Harga kayu besi

Inilah Ulasan Harga Kayu Besi Beberapa Daerah di Indonesia

Sudah menjadi rahasia umum bahwa harga kayu besi tergolong mahal. Bahkan harganya hampir menyerupai emas hijau, yakni kayu jati. Kayu yang banyak tumbuh di hutan tropis Indonesia ini memang terkenal akan kekuatannya.

Meski sekarang sudah banyak beredar material seperti besi, baja, hingga alumunium, kayu tetap mendapat perhatian. Banyak pemilik bangunan yang masih setia dengan material kayu karena beberapa alasan.

Mulai dari ketahanan, estetika, hingga menginginkan nuansa bangunan yang lebih alami. Tidak heran, harga kayu besi masih sangat stabil karena permintaan yang tinggi. Lebih lanjut tentang kayu besi dan harganya akan diulas berikut ini.

Tentang Kayu Besi, Bahan Baku Berkualitas dari Indonesia

Sebelum membahas berapa sebenarnya harga kayu besi, kenali dahulu bahan baku bangunan kuat ini. Kayu besi juga kerap disebut dengan istilah kayu ulin di beberapa daerah. Hutan Kalimantan hingga Papua merupakan tempat tumbuh tanaman ini.

Penamaan kayu besi sebenarnya bukan tanpa sebab, karena melihat dari bagaimana ketahanannya. Disebut dengan kata besi karena struktur kayu tergolong kuat, tidak mudah termakan rayap.

Selain itu, secara ketahanan juga sangat optimal terutama pada air. Tidak heran sangat diburu sebagai pembuat konstruksi bangunan. Kualitas yang optimal ini menjadikan harga kayu besi di pasaran tergolong tinggi.

Selain itu, faktor masa tumbuh yang tergolong lama juga memengaruhi harga jual tersebut. Kayu besi ini bisa dijumpai di hampir seluruh wilayah Indonesia. Iklim tropis yang dimiliki Indonesia memang membuat tanaman kayu ini tumbuh baik.

Akan tetapi, secara harga jual, kayu satu ini berbeda setiap daerahnya. Tergantung dari ketersediaan, akses, hingga ekonomi daerah setempat. Untuk kegunaan selengkapnya, akan diulas dalam poin selanjutnya.

Kegunaan Kayu Besi di Untuk Berbagai Macam Keperluan

Sebagai pohon dengan batang sekuat besi, tentu manfaatnya sangat berlimpah untuk berbagai keperluan. Terutama untuk pembangunan berbagai macam hal seperti rumah sampai jembatan.

Kegunaannya yang berlimpah, membuat harga kayu besi cukup stabil, bahkan cenderung tinggi. Tidak heran beberapa orang banyak yang membudidayakan jenis kayu ini karena harganya menggiurkan. Ini dia ulasan beberapa kegunaan kayu besi.

  1. Membuat Jembatan

Jembatan kayu masih dibuat di beberapa daerah, seperti misalnya untuk jembatan-jembatan sungai di pedesaan. Material untuk membuat jembatan ini harus ekstra kokoh, tidak lapuk terkena air.

Kayu ulin merupakan pilihan menarik untuk membuat jembatan kokoh. Kayu ulin yang sangat besar ini nantinya akan dipotong-potong sesuai ukuran jembatan.

  1. Pembuatan Kolam Renang

Kolam renang yang menampung banyak air memerlukan material lantai tahan lama. Keramik dan semen merupakan material pembuatan lantai kolam renang yang berkualitas. Akan tetapi, kayu ulin juga bisa dijadikan alternatif.

Kayu ulin ini cocok sebagai pilihan karena ketahanannya kuat terhadap air. Selain itu, dengan material lantai kayu, bagian dasar kolam juga tidak mudah licin. Secara estetika, kayu ulin ini juga sangat terlihat menarik.

  1. Membangun Rumah

Bahan pembuatan rumah di era modern seperti sekarang memang sudah sangat bervariasi. Walau demikian, kayu tetap menjadi pilihan nomor satu, termasuk kayu besi ini. Biasanya, penggunaan kayu dipakai untuk membangun kerangka atap.

Selain itu, pembangunan pondasi dan struktur kerangka rumah juga masih ada yang memakai kayu ulin. Untuk lantai, kayu besi ini juga masih banyak yang memakai khususnya di daerah pedesaan.

  1. Keperluan Perkapalan

Harga kayu besi tergolong tinggi karena dari segi kekuatan sangat menarik. Kayu besi memiliki daya tahan bagus terhadap air asin dan tawar. Permukaannya tidak mudah lapuk, sangat cocok untuk keperluan perkapalan.

Saat ini masih banyak kapal-kapal nelayan yang menggunakan kayu sebagai bahan pembuatannya. Kayu ulin ini sangat dicari walau sekarang tergolong langka. Harganya yang tinggi sebanding dengan kualitas jangka panjangnya.

Kapal-kapal nelayan berukuran sedang hingga besar banyak yang memakai bahan dasar ini. Selain itu, secara struktur juga mudah sekali dibuat dan dibentuk dengan aneka macam jenis.

Harga Kayu Besi di Beberapa Daerah Indonesia

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, harga kayu besi berbeda-beda di sejumlah daerah Indonesia. Faktor ketersediaan sampai ekonomi daerah memang berpengaruh. Untuk menambah referensi, ini daftar harga per daerahnya.

  1. Bali

Bali merupakan salah satu daerah di Indonesia yang konsumsi kayu ulinnya cukup banyak. Kayu besi memiliki harga tertinggi jika dibandingkan daerah lain. Biasanya, kayu ulin dijadikan sebagai material pembuatan rumah-rumah penduduk Bali.

Selain itu, kerajinan khas pulau tersebut juga banyak yang terbuat dari kayu besi. Untuk harga jualnya dihitung per meter persegi di kawasan ini. Untuk per meter perseginya, harga kayu besi ini dijual antara Rp10.000.000 hingga Rp15.000.000.

  1. Kalimantan

Kalimantan daerah penghasil kayu ulin di hampir sebagian besar hutannya. Kayu besi asal Kalimantan juga dikenal berkualitas super, banyak sekali dicari hingga luar negeri. Walau sebagai daerah penghasil, harga kayu ulin di Kalimantan masih tinggi.

Untuk ukuran per meter kubik saja, harga kayu ulinnya mencapai Rp16.000.000. Harga tersebut tentu sangatlah tinggi, karena memang faktor permintaan melejit. Biasanya warga lokal juga memakainya untuk membangun hunian adat.

  1. Jakarta

Jakarta sebagai Kota Metropolitan dikenal sebagai pengonsumsi kayu besi paling banyak. Berbagai keperluan pembangunan masih menggunakan kayu berkualitas super. Seperti halnya kayu besi ini, untuk membuat aneka furniture misalnya.

Harga jual per meternya tergolong tinggi dibandingkan daerah lain. Untuk kayu besi per meter di Jakarta, bisa mencapai Rp14.500.000.

  1. Papua

Papua merupakan salah satu daerah yang cocok ditumbuhi kayu besi. Banyak masyarakat sekitar yang memilihnya sebagai bahan baku pembuatan rumah, jembatan, hingga kapal. Kayu besi di Papua juga kerap dipakai untuk membuat kerajinan.

Misalnya pajangan, perisai kayu, dan masih banyak lagi. Harga kayu ulin di Papua per batangnya tergolong tinggi. Untuk per batangnya, harganya dibandrol sekitar Rp5.500.000 hingga Rp8.000.000.

Harga Kayu Besi Per Meter dalam Bentuk Tabel

Sebelum pembahasan berlanjut ke harga kayu besi dalam bentuk tabel, ada jenis yang harus kamu ketahui. Jenis kayu besi oven merupakan salah satu yang paling banyak dicari.

Harga kayu basah dan yang telah melalui proses oven tentunya berbeda. Untuk kayu besi yang sudah dioven, harga per meter kubiknya mencapai Rp14.500.000. Untuk ukuran dari harga tersebut adalah 3Ă—25 cm pada diameter kayunya.

Selain harga kayu yang sudah dioven, kamu harus tahu harga pasaran yang ada di Kalimantan dan Sulawesi. Harga-harga ini akan diulas dalam bentuk tabel sehingga lebih mudah dalam memahaminya.

Jenis Kayu Besi Harga Kayu
Kayu Besi Kalimantan m2 Rp16.000.000 sampai Rp18.000.000
Kayu Besi Sulawesi m2 Rp11.000.000 sampai Rp14.000.000

 

Harga yang tertera di dalam tabel tersebut bisa saja berubah dalam waktu tidak ditentukan. Faktor perubahan bisa jadi karena ketersediaan, mengingat kayu ulin sudah semakin langka.

Selain itu, masa tumbuhnya yang lama juga turut andil besar dalam membuat harga kayu ulin ini semakin melejit. Akan tetapi, melihat bagaimana kualitas yang dihasilkan, harga kayu ulin di pasaran sebenarnya masih masuk akal.

Kesimpulannya, sebagai salah satu material kuat dan berkualitas tinggi, kayu ulin memang pantas dibanderol dengan harga tinggi. Harga kayu besi yang tinggi ini, sebanding dengan kekuatan jangka panjang, dan pastinya tidak mengecewakan.