harga ayam brahma

Harga Ayam Brahma, Ayam Hias Berbentuk Menarik

Sebagai salah satu komoditas yang menguntungkan, harga ayam brahma di pasaran tergolong tinggi. Bahkan, harga per pasangnya sampai mengalahkan satu ekor kambing. Ayam satu ini memang bukan termasuk ternak konsumsi, melainkan ayam hias.

Walau harganya tinggi, nyatanya peminatnya sangat besar. Banyak pembudidaya ayam brahma yang akhirnya mendulang untung besar. Ulasan selengkapnya tentang ayam brahma hingga harganya, akan diulas lebih lanjut berikut.

Mengenal Ayam Brahma, Ayam Hias yang Sangat Memesona

Membahas tentang harga ayam brahma, tentu belum lengkap tanpa mengetahui ciri dan asal-usulnya dahulu. Ayam brahma ini memiliki postur yang tinggi, gagah, tegap, dan berotot. Selain itu, secara bulu juga sangat indah dengan kelebatan yang menarik.

Warna bulunya juga memesona, sehingga akhirnya banyak yang menjadikannya sebagai ayam hias. Memang, dulunya ayam brahma hanya dijadikan sebagai ternak konsumsi. Daging dan telurnya lezat, seperti ayam kampung pada umumnya.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, ayam brahma justru dikenal sebagai ternak hias. Asal mula ayam hias ini adalah dari India, dimana nama Brahma diambil dari asal kotanya. Asal kota dari ayam Brahma ini adalah dari Brahmaputera, India.

Walau termasuk ayam hias, bukan berarti secara perawatan sulit. Kamu dapat memberikan berbagai pakan seperti untuk ayam pada umumnya. Seperti misalnya bekatul jagung, dedak, voer, serta beras aneka jenis.

Tidak hanya menarik, perawatannya memang gampang sehingga banyak difavoritkan para pecinta ayam. Ayam cantik ini bisa kamu dapatkan secara mudah di berbagai daerah Indonesia. Walau berasal dari India, tumbuh kembang di Indonesia tetap maksimal.

Apa Saja Pakan dan Ciri Utama dari Ayam Brahma?

Sebagai salah satu pilihan ayam hias, kamu memang bisa memilih ayam brahma untuk diternakkan. Harga ayam brahma yang tinggi, tentunya sangat menarik untuk dijadikan sebagai pilihan menarik.

Ayam Brahma memiliki ciri utama tubuhnya yang berotot kekar. Selain itu, kamu bisa melihat dari pakannya yang sebenarnya sangat mudah. Pakan ayam brahma hampir sama dengan ayam kampung biasa.

Walau demikian, harga ayam brahma tetaplah tinggi, karena memang secara kualitas tergolong optimal. Ada beberapa macam pakan yang dapat kamu berikan untuk ayam dari India ini, seperti:

  1. Bekatul Jagung

Bekatul jagung kerap dianggap sebagai limbah. Padahal, bisa kamu manfaatkan untuk pakan ayam brahma. Bekatul jagung ini bisa kamu berikan bersama dengan jenis pakan lain. Jangan lupa, tambah juga asupan nutrisi lain seperti sayur dan voer.

Bekatul jagung merupakan sumber karbohidrat yang membuat tubuh ayam bertenaga. Kamu dapat memberikannya secara bergantian dengan jenis pakan ayam lainnya.

  1. Voer

Tidak hanya untuk burung, voer juga bisa kamu berikan untuk ayam brahma. Pakan satu ini memang tergolong murah meriah, padahal kaya akan protein. Ayam yang memiliki banyak masa otot ini harus mendapat asupan protein secara cukup.

Kamu dapat memberikan voer dengan campuran pakan lainnya agar lebih bervariasi. Pilih voer khusus yang dikhususkan untuk ayam hias ini agar tidak salah pilih. Selain itu, berikan juga vaksinasi khusus untuk memaksimalkan kesehatan ternak.

  1. Beras/Beras Merah

Beras merupakan salah satu pakan yang paling disukai ayam, termasuk jenis ternak hias dari India ini. beras yang dapat kamu berikan bisa berupa jenis beras biasa atau merah. Kedua beras ini akan memberikan asupan karbohidrat penambah energi.

Pemberian beras dapat dilakukan secara rutin setiap harinya. Kamu bisa memberikan pakan ini secara bergantian dengan jenis pakan lainnya. Tujuannya agar asupan nutrisi dari ayam ini tercukupi.

  1. Aneka Macam Sayuran

Sayuran ternyata bisa menjadi pilihan pakan ayam brahma yang bisa kamu berikan. Sayuran ini akan memberikan asupan serat tinggi, sehingga pencernaan ternakmu akan lebih bagus. Jenis sayuran yang dapat diberikan untuk ayam brahma diantaranya:

  • Enceng gondok
  • Sayur sawi
  • Kembang kol
  • Kubis
  • bermacam rumput, dan masih banyak lagi

Perbedaan Mendasar Ayam Brahma dengan Ayam Kampung Biasa?

Melihat harga ayam brahma yang tergolong tinggi, tentu saja pasti menyimpan rasa penasaran tersendiri. Sebenarnya apa perbedaan mendasar ayam satu ini dengan jenis kampung biasa.

Padahal, jika dilihat sekilas mirip seperti ayam kate, dan jenis ayam kampung lainnya. Akan tetapi, jika diteliti lebih lanjut ada perbedaan mendasar dari ayam brahma ini dengan jenis biasa.

  • Untuk ukuran tubuh ayam brahma bisa lebih besar dari jenis kampung biasa. Ukurannya bisa mencapai 70 cm untuk tingginya, sedangkan ayam kampung biasa hanya sekitar 40 cm
  • Jika dilihat dari beratnya, ayam brahma tentu lebih berbobot dibandingkan ayam kampung. Bahkan, bobotnya bisa dua kali lipat lebih besar dari ayam kampung biasa
  • Harga ayam brahma lebih mahal, karena bobotnya bisa mencapai 7 kilogram. Sedangkan untuk ayam kampung biasa, bobot paling besar hanya 2,5 sampai 3 kilogram
  • Ayam kampung sebenarnya tergolong berpostur berotot. Akan tetapi, jenis brahma masa ototnya lebih besar, sehingga secara postur cenderung kekar
  • Telur ayam brahma memiliki harga yang cukup tinggi, dua kali lipat dengan ayam petelur biasa
  • Telur ayam brahma sebenarnya bisa dikonsumsi, tetapi bisa saja dijadikan sebagai pembibitan
  • Secara bulu, ayam brahma memiliki bulu-bulu cantik, dengan bentuk yang sangat indah. Bulu ini juga membuat tampilan ayam brahma ini semakin tampak kekar
  • Umumnya, orang-orang menjadikan ayam kampung untuk diambil daging atau telurnya. Sedangkan ayam brahma hanya dijadikan sebagai ayam hias karena bulunya sangat indah
  • Ayam brahma memiliki suara khas, dimana bisa dilihat perbedaannya dengan ayam kampung biasa
  • Kamu bisa mendapatkan ayam kampung secara lebih mudah, karena tersebar dimana-mana. Sedangkan ayam brahma ketersediaannya tergolong jarang, sehingga harga ayam ini juga cenderung lebih mahal

Daftar Harga Ayam Brahma Berdasarkan Usia dan Kondisinya

Ayam hias ini terkenal dengan bentuknya yang indah, berbulu menarik. Harganya memang cukup tinggi, karena tergolong ayam hias. Jika jenis lain paling per ekornya dibandrol ratusan ribu, maka untuk varian ini berbeda.

Biasanya untuk penjualannya dilakukan secara berpasangan. Untuk ayam brahma per pasang, bisa mencapai jutaan rupiah. Harga ayam brahma tentu berkali lipat jika dibandingkan ayam kampung biasa.

Walau mahal, nyatanya ayam satu ini terkenal sebagai pilihan menarik. Terutama bagi peternak yang gemar memelihara ayam hias. Harga ayam ini selengkapnya akan diulas di dalam tabel berikut.

Usia Ayam Brahma Harga Ayam Brahma hari ini
Ayam Brahma Anakan 1 Bulan/Pasang IDR 3.200.000 – IDR 3.400.000
Ayam Brahma Anakan 2 Bulan/pasang IDR 3.600.000 – IDR 3.800.000
Ayam Brahma Anakan 3 Bulan/pasang IDR 4.200.000 – IDR 5.000.000
Ayam Brahma Dewasa 4 Bulan/pasang IDR 5.200.000 – IDR 6.500.000
Ayam Brahma Indukan/pasang IDR 16.000.000

Selain daftar harga di atas, kamu juga harus tahu beberapa harga ayam jenis brahma lainnya. Khusus indukan sampai telur, ternyata dibandrol dengan harga yang berbeda-beda. Ini dia ulasan lebih lanjutnya dalam tabel berikut.

Jenis Ayam Brahma Harga
Ayam Brahma Indukan Eropa Rp16.000.000/pasang
Ayam Brahma Indukan Siap Bertelur Rp20.000.000/pasang
Ayam Brahma Bibit Rp1.000.000/ekor
Telur Ayam Brahma Rp5.000/butir
Ayam Brahma Indukan Asia Rp11.000.000/ekor

Sebagai salah satu komoditas menjanjikan, ayam brahma menarik dibudidayakan. Memang perlu modal besar, karena harga bibitnya saja sudah sangat mahal. Akan tetapi, harga ayam brahma yang tinggi di pasaran memiliki prospek menarik.