harga kayu ulin

Perbedaan Harga Kayu Ulin Berdasarkan Wilayah Penjualannya

Beberapa waktu ini memang sangat ramai pembicaraan mengenai harga kayu ulin yang sangat mahal. Selain alasan dari harganya yang sangat mahal, keterkenalan jenis kayu satu ini juga karena kualitasnya yang sangat baik

Kayu ulin memang tidak begitu terdengar sebelumnya. Jika dibandingkan dengan kayu jati atau sengon, kayu ulin memang tidak lebih populer dari kedua jenis kayu tersebut.

Lalu pernahkah kamu melihat kayu ulin? Jika belum, kamu perlu membaca ulasan yang berikut ini.

Pengertian Apa Itu Kayu Ulin

Kayu ulin merupakan salah satu jenis kayu yang banyak ditemui di Indonesia. Kayu jenis ini juga memiliki nama lain yakni kayu besi. Penamaan ini tentu bukan hanya sembarang memberi nama.

Kayu ulin terkenal sebagai kayu yang sangat kuat dan kokoh. Dengan kualitasnya yang sangat kuat dan kokoh inilah yang membuat kayu ulin dijuluki sebagai kayu besi asli nusantara.

Harga kayu ulin ini tergolong cukup mahal jika dibandingkan dengan jenis kayu lainnya. Harganya yang mahal tidak menjadikan kayu ini lantas tidak laku di pasaran.

Justru dengan harganya yang mahal menjadikan banyak orang percaya bahwa kayu ini benar-benar memiliki kualitas yang sangat baik. Lalu dengan lakunya kayu ini di pasaran, apa sebenarnya kegunaan kayu ulin dalam pembangunan rumah?

  1. Kayu Ulin untuk Pagar

Setelah mengetahui apa itu kayu ulin, tentu kamu sudah paham bahwa kayu ini sering digunakan untuk pembangunan rumah. Selain itu, ternyata kayu ini bisa digunakan untuk bahan pagar rumah.

Harga kayu ulin yang cukup mahal menunjukkan seberapa unggul kualitasnya jika dibandingkan dengan kayu jenis lainnya. Tentu kualitas inilah yang dicari oleh masyarakat untuk digunakan sebagai bahan bangunan termasuk bagian pagar.

Kayu ulin memiliki kekutan yang cukup baik jika dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan pagar. Pasalnya, kayu ulin sangat kuat meski sering terkena hujan berhari-hari.

Kayu yang digunakan untuk pembuatan pagar tidak membutuhkan ukuran yang begitu besar. Justru kayu ulin yang dicari untuk pembuatan pagar yakni kayu dengan bentuk fisik yang padat, lebar dan tinggi.

Jika kamu berniat untuk membelinya, harga kayu ulin untuk pagar ini berkisar mulai Rp. 136.000 dengan ukuran 2x10x190 cm dan jenisnya yakni kayu ulin kalimantan. Jika kamu membeli dengan ukuran dan jenis yang lain, harganya akan berbeda.

  1. Kegunaan Kayu Ulin yang Sudah Bekas

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kayu ulin memiliki kekuatan yang sangat hebat dan terbukti sangat tahan lama. Sehingga meski umur dari kayu ini sudah tua, fisiknya tetap sangat kuat.

Bahkan, kayu ulin yang sudah bekas tetap bisa digunakan dengan sangat baik untuk berbagai keperluan. Kayu ulin bekas biasanya bisa digunakan untuk keperluan renovasi rumah.

Berbeda dengan kayu ulin baru, harga kayu ulin bekas lebih murah. Tentu ini akan menjadi solusi bagi kamu yang tidak ingin mengeluarkan dana yang cukup besar. Meski bekas, jangan salah! Kualitas dari kayu ulin bekas tetap sangat kokoh.

Harga dari kayu ulin bekas dibandrol mulai dari kisaran Rp. 280.000/m3. Untuk mendapatkannya, kamu bisa mencari distributor kayu ulin secara langsung atau bisa juga membelinya melalui online.

Manfaat dan Kegunaan Kayu Ulin

Nusantara kita memang memiliki banyak sekali kekayaan berlimpah yang tentu hal ini tidak bisa lepas dari persoalan flora termasuk pohon yang kemudian menghasilkan kayu ulin berkualitas super.

Kayu ulin menjadi salah satu jenis kayu yang banyak mendapat perhatian oleh masyarakat Indonesia untuk pemanfaatannya sebagai bahan bangunan pada keperluan proyek pembangunan rumah, pertokoan maupun gedung lainnya.

Penggunaan kayu ulin yang sangat banyak ini membuat harga kayu ulin melonjak tinggi hingga memberi keuntungan yang sangat besar bagi penjualnya. Hal inilah yang juga merupakan manfaat dari bahan ini yakni sebagai bisnis penjualan kayu.

Perbedaan Harga Kayu Ulin di Pasaran

Perlu kamu tahu bahwa ternyata harga dari setiap daerah yang berbeda, nilai jual dan belinya juga berbeda. Berikut merupakan gambaran perbedaan harga dari kayu ulin ini.

  1. Kayu Ulin di Bali

Bali merupakan salah satu wilayah yang memiliki tingkat penggunaan kayu ulin sangat tinggi. Kayu ini digunakan untuk beragam peralatan rumah tangga dan hiasan untuk tempat-tempat kesenian.

Harga kayu ulin di Bali ini berkisar mulai dari Rp. 16.000.000/m3. Tentu harga ini sangat mahal.

  1. Kayu Ulin di Banjarmasin

Selain Bali, wilayah yang termasuk kota besar di Indonesia yakni Banjarmasin ini juga memiliki tingkat penggunaan kayu ulin yang sangat tinggi. Meski tidak seperti di Bali yang harganya sangat tinggi, harga di Banjarmasin justru lebih murah.

Jika kamu berminat untuk membeli kayu ini, sepertinya kamu bisa untuk membelinya di Banjarmasin jika letak rumahmu cukup dekat dengan kota ini.

Mengenai kisaran harga kayu ulin di Banjarmasin yakni senilai Rp. 11.000.000/m3. Harga ini tentu sangat jauh jika dibandingkan dengan harga di Bali dan kalimantan yang dijual dengan harga Rp. 16.000.000.

Untuk lebih memudahkan kamu membedakan harga kayu ini berdasarkan wilayahnya, perhatikan daftar harga kayu untuk setiap ukuran 1 kubik sesuai perbedaan wilayah kotanya.

Nama Kota Harga
Bali Rp. 16.000.000
Kalimantan Rp. 16.000.000
Banjarmasin Rp. 11.000.000
Balikpapan Rp. 20.000.000

 

Harga dari kayu ulin ini memang sangat berbeda-beda jika disurvey berdasarkan wilayah penjualannya. Namun faktor yang membedakan harga dari kayu bukan hanya dari wilayah penjualannya saja melainkan juga karena ukurannya.

Jika ditimbang dari ukuran kayu yang berbeda-beda, harga yang dipatok untuk kayu ulin ini ialah:

Jenis dan Ukuran Kayu Ulin Harga per 1 Meter
Kayu Ulin Ukuran 2x10x200 cm Rp. 250.000/Btg
Kayu Ulin Ukuran 17x80x1200 mm Rp. 375.000/m2
Kayu Ulin Ukuran 18x80x1200 mm Rp. 450.000/m2
Kayu Ulin Ukuran 19x80x1200 mm Rp. 500.000/m2
Kayu Ulin Ukuran 19x90x1200 mm Rp. 650.000/m2
Kayu Ulin Ukuran 19x100x1200 mm Rp. 700.000/m2
Kayu Ulin Ukuran 20x10x1200 mm Rp. 750.000/m2

 

Harga di atas merupakan harga untuk penjualan kayu ulin saat ini saja. Harga akan selalu berubah-ubah tergantung dari banyaknya permintaan kayu ulin dan faktor-faktor yang lainnya.

Untuk mengetahui informasi yang pasti mengenai harga kayu ulin, kamu bisa mencarinya secara berkala melalui internet sebelum membeli kayu ulin ini. terlepas dari itu, sebenarnya apa yang membuat kayu ini dihargai sangat mahal?

Alasan Mengapa Kayu Ulin Memiliki Nilai Jual Tinggi

Pemasangan harga kayu ulin yang sangat mahal memang bukan tanpa alasan. Kayu yang sangat kuat dan kokoh hingga dijuluki sebagai kayu besi ini tentu tidak bisa dijual dengan harga sembarangan.

Bahkan, kayu ini dipercaya bisa sangat tahan lama meski terkena air hujan berhari-hari maupun air laut. Selain itu, mengingat fungsinya yang sangat beragam dan permintaan yang sangat tinggi di pasaran tentu membuat kayu ini sangat mahal.

Kayu ulin menjadi salah satu bukti akan kekayaan flora di Indonesia. Kayu ini memiliki kualitas yang sangat baik dan manfaat yang besar bagi beberapa sektor termasuk sektor pembangunan di Indonesia.

Dengan kualitas dan permintaannya yang tinggi di pasaran sebagai bahan bangunan kokoh dan super tentu hal ini menjadi salah satu alasan mengapa harga kayu ulin bernilai sangat tinggi.