkan :
  • 1 sdm gula pasir
  • ½sdt garam
  1. Cara Membuat :
  • Belah pare kemudian iris kecil-kecil. lalu tambahkan 2 sendok makan garam, tunggulah hingga 8 menit, remas hingga keluar semua airnya. Jangan lupa bilas dengan menggunakan air bersih.
  • Tumis bumbu halus sampai harum, kemudian masukkan bumbu cemplung beserta ebi
  • Tambahkan sedikit air dan juga perasa, tambahkan pare. Lalu aduk rata
  • Periksa rasa kemudian olahan petai siap disajikan.

Itulah seputar informasi mengenai harga petai hari ini yang terdapat di Indonesia. Dapat disimpulkan bahwa petai selalu memiliki harga yang memang cukup mahal. Namun, hal tersebut tidak akan mengurangi rasa cinta masyarakat Indonesia pada petai.

 

 

 

Tinggalkan komentar