Harga jagung

Kenaikan Harga Jagung dan Dampaknya Terhadap Komoditas Lain

Harga jagung sejak kuartal pertama tahun 2022 mengalami kenaikan. Hal ini berdampak langsung kepada komoditas lainnya yang juga sama-sama mengalami kenaikan harga.

 

Jagung merupakan salah satu hasil pertanian dengan jumlah berlimpah ruah di tanah air. Beberapa daerah di Indonesia menjadikan jagung sebagai makanan pokok warga nya berdampingan dengan makanan pokok lainnya seperti nasi.

 

Akibat Kenaikan Harga Jagung Terhadap Beberapa Jenis Usaha

 

Kenaikan harga komoditas jagung berpengaruh terhadap beberapa produk yang menggunakan jagung sebagai bahan utama. Diantaranya adalah telur ayam. Para peternak ayam petelur mengeluhkan kenaikan harga komoditas jagung.

 

Akibat kenaikan harga dasar jagung maka harga pakan ayam turut meroket. Hal ini tentu saja mengakibatkan harga telur ayam di pasaran turut melonjak dan enggan menurun.

 

Bukan hanya peternak ayam yang mengeluhkan kenaikan harga. Para pengusaha makanan yang menggunakan jagung sebagai bahan baku turut mengaku kesulitan mengendalikan harga agar tetap terjangkau.

 

Di beberapa kota di mana jagung menjadi makanan pokok seperti di Nusa Tenggara Timur, kenaikan harga jagung juga sangat meresahkan dan menyusahkan masyarakat yang tidak memiliki kebun jagung sendiri.

 

Aneka Produk Olahan Jagung

 

Sebagai komoditas yang jumlahnya berlimpah di Indonesia, penggunaan jagung dalam berbagai jenis olahan makanan sudah tidak asing lagi. Selain sebagai bahan makanan pokok, jagung juga dapat diolah menjadi berbagai produk seperti:

 

  1. Jagung Kalengan

 

Mungkin kamu mungkin pernah melihat produk jagung dalam kaleng di beberapa supermarket. Produk jagung kalengan memang cukup diminati karena selain praktis, produk ini juga awet karena disimpan dalam lemari pendingin.

 

Jagung kalengan bisa dikonsumsi sebagai campuran sayur atau sebagai salad dicampurkan dengan sayuran lainnya dan diberi beberapa topping Produk jagung kalengan harganya lebih mahal dibanding produk jagung beku.

 

Produk jagung kalengan ini dijual dengan kisaran harga jagung antara 13 ribu hingga 32 ribu rupiah tergantung ukuran dan isinya.

 

  1. Jagung Pipil Beku

 

Di bagian makanan beku yang terdapat di beberapa supermarket, kamu juga pasti pernah melihat kehadiran jagung beku dalam kemasan. Produk ini sangat membantu dalam kegiatan memasak.

 

Dengan adanya jagung pipil beku, para Ibu tidak perlu lagi kesulitan merebus dan memipil jagung apabila membutuhkan jagung dalam bahan masakan. Jagung pipil ini bisa dimasukkan dalam sayur sop atau menjadi salad sayuran.

 

Ibu-ibu cukup memasukkan jagung dalam kuah sup salam kondisi panas. Bisa juga dengan mencampurkan air panas ke dalam mangkuk berisi jagung pipil beku, jagung pun siap langsung dikonsumsi.

Harga jagung pipil beku di supermarket berada pada kisaran antara Rp. 15 ribu hingga Rp. 30 ribu per pak.

 

  1. Popcorn

Siapa yang tidak tahu popcorn? makanan berbahan dasar jagung ini kini hadir lebih mewah dengan tambahan aneka rasa kekinian seperti butter, caramel dan sebagainya.

 

saat menonton film di bioskop, popcorn merupakan camilan wajib yang tidak pernah absen menemani para pengunjung bioskop. Bahkan saking tenarnya popcorn menjadi salah satu makanan ikonik di dunia.

 

Dahulu kala, popcorn hanyalah produk olahan masyarakat yang merasa sayang dengan jatuhnya butiran-butiran jagung pada saat dipanen. Mereka menyangrai popcorn ini hingga merekah dan enak disantap.

 

Belakangan, dunia modern memiliki peran dalam memodifikasi popcorn menjadi olahan yang lebih mewah. Kini berbagai rasa menjadi pelengkap popcorn dan menjadikannya semakin nikmat.

 

Popcorn dijual dengan harga variatif tergantung penjualnya. Umumnya harga   popcorn ada di kisaran antara Rp. 5 ribu hingga Rp. 50 ribu untuk popcorn dengan aneka rasa.

 

  1. Jagung Bakar

 

Harga jagung juga berimbas pada para pedagang jagung bakar yang umumnya membeli jagung secara karungan. Pada masa panen, pedagang jagung bakar bisa membeli langsung di kebun.

 

Namun jika masa panen sudah berakhir, maka pedagang hanya bisa membeli jagung di pasar dengan harga yang cukup tinggi. Tentu saja ini akan berdampak pada jumlah pendapatan karena pedagang harus mengeluarkan modal ekstra.

 

Jagung bakar umumnya dijual di daerah wisata dataran tinggi. Udara yang sejuk sangat cocok dengan jagung bakar yang dimakan dalam keadaan panas. Rasa gurih manis pada jagung akan membuat siapapun ketagihan.

 

Jagung bakar umumnya dijual dengan kisaran harga Rp. 10 ribu, namun harga bisa saja berbeda di beberapa lokasi.

 

  1. Jasuke Atau Jagung Susu Keju

 

Pada awalnya jajanan Jasuke atau Jagung Susu keju ini hanya ada di kantin sekolah. Namun kini walaupun harga jagung tengah naik daun, olahan jagung susu keju tetap marak di berbagai acara.

 

Jagung yang digunakan dalam olahan ini adalah jagung pipil dengan butiran yang besar sehingga menggoda selera. Jagung kemudian direbus hingga matang. Cara penyajiannya adalah dengan menaruh jagung rebus pada wadah.

 

Tambahkan butter secukupnya diatas jagung, lalu siram dengan susu kental manis dan keju parut jika ingin cita rasa manis. Jika ingin cita rasa asin maka bisa menambahkan saos dan mayones sebagai pelengkapnya.

 

Makanan ini sangat digandrungi anak-anak dan remaja dan dijual dengan harga jagung antara Rp. 5 ribu hingga Rp. 20 ribu per cup nya.

 

  1. Bakwan Jagung

 

Kalau kamu bertanya apa olahan jagung yang paling terkenal? Maka jawabannya adalah bakwan jagung. Makanan yang diolah secara sederhana ini adalah menu andalan rumahan yang seringkali dirindukan.

 

Bakwan jagung adalah makanan yang sering dibuat oleh para Ibu untuk lauk, namun kini banyak juga yang menjualnya sebagai camilan dengan harga yang murah. Olahan ini berbahan dasar jagung dan tepung terigu dengan aneka bumbu.

 

Kamu bisa menemukan olahan ini dengan harga hanya Rp. 1 ribu hingga Rp. 2 ribu saja.

 

Informasi Harga Jagung di Berbagai Lokasi Terkini

 

Meskipun jagung merupakan komoditi yang melimpah, namun tidak semua daerah di Indonesia memiliki kondisi tanah yang cocok untuk ditanami jagung. hal ini menyebabkan perbedaan harga di berbagai wilayah.

 

  1. Informasi Harga Jagung di Makassar

 

Kota Makassar merupakan kota besar di daerah timur Indonesia yang diharapkan mampu mendongkrak perekonomian di daerah tersebut. Salah satu hasil bumi yang bisa diandalkan adalah jagung.

 

Di kota Makassar jagung dijual dengan harga Rp. 3,900 per kilogram. Diharapkan melalui sektor pertanian, khususnya jagung masyarakat dapat meningkatkan taraf hidupnya menuju ekonomi yang lebih baik.

 

  1. Harga Per Kilogram Jagung di Lampung

 

Pertanian khususnya pertanian jagung menjadi salah satu sektor yang dibanggakan oleh kota lampung. Melalui sektor pertanian, diharapkan kota Lampung akan terus berkembang menjadi kota yang kuat di Pulau Sumatera. Di Lampung, jagung dijual dengan harga Rp. 4,000 hingga Rp. 5,000 per kilogram.

 

  1. Harga di Jawa Timur Untuk Komoditi Jagung Menurun Signifikan

 

Berbeda dengan kota lainnya, harga jagung di wilayah Jawa Timur justru menurun drastis menyentuh angka Rp. 4,000 per kilogram. Hal ini disinyalir akibat dari hasil panen yang sangat melimpah sehingga tidak tertampung oleh pasar.

 

Daftar Harga Per kilogram Jagung Pada Level Produsen dan Eceran

 

Nama Kota Harga Produsen (Rp) Harga Eceran (Rp)
Bangkalan 3,375 5,750
Banyuwang 3,000 5,000
Blitar 3,400 4,661
Bondowoso 2,985 4,869
Jember 3,195 6,311
Gresik 6,311
Jombang 3513 4,063
Kediri 3,340 4,000
Lamongan 3,250 4,635
Lumajang 3,481 5,253
Madiun 3,169
Magetan 3,140 3,650
Malang 3,500
Mojokerto 3,585
Lampung 3,000 7,000
Makassar 2,650 4,600
Sumbawa 2,693 2,985
Sumbawa Barat 2,700 3,500
Lombok Timur 3,233 4,925
Sopeng 2,250 3,279
Sidrap 2,800 4,076

 

Tanaman jagung yang tumbuh subur di Indonesia merupakan karunia alam yang menjadi kebanggaan di beberapa wilayah. Suburnya tanaman jagung ini dibarengi dengan harga jagung yang terus meningkat dan menaikkan taraf hidup petaninya.