Estimasi Harga Buah Lemon di Pasar Modern dan Tradisional

Memang masih banyak orang yang belum mengetahui harga buah lemon di pasar modern dan tradisional. Sebab, buah lemon menjadi salah satu jenis buah yang kaya akan Vitamin C. Meskipun rasanya asam, namun kini buah lemon banyak diminati oleh para konsumen.

Bahkan kini, buah lemon dijadikan sebagai bahan campuran untuk membuat minuman segar. Akan tetapi, tidak semua jenis buah lemon ini dapat kamu konsumsi. Hanya beberapa jenis buah lemon yang dijual di pasar modern maupun tradisional.

Di pasar modern dan tradisional, buah lemon ini memiliki banderol harga yang berbeda-beda. Oleh karena itu, ketahui faktor apa saja yang membuat harga dari buah lemon di pasar modern dan tradisional ini berbeda.

Setelah mengetahui estimasi harganya, maka ketahui daftar jenis buah lemon. Selain itu, kamu juga harus paham apa saja manfaat dari mengkonsumsi buah lemon secara teratur. Jadi, kamu tidak perlu khawatir akan efek samping jika mengkonsumsi buah lemon secara teratur.

Daftar Jenis Buah Lemon yang Dijual Secara Bebas

Perlu kamu ketahui bahwa tidak semua jenis buah lemon dijual bebas di Indonesia. Ada beberapa jenis buah lemon yang bisa kamu beli di supermarket maupun pasar tradisional. Setiap jenis buah lemon memiliki ciri khas tersendiri.

Sehingga, kamu harus selektif dalam memilih dan membeli buah lemon. Oleh karena itu, ini dia daftar jenis buah lemon yang dijual supermarket maupun pasar tradisional. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Jeruk Lemon Avalon

Jenis yang pertama yakni lemon Avalon. Jeruk lemon Avalon ini berasal dari Florida, Amerika Serikat. Di Indonesia, jeruk lemon Avalon ini banyak kamu temui di beberapa supermarket. Jeruk lemon Avalon ini banyak dijadikan sebagai jus.

  1. Jeruk Lemon Baboon

Jenis yang kedua yakni lemon Baboon. Lemon Baboon ini memiliki ukurang yang lebih besar dibandingkan dengan jenis lainnya. Harga buah lemon Baboon ini juga terbilang lebih mahal dibandingkan dengan jenis lainnya.

  1. Jeruk Lemon Bearss

Jenis yang ketiga yaitu jeruk lemon Bearss. Jeruk lemon yang satu ini awalnya berasal dari Italia. Namun kini, jeruk lemon Bearss telah banyak dibudidayakan di kawasan Florida, Amerika Serikat.

 

  1. Lemon Bush

Jenis yang keempat yakni lemon Bush. Lemon Bush ini dibudidayakan di Australia. Lemon ini memiliki permukaan kulit yang tak beraturan. Meskipun begitu, lemon ini memiliki rasa manis dan asam.

  1. Lemon Sitrun

Jenis yang kelima yakni lemon Sitrun. Lemon Sitrun ini berasal dari dataran Himalaya hingga India. Lemon Sitrun ini memiliki total berat mencapai 4 kg. Jadi, harga buah lemon Sitrun tentu lebih mahal dibandingkan dengan jenis buah lemon lainnya.

  1. Lemon Eureka

Lemon Eureka menjadi salah satu jenis yang tersebar di seluruh benua, termasuk Indonesia. Rata-rata, pedagang buah menjual jenis lemon Eureka. Lemon ini kaya akan nutrisi dan zat baik untuk tubuh manusia.

Perkiraan Harga Buah Lemon di Pasaran Indonesia

Di pasaran, harga dari buah lemon ini tentu berbeda-beda. Terlebih jika kamu membeli buah lemon di pasar modern seperti supermarket dengan pasar tradisional tentu berbeda. Oleh sebab itu, kamu perlu mengetahui estimasi harga dari buah lemon per kilogram.

Umumnya, buah lemon ini dijual per 100 gram. Jadi, kamu bisa membeli buah lemon kurang dari 1 kilogram. Tercatat, ada beberapa daftar harga buah lemon yang wajib kamu ketahui di pasar modern maupun tradisional. Diantaranya adalah sebagai berikut :

Jenis Buah Lemon Harga Keterangan
Buah Lemon Lokal Rp. 13.500 per kilogram Isi 11 sampai 13 biji
Buah Lemon California Rp. 25.000 – Rp. 26.000 per kilogram Isi 11 sampai 13 biji
Juice Lemon Ozora Rp. 70.000 – Rp. 85.000 per botol  
Bubuk Lemon Rp. 70.000 – Rp. 80.000 per kilogram Bisa digunakan hingga 40 gelas

 

Jadi, kamu bisa memperkirakan harga dari buah lemon per kilogramnya. Harga diatas berlaku untuk pembelian di pasar modern maupun tradisional. Kamu bisa memilih untuk membeli buah lemon lokal maupun California. Selain itu, kamu juga bisa membeli olahan buah lemon dalam bentuk jus maupun serbuk.

Manfaat dari Buah Lemon bagi Tubuh

Memang, buah lemon ini memiliki kandungan Vitamin C yang sangat tinggi. Selain itu, ada banyak kandungan vitamin dan zat yang baik untuk tubuh. Tercatat, ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mengkonsumsi buah lemon.

Manfaat yang pertama, buah lemon ini dapat membantu menghilangkan jerawat di permukaan wajah. Sebab, kandungan antioksidan dalam buah lemon ini sangat tinggi. Sehingga, kotoran dan jerawat pada permukaan wajah bisa terangkat dengan sempurna.

Manfaat yang kedua, buah lemon juga dipercaya dapat mencerahkan serta mengencangkan permukaan kulit wajah. Pasalnya, buah lemon ini memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Oleh karena itu, ketahui harga buah lemon sebelum membelinya.

Manfaat yang ketiga, buah lemon juga dipercaya dapat meredakan gejala gatal-gatal pada yang muncul akibat jamur. Kamu disarankan untuk mengkonsumsi buah lemon secara teratur. Sebab, lemon ini mengandung anti jamur yang dapat menghilangkan rasa gatal dengan cepat.

Manfaat yang keempat, buah lemon juga dapat mengurangi tanda-tanda munculnya penuaan dini. Kerutan-kerutan tersebut muncul karena permukaan kulit terkena radikal bebas. Oleh karena itu, konsumsi buah lemon secara teratur agar dapat mengatasi penuaan dini.

Manfaat yang kelima, buah lemon juga dipercaya dapat menghilangkan komedo dengan cepat. Kamu hanya perlu menggunakan masker lemon untuk mengatasi komedo. Harga buah lemon yang murah menjadi salah satu pilihan tepat untuk mengatasi komedo dengan bahan alami.

Manfaat yang keenam, mengkonsumsi buah lemon juga dapat berguna untuk menjaga kesehatan jantung. Sebab, kandungan buah lemon yang kaya akan nutrisi dan zat baik untuk tubuh ini dipercaya dapat menjaga jantung agar tetap sehat.

Tips Jitu untuk Memilih Buah Lemon

Sebelum melakukan pembelian, maka ketahui dahulu berbagai tips untuk memilih buah lemon. Sebab, tips ini bisa menghemat harga buah lemon. Tips yang pertama, ketahui tingkat kematangan dari buah lemon.

Sebab, hanya buah lemon matang saja yang memiliki kandungan vitamin dan zat tinggi. Tips yang kedua, ketahui jenis buah lemon yang akan kamu beli. Sebab, ada banyak jenis buah lemon yang tersedia di pasar modern maupun tradisional.

Dan harga buah lemon juga bergantung pada jenisnya. Jika ingin membeli buah lemon termurah, maka silahkan membeli buah lemon lokal.  Tips yang ketiga, kamu bisa mencoba membeli olahan buah lemon.

Kamu bisa membeli minuman atau jus yang terbuat dari buah lemon. Selain itu, kamu juga bisa membeli bubuk ekstrak buah lemon. Harga jualnya pun tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan membeli buahnya secara langsung.

Buah lemon menjadi salah satu jenis buah yang kaya akan manfaat. Ada berbagai jenis buah lemon yang dijual di Indonesia. Masing-masing memiliki karakteristik rasa yang berbeda. Oleh karena itu, ketahui kisaran harga buah lemon di pasar modern dan tradisional.

Tinggalkan komentar