Daftar Harga Kambing Etawa Lengkap Tahun 2022

Harga kambing etawa di pasaran bisa dibilang tinggi dan mengalami kenaikan tiap tahun. Ini karena jenis kambing ini cukup unggulan dalam menghasilkan susu berkualitas.

Selain menghasilkan susu, kambing etawa mempunyai nutrisi yang besar. Di Indonesia, jenis kambing ini banyak dibudidayakan sebagai kambing perah atau dijual ke pejagalan.

Tingginya harga sebanding lurus dengan banyaknya peminat. Karena membudidaya kambing etawa memang bisa dijadikan sebagai bisnis yang menghasilkan profit besar bagi pengusahanya.

Budidaya Ras Kambing Etawa di Indonesia

Sebelum mengetahui harga kambing etawa, baiknya kamu perlu tahu dulu sekilas tentang ras kambing ini. Seperti yang sudah dijelaskan, kambing etawa merupakan ras kambing yang cukup banyak dibudidayakan di negara ini.

Budidaya kambing etawa umumnya berorientasi untuk diperas susunya. Dari susu ini kemudian diproduksi dan dijual ke pasaran susu kambing etawa yang cukup diminati di pasaran.

Kambing etawa memang bisa menghasilkan perasan susu yang terbilang banyak. Namun bukan hanya susunya saja, daging kambing ini juga dimanfaatkan untuk dijual.

Kambing etawa sebagai jenis kambing pedaging bisa dikatakan unggul karena postur tubuhnya besar. Dan alasan inilah yang mendorong pemerintah giat mengembangkan sektor peternakan, khususnya untuk harga kambing etawa ini.

Etawa bukan kambing asli dari Indonesia. Ras ini merupakan kambing impor yang dipilih pemerintah sebagai entitas unggul di sektor peternakan.

Kambing ini berasal dari negara India, dan di negara asal kambing ini dikenal dengan nama Jamnapari. Ras kambing etawa atau jamnapari ini di negara asal dijadikan sebagai kambing pedaging paling unggul.

Dengan postur tubuh yang besar dan daya tahan tubuh kuat, kambing jenis ini tidak rentan diserang penyakit. Tidak hanya itu, otot dari kambing ini relatif besar sehingga mampu hasilkan daging berkualitas dan harga kambing etawa dijual cukup mahal.

Keunggulan Kambing Etawa

Kambing etawa mempunyai keunggulan dari segi postur tubuh yang besar dan tinggi. Tidak hanya itu, otot kambing ini juga kuat sehingga bagus untuk hasilkan daging berkualitas.

Kelebihan lain dari kambing etawa adalah dari segi susu yang dihasilkan. Kualitasnya tentu tidak perlu diragukan, dan umumnya kambing ini bisa hasilkan 3 liter susu per hari.

Kemudian kelebihan lain dari kambing ras ini adalah harganya mahal. Di pasaran sendiri, harga kambing etawa selalu naik setiap tahunnya sehingga sangat tepat dijadikan bisnis di sektor peternakan.

Karakteristik Kambing Ras Etawa

Ada perbedaan mendasar antara kambing etawa jenis jantan dan betina. Perbedaan ini tentu saja meliputi ciri-ciri fisik yang menjadikan harga kambing etawa jantan dan betina berbeda satu dengan lain.

Memang secara umum baik jantan dan betina punya postur tubuh yang besar. Hanya saja beberapa perbedaan dari postur tubuh tersebut perlu kamu pelajari saat ingin membudidayakan jenis kambing ini.

Kambing Etawa Jantan

Kambing etawa jantan postur tubuhnya cenderung tegap. Dengan panjang sekitar 85 cm sampai maksimal 115 cm.

Total berat dari kambing etawa jantan paling minimal seberat 65 kg. Namun kambing ini masih bisa bertumbuh berat lagi dengan kisaran maksimal seberat 120 kg per ekornya.

Dari segi kepala, kambing etawa jantan tidak memiliki benjolan. Ini yang membuat harga kambing etawa jantan lebih mahal. Telinganya panjang, tapi menggantung ke bawah dengan ukuran panjang sekitar 25 cm sampai 41 cm.

Lingkar testis dari kambing etawa jantan berukuran 23 cm. Tanduk dari kambing jantan mengarh ke belakang. Lalu kambing ini memiliki bulu dengan warna yang beragam.

Mulai dari warna cokelat kekuningan, putih juga hitam. Pada bagian paha belakang, kambing jantan cenderung lebih lebat bulunya. Memiliki gumba dengan tinggi 90 cm sampai maksimal 110 cm.

Kambing Etawa Betina

Sedangkan kambing etawa betina memiliki berat badan paling minimal 45 kg dan maksimal 80 kg. Panjang tubuh kambing betina sekitar 65 cm-85 cm.

Jika kambing jantan tidak ada benjolan, sebaliknya kambing betina memilikinya. Kepala kambing etawa betina tegak dengan terdapat jenong pada bagian tengah atau jidatnya.

Gumba dari kambing betina tingginya bisa mencapai 90 cm. Selain ciri-ciri tersebut dan harga kambing etawa, tidak ada lagi perbedaan lain antara kambing etawa jantan dan betina.

Daftar Harga Kambing Etawa Tahun 2022

Kambing etawa di pasaran memiliki harga yang berbeda tergantung jenis dan usia. Kamu bisa mulai menentukan mau membeli kambing etawa jenis apa dan usia berapa.

Selain itu dengan menentukan jenis dan usia juga bisa membuat kamu menyiapkan budget yang diperlukan. Kamu bisa mulai menabung dari sekarang sampai terkumpul uang untuk membeli kambing etawa.

Pada artikel ini kamu akan berikan harga yang berlaku tahun ini untuk kambing etawa. Berikut kami sajikan tabel lengkap harga kambing etawa terbaru tahun 2022.

No. Jenis Kambing Etawa Usia Harga Terbaru
1. Kambing Etawa Jantan 3-6 Bulan 2 Juta – 3 Juta Rupiah
2. Kambing Etawa Jantan 6-7 Bulan 2.7 Juta – 3.1 Juta Rupiah
3. Kambing Etawa Jantan 8-12 Bulan 4 Juta – 5 Juta Rupiah
4. Kambing Etawa Jantan 1-2 Tahun 4.5 Juta – 6 Juta Rupiah
5. Kambing Etawa Betina 3-6 Bulan 1.2 Juta – 1.7 Juta Rupiah
6. Kambing Etawa Betina 6-7 Bulan 2 Juta – 2.5 Juta Rupiah
7. Kambing Etawa Betina 8-12 Bulan 3 Juta – 3.5 Juta Rupiah
8. Kambing Etawa Betina 1-2 Tahun 3.3 Juta – 4 Juta Rupiah
9. Kambing Peranakan Etawa Jantan 3-6 Bulan 1 Juta – 1.5 Juta Rupiah
10. Kambing Peranakan Etawa Jantan 6-7 Bulan 1.4 Juta – 1.7 Juta Rupiah
11. Kambing Peranakan Etawa Jantan 8-12 Bulan 1.9 Juta – 2.5 Juta Rupiah
12. Kambing Peranakan Etawa Jantan 1-2 Tahun 2.5 Juta – 3.1 Juta Rupiah
13. Kambing Peranakan Etawa Betina 3-6 Bulan 1.4 Juta  – 1.6 Juta Rupiah
14. Kambing Peranakan Etawa Betina 6-7 Bulan 1.6 Juta  – 2 Juta Rupiah
15. Kambing Peranakan Etawa Betina 8-12 Bulan 2.3 Juta – 2.7 Juta Rupiah
16. Kambing Peranakan Etawa Betina 1-2 Tahun 3 Juta – 3.5 Juta Rupiah

 

Tips Memilih Kambing Etawa

Jika kamu punya tujuan untuk membeli kambing etawa, kamu perlu mempertimbangkan berbagai aspek sebelum membelinya. Supaya kamu bisa membeli kambing yang tepat sesuai dengan rencana ke depannya.

Hal pertama yang dipertimbangkan adalah menentukan tujuan membeli kambing etawa tersebut. Apakah kamu membeli untuk sekedar dipelihara atau berniat untuk jadi peternak.

Jika ingin jadi peternak, pertimbangkan juga sisi bisnis yang akan lebih kamu tonjolkan. Apakah hanya ingin diambil dagingnya saja atau diperas susunya. Dan tenang saja, kedua hal itu bisa kamu bisniskan menyesuaikan harga kambing etawa di pasaran.

Setelah menetapkan tujuan, hal lain yang harus kamu cermati adalah mengecek kondisi kambingnya. Supaya kambing etawa yang kamu beli dalam kondisi sehat dan tidak cacat secara fisik.

Pertimbangkan juga dari segi usia, karena ini penting jika kamu ingin mengembangbiakan untuk keperluan bisnis. Kemudian kamu perlu pelajari bagaimana cara perawatan kambing supaya harga kambing etawa bisa mahal di pasaran.

Tinggalkan komentar