Harga Mesin Tik

Inilah Harga Mesin Tik Aneka Merk dan Kegunaannya

Informasi harga mesin tik tentu bermanfaat untuk kamu yang ingin membelinya. Mesin tik merupakan salah satu teknologi yang sebenarnya sudah cukup lawas. Walau demikian, pamornya tetap memiliki tempat tersendiri, tidak kalah dengan komputer.

Cara kerja mesin ini adalah dengan mengetikkan aneka karakter ke dalam kertas secara langsung. Sampai saat ini, performa mesin ini memiliki banyak peningkatan. Bahkan ukurannya juga tergolong kian ringan.

Lebih lengkap tentang ulasan harga mesin tik akan diulas di pembahasan berikutnya. Pastikan sebelum membeli, kamu harus mengenali harga dan spesifikasinya terlebih dahulu.

Sekilas Tentang Sejarah Mesin Tik yang Sangat Menarik

Sebelum era komputer, pengetikan bisa dilakukan dengan mesin khusus bernama mesin tik. Mesin ini diciptakan sudah puluhan tahun lalu. Sangat cocok sebagai opsi menarik untuk mempercepat pekerjaan.

Bayangkan jika kamu harus menuliskan dokumen secara manual menggunakan pena. Pastinya, dengan adanya mesin ini proses pengetikan bisa dilakukan dengan cepat. Mesin tik mengalami banyak perubahan semenjak pertama ditemukan.

Perubahan mulai dari bentuk, berat, sampai performa terus dilakukan. Memang, penjualannya tidak sebanyak saat mesin ketik diluncurkan pertama kali. Mengingat kebutuhan pengetikan sudah bisa dikerjakan oleh komputer.

Walau demikian, masih ada yang memerlukannya karena memang fungsinya sangat menarik. Mesin satu ini bekerja untuk mengetikkan aneka dokumen secara langsung ke kertas.

Jika mengetikkan di komputer, perlu alat pencetak jika hendak mencetaknya. Berbeda dengan mesin tik, dokumen cetak bisa kamu peroleh secara langsung. Jika dihitung, harga mesin tik untuk keperluan ini tentunya lebih murah.

Saat ini tidak hanya jenis manual yang bisa kamu peroleh. Ada mesin tik elektrik yang secara kinerja sangat memudahkan para penggunanya. Lebih lanjut tentang mesin tik ini, akan diulas di poin selanjutnya.

Mengenal Kegunaan Mesin Tik yang Sangat Bermanfaat

Sebelum membahas lebih lanjut tentang harga mesin tik, ketahui dahulu apa saja manfaat yang dimilikinya. Mesin tik ini berguna sebagai pengetik teks secara langsung ke kertas. Hasilnya tentu akan lebih rajin dibandingkan tulisan tangan biasa.

Untuk mesin tik bentuknya kotak, dengan tuts berisikan abjad, angka, dan berbagai karakter lengkap. Cara kerjanya dengan menekankan tuts yang diinginkan, kemudian akan mencetak huruf ke kertas.

Proses pengetikan memakai mesin ini sebenarnya tergolong ketinggalan zaman. Apalagi di zaman sekarang sudah umum pemakaian komputer dan laptop. Walau demikian, peranan mesin satu ini tetap penting.

Ketika kamu menggunakan laptop atau komputer untuk mengetik, pasti perlu alat cetak khusus. Printer dipakai untuk mencetak dokumen yang sudah selesai diketik. Berbeda cerita jika memakai mesin tik baik manual atau elektrik.

Hasil ketikkan akan langsung bisa dilihat karena tercetak di kertas secara otomatis. Oleh karena itu, kegunaannya masih sangat relevan di era yang serba cepat seperti sekarang. Misalnya saja di kantor kelurahan, dimana dokumen harus cepat diketik.

Selain itu, harga mesin tik juga tergolong terjangkau jika dibandingkan satu set laptop dan printer. Jika hanya difungsikan sebagai pengetik, tentu saja mesin ini tergolong memiliki kegunaan menarik.

Apa Saja Varian Mesin Tik yang Dapat Kamu Jumpai?

Walau proses pengetikan sudah tergantikan oleh laptop dan komputer, nyatanya mesin tik masih diperlukan. Varian yang ada di pasaran juga semakin berkembang, mengikuti perkembangan teknologi saat ini. Mesin tik ada yang jenisnya manual, tanpa tenaga listrik.

Ada juga yang berjenis elektrik, harus dioperasikan memakai tenaga listrik. Tentu saja keduanya memiliki perbedaan baik keuntungan dan kekurangannya. Inilah ulasan perbedaan dua varian mesin tik ini.

  1. Mesin Tik Manual

Mesin tik manual merupakan salah satu varian yang saat ini mulai langka. Ciri khasnya adalah suara tuts ketika ditekan sangat keras. Perlu effort khusus untuk menekan tuts di mesin tersebut, karena tergolong keras.

Mesin satu ini didesain dengan bobot dan ukuran besar, bahkan beratnya mencapai puluhan kilogram. Saat ini semakin jarang produsen yang menyediakan mesin ketik manual, karena sudah ada serian elektriknya.

Tidak ada fitur koreksi otomatis, harus menghapus kesalahan ketik secara manual. Selain itu, untuk pemasangan kertasnya masih memakai cara konvensional. Akan tetapi, beberapa kantor pemerintah masih ada yang memakai varian mesin ketik ini.

Untuk jenis huruf di mesin ketik manual memakai pica dan elite. Warna ketikkannya hanya sebatas hitam dan merah, masih sangat monoton. Harga mesin tik manual ini semakin turun, karena mayoritas mencari yang elektrik.

  1. Mesin Tik Elektrik

Berbeda dengan varian manual, untuk jenis elektrik tergolong lebih praktis. Secara bobot sangat ringan layaknya sebuah laptop. Untuk mengoperasikannya harus memakai tenaga listrik dan baterai.

Secara kinerja, kamu tidak perlu mengeluarkan tenaga ekstra untuk menekan tuts ketik. Cara tekan tuts keyboardnya sama seperti yang ada di laptop atau komputer. Bedanya, mesin ketik ini tidak memiliki layar layaknya laptop.

Akan tetapi, hasil ketiknya bisa didapatkan secara instan. Untuk mesin tik elektrik ini ada beberapa brand yang memproduksinya. Brother dan beberapa brand lain menyediakan varian elektrik. Ada beberapa kelebihan lain dari varian elektrik ini, yaitu:

  • Tersedia fitur yang berguna untuk mengoreksi kata sehingga tidak perlu pakai penghapus manual
  • Memiliki tabulasi desimal, sehingga lebih atraktif dan multi guna
  • Selain itu, kamu bisa memasukkan kertas secara otomatis

Harga mesin tik elektrik ini juga semakin terjangkau, hanya Rp1,5 juta bahkan bisa saja lebih murah. Kamu bisa memperoleh harga yang lebih terjangkau jika membeli varian second.

Pastikan mencari penjual mesin tik elektrik di tempat terpercaya. Kamu dapat memilih mesin tik elektrik dalam berbagai merk. Upayakan cari merk yang sudah terkenal akan kualitasnya.

Brother merupakan salah satu merk mesin tik yang memiliki kualitas optimal. Perusahaan ini memang terkenal akan produksi alat-alat kantornya yang berkualitas. Seperti halnya mesin tik ini.

Daftar Harga Mesin Tik Berdasarkan Aneka Merknya

Ternyata walau sudah ada komputer dan laptop, mesin ketik ini tetap banyak dicari karena alasan kepraktisan. Kamu langsung bisa melihat hasil ketikkan di kertas, tanpa repot mencari printer terlebih dahulu.

Kegunaannya yang menarik, membuat jenis di pasaran semakin banyak. Mesin tik manual memang terkenal keras dan perlu effort tenaga dalam mengoperasikannya. Akan tetapi, saat ini sudah ada mesin tik elektrik yang lebih ringan.

Harga mesin tik elektronik dan manual sebenarnya sama-sama ringan. Cocok sekali sebagai opsi untuk operasional di kantor. Ada merk Panasonic, Brother, dan berbagai merk lain yang dapat kamu pilih.

Berbagai merk ini tentu memiliki harga bervariasi. Dapat kamu cocokkan dengan kondisi budget yang kamu miliki. Berikut ini tabel selengkapnya untuk harga mesin tik elektrik dan manual dari berbagai brand.

Jenis Mesin Tik Pcs
Mesin Tik Elektronik Merk PANASONIC.  IDR 500.000
Mesin Ketik merek Panasonic KX-R305 -Typewriter Elektronik Tik Listrik 305.  IDR 2.224.000
Merek BROTHER GX-8250 – Mesin Ketik Electronic Typewriter Mesin Tik Listrik Elektronik.  IDR 2.600.000
Mesin Ketik merek PANASONIC KX R305 Typewriter Elektronik Tik Listrik 305.  IDR 1.937.000
Merek Nakajima AX 150 Mesin Ketik Elektronik Listrik Aa.  IDR 2.244.000
Merek Royal GAB N110 Mesin Ketik Elektronik Mesin Tik Listrik .  IDR 2.100.000

Mesin tik dari berbagai brand elektronik di atas mayoritas memang menyediakan jenis elektrik. Tentunya harga mesin tik yang tersedia hanya sebagai referensi, tergantung bagaimana ketersediaan dan kebijakan seller.