Harga jengkol
Archidendron jiringa Nielsen,healthy local fruits of southern Thailand.

Harga Jengkol di Berbagai Lokasi ,Wajib Diketahui!

Harga jengkol saat ini memang semakin meningkat, karena digemari oleh Masyarakat. Meski makanan ini memiliki khas yang bau, namun banyak sekali manfaat bila dikonsumsi secara tidak berlebihan.

Manfaat yang akan diperoleh dari jengkol bervariasi, seperti bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat. Hal ini karena adanya kandungan jengkol yang terdiri dari 60% karbohidrat.

Mengenal Harga Jengkol dari berbagai Daerah

Jengkol juga dikenal memiliki beberapa macam jenis kandungan protein yang mampu untuk membantu pembangunan pada jaringan tubuh. Selain itu, juga mempunyai zat besi tinggi sehingga baik sekali untuk orang yang terkena anemia.

Banyaknya manfaat dan rasanya yang begitu khas menjadi perpaduan tepat dari jengkol ini. Sehingga makanan ini sudah tidak perlu diragukan lagi penggilanya.

Jenis Jengkol dari berbagai Daerah

Beberapa tahun yang lalu harga jengkol per kg di pasaran memang sempat sangat melonjak. Oleh sebab itu, di bawah ini sudah ada beberapa ulasan terkait harga dari jengkol mentah dan olahan dari berbagai wilayah.

Salah satunya seperti jengkol balado di dapur asix yang populer saat ini. Berikut informasi yang harus kamu ketahui lebih dalam.

1. Jengkol di Solo

Jengkol pertama akan diulas, yaitu jengkol di Solo. Jengkol yang berada di solo, harganya mulai tidak stabil. Harga dari jengkol yang di pasar tradisional sudah mencapai Rp 50.000.

Harga jengkol per kg yang mencapai Rp 50.000,- ini banyak dikeluhkan oleh para pedagang. Hal ini karena pedagang kesulitan menentukan harga jual, sehingga banyak menuai protes dari para pembeli.

Selain harga yang mengalami kenaikan, jengkol yang ada di pasar Solo sudah mulai susah ditemukan. Hal ini disebabkan karena adanya stok jengkol yang terbatas.

2. Jengkol di Jepara

Jepara tidak hanya dikenal sebagai penghasil ukiran yang apik. Namun, ternyata Jepara juga mempunyai kekayaan alam, salah satunya jengkol. Jengkol di Jepara memang terkenal di pasaran.

Hal ini karena memiliki rasa yang enak dan manis. Jengkol dengan kualitas terbaik dari Jepara ini bisa langsung dipesan dan dikirim menggunakan ekspedisi. harga jengkol asal Jepara sekilo dijual sekitar Rp. 60.000,-.

3. Jengkol di Medan

Jengkol di Medan, harganya juga mengalami lonjakan bahkan hampir setengahnya. Jengkol yang tadinya hanya seharga Rp 40.000, kini malah naik sampai Rp 45.000,-.

Angka ini semakin hari semakin bertambah. Apalagi saat mendekati musim lebaran tiba.

4. Jengkol di Lampung

Apabila kamu suka dengan menu masakan rendang jengkol atau semur jengkol. Maka harus siap mengeluarkan budget karena harga jengkol di Lampung mengalami kenaikan sampai Rp 50.000,- per kilonya.

Bahkan, bila kamu membeli rendang jengkol di warung makan, maka setiap bijinya dihargai Rp 1.000 sampai Rp 1.500. Jadi alangkah baiknya kamu beli jengkol yang mentah saja biar lebih hemat.

5. Jengkol di Jawa Barat

Mendekati musim lebaran, biasanya permintaan jengkol dari pembeli mengalami kenaikan. Sama halnya, di pasar induk yang ada di Cianjur, Jawa Barat.

Apabila musim lebaran harga jengkol 1 kg yang tadinya hanya Rp 20.000. Maka akan langsung melonjak naik sampai Rp 80.000.

6. Jengkol di Pasar Induk Kramat Jati

Pasar induk kramat jati ini memang dikenal sebagai salah satu pasar terbesar yang ada di Jakarta. Jengkol menjadi tanaman musiman yang dipanen setiap tahunnya, sehingga wajar jika mengalami kenaikan harga di pasar.

Hal ini juga dipengaruhi karena kelangkaannya dari petani. Di pasar induk kramat jati harga tanaman ini sebesar Rp 60.000.

7. Jengkol di Pasar Minggu

Pasar Minggu juga dikenal sebagai salah satu tempat perbelanjaan Masyarakat ibukota. Pasar ini mempunyai banyak sekali penjual dan pembeli.

Pasar Minggu berada di Ibukota, untuk memenuhi segala kebutuhan masyarakat yang tidak sedikit. Pasar Minggu ini juga menjual jengkol.

Namun, harganya akan semakin naik saat mendekati lebaran. Apalagi jika mendekati musim puasa harga jengkol 1 kg mencapai Rp 80.000.

8. Jengkol Balado di Dapur Asix

Dapur asix dikenal sebagai salah satu bisnis kuliner yang dimiliki oleh artis Indonesia, yakni Anang Hermansyah dan Ashanty. Dapur asix saat ini telah menyediakan beberapa jenis makanan enak, salah satunya jengkol balado.

Bagi kamu yang ingin membeli jengkol balado ini dapat memesannya melalui gojek atau langsung ke tempatnya. Harga per porsi dari jengkol Balado ini hanya sekitar Rp 120.000.

9. Jengkol di Republik Jengkol

Republik jengkol juga memiliki menu jengkol yang unik. Contohnya seperti nasi goreng jengkol, rendang jengkol, jengkol lada hitam, pasta jengkol, mie goreng jengkol dan lainnya.

Meski harga jengkol mulai naik, namun menu makanan jengkol di republik jengkol harganya masih cukup terjangkau. Bahkan, harga menu jengkol di republik jengkol mulai dari Rp 15.000.

Sekedar saran makanlah jengkol secukupnya, karena bila berlebihan tidak baik untuk kesehatan. Agar lebih lengkap, berikut ini sudah ada daftar harga terbaru jengkol per kg di pasar.

Daftar Jengkol Tingkat Konsumen di Pasaran

Terdapat beberapa daftar harga dari jengkol jika dilihat dari tingkat konsumen yang ada di pasaran. Dengan adanya daftar harga ini bisa membantu kamu yang ingin membeli jengkol, berikut penjelasannya.

Lokasi Penjual Jengkol Harga Jengkol 1 Kg
Lampung Rp 50.000
Medan Rp 45.000
Jakarta Rp 60.000
Pasaran Rp 35.000 s/d IDR 50.000
Pontianak Rp 40.000
Bandung Rp 50.000
Jambi Rp 45.000
Batam Rp 60.000

Saat ini sudah banyak yang menawarkan kerjasama sebagai penyuplai jengkol berasal dari kab. sanggau, Pontianak kalimantan barat. Biasanya, penyuplai ini akan memberikan penawaran harga jengkol yang kompetitif.

Sehingga berapa saja kebutuhanmu akan jengkol diluar pulau kalimantan bisa disuplai. Sebagai salah satu supplier, jumlah jengkol yang ditawarkan sangat banyak. Bagi kamu yang ingin beli jengkol atau menjadi agen jengkol besar bisa langsung dari tangan pertama.

Kerjasama Bersama Agen Jengkol Kalbar

Para penyuplai biasanya akan mencari partner yang amanah, jujur, dan siap kerjasama dalam jangka panjang. Selain itu, harus saling percaya dalam urusan bisnis.

Adapun harga jengkol yang ditawarkan sangat beragam. Berikut ini sudah ada penjelasan yang bisa kamu ketahui lebih dalam.

Jenis Jengkol Kalbar Harga Jengkol
Jengkol Tua 1 Kg Rp 18,000
Jengkol Muda 1 Kg Rp 15,000
Jengkol Tua Grosir Min. 100 Kg Rp 18,000 sd IDR 25,000

Adanya informasi yang ada di atas tentunya sudah ada gambaran terkait harga dari jengkol. Jadi bila kamu berminat ingin membuka bisnis makanan yang berbau jengkol bisa bandingkan dulu harganya.

Namun, bagi kamu yang tidak mau repot memasak bisa beli jengkol yang sudah matang saja. Sama halnya seperti penjelasan di atas, kini sudah banyak warung yang menyediakan jengkol seperti dapur Asix.

Biasanya, setiap daerah memiliki harga yang berbeda dan kapan saja berubah. Harga jengkol saat ini memang terkadang tidak stabil, jadi kamu harus sering mengeceknya.