harga jarum

Ini Dia Informasi Harga Jarum Beserta Aneka Jenisnya

Walau harga jarum tergolong murah, alat satu ini tergolong berguna untuk berbagai keperluan. Cara kerja jarum adalah sebagai mediator penghubung ke suatu benda. Misalnya saja jarum jahit, gunanya agar benang bisa terjahit secara mudah.

Selain itu, ada juga jarum untuk kebutuhan medis. Tentu sangat penting untuk melubangi bagian tubuh sehingga obat bisa dimasukkan ke dalam. Jarum dengan jenisnya yang beragam memang menarik diketahui.

Selain itu, secara harga juga sangat bervariasi. Lebih lengkap mengenai harga jarum dan berbagai variannya, akan diulas berikut ini.

Peran Penting Jarum dalam Kehidupan Sehari-hari

Jarum pada umumnya terbuat dari bahan yang sifatnya stainless. Tujuannya agar kuat dalam kinerja, serta tidak mudah berkarat. Tentunya dengan adanya jarum ini, kegiatan akan sangat mudah dari berbagai aspek.

Telah disebutkan sebelumnya, jarum biasanya terdapat di bidang medis dan jahit-menjahit. Untuk jarum medis tidak sekadar untuk menyuntik. Ada juga jarum untuk kebutuhan medis lain seperti untuk insulin, dan cek gula darah.

Selain itu, dalam bidang jahit jarum juga dibedakan dalam jenis beragam. Jarum jahit manual dengan ukuran beragam merupakan salah satu contohnya. Selain itu, ada juga jarum mesin jahit, mesin obras, hingga mesin bordir.

Semuanya memiliki bentuk dan fungsinya yang beragam. Harga jarum di pasaran sebenarnya sangat terjangkau. Biasanya dijual dalam skala per kotak, agar memudahkan dalam proses distribusi.

Berbagai Contoh Jenis Jarum untuk Keperluan Jahit

Membahas tentang jarum dan harganya, tentu belum lengkap tanpa tahu contohnya. Jarum jahit merupakan salah satu contoh yang dapat kamu ketahui. Jenisnya sangat bervariasi, cocok sebagai opsi untuk mendukung kebutuhan jahit kamu.

  1. Jarum Pentul

Jenis jarum jahit satu ini berguna untuk menyematkan kain sebelum dijahit permanen. Biasanya, jarum pentul ini berbentuk kecil, dengan tonjolan di bagian atasnya. Hal yang membuat jarum satu ini terlihat menarik karena tonjolan warna-warninya.

Jarum pentul ini sebenarnya tidak hanya membantu kebutuhan jahit. Biasanya untuk wanita berhijab juga sangat diperlukan. Harga jarum pentul di pasaran tergolong terjangkau, dijual per lingkaran seharga Rp2.000 sampai Rp3.000.

  1. Jarum Jahit Tangan

Membahas tentang jarum jahit, tentu tidak lepas dari jenis satu ini. jarum jahit tangan memiliki bentuk beragam, sekitar 5-10 cm panjangnya. Ada lubang di bagian atas yang berguna sebagai tempat benang.

Jarum jahit ini dijual dengan kemasan lingkaran dengan isian yang beragam ukurannya. Harga untuk jarum jahit tangan juga sama murahnya seperti model pentul. Hanya berkisar Rp2.000 sampai Rp3.000.

  1. Jarum Rajut

Apakah kamu suka merajut benang menjadi karya seni? Jarum rajut tentu bukanlah hal asing. Berbeda dengan alat jahit pada umumnya, untuk model rajut ini bentuknya menarik. Bagian ujung bawah memiliki pengait benang, sehingga proses rajut mudah.

Umumnya jarum rajut ini terbuat dari bahan seperti stainless stell. Akan tetapi, ada juga beberapa yang terbuat dari bahan berupa plastik sehingga lebih ringan.

  1. Jarum Jahit Mesin

Mesin jahit, obras, bordir, dan sejenisnya memerlukan jarum khusus dengan bentuk beragam. Umumnya jarum jahit mesin memiliki lubang di bagian paling bawah. Tujuannya agar benang bisa dengan mudah masuk, sehingga mesin bekerja optimal.

Jarum mesin jahit ini juga hadir dengan ukuran beragam, tergantung dari jenis mesinnya. Ukuran alat jahit mesin ini bisa dibedakan berdasarkan jenisnya yakni db14, 16, sampai db 18. Harga jarum jahit ini juga cukup murah, berkisar Rp10.000.

Berbagai Contoh Jenis Jarum untuk Keperluan Medis

Tidak hanya berguna dalam bidang menjahit, jarum juga bermanfaat sekali untuk keperluan medis. Gunanya untuk mempermudah masuknya sebuah obat ke dalam tubuh, sehingga proses penyembuhan optimal.

Ada beberapa macam jarum medis yang harus diketahui, beserta harganya. Ulasan selengkapnya untuk jenis jarum medis, akan dibahas dalam poin berikut.

  1. Jarum Insulin

Jarum insulin memiliki bentuk lurus, serta ada bulatan sebagai pegangan. Jenis alat ini dalam istilah medis juga disebut pen needles. Manfaatnya sebagai penyuntik pasien yang memerlukan tambahan insulin.

Harga jarum insulin di pasaran tergolong beragam, menyesuaikan kualitas dan ukurannya. Kamu bisa membelinya di apotek, atau langsung konsultasi dengan dokter khusus penyakit dalam.

  1. Jarum Ose

Kegiatan laboratorium kesehatan juga memerlukan jarum khusus. Jarum ose namanya, yang berguna sebagai pengaduk zat-zat kimia. Alat satu ini memiliki dua macam bentuk yakni bulat dan lurus.

Selain itu, dari segi harga juga sangat bervariasi tergantung ukuran dan merknya. Untuk harga jarum ose di pasaran mulai dari Rp6.000 sampai ratusan ribu rupiah.

  1. Jarum Lancet

Sampel darah untuk pemeriksaan biasanya akan diambil dengan alat yang bernama lancet. Terdapat jarum di dalamnya dengan ukuran kecil. Jenis alat ini sifatnya hanya sekali pakai, sehingga dalam medis perlu stok banyak.

  1. Jarum Suntik

Satu lagi jenis jarum medis yang pasti familiar untuk semua orang. Jarum suntik memiliki bentuk panjang, tajam, serta harus dipasang dengan alat khusus. Fungsinya sebagai media agar pemberian obat cair suntikan lebih lancar.

Selain itu, ada juga jarum suntik khusus infusan yang dipakai untuk menginfus pasien. Harga jarum suntik ini juga bervariasi, tergantung dari produsen dan ukurannya.

  1. Jarum Akupuntur

Akupuntur merupakan salah satu metode pengobatan tertua, dimana jarum memegang peranan penting. Alat penusuk ini akan ditusukkan ke titik-titik saraf tertentu. Metode pengobatan ini masih eksis sampai sekarang, walau zaman semakin modern.

Alat khususnya yakni jarum memiliki bentuk lurus, tanpa adanya lubang. Sama seperti lancet, alat akupuntur ini juga hanya sekali pakai, sehingga kebutuhannya cukup banyak.

Informasi Harga Jarum Beserta Jenis-jenisnya

Jarum berdasarkan jenis-jenisnya memang sangat beragam. Mengingat fungsinya yang sangat penting bagi kehidupan, varian yang tersedia juga tidak terbatas. Mulai dari jarum jahit sampai pentul bisa kamu peroleh.

Benda mungil ini dijual dengan harga yang cukup bersahabat. Khusus jarum jahit, harganya mulai dari Rp2.000 per buah. Akan tetapi, mayoritas menjualnya dalam bentuk kemasan box agar lebih praktis.

Tentu saja harga jarum setiap jenisnya beragam. Semakin besar, fungsinya vital, tentunya akan membuat harganya tinggi. Tabel berikut akan mengulas tentang harga dari jarum berdasarkan jenis-jenisnya.

Jenis Jarum Satuan
Jarum Jahit Tangan Merek Sewing Family Ekor Kuning  IDR 15.000
Jarum Jahit Emas Merek Singer isi 10 Pcs (Mesin)  IDR 25.000
Jarum Jahit Biasa Merk Singer isi 10 Pcs (Mesin)  IDR 10.000
Jarum Pentul Mini Hijab 1 Kotak isi 45 Pcs  IDR 1.500
Jarum Pentul Panjang per 1 Box  IDR 2.000
Jarum Suntik Merek OneMed 27G X 0.5″ 1 Box isi 100 Pcs  IDR 47.000
Jarum Suntik Merek OneMed 3ml per 1 Pcs  IDR 3.000
Jarum Akupuntur Merek HuanQiu  IDR 25.000
Jarum Rajut Alumunium 1 Set isi 22pcs  IDR 100.000
Jarum Lancet merek Sammora Isi 100 Jarum  IDR 45.000
Jarum Lancet Merek Misawa Isi 200 Jarum  IDR 195.000
Jarum Ose Lurus per 1 Pcs  IDR 8.000
Jarum Ose Bulat per 1 Pcs  IDR 6.000
Jarum Insulin Bd Microfine warna Ungu 5mm  IDR 2.300
Jarum Insulin Bd Ultra Fine warna Hijau 4mm  IDR 2.300
Jarum Insulin Bd Microfine warna Biru 8mm  IDR 2.200

 

Walau kecil, jarum memegang peranan penting untuk memudahkan pekerjaan. Baik itu menjahit, mengaitkan kerudung, hingga untuk medis, jarum selalu dibutuhkan. Harga jarum setiap jenisnya berbeda-beda, cocok untuk referensi pembelian.