Harga Kemangi

Ulasan Harga Kemangi di Pasaran, Daun Wangi Kaya Manfaat

Bagi pecinta lalapan, mengetahui harga kemangi di pasaran tentu wajib dilakukan. Sebagai salah satu sayur untuk lalapan, kemangi memang menjadi favorit tersendiri. Rasanya memang agak getir, tetapi aromanya sangat menggugah selera.

Selain itu, sebagai bumbu aromatic masakan, kemangi juga kerap diberikan. Kamu dapat memakai kemangi ini sebagai pilihan menarik untuk menambah cita rasa. Tentu saja secara harga, per ikatnya tergolong murah.

Untuk mendapatkannya juga tidaklah sulit. Bisa kamu peroleh di beberapa tempat, seperti pasar tradisional sampai swalayan. Ulasan kali ini akan membahas tentang harga kemangi di pasaran, yang tentunya menarik diketahui.

Mengenal Kemangi, Daun Mungil Sarat Manfaat dan Beraroma Unik

Kemangi sebenarnya merupakan tumbuhan yang hidup secara liar. Akan tetapi, seiring banyaknya permintaan pasar, tentu saja budidayanya dilakukan. Tidak jarang beberapa lokasi membudidayakan kemangi untuk kebutuhan konsumsi.

Kamu dapat mencoba mengonsumsinya sebagai lalapan dan penambah rasa dari masakan. Kemangi ini sangat wangi, bahkan cocok sebagai penghilang rasa amis dari sebuah ikan atau daging.

Selain untuk kebutuhan masakan, daun mungil ini ternyata dimanfaatkan untuk pengobatan tradisional. Ekstrak minyaknya kerap dimanfaatkan untuk obat herbal, menangani penyakit tertentu.

Memang ada beberapa orang yang kurang menyukai aromanya. Akan tetapi, hal ini tidak membuat ketersediaannya terbatas. Harga kemangi yang murah, tentu membuatnya semakin mudah dijumpai.

Mengulas Kegunaan Kemangi yang Sangat Bervariasi

Harga daun kemangi yang murah, bukan berarti membuatnya minim akan manfaat. Justru khasiatnya sangat tinggi, tidak sekadar untuk bumbu masakan. Untuk perawatan wajah sampai obat herbal, kemangi biasa dicari.

Ketahanan tanaman ini juga sangat baik, bahkan bisa tumbuh liar di pekarangan. Selain membeli, kamu bisa juga menanamnya sendiri di pekarangan rumah. Lebih lengkap tentang harga kemangi dan manfaatnya akan diulas berikut ini.

  1. Membantu Pengobatan Infeksi

Infeksi dikarenakan hal-hal tertentu memang wajib untuk dicegah. Jika terlanjur mengalaminya, sebaiknya obati dengan baik. Selain memakai obat dokter, kamu bisa mencoba menggunakan kemangi.

Daun kemangi ini kaya akan antiseptic yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab infeksi. Sangat cocok untuk alternatif pengobatan sehingga infeksi menjadi lebih mudah tertangani.

  1. Meningkatkan Kekebalan

Harga kemangi yang tergolong murah memang sarat akan manfaat. salah satunya sebagai penjaga kekebalan tubuh. Tubuh yang kebal akan gangguan racun dan zat toxic dari luar, tentu lebih sehat.

Kemangi memiliki kandungan antioksidan yang tergolong tinggi, sangat cocok untuk menjaga kekebalan tubuh. Selain itu, ada juga vitamin lengkap, serat, sampai mineral yang tersedia.

Kamu dapat memakai produk kemangi seperti bubuk, kemangi kering, hingga jenis yang masih segar. Olah menjadi tambahan aromatic dalam tumisan untuk menciptakan cita rasa masakan yang lezat.

  1. Cocok untuk Perawatan Wajah

Memiliki wajah yang berseri dan sehat tentu menjadi salah satu dambaan tersendiri. Kamu dapat memiliki wajah sehat ini dengan perawatan alami. Daun kemangi bisa menjadi pilihan perawatan yang optimal tanpa efek samping.

Ada minyak daun kemangi yang dapat digunakan sebagai pelembab. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi kemangi mentah untuk memaksimalkan asupan serat dan vitamin.

Jangan lupa untuk mengimbanginya dengan perawatan tambahan. Misalnya saja memilih skin care yang tepat. Selain itu, jangan terbiasa begadang agar kulit terjaga kesehatannya secara optimal.

  1. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Kolesterol yang berlebih merupakan sumber penyakit yang harus diwaspadai. Kemangi dapat menjadi pilihan sumber makanan sehat untuk kolesterol. Kolesterol yang kadarnya terkontrol, tentu akan membuat kesehatan jantung terjaga.

Daun kemangi dapat kamu jadikan lalapan setiap harinya. Selain itu, bisa juga diambil ekstraknya untuk dijadikan sebagai ramuan herbal. Kesehatan jantung yang terjaga, tentu akan membuat hidup lebih sehat.

Pastikan juga kamu selalu memerhatikan pola hidup sehat lain. Misalnya dengan menjaga kesehatan tubuh melalui olahraga teratur. Jangan dibiasakan mengonsumsi makanan junk food juga agar kesehatan jantung selalu terjaga.

  1. Lalapan Sehat Kaya Serat

Sebagai salah satu sumber serat, kemangi bisa kamu konsumsi secara langsung. Memang umumnya mengonsumsi daun wangi ini dilakukan dalam kondisi mentah. Jarang ada yang menumisnya karena sifat kemangi memang hanya sebagai aromatic.

Jika bosan mengonsumsi sayur padahal harus memperbanyak asupan serat, maka kemangi bisa menjadi pilihan. Kamu bisa menambahkannya saat memakan ayam goreng, ikan, dan sejenisnya. Serat yang cukup dikonsumsi, tentu akan membuat tubuh kian sehat.

Aneka Jenis Kemangi yang Bisa Kamu Manfaatkan

Ocimum basilicum, nama lain dari daun kemangi ini tidak hanya didapati dalam satu jenis varian. Ada beberapa macam varian yang dapat kamu jumpai di pasaran. Harga kemangi setiap variannya tentu berbeda, tergantung bagaimana prosesnya.

Paling murah tentu kemangi basah, karena belum banyak proses yang dilalui. Ada juga kemangi bubuk, varian paling mahal. Lebih lengkapnya tentang aneka jenis kemangi ini, akan diulas sebagai berikut.

  1. Kemangi Basah

Jenis kemangi yang paling sering di pasaran adalah kemangi basah. Varian ini tergolong gampang diolah menjadi berbagai macam masakan. Selain itu, jenis kemangi basah ini juga cocok untuk pembuatan produk turunan kemangi lainnya. Harga kemangi basah bisa dijual per ikan Rp500 sampai Rp1.000. ada juga yang menjualnya dalam skala kiloan.

  1. Kemangi Bubuk

Jika di daerahmu kurang gampang mendapati kemangi basah, coba varian bubuknya. Kemangi bubuk ini bisa menjadi pilihan bumbu masakan yang praktis. Selain itu, secara keawetan juga jangka panjang, cocok untuk persediaan.

Kemangi bubuk ini biasanya dikemas dalam bentuk botol kecil. Umumnya dijual per 5 gram, dengan harga sekitar Rp24.000 sampai Rp30.000. memang ada beberapa proses yang harus dilalui, sehingga produk kemangi ini lebih mahal.

  1. Kemangi Kering

Kemangi kering merupakan alternatif jika ingin menikmati daun aromatic ini dengan cara berbeda. Varian satu ini diperoleh dari mengeringkan kemangi basah. Biasanya penggunaannya sebagai bahan baku aneka herbal.

Selain itu, ada juga yang memakainya sebagai bumbu masakan yang awet. Harga daun kemangi kering tentu lebih mahal dari jenis basah. Ada proses yang harus dilalui, sehingga memengaruhi harga jualnya.

Daftar Harga Kemangi Berdasarkan Berat dan Jenisnya di Pasaran

Setelah tahu aneka manfaat dan jenisnya, kamu harus tahu juga harga kemangi yang ada di pasaran. Umumnya yang membedakan dari segi harganya adalah berat dan kemasannya.

Selain itu, antara kemangi basah dan olahan juga memiliki perbedaan signifikan. Semakin banyak proses yang dilalui, tentu saja harganya lebih mahal. Seperti dalam kemangi bubuk misalnya.

Harga per ikat untuk kemangi basah masih tergolong sangat murah. Paling mahal adalah harga daun kemangi bubuk kiloan. Lebih lengkapnya akan diulas di dalam tabel berikut.

Jenis & Berat Kemangi Harga Kemangi
Kemangi Segar 1 ikat IDR 1.000 s/d IDR 2.000
Kemangi Segar 1 kg  IDR 20.000
Kemangi Kering Botol 50 Gram (Merk RASA)  IDR 11.500
Kemangi Kering Botol 20 Gram (Merk 113)  IDR 12.900
Kemangi Kering 100 Gram  IDR 20.000
Kemangi Kering 1 kg  IDR 200.000
Kemangi Bubuk 250 Gram  IDR 25.000
Kemangi Bubuk 500 Gram  IDR 48.000
Kemangi Bubuk 1 kg  IDR 105.000

Ternyata kemangi walau bentuknya kecil sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan. Tidak heran, harga kemangi yang mahal walau sudah diolah, tetaplah diburu karena kaya akan manfaat.