harga bunga Tulip

Cek Harga Bunga Tulip, Ikon Khas Belanda

Apakah kamu pecinta bunga yang sedang mencari harga bunga Tulip? Bunga ini memang memiliki penggemarnya tersendiri. Tampilan menawan serta aroma wangi yang khas membuat orang seringkali ingin merawatnya di rumah.

Bunga tulip biasanya dijual dalam bentuk buket maupun per tangkai. Apabila kamu membelinya untuk membudidayakan, diperlukan teknik khusus agar berhasil. Sebab, bunga ini bisa berkembang baik jika di tempat dengan 4 musim seperti Belanda.

Mengenal Lebih Dekat Bunga Tulip

Berbicara bunga tulip mungkin kamu akan langsung terpikiran Negeri Kincir Angin. Bukan tanpa alasan, sampai saat ini Belanda telah berhasil mengembangkan sekitar 300 jenis tulip berkualitas terbaik dengan kecanggihan teknologi produksi tanaman.

Saat berkunjung kesana kamu akan dengan mudah menemukan taman bunga Tulip berwarna-warni. Para wisatawan biasanya memilih musim mekar Tulip yang terjadi pada antara pertengahan bulan April sampai awal bulan Mei.

Sebelum tahu harga bunga Tulip, rasanya perlu sejenak luangkan waktu. Tempat yang recommend untuk dikunjungi saat di Belanda untuk menyaksikan kecantikan Tulip, yaitu taman Keukenhof, Amsterdam, Noordoostpolder, Lisse, dan Noordwijkerhout.

Namun, fakta mengejutkannya bahwa ternyata Tulip bukan bunga asli Belanda, meski sekarang telah menjadi ikon khasnya. Bibit bunga ini pertamakali berasal dari pemberian hadiah oleh duta besar Konstatinopel kepada ahli botani Belanda.

Selanjutnya, bibit tersebut dikembangbiakkan di dalam taman Hortus Botanicus of Leiden. Seiring berjalannya waktu, Belanda terus bereksperimen untuk melahirkan varietas terbaru sampai akhirnya membuka taman Tulip terbesar pada tahun 1949.

Nama bunga Tulip sendiri berasal dari bahasa Turki, yaitu “Tulbent” yang artinya turban. Hal ini dikarenakan bunga ini mirip dengan bentuk penutup kepala para lelaki Turki pada masa Kekaisaran Ottoman.

Bunga yang dahulu di Turki hanya menjadi tanaman liar, kemudian berubah menjadi bunga cantik berkelas setelah Belanda membudidayakannya. Tidak heran, harga bunga Tulip untuk varietas yang langka dibanderol dengan harga cukup mahal.

Beberapa ciri bunga Tulip yang bisa kamu kenali, di antaranya:

  • Berbunga cantik dengan posisi tersusun spiral.
  • Memiliki batang berbentuk tegak.
  • Pada bagian bawah daun Tulip terdapat bulu halus.
  • Tinggi tanaman rata-rata mencapai 10-70 cm.
  • Daunnya berwarna hijau saat masih muda.

Budidaya Tulip di Indonesia terbilang jarang, karena terkendala oleh musim. Petani tentu tidak mau rugi karena tanamannya gagal tumbuh. Kenyataan tersebut apakah mempengaruhi harga bunga ini di Indonesia?

Berikut Ini Jenis-Jenis Bunga Tulip

Sebelum mengetahui harga bunga Tulip lebih jauh, ada baiknya kamu mengenal jenisnya agar tidak salah membeli. Sebab setiap warna pada bunga ini memiliki makna tersendiri.

  1. Bunga Tulip Ungu

Warna ungu diartikan sebagai kesetiaan dan kesempurnaan. Bunga dengan warna ini di Belanda biasanya dipakai seseorang saat jatuh cinta pandangan pertama. Maka dari itu, kamu juga bisa memberikannya kepada seseorang yang ingin diajak berkenalan.

  1. Bunga Tulip Kuning

Sementara warna kuning pada bunga Tulip menjadi lambang pertemanan yang baik. Hal ini berarti akan tepat apabila kamu memberikannya kepada sahabat tercinta. Bunga Tulip bakal menjadi pengikat kuat tali persahabatan diantara kalian.

  1. Bunga Tulip Merah Muda

Adapun warna merah muda pada bunga Tulip diartikan sebagai bentuk penghargaan atau harapan yang baik. Tidak heran, Tulip merah muda biasanya diberikan kepada orang yang sedang menghadapi ujian sekolah, berhasil melamar pekerjaan, dan lainnya.

Perbedaan warna biasanya tidak akan mempengaruhi harga bunga Tulip yang ada di toko. Kecuali, varietas tersebut memang tergolong langka.

Ketahui Daftar Harga Bunga Tulip

Kamu dapat membeli Tulip di florist atau kios bunga terdekat maupun secara online. Membelinya dalam bentuk tangkai biasanya membuat harga bunga ini menjadi lebih terjangkau. Sebab menjadikannya sebuah buket tentu ada harga yang harus dibayar.

Selain itu, saat ini juga tersedia Tulip artifisial yang bisa kamu gunakan untuk mempercantik ruang tamu di rumah. Cara ini tentu lebih mudahkanmu, karena tidak perlu perawatan khusus, cukup rutin membersihkan dari debu dan kotoran.

Di bawah ini rata-rata harga bunga Tulip yang bisa dibeli. Kamu mungkin memperoleh sedikit perbedaan harga antar florist.

Jenis Bunga Tulip Harga
Buket bunga Tulip Rp 595.000 s/d Rp. 1.750.000
Satu tangkai bunga Tulip Rp 8.000
Paket 15 tangkai bunga Tulip Rp 115.000
Tulip untuk hiasan meja Rp 595.000 s/d Rp. 1.750.000
Tulip artifisial atau palsu Rp 23.000

 

Beragam Keunikan dari Bunga Tulip

Banyaknya penggemar bunga Tulip ternyata bukan tanpa alasan. Bunga ini menyimpan beragam fakta unik yang membuat orang jatuh cinta. Berikut keunikan Tulip diantaranya, yaitu:

  1. Bunga Termahal

Sebelumnya mungkin belum pernah terlintas di benakmu bahwa harga bunga akan memperngaruhi perekonomian. Namun, fenomena ini ternyata pernah terjadi di Belanda pada tahun 1633. Saat itu, varian Tulip Semper Ausgust dijual dengan harga fantastis.

Bayangkan, harga bunga Tulip mencapai 5.500 gulden atau setara dengan Rp 39,7 juta. Tahun berikutnya, bunga ini kembali laku dengan harga 10.000 gulden yang nilainya sama dengan Rp 72,3 juta.

Diceritakan dalam Telegraph Mike Diash yang bernama Tulipomanis bahwa saat itu ekonomi warga Belanda berada pada puncaknya. Harga bunga tersebut dapat dipakai untuk membeli makanan dan pakaian selama satu dekade.

Sedangkan saat ini, apabila dilihat dari daftar harga bunga Tulip diatas, kamu dapat menyimpulkan bahwa bunga ini tergolong menengah ke atas. Kamu harus merogoh kantong agak dalam untuk memperoleh buketnya.

  1. Dapat dikonsumsi

Bunga Tulip sebenarnya berasal dari keluarga Liliaceae atau lily yang sama dengan bawang merah, bawang putih, serta asparagus. Maka dari itu, kelopak bunga ini dapat digunakan sebagai pengganti bawang serta bahan campuran untuk membuat anggur.

Konsumsi bunga Tulip awal mulanya terjadi pada saat Perang Dunia II, orang Belanda memakannya sebagai pengganti makanan pengganjal rasa lapar. Sampai saat ini kebiasaan tersebut tetap dilakukan. Ada beberapa resep masakan dengan Tulip.

  1. Waktu Mekar Hanya 10 Hari

Tidak heran apabila banyak wisatawan yang rela mengeluarkan uang berapapun untuk membeli tiket masuk festival mekarnya Tulip. Sebab hal ini menjadi momen langka setiap tahunnya. Masa mekar bunga ini hanya terjadi selama 7-10 hari.

Bagi kamu pecinta Tulip dan tahu harga bunga Tulip perlu rasanya meluangkan waktu. Tidak hanya menikmatinya di rumah, rencanakan juga liburan mendatangi taman Tulip di Belanda. Cari informasi waktu mekarnya untuk jadi bagian dari momen spesial.

  1. Ikon Khas Negara Belanda

Negara asal Tulip memang bukan Belanda, namun keberhasilan Negeri Kincir Angin dalam membudidayakan membuat Tulip lekat dengannya. Saat berbicar bunga ini, orang akan langsung terpikirkan keindahan taman Keukenhof dan lainnya.

Faktanya, sampai saat ini memang hanya Belanda yang memiliki taman Tulip terbesar dan sukses. Meskipun di Amerika juga diadakan perayaan Tulip sekali dalam setahun. Bunga ini telah menjadi ikon khas dari Belanda. Bagaimana menurutmu?

  1. Memiliki Varietas Langka

Pecinta bunga pasti mengetahui bahwa Tulip memiliki varietas langka yang disebut sebagai Queen of The Night. Asal mula penyebutan karena kelopak bunganya berwarna ungu kehitaman. Kamu mungkin sulit menemukannya secara langsung.

Mendatangi festival Tulip adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk melihat beragam varietas, termasuk jenis yang langka.

Bunga Tulip menyimpan keunikan yang membuat penggemarnya tidak pernah berpaling. Mulai dari sejarah, karakter, makna, sampai cara perawatannya. Hal ini membuat harga bunga Tulip terbilang lebih tinggi dari jenis lainnya.