harga karet hari ini

Kenaikan Harga Karet Hari Ini di Sumut, Simak!

Bagi para petani karet, mengetahui harga karet hari ini di Sumut sangatlah penting. Karena dengan mengetahui harga bagi para petani ini akan berpengaruh pada penjualan.

Dengan mengetahui harga jual, para petani karet bisa membuat perkiraan harga untuk karet yang akan dijualnya. Selain itu, perhitungan ini juga akan mempengaruhi besaran keuntungan yang akan didapatkan.

Karet Sebagai Komoditas Sumber Penghasilan

Karet merupakan komoditas sumber penghasilan bagi sebagian masyarakat Indonesia yang khususnya berada di wilayah Sumatera. Tentunya, karena masyarakat daerah Sumatera ini banyak yang bekerja sebagai petani karet.

Keuntungan dari menjadi petani karet bisa dibilang sangat besar. Hal ini dipengaruhi oleh harga karet hari ini di Sumut yang mengalami kenaikan dari tahun-tahun sebelumnya.

Meski beberapa tahun ini harga karet mengalami kenaikan, namun harga karet di indonesia tidak selalu tetap dan pasti. Harga ini sangat berubah-ubah dengan signifikan. Bisa jadi sangat naik dan bisa jadi juga sangat turun.

Salah satu pengaruh kenaikan dan penurunan harga karet disebabkan oleh cuaca. Saat musim hujan, kandungan air pada karet sangat tinggi sehingga harga karet menurun. Dan sebaliknya, karet akan mengalami kenaikan harga saat musim panas.

Selain itu, hal lain yang menyebabkan naik turunnya harga karet adalah dari jumlah stok karet. Apabila stok karet minim, maka harga turun. Apabila permintaan stok karet naik maka harga juga akan mengalami kenaikan.

Pasang Surut Harga Karet di Indonesia

Seperti pada kota-kota lainnya, harga karet hari ini di Sumut mengalami pasang surut yang cukup signifikan. Beberapa bulan sebelumnya karet memiliki harga yang sangat tinggi dan bisa jadi pada bulan berikutnya mengalami penurunan drastis.

Penurunan ini bahkan menyebabkan petani karet mengalami kerugian dan pegawai tidak bisa mendapat upah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Keadaan pasang surut harga karet akan diulas lengkap dari beberapa bulan belakangan seperti yang dibawah ini.

  1. Januari

Harga karet hari ini di Sumut memang sangat berubah-ubah. Tentu dengan alasan ini, untuk memprediksi kenaikan atau penurunannya juga sulit. Contohnya pada Januari 2018, harga karet mengalami kemrosotan yang cukup signifikan.

Penurunan ini terjadi di wilayah Pangkal Pinang, Bangka Belitung. Harga yang mulanya berkisar pada Rp. 12.000 anjlok menjadi Rp. 5000 saja untuk setiap 1 kilonya.

Ini menjadi hal yang sangat disayangkan oleh para petani karet di wilayah tersebut. Meski penurunan harga terjadi di wilayang Bangka Belitung, harga yang berbeda justru mengalami kenaikan di Pangkal Pinang pada bulan berikutnya.

  1. Februari

Harga karet hari ini di Sumut tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Melihat kembali harga karet pada bulan Februari 2018, yang berkisar Rp.6000-Rp.12.000 setiap 1 kilonya. Tentu ini sangat berbeda bukan?

Dengan mengetahui harga karet yang seperti itu, para petani ketar-ketir akan nasib usaha yang dijalaninya ini. semua petani karet berharap bahwa harga karet akan membaik pada bulan-bulan dan tahun berikutnya.

  1. Maret

Pada bulan Maret 2018, harga karet yang awalnya cukup tinggi mengalami kemrosotan kembali. Tetapi penurunan harga ini tidak terjadi di seluruh wilayah Indonesia penghasil karet terbesar.

Tentu gambaran harga di wilayah tersebut jauh berbeda dengan harga karet hari ini di Sumut. Berbanding terbalik dengan itu, justru harga karet di wiliyah Lampung mengalami kenaikan sedikit menjadi Rp. 6000 untuk 1 kilonya.

Kenaikan tersebut akan sangat menguntungkan dan keuntungan inilah yang menjadi sumber penghasilan bagi para pemilik kebun karet. Selain itu, dengan harga yang tinggi maka para pekerja atau petani karet juga akan merasakan dampak positifnya.

  1. April

Setelah terjadi naik turun yang sangat berliku-liku, pada bulan ini karet juga mengalami kemrosotan kembali di wilayah Sumatera selatan. Pada wilayah Palembang, harga karet yang awalnya Rp.8.000 menjadi Rp.7.500 per kilo.

Berbeda dengan wilayah Sumatera selatan yang mengalami kemrosotan, harga karet hari ini di Sumut diharapkan mengalami kenaikan lagi dengan signifikan. Semua petani karet akan merasa sangat beruntung jika hal ini terjadi pada bulan berikutnya.

Dengan harga kebutuhan pokok di wilayah Sumatera yang cukup tinggi, tentu harga karet diharapkan bisa mencapai harga tertingginya. Dengan harga yang tinggi, petani akan mendapat keuntungan yang cukup besar.

Prediksi Harga Karet Kedepannya

Harga karet hari ini di Sumut tidak selalu stabil. Tentu keadaan ini akan berlangsung sampai kapanpun. Pasalnya harga karet di Indonesia tidak bisa paten dan belum tentu setiap tahunnya mengalami kenaikan.

Tentu perubahan yang signifikan pada karet ini juga dipengaruhi oleh banyak faktor. Dengan terjadinya penurunan harga karet di Indonesia, tentu ini bisa menjadi permasalahan yang cukup pelik.

Pasalnya, karet bukan hanya merupakan komoditas alternatif saja. Melainkan karet ini sebagai sumber penghasilan utama bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia. Sehingga diharapkan harga karet hari ini di Sumut tetap stabil.

Cuaca di Indonesia dan naik turunnya harga karet memang sangat berhubungan erat. Dengan cuaca yang sulit diprediksi perubahannya, hal ini juga menyebabkan harga karet di Indonesia tidak bisa dipredikisi dengan pasti.

Meski begitu, beberapa daerah pengahasil karet terbesar di Indonesia tetap didampingi oleh pemerintah. Pendampingan ini akan memberi manfaat untuk menjaga komoditas karet tetap aktif sebagai sumber penghasilan masyarakat.

Harga Karet Hari Ini di Sumut dan Seluruh Kota di Indonesia

Karet yang menjadi komoditas penting bagi sumber penghasilan tentu diharapkan memiliki harga yang bernilai tinggi.

Tentu harga karet akan mengalami kenaikan jika cuaca mendukung dan permintaan stok juga tinggi. Itu sebabnya berbagai usaha dilakukan oleh para petani agar pohon karet yang ditanam menghasilkan kualitas karet yang baik.

Berikut merupakan tabel daftar harga karet di sebagian kota di Indonesia sebagai wilayah penghasil karet terbesar.

Jenis Karet & Provinsi/Kota setiap 1 kg Harga
Karet Lump Kab. Balangan Rp. 7.073
Karet Lump Kab. Banjar Rp. 6.900
Karet Lump Kab. Banyuasin Rp. 8.448
Karet Lump Kab. Kapuas Rp. 6.938
Karet Lump Kab. Kutai Kartanegara Rp. 17.500
Karet Lump Kab. Lampung Timur Rp. 6.785
Karet Lump Kab. Lampung Utara Rp. 7.000
Karet Lump Kab. Paser Rp. 7.500
Karet Lump Kab. Tapin Rp. 6.829
Karet Lump Kab. Tebo Rp. 8.360
Karet Slab Tebal Kab. Banyuasin Rp. 8.448
Karet Slab Tebal Kab. Batang Hari Rp. 7.000
Karet Slab Tebal Kab. Kapuas Rp. 7.475
Karet Slab Tebal Kab. Kerinci Rp. 5.500
Karet Slab Tebal Kab. Merangin Rp. 6.000
Karet Slab Tebal Kab. Musi Banyuasin Rp. 6.833
Karet Slab Tebal Kab. Sambas (Kalimantan Barat) Rp. 6.538
Karet Slab Tipis Kab. Banjar Rp. 19.100
Karet Slab Tipis Kab. Musi Banyuasin Rp. 6.833
Karet Slab Tipis Kab. Sambas (Kalimantan Barat) Rp. 10.154
Karet Slab Tipis Kab. Sanggau (Kalimantan Barat) Rp. 6.000

 

Harga berdasarkan tabel di atas tidak bisa dikatakan sebagai harga paten. Harga ini akan berubah sesuai dengan kondisi harga di pasaran. Harga akan naik apabila permintaan stok karet meningkat.

Setelah mengetahui beragam permasalahan yang terjadi pada naik turunnya harga, sebagai petani karet harus bisa berusaha menjaga kualitas karet yang dihasilkan agar harga karet hari ini di Sumut tetap stabil.