Harga Microlax

Harga Microlax di Indomaret, Obat Pelancar Buang Air Besar

Mencari informasi harga Microlax di Indomaret sangat mudah. Informasi harga beserta kegunaan produk akan dijelaskan detail pada pembahasan kali ini. Sebagai salah satu obat pelancar buang air besar, Microlax memang memiliki cara kerja unik.

Microlax dapat kamu gunakan sebagai pencahar feses yang keras. Tentu saja sebelum tahu informasi tentang harga, pembahasan akan dimulai dari pengenalan produk. Untuk ulasan lebih lanjut, simak uraian tentang Microlax hingga harganya berikut.

Sekilas Tentang Microlax beserta Cara Kerjanya

Sebelum pembahasan mengarah harga Microlax di Indomaret, kamu harus mengenal produknya terlebih dahulu. Microlax merupakan obat pencahar yang cara kerjanya melunakkan feses di area rectum.

Cara pakainya bukan diminum layaknya obat pada umumnya, akan tetapi dimasukkan ke bagian dubur. Obat akan masuk ke bagian tersebut, secara langsung membantu melunakkan feses di rectum.

Feses yang mengeras di bagian tersebut memang membuat proses mengejan menjadi sakit. Hal ini memang menjadi keluhan tersendiri bagi para penderitanya. Tentu, dengan cara kerja tersebut, feses akan melunak dan mudah keluar.

Microlax ini juga bisa dipakai sebelum proses pemeriksaan usus besar. Perlu diketahui jika sulit buang air besar juga bisa saja terjadi karena ada masalah di bagian usus tersebut.

Microlax bekerja membantu memperbaiki gerakan usus, dengan mengosongkan isi terlebih dahulu. Tentu saja jika feses keluar secara tuntas, kesehatan usus akan membaik. Cara kerjanya yang cepat, memang menjadi keunggulan tersendiri.

Bahkan perlu sekitar setengah jam untuk membuat MIcrolax bekerja optimal melunakkan feses. Komposisi di dalam obat pencahar ini memiliki peranan tersendiri, di antaranya:

  1. PEG 400 di dalam Microlax bertugas untuk melumasi bagian rectum, sehingga feses mudah keluar
  2. Sorbitol akan bertugas menyerap air di usus besar, sehingga feses yang mengeras lebih lunak
  3. Natrium lauril sulfoasetat akan menurunkan tegangan di permukaan feses, sehingga mudah keluar dari dubur

Kegunaan, Cara Pakai, Sampai Dosis Microlax yang Tepat

Informasi harga MIcrolax di Indomaret tentu harus ditambah dengan bagaimana manfaat, efek samping, hingga dosis. Tujuannya agar pasca membeli, kamu bisa memakai Microlax secara tepat, sehingga pengobatan lebih optimal.

  1. Kegunaan Microlax

Microlax memang terkenal sebagai obat untuk mengatasi masalah susah buang air besar. Selain itu, ada juga kegunaan lain yang bisa kamu peroleh terkait masalah susah buang air besar.

  • Membantu mengatasi konstipasi sigmoid
  • Membantu mengatasi konstipasi rektal
  • Membantu mengatasi konstipasi karena kehamilan
  • Membantu mengatasi konstipasi habitual pra operasi (misalnya operasi ginekologi, pembedahan anus, hingga partus)
  • Membantu persiapan restoskopi serta anoskopi
  • Cocok dipakai untuk transitorik pada fekamola, skibala, serta anak

Manfaatnya yang sangat beragam ini memang membuat harga Microlax di Indomaret tergolong murah. Walau cocok dipakai untuk sejumlah keperluan, tetapi ada beberapa yang tidak disarankan memakai Microlax.

Misalnya bagi penderita wasir akut, radang usus besar, sampai alergi terhadap zat yang ada di dalam produk. Kamu bisa berkonsultasi ke dokter jika masih ragu dalam menggunakan Microlax ini.

  1. Dosis Microlax

Walau bukan termasuk obat yang dikonsumsi melalui mulut, dosis Microlax tetap harus diperhatikan. Tujuannya untuk mengurangi risiko efek samping atau hal-hal tertentu yang berujung membahayakan.

Dosis obat pencahar ini tergantung usia penggunanya. Untuk anak-anak di atas usia 3 tahun dan dewasa, pemakaiannya bisa sampai 1 tube botol. Untuk anak-anak di bawah 3 tahun, penggunaannya cukup setengah tube botol.

Untuk yang ingin memakai obat ini, tidak disarankan banyak makan serat dahulu. Lebih baik cukupi asupan air putih terlebih dahulu, agar proses kinerja obat lebih optimal.

Selain itu, jangka waktu penggunaannya tidak boleh terlalu sering atau over dosis. Cukup pakai sampai feses benar-benar lunak. Jika sudah membaik, hentikan pemakaian agar tidak menyebabkan ketergantungan.

  1. Cara Pakai

Microlax memang bukanlah obat yang dikonsumsi dari mulut. Tentu cara pakai obat satu ini harus kamu ketahui, untuk menambah informasi harga MIcrolax di Indomaret. Microlax ini bisa kamu gunakan langsung melalui dubur.

Cara pakainya dengan memencet sedikit tube Microlax sebagai pelumas pipa aplikator. Setelah pipa tersebut dinilai sudah cukup pelumas, langsung masukkan ke lubang anus.

Masukkan pipa aplikator ke lubang dubur tersebut, sembari memencet tube botol Microlax sampai isinya masuk. Jika digunakan untuk usia di bawah 3 tahun, bisa menghentikan memencet tube, hingga isinya masuk setengah.

Jika untuk usia di atas 3 tahun, habiskan satu tube sebagai dosis pemakaian idealnya. Pastikan tidak ketergantungan obat satu ini, dengan cukup memakainya sekali. Jika keluhan masih dirasakan, bisa lanjut berkonsultasi untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Efek Samping Serta Tips Penggunaan MIcrolax

Mengenali harga MIcrolax di Indomaret juga harus paham bagaimana efek sampingnya. Memang MIcrolax dipakai langsung ke dubur, tetapi efek samping pasti ada. Apalagi jika dalam pemakaiannya tidak sesuai ketentuan.

  1. Efek Samping Microlax

Efek samping Microlax harus kamu waspadai agar lebih teliti dalam memakainya. Jangan sampai berlebihan dalam pemakaian, karena menyebabkan feses menjadi terlalu lunak. Jika demikian, diare tidak akan terhindarkan.

Mengetahui efek samping sangat perlu, agar informasi harga microlax di Indomaret lebih lengkap. Efek samping ini perlu dipertimbangkan, agar pemakaian obat tepat guna.

Diare bisa kamu alami jika penggunaan Microlax berlebihan, bahkan sampai ketergantungan. Selain itu, ada efek samping lain seperti alergi kemerahan di kulit. Hal ini bisa terjadi jika kamu memiliki riwayat alergi terhadap salah satu komposisinya.

Peradangan di sekitar dubur karena rasa perih juga bisa saja terjadi selama pemakaian. Jika memang kurang yakin dalam menggunakannya, kamu bisa konsultasikan ke dokter dahulu.

  1. Tips Pemakaian

Pemakaian Microlax memang dianjurkan sebagai opsi pencahar yang lebih aman. Memang ada efek samping seperti yang disebutkan. Akan tetapi, efek tersebut bisa dihindari dengan pemakaian tepat.

Selain memperhatikan dosis seperti yang sudah dibahas sebelumnya, pastikan kamu tidak memiliki riwayat penyakit tertentu. Misalnya wasir atau gangguan usus besar. Pemakaian obat hanya benar-benar sembelit sangat mengganggu.

Selain itu, pastikan dalam membelinya harus dalam kemasan utuh. Jika segel ternyata terbuka, jangan nekat memakainya. Bisa jadi kemasan rusak ini tanda MIcrolax sudah kadaluarsa.

Penggunaan untuk wanita hamil, anak-anak, hingga ibu menyusui aman saja. Akan tetapi, untuk memantapkan lagi, bisa konsultasi dahulu dengan dokter.

Harga Microlax di Indomaret untuk Referensi

Mencari obat pencahar ini tidaklah sulit, bahkan bisa dengan mudah dijumpai di apotek, swalayan, sampai mini market seperti Indomaret. Harga Microlax di Indomaret juga tidak jauh berbeda dengan swalayan.

Informasi harga ini sangat cocok untuk menambah referensi dan persiapan budget jika hendak membeli Microlax. Perbedaan harga di tiap tempat sebenarnya sangat kecil, ini informasinya.

  1. Untuk Microlax di Indomaret serta apotek, harganya berkisar Rp24.000 per tube
  2. Untuk harga Microlax di Alfamart, kisaran Rp23.500
  3. Untuk MIcrolax khusus bayi hingga dewasa secara umum rentangnya antara Rp20.000 hingga Rp26.000
  4. Kemasan Microlax 5 ml isi 2 pcs dibanderol sekitar Rp49.000
  5. Kemasan isi 3 tube, dibanderol dengan harga Rp65.000 sampai Rp195.000

Untuk mempermudah mengenali harga MIcrolax di Indomaret, kamu bisa melihat tabel di bawah. Tabel berikut berisikan harga MIcrolax dengan isi 1 tube dan 3 tube jenis Enema.

Kemasan Microlax Harga Microlax
Microlax Enema 5 ml 1 Tube Rp25.100
Microlax Enema 3 Pcs per Pack Rp69.100

Sebagai pembantu pelancar buang air besar, MIcrolax memang tepat kamu gunakan sebagai solusi. Tentu saja harga Microlax di Indomaret cocok sebagai referensi, sebelum kamu akan membelinya.