Ini Dia Harga Buat Bit yang Kaya Manfaat untuk Kesehatan

Siapa yang tidak tahu buat bit? Ternyata harga buah bit cukup terjangkau per kg meski kualitasnya super. Kebanyakan orang tidak tahu buah bit kaya akan manfaat.  Bit adalah sayuran akar yang dikenal sebagai bit merah, bit tanaman, atau bit sederhana.Sebenarnya bit sendiri bukanlah buah, melainkan tumbuhan akar yang disebut Amaranthaceae-Chenopodiaceae, tumbuhan yang masih satu famili dengan lobak, singkong, ubi jalar, dan tumbuhan lainnya.Bit mengandung nutrisi yang sangat penting, seperti sumber serat, folat (vitamin B9), mangan, kalium, zat besi, dan vitamin C. Selain itu, bit rendah lemak dan kalori, tidak mengandung lemak jenuh, dan antioksidan.

Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan

Dengan kandungan yang terdapat pada buah bit, berikut manfaat buah bit untuk kesehatan yang telah dirangkum detikcom dari berbagai sumber:

1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi dapat merusak pembuluh darah atau organ jantung. Ditambah lagi, tekanan darah tinggi merupakan penyebab serangan jantung, stroke, dan kematian dini.Untuk itu, cara mencegah penyakit ini bisa dengan mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan nitrat anorganik agar tekanan darah dalam tubuh menjadi stabil. Salah satu tanaman yang mengandung nitrat anorganik adalah bit.Menurut penelitian, bit atau jus bit dapat menurunkan tekanan darah sebesar 3-10 mm Hg selama beberapa jam.

2. Dapat mencegah kanker

Kandungan buah bit dipercaya dapat melindungi tubuh dari perkembangan sel kanker. Bit mampu menekan pertumbuhan sel kanker karena kandungan antioksidannya.

3. Menurunkan berat badan

Siapa yang tidak ingin memiliki tubuh ideal? Semua orang pasti menginginkannya. Nah, buah bit dipercaya bisa menurunkan berat badan dengan cepat.Padahal, buah ini bisa menjaga berat badan karena memperlancar proses detoksifikasi, terutama lemak di dalam tubuh. Bagi yang ingin mencoba silahkan mengkonsumsinya dengan membuat jus buah bit segar.

4. Mengurangi peradangan peradangan

Bit mengandung senyawa anti-inflamasi yang disebut betalains. Menurut sebuah studi tahun 2014, betalain yang disebut phenethylamine-betaxanthin dapat mengurangi aktivitas enzim inflamasi hingga 32 persen.

5. Baik untuk ibu hamil dan janin

Kandungan folat dalam buah bit sangat baik untuk janin. Bagaimana bisa? Folat dipercaya dapat mengurangi risiko cacat lahir dan bayi prematur. Namun, dalam anjurannya, makan buah bit tidak boleh terlalu banyak.

6. Mencegah anemia

Bit kaya akan zat besi, komponen yang sangat penting dalam sel darah merah. Tanpa zat besi, sel darah merah tidak akan mampu membawa oksigen ke seluruh tubuh.Orang yang memiliki kadar zat besi rendah dapat memicu anemia. Gejala kondisi ini bisa berupa kelelahan, pusing, sesak napas, sakit kepala, dan detak jantung yang sangat cepat.

7. Lindungi hati

Bit mengandung antioksidan, vitamin A, vitamin B-6, dan zat besi, yang dipercaya dapat melindungi hati dari peradangan dan stres oksidatif, serta meningkatkan kinerjanya dalam membuang racun dari tubuh.Sebagai informasi, stres oksidatif merupakan ketidakseimbangan antara radikal bebas (pro-oksidan) dan antioksidan yang dipicu oleh dua kondisi umum, yaitu kekurangan antioksidan dan kelebihan produksi radikal bebas.

8. Meningkatkan kecerdasan otak bayi

Kandungan folat dalam buah bit sangat bermanfaat untuk otak bayi. Terutama membantu tingkat kecerdasan otak bayi. Untuk itu, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi buah atau sayuran yang mengandung cukup folat, seperti buah bit.

9. Meningkatkan kesuburan

Bit berperan dalam menjaga sirkulasi darah yang bermanfaat bagi kesuburan wanita. Mengkonsumsi buah merah bisa dengan membuat jus segar. Konon dalam 12 hari manfaatnya sudah bisa dirasakan oleh wanita.

10. Baik untuk ginjal

Selain melindungi hati, bit dapat membantu membersihkan ginjal dari racun yang menumpuk di dalam tubuh.

11. Mengatasi ketombe

Memiliki ketombe di kepala memang sangat mengganggu. Plus jika Anda harus mengganti sampo berulang kali untuk menemukan yang tepat untuk kepala dan rambut Anda. Namun, masalah ini dapat diselesaikan dengan bit.

12. Mengatasi masalah pencernaan

Buah bit memiliki kandungan serat yang banyak dan tentunya baik untuk kesehatan. Serat dapat membantu melunakkan feses sehingga orang yang buang air besar (BAB) merasa nyaman dan lancar.

13. Meningkatkan stamina

Manfaat buah bit selanjutnya adalah untuk meningkatkan stamina. Jus bit dapat membantu hati dan paru-paru bekerja dengan baik selama berolahraga. Kandungan nitrit oksida bit dapat meningkatkan aliran darah ke otot.

Padahal, buah bit ini dipercaya dapat meningkatkan stamina untuk berhubungan seks. Tak perlu jamu yang kuat, minum jus buah bit bisa membuat seks lebih tahan lama.

Manfaat buah bit memang banyak sekali untuk kesehatan tubuh. Namun, jika dikonsumsi berlebihan, dapat menurunkan kadar kalsium dan merusak ginjal.

Harga Buah Bit

Harga buah bit cukup bervariasi di setiap kota. Bit adalah jenis buah yang masih satu famili dengan lobak, namun bentuk dan warnanya berbeda.

Buah ini berasal dari Afrika kemudian menyebar ke Asia dan Eropa. Meski buahnya bukan dari Indonesia, buah ini bisa Anda temukan di pasar tradisional atau supermarket.

Kemudian, harga buah bit juga cukup murah per kg. Selain itu, buah bit mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Tidak hanya pada daging buahnya, tetapi juga pada akar dan daunnya.

Di kota besar seperti Surabaya, harga buah bit di Surabaya cukup terjangkau, sekitar Rp30.000 per kg. Harga buah bit hanya berlaku di pasar tradisional atau beli langsung dari distributor. Tidak menutup kemungkinan jika membeli melalui agen akan mendapatkan potongan harga.

Tempat terdekat untuk menjual bit adalah di Supermarket, tentu akan sedikit berbeda, karena manajemen telah menaikkan harga sedikit. Harga buah bit per kg berkisar antara Rp. 40 ribu per kg, namun harganya tidak jauh berbeda dengan harga di pasar tradisional di kota Surabaya.

Jika Anda membeli beberapa barang saat berada di supermarket akan meningkat sekitar Rp2.000 – Rp3.000. Hal ini berlaku untuk harga bit per kg di supermarket yang mengalami kenaikan cukup signifikan. Bisa jadi, kualitas buah bit yang baik bisa menjadi penyebabnya.

Misalnya harga buah bit di hypermart per kg mencapai Rp40.000. Sedangkan harga bit di Superindo tidak jauh berbeda dengan harga di Hypermart. Kedua, harga buah bit tidak perlu menjadi masalah jika Anda membeli buah bit di bawah 1 kg.

Selain kualitas bit, faktor lain seperti pemasok bit di setiap supermarket juga berbeda. Beberapa pemasok menggunakan buah lokal hingga impor untuk dipasok di beberapa supermarket.

Harga 1 kg buah bit organik dijual dengan harga Rp. 70.000 per kg. Yang jelas, bit organik jauh lebih mahal dari harga bit di pasaran.

Untuk mendapatkannya, cukup kunjungi situs belanja online atau situs jual bit organik. Agar lebih meyakinkan harga buat bit yang Anda cari, Anda bisa mengunjungi petani bit organik. Saat ini, tidak ada bit organik yang tersedia secara luas di pasaran.

Tinggalkan komentar