harga manggis

Inilah Informasi Harga Manggis di Berbagai Daerah Indonesia

Tahukah kamu bahwa harga manggis di pasaran cenderung stabil? Hal ini disebabkan karena buah satu ini memiliki ketersediaan yang cukup di pasaran. Indonesia sebagai negara tropis merupakan tempat yang bagus untuk pertumbuhan pohon manggis.

Buah satu ini disukai masyarakat karena memiliki rasa manis dan legit. Selain itu, secara manfaat kesehatan juga tergolong kompleks. Pasti kamu tidak asing dengan beberapa produk herbal dengan bahan baku kulit manggis.

Hal ini menjadi salah satu bukti bahwa buah manggis memang sarat manfaat. Bagi yang ingin menikmati buah tropis ini, ketahui terlebih dahulu harganya di pasaran. Ini dia harga buah manggis selengkapnya yang bisa kamu jadikan referensi.

Manggis, Buah Kaya Manfaat dan Memiliki Rasa Lezat

Manggis merupakan salah satu jenis buah tropis yang memiliki cita rasa nikmat dengan buah berwarna putih. Kulit manggis sendiri berwarna merah tua, cenderung kehitaman. Kulitnya tergolong tebal, jika dikupas akan membekas warna merah di jari.

Buah dengan bentuk menarik ini tergolong berbiji tunggal dengan rasa berair. Sebagai salah satu buah tropis, manggis memiliki prospek menarik untuk dibudidayakan. Hal ini tidak lepas dari berbagai manfaat yang dimilikinya.

Buah manggis ini hadir dengan kandungan antioksidan tinggi. Tidak heran jika harga manggis di pasaran tertentu bisa melonjak. Bahkan banyak juga petani buah satu ini yang kemudian mengekspornya ke luar negeri.

Tiongkok merupakan salah satu negara yang kerap menerima ekspor buah satu ini. Biasanya di negara tersebut, manggis diolah menjadi aneka obat-obatan herbal. Beberapa ciri-ciri buah manggis kualitas ekspor dan matang diantaranya:

  • Kulit buah manggis saat matang akan tampak merah, cenderung ungu kehitaman
  • Daging buah matang besar-besar, dengan kadar air yang tinggi
  • Permukaan kulit buah jika ditekan akan terasa empuk, menandakan buah di dalamnya sudah matang sempurna
  • Buah dalam kualitas baik memilki tangkai yang berwarna hijau segar. Biasanya harga buah manggis untuk kualitas ini cenderung bagus
  • Bentuk manggis berkualitas bulat sempurna, tidak ada cacat di permukaannya

Ragam Manfaat Manggis dari Daging, Kulit, Sampai Daun

Julukan ratu buah memang bukanlah omong kosong untuk buah satu ini. Hal ini sangat berdasar karena manfaat yang dimiliki manggis memang sangatlah tinggi. Kamu bahkan bisa mendapatkan aneka manfaatnya dari kulit, buah sampai daun.

Manfaat yang bisa kamu peroleh dari buah ini bisa untuk keperluan konsumsi sampai kesehatan. Walau harga manggis cenderung terjangkau untuk ukuran orang Indonesia, tidak membuat manfaatnya minim. Berikut beberapa manfaat dari Si Ratu Buah lezat ini.

  1. Manfaat Manggis dari Dagingnya

Salah satu yang menjadi favorit masyarakat dalam mengonsumsi manggis karena rasa dagingnya nikmat. Daging manggis yang segar, manis, dan berair ini kaya akan manfaat bagi tubuh, seperti:

  • Membantu menurunkan berat badan, cocok sebagai bahan konsumsi saat diet
  • Membantu mendukung kesehatan otak dan mental
  • Membantu merawat organ pencernaan, agar selalu sehat
  • Membantu merawat kesehatan dan tampilan kulit tubuh
  1. Manfaat Manggis dari Kulitnya

Siapa sangka jika harga buah manggis di beberapa daerah yang mahal, karena dipakai sebagai bahan baku obat herbal. Kulit manggis merupakan bagian yang kerap dimanfaatkan untuk bahan baku ramuan herbal, karena sarat manfaat seperti:

  • Membantu mencegah sel kanker bertumbuh lebih ganas
  • Membantu meningkatkan imunitas tubuh
  • Membantu mengontrol kadar kolesterol dalam darah
  • Membantu mengatasi keluhan sembelit
  1. Manfaat Manggis dari Daunnya

Daun manggis kerap dianggap tidak berguna bagi sebagian besar orang awam. Padahal, untuk keperluan obat herbal banyak yang memanfaatkan daunnya untuk meracik ramuan herbal, dengan beberapa manfaat seperti:

  • Membantu mengurangi rasa nyeri di bagian tertentu tubuh, misalnya kepala
  • Membantu menyembuhkan dan menetralkan tekanan darah tinggi
  • Membantu penyembuhan sakit diare
  • Membantu menguatkan imunitas tubuh, sehingga tidak gampang drop

Informasi Aneka Harga Manggis di Beberapa Lokasi

Setiap lokasi ternyata memiliki harga pasaran buah manggis yang berbeda. Hal ini dikarenakan kondisi lokasi tidaklah sama satu dengan lainnya. Misalnya ada daerah yang ketersediaan manggis melimpah karena memang banyak kebun buah tropis ini.

Akan tetapi, ada juga sejumlah kawasan yang jarang dijumpai kebun manggis, sehingga memerlukan distribusi dari luar. Selain itu, faktor ekonomi daerah juga andil dalam perbedaan harga buah kaya manfaat ini.

  1. Pesisir Selatan

Pesisir Selatan Jawa merupakan salah satu daerah padat penduduk, dengan mayoritas nelayan. Tentu saja untuk ketersediaan manggis di kawasan ini sangat terbatas, mengingat perkebunannya tergolong jauh.

Walau demikian, distribusi dari daerah luar untuk buah manggis tetap ada di kawasan ini. Harga manggis di kawasan ini sebenarnya cukup tinggi, karena keterbatasan jumlah. Harga per kilogram untuk ratu buah ini mencapai Rp31.000.

  1. Bengkulu

Ada sebuah kawasan di Bengkulu yang menjadi pusat penjualan manggis, yakni wilayah Benteng. Kamu bisa menjumpai penjual manggis berjajar di pinggir jalan, dengan harga yang bervariasi.

Manggis di kawasan ini memang kerap dijadikan oleh-oleh bagi para wisatawan yang sedang liburan ke Bengkulu. Untuk harga manggis per kilogram di kawasan ini sangat murah, hanya Rp10.000 sampai Rp15.000.

  1. Jakarta

Kota besar dengan padat penduduk ini merupakan pengonsumsi buah manggis yang cukup tinggi. Buah manggis yang ada di kawasan ini diperoleh dari distribusi luar daerah. Ada juga beberapa kawasan pedesaan di pinggir Jakarta yang ada kebun manggis.

Akan tetapi, ketersediaan lokalnya masih sangat terbatas Jika dilihat dari segi ekonomi sekitar dan ketersediaan, manggis di Jakarta dijual dengan harga sekitar Rp30.000 per kilogram.

  1. Manggis Ekspor

Indonesia memang menjadi salah satu penghasil manggis kualitas ekspor. Tentu saja untuk harga manggis lokal dengan kualitas ekspor akan jauh berbeda. Tiongkok merupakan negara pengimpor manggis dari Indonesia, dimana harga per kilo mencapai Rp100.000.

  1. Lombok

Ada sebuah daerah di Lombok yang bernama Narmada, dekat sekali dengan berbagai pusat wisata. Daerah tersebut mulai secara serius berubah menjadi daerah penghasil manggis.

Alhasil, harga manggis di daerah ini cenderung lebih terjangkau karena ketersediaannya melimpah. Sejumlah daerah lain seperti Batu Merak, Keru, sampai Tanah Tepong juga menjadi penghasil manggis di Lombok.

Manggis yang dijual dari kawasan Narmada ini dibandrol Rp10.000 hingga Rp15.000 per kilogram. Akan tetapi, saat sedang langka, harga melonjak menjadi Rp50.000 per kilogram.

Informasi Aneka Harga Manggis dalam Bentuk Tabel Per Kg

Untuk mempermudah memahami harga buah manggis, kamu bisa juga melihatnya dalam bentuk tabel. Setiap daerah memang memiliki harga per kilo manggis secara bervariasi. Hal ini tergantung ketersediaan dan kondisi ekonomi daerah tersebut.

Mulai dari Banten, kawasan pesisir selatan, sampai Lombok memiliki harga yang bervariasi. Khusus daerah pesisir selatan, harga buah manggis cenderung tinggi karena memang faktor tertentu.

Salah satunya lokasinya yang jauh dari perkebunan manggis. Tidak hanya itu, kawasan Jakarta yang termasuk kota metropolitan juga memiliki harga buah manggis yang cenderung tinggi. Lebih lengkapnya, kamu bisa melihat daftarnya dalam bentuk tabel harga ini.

Berat & Lokasi Penjualan Manggis Harga Manggis
Manggis 1 kg di Banten.  IDR 5.000
Manggis 1 kg di Banyuwangi.  IDR 8.000
Manggis di Banyuwangi.  IDR 8.500
Manggis di Bengkulu 1 kg.  IDR 10.000
Manggis di Jakarta 1 kg.  IDR 30.000
Manggis di Pesisir Selatan.  IDR 31.000
Manggis di Lombok 1 kg.  IDR 15.000
Manggis di Cina per 1 Kg.  IDR 100.000

Sebagai buah kaya nutrisi, rasa dari manggis memang sangat nikmat. Bahkan bisa kamu jadikan sebagai bahan baku pembuatan ramuan herbal. Informasi harga manggis di atas, bisa menjadi opsi menarik sebelum kamu memutuskan untuk membelinya.