harga mesin aquarium

Cari Tahu Harga Mesin Aquarium Terbaik di Tahun Ini

Untuk menunjang hobi memelihara ikan dibutuhkan biaya yang tidak sedikit karena harga mesin aquarium pun rata-rata cukup mahal. Memelihara ikan hias di aquarium menjadi sebuah kegiatan yang menyenangkan bagi mereka yang menggemari ikan hias.

Untuk menciptakan lingkungan yang nyaman bagi ikan dalam aquarium dibutuhkan berbagai peralatan yang tidak sedikit. Tentunya aquarium pun ada berbagai jenis yang disesuaikan dengan fungsinya.

Ragam Jenis Aquarium Ikan Hias

Sama-sama terbuat dari kaca, berisi air dan ikan hias, namun nyatanya setiap aquarium memiliki fungsi berbeda. Perbedaan ini hanya bisa diketahui langsung oleh orang-orang yang gemar mengoleksi aquarium.

Kamu yang masih awam pasti menganggap semua jenis aquarium adalah sama. Padahal pada kenyataannya, tidak semua jenis aquarium memiliki fungsi yang sama. Agar lebih jelas berikut ini simak uraian singkatnya.

  1. Aquarium Umum

Jika kamu memiliki sebuah aquarium yang diisi dengan air, sejumlah ikan hias dengan hiasan menyerupai habitat ikan sesungguhnya, maka aquarium yang kamu miliki tersebut dinamakan aquarium umum.

Pemilik aquarium jenis ini akan meletakkan perlengkapan secara tersembunyi, memasukkan jenis-jenis ikan yang saling rukun dengan dasar aquarium terlihat jelas dan posisinya pun indah dipandang mata.

Untuk kebutuhan aquarium umum, biasanya pemilik tidak terlalu mementingkan harga mesin aquarium yang digunakan. Selama mesin tersebut dapat berfungsi, merk dan kapasitas tidak jadi masalah.

  1. Aquarium Kelompok

Aquarium jenis ini berisi beberapa jenis ikan yang masih berada dalam satu kelompok atau keluarga. Dengan hiasan berupa tanaman yang dibutuhkan oleh kelompok ikan tersebut. Di sini harga mesin aquarium yang dipakai sudah cukup tinggi.

Biasanya tanaman air yang digunakan akan diletakkan sesuai dengan posisi ikan-ikan dalam kelompok tersebut. Ikan hias dan ikan konsumsi air tawar umumnya menggunakan aquarium jenis ini.

  1. Aquarium Sejenis

Sangat berbeda dengan aquarium umum, disini unsur keindahan sama sekali tidak diperhatikan. Fungsi utama dari aquarium ini adalah sebagai wadah ikan yang sejenis untuk berkembang biak.

Sebagai wadah untuk membudidayakan ikan, harga mesin aquarium yang digunakan juga sudah pasti tidak main-main agar tujuan budidaya tercapai.

  1. Aquarium Tanaman

Aquarium jenis ini penghuni utamanya bukanlah ikan hias, namun justru tanaman air. Ikan hias hanyalah pemanis yang dimasukkan untuk memelihara ekosistem tanaman air tersebut.

Peralatan Aquarium dan Apa Saja Fungsinya

Setelah mengetahui berbagai jenis aquarium, kini kami akan mengulas ragam peralatan yang dibutuhkan untuk membuat aquarium hidup dan berfungsi sebagaimana mestinya kemudian harga mesin aquarium. Peralatan untuk aquarium ini tidak sedikit.

Namun bagi mereka yang gemar memelihara ikan hias atau berkecimpung dalam bisnis ikan dalam aquarium, bagaimanapun repotnya mengurusi peralatan aquarium tidak akan menjadi masalah yang berarti.

Berbagai peralatan yang harus disiapkan untuk membangun sebuah aquarium dengan ekosistem yang baik dimulai dengan menghadirkan aerator, filter, waterpump hingga corong untuk cacing.

  1. Aerator

Peralatan yang wajib dimiliki sebelum membuat aquarium yaitu aerator. Ini adalah peralatan yang sangat penting dalam membangun ekosistem dalam aquarium. Aerator berfungsi memompa udara dari dalam air sehingga menciptakan balon oksigen.

Balon atau gelembung oksigen ini memiliki manfaat sangat penting bagi ikan yaitu sebagai supplier oksigen bagi ikan. Alat ini juga menciptakan rus yang disukai ikan dan mendorong kotoran untuk berkumpul di area filter.

  1. Filter

Seperti namanya, fungsi alat ini adalah untuk menyaring semua kotoran yang ada dalam air akibat sisa makanan, tanaman air yang busuk atau kotoran dari ikan itu sendiri. Dengan filter yang baik kondisi air tetap bersih dan ikan tetap sehat.

  1. Sirkulator

Alat ini berfungsi untuk memompa air dan menjadi satu dengan filter. Cara kerjanya adalah dengan menyedot air di bagian bawah lalu dikeluarkan kembali ke permukaan melalui filter. Dengan demikian, kondisi air tetap bagus dan bersih.

  1. Lampu Penerangan

Untuk aquarium jenis tertentu, lampu penerangan hanya bersifat estetis saja. Tidak digunakan pun tidak mengapa. Tetapi untuk aquarium tanaman, lampu penerangan wajib ada karena akan sekaligus membantu fotosintesa pada tanaman.

  1. Heater atau Thermometer

Jika kamu tinggal di daerah yang dingin, maka kamu perlu memasang heater di dalam aquarium agar suhu air tetap hangat dan kondusif bagi ikan di dalamnya. Gunakan thermometer untuk mengecek suhu air, jangan sampai ikan mati kedinginan.

Jenis Mesin Aquarium Terbaik Tahun Ini

Untuk menunjang kehidupan dalam aquarium, dibutuhkan mesin aquarium yang baik dan berkualitas. Tentu saja jika bicara kualitas ada harga yang berbicara di sana. Harga yang dibanderol sangat beragam mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

Berikut ini simak beberapa pilihan harga mesin aquarium dari tiga merk yang cukup terkenal di kalangan penggemar aquarium hias.

  1. Perlengkapan Aquarium Merk Aquilla

Aquilla adalah merk yang cukup terkenal dikalangan pemilik aquarium. Merk ini menyedikan aneka perlengkapan aquarium terbaik dengan harga yang cukup terjangkau.

Harga mesin aquarium kecil power head merk Aquilla dibanderol dengan harga mulai dari Rp. 100,000. Ini harga yang dibanderol untuk mesin tipe P-600. Sementara produk yang lebih berkualitas lainnya adalah produk Aquilla P-3900.

Pompa P-3900 mampu memompa air sebanyak 3200 liter/jam. Pompa ini dibanderol dengan harga Rp. 200,000. Untuk mesin pompa, Aquilla memiliki unit yang sangat murah yaitu SP120AA yang dijual dengan harga Rp. 35,000 saja.

  1. Perlengkapan Aquarium Merk Amara

Perlengkapan aquarium yang disediakan oleh Amara tergolong lengkap, mulai dari aerator hingga wave maker. Mesin aquarium mini sejenis aerator merk Amara dijual dengan harga mulai dari Rp. 30,000 hingga Rp. 32,000 saja.

Selain itu, ada juga peralatan wave maker yang berfungsi membuat gelombang. Harga wave maker Amara dipatok Rp. 90,000 saja. Sementara untuk harga mesin aquarium nya, Amara memiliki produk dengan harga mulai dari Rp. 200,000 yaitu AA-5603.

Perlengkapan aquarium merk Amara ini memang terkenal murah dan berkualitas sehingga banyak diburu oleh pecinta aquarium.

  1. Perlengkapan Aquarium Merk Atman

Produk yang berasal dari negeri sakura Jepang ini dikenal berkualitas tinggi. Atman menyediakan berbagai pilihan perlengkapan aquarium terbaik dengan kisaran harga mesin aquarium ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Salah satu produk Atman yang cukup terjangkau yaitu pompa air AT201 yang dibanderol dengan harga Rp. 100,000. Ini merupakan filter aquarium yang bekerja dengan cara dimasukkan ke dalam air.

Untuk ukuran yang lebih besar, Atman menyediakan jenis pompa yang lain yaitu pompa pond filter seharga Rp. 2,000,000. Salah satu produk terlaris dari Atman adalah filter gantung tipe HF-0300 seharga Rp. 138,000.

Filter gantung lainnya yang juga cukup laris dijual di kisaran harga Rp. 105,000 dan Rp. 200,000. Untuk mesin aquarium Atman yang premium adalah tipe Caninster yang dibanderol dengan harga Rp. 2,500,000.

Daftar Harga Mesin Aquarium Terbaru 2022

Untuk memudahkan kegiatan kamu dalam membuat ekosistem aquarium yang lebih baik, berikut ini kami buatkan daftar harga beberapa jenis perlengkapan aquarium dengan harga yang sudah kami update.

Merk & Type Mesin Aquarium  Harga (Rp)
Amara AA1600 60.000
Amara AA350 32.000
Amara AA501 57.000
Amara Q-3 21.000
Amara SP1200A 35.000
Amara AA8710 87.000
Amara P5200 245.000
Amara AA900 51.000
Yamano WP105 189.000
Yamano WP3600 109.000
Resun AC9904 264.000
Aquila PS2500 300.000
Atman AT107 500.000
Atman AT106 415.000
Atman AT103 150.000
Atman AT201 125.000

 

Bagi para penyuka aquarium, memandang keindahan tanaman hias di dalam aquarium yang ditingkahi gemulai ikan hias menjadi kebahagiaan tersendiri. Karenanya walaupun harga mesin aquarium tergolong mahal namun sepadan dengan hasilnya.