Harga Cacing Tanah Per Kg

Ini Dia Harga Cacing Tanah Per Kg, Beserta Manfaatnya

Informasi tentang harga cacing tanah per kg tentu sangat penting. Terlebih jika kamu adalah seorang peternak yang memerlukan pakan berupa hewan penyubur tanah ini. Memang walau sekilas menggelikan, cacing tanah menyimpan banyak manfaat.

Selain sebagai penyubur tanah, untuk pakan beberapa hewan ternak juga kerap diberikan. Bahkan pakan sejumlah burung hias, sampai umpan pancing juga bisa memakai binatang tanpa tulang belakang ini.

Tidak heran jika banyak peternak yang melihat potensi ini, kemudian membudidayakannya. Harga di pasaran tergolong stabil, menarik untuk diulas lebih lanjut berikut ini.

Mengenal Lebih Dekat Ciri Sampai Manfaat Cacing Tanah

Sebelum lebih lanjut membahas tentang harga cacing tanah per kg, mengenal tentang binatang unik ini perlu kamu lakukan. Tujuannya agar bisa memanfaatkannya secara lebih optimal.

Cacing tanah merupakan hewan tidak bertulang belakang yang gampang dijumpai di mana saja. Tempat hidupnya di kawasan lembab, seperti tanah ladang, sekitar kamar mandi, dan sebagainya.

Hewan ini sangat suka dengan tanah yang pH nya tidak terlalu asam. Kadar pH tanah yang ideal sebagai tempat hidupnya antara 4,5 sampai 6,5. Akan tetapi, jika kadar organik tanah tinggi, cacing bisa hidup di pH tanah 3.

Walau seolah menjijikan karena bentuknya yang melata, ternyata manfaat dari hewan invertebrata ini sangat besar. Untuk lebih jelasnya, kenali manfaat dari cacing tanah di kehidupan sehari-hari.

  1. Sebagai Penyubur Tanah

Cacing tanah memberikan manfaat yang sangat optimal pada proses penyuburan. Proses penyuburan tanah akan lebih optimal berkat kinerjanya yang memecah unsur organik di tanah tersebut.

Unsur organik tanah ini nantinya akan membuat struktur lahan menjadi lebih bagus. Tentu saja proses penyerapan nutrisi menjadi baik, sehingga kesuburan tanah meningkat.

Tidak heran jika di sebuah lahan pertanian, pasti akan sangat mudah menjumpai cacing tanah. Hal ini juga menjadi penanda bahwa lahan tersebut memang subur.

  1. Pakan Ternak

Tidak sebatas bagus untuk tanah, cacing jenis ini juga kerap dijadikan sebagai pakan ternak. Secara alamiah, ayam kampung kerap mencari cacing sebagai pakan. Selain itu, burung tertentu juga mengonsumsi cacing tanah sebagai pakannya.

Peternak ayam dan burung saat ini sudah semakin banyak. Tentu saja kebutuhan akan harga cacing tanah per kg pasti meningkat. Cocok sebagai pilihan ide usaha menarik.

Cacing tanah dikenal kaya protein, sangat bagus sebagai pakan hewan ternak agar cepat besar. Selain itu, untuk pilihan pakan organik hewan, cacing tanah ini juga menjadi opsi menarik lainnya.

  1. Obat Tradisional

Sebagai obat tradisional, siapa sangka jika cacing tanah juga memegang peranan. Ada banyak obat tradisional seperti untuk tipes dan diare yang menggunakan ekstrak satu ini.

Sejumlah manfaat ini memang belum sepenuhnya terbukti secara medis. Akan tetapi, sudah dipercaya turun-temurun dalam penyembuhan aneka penyakit, seperti:

  • Melancarkan sistem pencernaan
  • Antipiretik
  • Obat diare
  • Membantu memperlancar penyemburan tipes
  • Meningkatkan energi, dan masih banyak lagi

Jenis cacing sebenarnya ada banyak, masing-masing memiliki ciri khasnya tersendiri. Untuk hewan yang habitatnya di tanah lembab ini juga demikian. Sebelum mengetahui harga cacing tanah per kg, lihat dahulu ciri-cirinya, seperti berikut:

  • Memiliki penampilan merah kecokelatan di bagian seluruh tubuhnya
  • Bertekstur lunak karena tidak termasuk binatang bertulang belakang
  • Tidak memiliki mata, serta berbulu halus
  • Berkelamin ganda, dengan indera penciuman serta peraba kuat
  • Tidak memiliki kaki, mata, bahkan gigi
  • Merupakan salah satu spesies hewan berdarah dingin
  • Sangat gemar hidup di area lembab, tidak terlalu suka sinar matahari

Pakan Cacing Tanah yang Biasa Diberikan Peternak

Harga cacing tanah per kg memang tergolong bervariasi, tergantung jenisnya. Selain itu, jenis pakan yang diberikan peternak cacing tanah juga menjadi penyebab lain. Setidaknya, ada dua macam pakan cacing tanah yang harus diketahui.

  1. Pakan Nabati

Jika sedang mencari pakan nabati untuk cacing tanah, pilihannya seolah tidak terbatas. Kamu bisa memberikan sekam jagung, sekam beras merah, tahu cokelat, singkong, dan sejenisnya.

Protein dalam pakan nabati ini juga bisa diandalkan untuk mendukung pertumbuhan cacing tanah. Kamu juga bisa memberikan pakan berupa daun lamtoro sampai kulit jagung untuk opsi lainnya.

  1. Pakan Hewani

Pakan dari jenis hewani ternyata bisa menjadi pilihan cacing tanah yang unik. Hewan invertebrata ini ternyata suka memakan kotoran hewan dan kepingan daging kecil. Daging yang dimaksud adalah ikan dan jenis lainnya.

Pemberian pupuk ke sekitar tanah ternyata bisa mendukung daya hidup dari cacing tanah. Nantinya akan terjadi penguraian, hingga kemudian tanah pecah dan matang.

Pemberian jenis daging sebagai pakan cacing memang dianjurkan untuk menopang perkembangbiakannya. Daging ikan dan sapi yang diberikan ke cacing mengandung protein, sehingga menghasilkan panen berkualitas.

Ulasan Harga Cacing Tanah Per Kg di Pasar untuk Referensi

Sebagai salah satu kebutuhan ternak, membeli cacing tanah bisa dalam skala kilogram. Tentu saja harga cacing tanah ini tergolong bervariasi. Tergantung fungsi dari cacing itu sendiri.

Jenis cacing tanah juga sangat bervariasi, sehingga perlu diperhatikan sebelum membeli. Tabel berikut memuat informasi harga per kilogram cacing tanah, berdasarkan jenisnya.

Jenis Cacing Tanah Harga Per Kilogram
Cacing Tanah Putih Pakan Ikan Rp81.000
Cacing Tanah Tiger Rp83.000
Cacing Tanah Lumbricus Basah Rp89.000
Cacing Tanah ANC Rp105.000
Cacing Tanah Susu Fosfor Rp158.000

 

Informasi Seputar Penjual Cacing Tanah di Beberapa Tempat

Setelah tahu berapa kisaran harga cacing tanah per kg, mencari tempat jual terdekat juga harus dilakukan. Tujuannya agar bisa langsung menuju tempat tersebut, setelah tahu kisaran harga jualnya.

  1. Sleman

Tempat jual cacing di Sleman salah satunya adalah OMAH CACING SLEMAN. Lokasinya di Panggeran 12, Triharjo, Sleman, Yogyakarta. Untuk kontak teleponnya adalah 085524637842.

  1. Grobogan

Daerah Grobogan juga memiliki tempat menjual harga cacing tanah per kg, bernama Budidaya Cacing. Lokasinya ada di Kuwojo, Dimoro, Kecamatan Toroh, Grobogan. Kontak person alamat tersebut adalah 081225097139.

  1. Semarang

Daerah Jawa Tengah lain yang menjual cacing tanah ada di kawasan Semarang. Nama tempatnya adalah Cacing Semarang. Sedangkan lokasi ada di Jangli Tlawah 3 Nomor 12, RT 03, RW 05.

Kawasan tersebut ada di Kelurahan Karang Anyargunung, Kecamatan Candisari, Semarang kota. Untuk kontak personnya adalah 081297530180.

  1. Bantul

Mencari tempat jual cacing dengan harga cacing tanah per kg, bisa ke kawasan Bantul. Penjualnya bernama Suryanto, di kawasan Dagaran, Palbapang, Bantul.

  1. Madiun

Kawasan Madiun ada juga yang menjual cacing tanah, dengan nama Budidaya Cacing Lumbricus Madiun. Lokasi budidaya tersebut di Jalan Dahlia, RT07, RW01, Desa Krajan I, Kecamatan Wungu, Madiun. Kontak personnya ada di 081353200400.

  1. Sidoarjo

Penjual cacing tanah yang direkomendasikan di Sidoarjo ada dua tempat. Tempat pertama di kawasan Masangan, sedangkan yang kedua ada di Grogol, dengan alamat lengkap:

  • Alamat pertama bernama JUAL CACING TANAH di Jalan Masangan Kulon, RT 08, RW 03. Desa Masangankulon, Kecamatan Sukodono, Sidoarjo, Jawa Timur. Untuk nomor teleponnya 081216446502
  • Alamat kedua adalah PILAR BARU, lokasinya di Grogol, Kecamatan Tulangan, Sidoarjo. Pilar Baru ini ada di area RT 02, RW 02, dengan nomor telepon 08996692468

Siapa sangka jika cacing tanah yang dianggap kurang berharga, sangat menarik dari segi nilai jual. Bahkan harga cacing tanah per kg tergolong tinggi, untuk kebutuhan pakan ternak.